Kandungan pada bawang putih yang dapat memperkuat sistem imun adalah

Kandungan pada bawang putih yang dapat memperkuat sistem imun adalah


5. Perhatikan gambar berikut! Gambar tersebut adalah hasil tambang A timah B. emas C. batu bara D. intan​


Ciri khas baju teluk belanga adalah sebagai berikut, kecuali… A. Berkerah B. Berkancing satu C. Berlengan panjang D. Tidak berkerah


1. semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut kegiatanA.belajarB. ekonomic. dagangd. sehari-hari2.garis luru …

s pada pola lantai memberikan kesan sederhana tetapiA.lembutb.lemahc.kuatd.elegantolong bantu jawab ya kakyg no 1 itu IPS,yg no 2 itu sbdp​


apa yang di maksud kebhinekaan menurut peserta didik?​


Quizz digambar sm mo nanya dong klo IPA masuk mapelnya kmn y ?maaf y IPS mapelnya​


1.Contoh contoh usaha ekonomi yg di kelola secara perorangan,yaitu . . .A.PTB.BUMNC.Industri kecilD.Koperasitolong dibantu jawab yy kak​


tiap bulan dinas perdagangan membutuhkan alat tulis untuk keperluan pekerjaan secara rutin. kebutuhan alat tulis ini dipesankan dari perusahaan perala …

tan kantor yang harus dibayar secara cash. dinas perdagangan dlm hal ini kedudukan dan perannya adalah…A. rumah tangga keluarga yg berperan sebagai konsumen B. rumah tangga produsen yang berperan sebagai konsumen C. rumah tangga pemerintah yang berperan srbagai konsumen D. rumah tangga pemerintah yang berperan sebagai penyedia faktor produksi.plisss jawab​ :)​


Jika ada seorang wanita meninggal dunia, dan mempunyai ahli waris suami dan ibu, maka asal masalah (bilangan pembagi harta waris) adalah ​


indonesia merupakan negara yang memiliki banyak bahasa daerah menurut data depdiknas tahun 2008 Indonesia memiliki lebih dari…… bahasa daerah​


tiap bulan dinas perdagangan membutuhkan alat tulis untuk keperluan pekerjaan secara rutin. kebutuhan alat tulis ini dipesankan dari perusahaan perala …

tan kantor yang harus dibayar secara cash. dinas perdagangan dlm hal ini kedudukan dan perannya adalah…A. rumah tangga keluarga yg berperan sebagai konsumen B. rumah tangga produsen yang berperan sebagai konsumen C. rumah tangga pemerintah yang berperan srbagai konsumen D. rumah tangga pemerintah yang berperan sebagai penyedia faktor produksi.plisss jawab​ 🙂

Baca Juga :   Sebutkan dua cara reabsorbsi pada proses pembentukan urine

TRIBUNNEWS.COM
– Rekomendasi jenis makanan yang membantu meningkatkan imun atau daya tahan tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh sangat penting untuk menjaga tubuh terhindar dari kemungkinan tertular virus atau penyakit.

Ada banyak makanan yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bisa didapatkan dengan mudah.

Termasuk bawang putih, jahe, hingga buah-buahan.

Berikut Tribunnews rangkum dari Health Line makanan apa saja yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh.

1. Bawang Putih

Ilustrasi (freepik)

Bawang putih sangat mudah ditemukan dan didapatkan.

Bawang putih juga kerap jadi bumbu masakan, termasuk masakan di Indonesia.

Keunggulan bawang putih bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal itu dilihat dari konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin.

Minggu, 29 Maret 2020 | 10:15 WIB

Ilustrasi. Bawang putih sebagai salah satu antibiotik yang mudah dicari di dapurmu.
(Pexels)

BolaStylo.com – Bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas seseorang yang dapat digunakan untuk menangkal berbagai macam virus.

Pandemi virus corona atau covid-19 membuat banyak orang memikirkan berbagai cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas mereka.

