Bagaimana dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya disebut?

Bagaimana dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya disebut?

Dari semua departemen geografi fisik, departemen tentang bentuk permukaan bumi (geomorfologi) adalah yang paling penting, karena bentuk relief, lebih dari faktor lainnya, menentukan fitur lanskap. Pegunungan yang menjulang tinggi menentukan isolasi iklim vertikal dan, pada saat yang sama, sabuk lanskap, atau sering kali merupakan batas yang jelas dari wilayah yang berbeda secara iklim. Relief daerah menentukan arah aliran air dan tempat akumulasi air permukaan yang tergenang.

Relief adalah kanvas di mana tanah dan vegetasi menutupi, begitu bervariasi dari satu tempat ke tempat lain, ditumpangkan.

Bentuk permukaan bumi dapat diklasifikasikan dari tiga sudut pandang: I. Berdasarkan penampilan. II. Dalam hal ketinggian yang lebih tinggi atau lebih rendah. AKU AKU AKU. Menurut asal, atau asal-usul. Klasifikasi yang terakhir adalah yang paling penting, karena tidak hanya memberikan karakteristik bentuk individu, tetapi juga menunjukkan hubungan mereka satu sama lain dan arah perkembangan lebih lanjut mereka. Tak perlu dikatakan bahwa klasifikasi genetik bentuk-bentuk permukaan bumi ini hanya dapat berkembang setelah ide-ide evolusi (perkembangan bertahap) merambah ke ilmu bumi sejak pertengahan abad terakhir.

I. Klasifikasi pertama berdasarkan penampilan telah ada sejak zaman kuno. Ketidaknyamanannya terletak pada kenyataan bahwa sampai sekarang, untuk mendefinisikan satu atau lain bentuk permukaan bumi, mereka menggunakan nama biasa yang biasanya hanya digunakan di negara tertentu, dan tidak ada istilah ilmiah yang diterima secara umum. Selain itu, bentuk-bentuk yang secara lahiriah serupa dapat sangat berbeda dalam asal-usulnya, struktur internalnya, dan arah perkembangannya lebih lanjut.

Menurut klasifikasi (morfografi) murni eksternal, dua kelompok utama bentuk permukaan bumi dapat ditetapkan.

1) Dataran, dicirikan bahwa ketinggian titik-titik tetangga di dalamnya sangat sedikit berbeda satu sama lain. Permukaan dataran dianggap horizontal, meskipun sebenarnya hanya permukaan laut, apalagi, tidak bergejolak, yang dapat disebut bidang horizontal ideal. Sebagian besar dataran cenderung ke satu sisi. Terkadang kemiringan ini sangat kecil sehingga tidak dapat ditentukan oleh mata, dan hanya ditentukan oleh arah aliran sungai. Namun, tanda terakhir tidak sepenuhnya dapat diandalkan, karena kadang-kadang terjadi bahwa sungai mengalir ke arah yang berlawanan dengan kemiringan umum medan.

Seringkali di dataran seperti itu ada sedikit bergelombang, tetapi jika Anda melihatnya dari ketinggian yang cukup tinggi, misalnya, dari pandangan mata burung, permukaannya tampak benar-benar datar. Ciri pembeda utama dataran adalah bahwa bagi pengamat di atasnya, cakrawala tidak terhalang oleh apa pun, tidak terputus. Karena tidak adanya atau, lebih tepatnya, lemahnya gaya hanyut (denudasi), permukaan dataran biasanya terdiri dari formasi lepas yang timbul secara in situ sebagai akibat pelapukan batuan (weathering crust) atau dibawa dari luar (berbagai jenis batuan). sedimen); batuan dasar jarang muncul ke permukaan di sini.

2) Kategori kedua mencakup area di mana perbedaan ketinggian titik tetangga di permukaan dapat mencapai nilai yang sangat signifikan, – area yang kasar, atau terbelah. Dengan skala fluktuasi ketinggian, seseorang dapat membedakan antara daerah pegunungan dan perbukitan. Relief medan kasar terdiri dari kombinasi bentuk dasar, di antaranya ada bentuk positif (cembung – pengangkatan permukaan) dan negatif (cekung – penurunan permukaan).

Bentuk positif dasar dari medan dengan relief yang tidak rata adalah: a) gunung, b) puncak, c) gunung, punggungan, atau rantai, d) punggungan, e) anak tangga.

a) Gunung adalah elevasi dari batas horizontal yang relatif kecil, naik di antara medan yang kurang lebih datar dan memiliki kaki (sol) yang jelas di semua sisi. Pegunungan dalam pengertian ini dapat disebut, misalnya, ketinggian vulkanik individu dari wilayah perairan mineral Kaukasia Utara (Pyatigorye), naik di antara dataran tinggi yang landai ke timur laut. Jika bukit-bukit yang terisolasi bertemu dalam kelompok pada jarak yang relatif kecil satu sama lain dan mewakili sisa-sisa negara yang dulunya lebih tinggi yang selamat dari penggundulan, maka mereka berbicara tentang lanskap pegunungan pulau. Lanskap seperti itu tersebar luas di Afrika, beberapa daerah di Amerika Selatan, dll.

b) Jika bukit-bukit individu tidak dipisahkan oleh ruang-ruang yang rata, tetapi secara langsung menyatu satu sama lain oleh bagian-bagian yang lebih rendah, membentuk fondasi umum yang ditinggikan, maka kita memiliki negara pegunungan, atau pegunungan. Dalam hal ini, lebih baik menyebut titik tertinggi individu bukan gunung, tetapi puncak.

c) Dalam pengangkatan gunung, puncak sering diatur dalam barisan, membentuk dataran tinggi linier memanjang dengan basis gabungannya, di mana puncak yang terpisah ditanam, dipisahkan oleh lekukan – pelana lintasan. Dataran tinggi yang memanjang secara linier (paling sering ke arah pemogokan umum) disebut pegunungan, atau pegunungan. Kompleks pegunungan satu negara pegunungan disebut sistem gunung.

d) Bukit tanpa sol yang jelas, dengan transisi bertahap dan tidak terlihat dari lereng ke dataran, disebut punggungan.

e) Bukit dengan dasar dalam bentuk retakan permukaan yang jelas di satu sisi – langkan, atau anak tangga (contoh: tebing selatan Zaunguz, atau Karakum, dataran tinggi di Asia Tengah).

Berdasarkan bentuk luarnya, yaitu menurut bentuk luar permukaan puncak, jenis gunung dan puncak berikut dapat dibedakan: gunung meja – permukaan puncak datar; kubah – permukaan apikal bulat; puncak – puncak runcing, kerucut atau piramidal. Selain itu, di berbagai negara dan dalam bahasa yang berbeda, nama juga digunakan untuk menunjuk bentuk gunung: titik, tanduk, menara, jarum, gigi, dll. , atau lereng dapat berubah menjadi satu sama lain dengan pembulatan lembut bertahap. Akhirnya, mungkin ada kasus seperti itu ketika lereng tidak bersentuhan secara langsung, tetapi permukaan datar seperti dataran terjepit di antara mereka. Gambar-gambar seperti itu kadang-kadang dapat diamati di gunung-gunung bergumpal sisa.

Bentuk negatif dari relief meliputi: lembah, cekungan, depresi, area depresi.

Klasifikasi bentang alam secara kenampakan tentu saja berbeda dalam ketidakpastiannya, dan beberapa istilah klasifikasi ini yang masih digunakan sampai sekarang merupakan warisan dari periode sebelumnya dalam perkembangan ilmu permukaan bumi, ketika upaya-upaya pertama dilakukan. dibuat untuk entah bagaimana membawa ke dalam sistem materi faktual yang dikumpulkan dari pengamatan. Tahap selanjutnya adalah keinginan untuk mendekati bentuk-bentuk permukaan bumi dengan karakteristik numerik yang akurat, dengan menyatakannya dalam ukuran panjang, luas, volume, atau dalam bentuk indikator abstrak yang menyatakan hubungan tertentu. Arah ini, yang dikenal sebagai orometri, dikembangkan secara luas di Eropa pada paruh kedua abad terakhir.

II. Pecahan permukaan bumi menurut kondisi ketinggian juga mengalami ketidakpastian dan konvensionalitas karena lompatan yang lebar dan tidak tajam dalam gradasi ketinggian dari 0 (permukaan laut) hingga 888 m (titik tertinggi di darat adalah Gunung Everest di Himalaya). Batas-batas antara zona ketinggian individu dapat berupa ketinggian di mana ada perubahan yang dinyatakan dengan jelas dalam sifat bentang alam (misalnya, batas salju), tetapi perubahan ini sebagian besar disebabkan oleh zonasi iklim vertikal, dan oleh karena itu, bergantung pada letak geografis dan iklim daerah tersebut.