Pasalnya, diketahui bahwa covid-19 lebih mudah menyerang seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Banyak yang membeli berbagai macam vitamin dan makanan serta minuman tertentu untuk meningkatkan imutinas mereka.

Namun tahukah anda, ternyata bawang putih yang dapat dipastikan hampir ada di setiap rumah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Bahkan, menurut laman healthline bawang putih adalah obat alami populer untuk beragam kondisi, termasuk infeksi virus.

Baca Juga: Coba-coba Minum Air Rendaman Bawang Putih, Pria Ini Malah Dapatkan Manfaat Menakjubkan

Meski bawang putih memiliki aroma yang menyengat, ada banyak manfaat bawang putih bagi kesehatan. Bukan hanya sebagai pelezat masakan, bawang putih telah lama digunakan untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Hal ini adalah berkat kandungan nutrisi di dalamnya.

Baca Juga :   Perbedaan entrepreneur intrapreneur dan technopreneur

Bawang putih merupakan jenis bawang yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Bau yang menyengat pada bawang putih berasal dari kandungan sulfur organik, yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bawang putih juga sering digunakan untuk mengatasi kondisi medis yang berhubungan dengan jantung dan sistem peredaran darah, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis).

Kandungan Nutrisi Bawang Putih

Berikut ini adalah kandungan nutrisi di dalam 100 gram bawang putih mentah:

  • 6,3 gram protein
  • 0,5 gram lemak
  • 33 gram karbohidrat
  • 2,1 gram serat
  • 181 miligram kalsium
  • 1,7 miligram zat besi
  • 25 miligram magnesium
  • 153 miligram fosfor
  • 401 miligram kalium

Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, antibakteri, antikanker, dan antiradang.

Beberapa Manfaat Bawang Putih bagi Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya, bawang putih memiliki beragam manfaat. Beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan yang sudah cukup dikenal adalah:

1. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi menunjukkan bahwa suplemen yang mengandung ekstrak bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan hipertensi, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, sel darah merah dapat mengubah kandungan sulfur dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida, yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

2. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Tak hanya baik untuk jantung, bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi infeksi bakteri H. pylori di lambung.

3. Mencegah kanker

Bawang putih diketahui mengandung senyawa allicin yang kaya antioksidan dan memiliki sifat antikanker.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko terjadinya kanker lambung dan meredakan gejala berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru, dan kanker pankreas.

Baca Juga :   Jelaskan maksud fungsi hadis terhadap alquran adalah mengukuhkan hukum yang sudah ada dalam al-quran

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas bawang putih dalam mencegah kanker.

4. Mencegah penyakit Alzheimer dan demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Sebuah riset menunjukkan bahwa suplemen bawang putih dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh dan mengatasi tekanan darah tinggi.

5. Mencegah pilek

Bawang putih mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dipercaya dapat mencegah pilek. Studi menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi bawang putih, lebih jarang mengalami pilek dan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Namun, manfaat bawang putih untuk mencegah pilek ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Selain itu, bawang putih juga dipercaya bermanfaat untuk pengobatan alami asma bronkial, menjaga kesehatan rambut dan kulit, meningkatkan kesehatan tulang, serta mengobati kutu air.

Khasiat dan manfaat bawang putih dapat diperoleh secara maksimal, jika dikonsumsi mentah. Jangan memasaknya di atas suhu 60 derajat Celsius, karena dapat menghilangkan kandungan allicin yang bermanfaat bagi tubuh.

Jika Anda ingin menggunakan suplemen bawang putih untuk mencegah atau mengobati suatu penyakit, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter, terlebih jika Anda sedang mengonsumsi obat atau suplemen lain. Tujuannya adalah agar tidak terjadi efek interaksi antarobat atau berkurangnya efektivitas pengobatan.

Kandungan pada bawang putih yang dapat memperkuat sistem imun adalah

Posted by: pskji.org