Dalam klasifikasi ini, tahap pertama meliputi daerah yang terletak di bawah 200 m di atas permukaan laut dan ditetapkan sebagai dataran rendah. Langkah selanjutnya yang kurang lebih diterima secara umum – dari 200 hingga 600 m – terdiri dari negara berbukit, atau pegunungan rendah, jika permukaannya kasar, dan negara meja, jika datar.

Selanjutnya ada pegunungan dengan ketinggian sedang dan pegunungan tinggi, atau alpine (dengan medan terjal), dan dataran tinggi, jika permukaannya dibedah dengan lemah dan mendekati horizontal. Perlu dicatat bahwa ketika membagi gunung menjadi dataran menengah dan pegunungan, sering kali ketinggian absolutnya tidak terlalu berarti seperti karakter morfologi umumnya, karena apakah pegunungan mengalami glasiasi atau tidak. Di dekat khatulistiwa, pegunungan yang benar-benar lebih tinggi dapat memiliki kontur pegunungan menengah yang lembut, bulat dan cembung, sedangkan di lintang tinggi pegunungan yang benar-benar lebih rendah dapat dicirikan oleh bentuk yang sudah tajam dan curam seperti pegunungan alpine. Dengan demikian, ketinggian maksimum pegunungan dengan ketinggian sedang sangat bervariasi tergantung pada garis lintang geografis dan iklim.

Sebagai aturan umum, gunung-gunung yang lebih tinggi biasanya berumur lebih muda. Mereka mengungkapkan pola tertentu dalam distribusi mereka di permukaan bumi. Diantaranya: 1) pegunungan yang berbatasan dengan Samudra Pasifik, dan 2) pegunungan yang terbentang di sabuk latitudinal di Dunia Lama, mulai dari Samudra Atlantik dan Laut Mediterania melalui Kaukasus, Asia Kecil, Iran, Himalaya hingga Indo-Cina. Sebagian besar gunung-gunung ini muncul pada zaman Tersier, atau, setidaknya, berubah pada saat ini dan diangkat kembali ke ketinggian yang signifikan (misalnya, Tien Shan).

Dalam klasifikasi ini, kita dapat menetapkan langkah lain. Ini akan mencakup bagian-bagian tanah yang terletak di bawah permukaan laut – inilah yang disebut depresi. Mereka sering menempati area yang signifikan. Dengan demikian, Cekungan Kaspia adalah depresi yang sangat luas yang berdekatan dengan Laut Kaspia, yang permukaannya terletak 26 m di bawah permukaan laut.

Di Belanda, area depresi meliputi area seluas 8-10 ribu meter persegi. km. Dataran rendah ini tenggelam beberapa meter di bawah permukaan laut dan tidak banjir hanya karena dipagari secara artifisial oleh bendungan.

Di benua Afrika, kami menemukan depresi di bidikan Aljazair (hingga -32 m di bidikan Melrir), di utara Gurun Libya (dari -30-50 m hingga -75 m di oasis Araj) dan timur dari Abyssinia, di mana Birket el-Azala berada 174m di bawah permukaan laut.

Depresi terdalam terletak di Lembah Yordan, tempat Danau Tiberias dan Laut Mati berada, yang permukaannya 208 m dan 394 m di bawah permukaan laut.

Di Uni Soviet, depresi berukuran kecil dikenal di Asia Tengah. Bagian bawah depresi Sary-Kamysh, yang terletak di bagian utara Kara-Kum dan barat daya Laut Aral, terletak 39 m di bawah permukaan laut. Di selatan, di dataran tinggi Ishek-Ankren-kyr, ada dua depresi kering tertutup lagi, tenggelam 60 m di bawah permukaan laut. Salah satu depresi ini memiliki panjang hingga 30 km dan lebar 8-10 m. Depresi tanpa drainase dari danau garam Kashkar-Ata di Mangyshlak selatan mencapai ketinggian 20 m dengan luas 50 sq. km. Depresi Mangyshlak lainnya – Karagiye – mencapai dimensi dan kedalaman horizontal yang lebih besar (hingga -60 m).

Depresi ditemukan bahkan di antara atau di sekitar pegunungan tinggi. Jadi, di bagian timur Tien Shan, di kakinya, terletak depresi Lyukchun (hingga 130 m di bawah permukaan laut). Amerika mengalami depresi pada kelanjutan Teluk California dan Gurun Colorado.

Sebagian besar depresi pada dasarnya berasal dari tektonik, tetapi proses lain (erosi, deflasi aeolian) juga dapat mengambil bagian dalam ekspansi dan bahkan pendalamannya. Keberadaan cekungan kering hanya mungkin terjadi di iklim gurun yang kering. Di iklim lembab, banyak cekungan tertutup oleh fakta bahwa cekungan di bawah permukaan laut diisi dengan air. Inilah yang disebut depresi kripto.

Ini termasuk di danau Uni Soviet kami Ladoga, Onega, banyak danau di Fiilyandia, Skandinavia, kaki selatan Pegunungan Alpen. Depresi kripto terdalam adalah Baikal. Kedalamannya mencapai 1741 m, atau 1288 m di bawah permukaan laut.

AKU AKU AKU. Perhatian terbesar harus diberikan pada klasifikasi bentang alam berdasarkan prinsip genetik.

Dari sudut pandang ini, bentuk permukaan bumi, yang sementara kita bagi menjadi dua kelompok: A. Negara-negara terjal (pegunungan dan perbukitan) dan B. Dataran, sangat beragam.

Mari kita pertimbangkan dulu kategori apa yang dapat ditetapkan dalam kelompok pertama.

A. Masing-masing gunung, punggung bukit dan bukit, secara umum, semua bentang alam yang menonjol, dapat muncul di bawah pengaruh tiga jenis proses, sehubungan dengan itu dapat dibedakan:

1) Dislokasi, atau tektonik, pegunungan dan perbukitan yang disebabkan oleh proses tektonik (patahan dan pelipatan). Ketinggian paling signifikan di dunia termasuk dalam kategori ini.

2) Terisi, atau akumulasi, gunung dan bukit yang terbentuk sebagai akibat dari akumulasi atau pengendapan material padat di permukaan. Di antara mereka ada peningkatan, terkadang signifikan dalam dimensi dan ketinggian horizontal.

Kategori ini meliputi: a) gunung berapi yang terbentuk dari pengendapan abu dan lahar di sekitar kawah gunung berapi; b) bukit-bukit asal Aeolian, terbentuk dari bahan lepas yang diinfuskan – pasir, salju (bukit pasir, bukit pasir, sastruga); c) perbukitan yang terbuat dari material yang diendapkan langsung oleh gletser atau airnya yang meleleh (bukit dan punggung bukit moraine, drumlin, ozes); d) perbukitan yang berasal dari organogenik (misalnya, gundukan gambut di tundra); e) perbukitan yang dibentuk oleh endapan sumber (bukit travertine, kerucut geyser, dll.).

3) Erosi, atau denudasi, gunung dan perbukitan, yang timbul sebagai akibat dari erosi dataran asli yang datar (dataran tinggi, table country) dan pemindahan sebagian material dari mana dataran itu dibuat. Ini juga harus mencakup ketinggian individu dari lanskap pegunungan pulau yang disebutkan di atas.

B. Dataran juga bisa dari asal yang berbeda. Di antara mereka, Anda dapat membedakan:

1) Dataran primer, atau dataran tinggi laut, merupakan bagian dari dasar laut yang diratakan dengan sedimen yang tersingkap selama regresi laut. Jika singkapan dasar laut terjadi sebagai akibat dari pengangkatan tanah kuno yang berdekatan, maka di pinggiran yang terakhir, diperoleh strip dataran pantai yang kurang lebih lebar yang sedikit condong ke laut. Sebagian besar dataran Uni Soviet adalah dataran tinggi laut dari berbagai usia. Contoh yang paling muda, hampir tidak berubah oleh proses selanjutnya, dataran tinggi laut adalah dataran rendah Kaspia.

2) Akumulasi, atau curah, dataran, yang terbentuk sebagai hasil dari endapan lepas (sungai, fluvio-glasial, produk pelapukan eolian) dari setiap depresi atau ruang yang umumnya lebih rendah, yang mungkin awalnya permukaannya tidak rata. Ini termasuk:

a) Dataran aluvial, terdiri dari sedimen sungai-sungai besar (dataran rendah Lombard, Mesopotamia, dataran rendah Rion dan Kuro-Araks di Transkaukasia). Sebagian besar dataran ini terbentuk di lokasi bekas teluk laut, tempat sungai mengalir.

b) Dataran miring fluvioglacial (glasial) berdampingan dengan dasar pegunungan yang mengalami glasiasi intens pada waktu Pleistosen; mereka sebagian besar adalah kerucut aluvial puncak kerikil dari sungai glasial, bergabung di sepanjang pinggiran pegunungan menjadi perbatasan yang berkelanjutan; contohnya adalah: dataran miring Munich di kaki utara Pegunungan Alpen, dataran miring Kuban, Kabardin dan Chechnya di Kaukasus Utara, dll.

Baca Juga :   Sebutkan tiga kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk mengisi masa pubertas

c) Dataran danau, terbentuk di lokasi danau yang dikeringkan atau dikeringkan: dataran Danau Agassitsa Pleistosen di Amerika Utara, dasar beberapa cekungan Dataran Tinggi Armenia (Tsalka, dll.).

d) Dataran yang terbentuk dari hasil pelapukan. Misalkan kita memiliki gunung di iklim gurun yang kering. Puncak mereka tunduk pada tingkat pelapukan fisik yang kuat. Produk pelapukan akibat tanah longsor, tanah longsor, gerakan ke bawah yang lambat, hanyut oleh aliran hujan sementara, dll., mengisi depresi yang terletak di antara pegunungan. Dengan demikian, bagian atas punggungan turun, lekukan semakin terisi, karena tanpa adanya limpasan, produk pelapukan tidak terbawa dari sini oleh air. Akibatnya, permukaan negara akan berubah menjadi dataran, rata. Kurang lebih pendekatan ini diamati di pedalaman Iran, di Tibet, Gobi.

e) Dalam beberapa kasus, abu vulkanik yang terbawa angin dan menutupi sekitar pusat aktivitas vulkanik berperan besar dalam meratakan relief purba. Ini adalah beberapa daerah datar di Dataran Tinggi Armenia (dataran tinggi Leninakan, dll.). Di sini kita memiliki transisi ke jenis dataran berikutnya.

3) Dataran tinggi vulkanik, atau lava. Lava dasar (basal) cair dan mudah bergerak, kadang-kadang mengalir dalam massa besar, dapat menutupi ruang yang sangat besar dan, mengubur bekas relief, mengubah daerah tersebut menjadi dataran tinggi lava yang datar. Ini adalah dataran tinggi Kolombia di Amerika Utara, wilayah jebakan Deccan, beberapa dataran tinggi di Dataran Tinggi Armenia, dll.

4) Dataran sisa, atau pembatas. Mereka muncul sebagai akibat dari dampak kekuatan destruktif yang berkepanjangan, terutama erosi sungai dan penggundulan benua, di area yang awalnya memiliki struktur terlipat dan tungku yang jelas. Akibatnya, medan seperti itu diratakan menjadi dataran bergelombang – dataran rendah (“hampir dataran”, atau “dataran akhir”).

Tema: Bentuk permukaan bumi.

Target:

  • memberikan gambaran awal tentang relief bumi, mengetahui bentuk permukaan tanah asli;
  • menentukan bentuk permukaan yang berbeda pada peta;
  • mengembangkan minat pada dunia sekitarnya;
  • pendidikan menghargai alam.

Jenis pelajaran: digabungkan.

Konten ilmiah dan metodologis dari pelajaran: Bentang alam utama Bumi: pegunungan, dataran, jurang, perbukitan. Perbedaan ketinggian antara pegunungan dan dataran.

konsep terkemuka: pegunungan, dataran, jurang, perbukitan.

Peralatan: presentasi tentang topik pelajaran, model gunung dan sistem gunung, peta Wilayah Krasnodar, bola dunia.

Selama kelas

  1. Mengatur waktu.
  2. Pesan topik pelajaran

Hari ini dalam pelajaran kita akan berbicara tentang bentuk permukaan negara kita, kita akan belajar bagaimana menemukan dan membedakannya di peta.

(1 slide)

  1. Pengulangan materi yang dibahas

Itu akan terletak di telapak tangan Anda. Bukan jam, tapi panah. Dia akan berguna di jalan –

Dengan dia Anda tidak bisa tersesat di mana saja.

  • – Tentang apa teka-teki ini?
  • – Apa itu kompas? (2 slide)
  • – Siapa yang menggunakannya di tempat kerja? (pelaut, pilot, pelancong, ahli geologi, turis)
  • – Mengapa orang menggunakan perangkat ini?
  • – Bagaimana cara kerja kompas? Jarum magnet, perumahan, sekering.
  • – Apa saja tanda-tanda yang dapat Anda gunakan untuk bernavigasi di alam? (3 slide)

– dengan pencairan salju musim semi di lereng jurang;
– dengan mencairkan salju di atap rumah;
– ada lebih banyak lumut dan lumut di sisi utara;
– Pohon yang berdiri bebas memiliki cabang yang lebih panjang dan lebih tebal di sisi selatan.

4. Kerjakan topik pelajaran.

Berapa banyak dari Anda yang telah berjalan jauh ke bukit?

– Bagaimana perasaanmu?

Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada yang lebih baik daripada permukaan tanah yang rata, di mana sangat nyaman untuk berjalan. Tapi dalam kasus ini, kita tidak akan bisa hidup di planet datar seperti itu, karena semua air akan menyebar ke permukaan tanah dan Anda dan saya akan menemukan diri kita berada di dasar lautan dengan kedalaman lebih dari dua kilometer.

Karena itu, lebih baik membiarkannya apa adanya: dengan gunung dan dataran, perbukitan dan jurang.

Lihat gambar sushi di
bola dunia.

Mengapa penuh dengan warna yang berbeda? ( Luas daratan pada peta ditunjukkan dengan warna hijau dan coklat.- Pikirkan tentang apa arti warna-warna ini. – Bandingkan gambar (4 slide) – Bentuk permukaan apa yang kamu lihat?

– Coba jelaskan apa itu. – Mengapa kamu berpikir
polos
disebut dataran?

– Kami akan membacanya di buku teks di halaman 76 (5 slide video tentang pembentukan gunung, depresi, dataran) – Apa itu dataran? (6 slide)

– Apa yang bisa ditemukan di dataran? (bukit dan jurang)(7 slide)

Membedakan datar dan berbukit dataran. Di peta, mereka ditandai dengan warna hijau dan diselingi dengan coklat muda.

Buka peta Rusia di buku teks di halaman 90

– Temukan dataran di peta. Beri nama mereka.

Dataran tampak datar hanya pada pandangan pertama (8 – 14 slide) – melihat slide polos.

Lihatlah wilayah wilayah kami di peta (kartu individu) +(15 slide)

– Apakah ada dataran di wilayah wilayah kita? (Azovo – Dataran Kuban.)
Sebagian besar wilayah wilayah yang terletak di utara Sungai Kuban ditempati oleh Dataran Azovo – Kuban. (16 slide)- Bagaimana Anda membayangkan bukit itu? (17 slide)

Bukit adalah bukit kecil dengan bagian atas yang membulat dan lereng yang landai atau terjal, tidak melebihi 200 meter di atas permukaan tanah di sekitarnya.

Gambar tersebut menunjukkan jenis medan: sungai, jembatan di atasnya, bukit. Sebuah pohon ek tumbuh di atas bukit. (18 slide) – daerah perbukitan.

Menurutmu apa itu jurang? Di dataran, tidak hanya ada ketinggian, tetapi juga depresi. Pengurangan tersebut adalah jurang. (19 slide)

– Bagaimana mereka terbentuk?

Pembentukan jurang dimulai dengan lubang kecil. Mencair dan air hujan mengikisnya, dan jurang secara bertahap meningkat. Jurang bisa dangkal atau dalam. Sebuah sungai atau aliran sering mengalir di sepanjang dasar jurang. Jika ada banyak rerumputan dan semak di sepanjang tepi jurang, maka itu berubah menjadi rawa. Jurang adalah jurang yang dalam dan memanjang dengan lereng curam, tersapu oleh air hujan dan salju.

Jurang membawa bahaya bagi seseorang, karena menghancurkan lapisan tanah subur atas, jalan dan kota menderita jurang.

Temukan tempat dengan warna cokelat yang jelas di peta Rusia. – Apa yang mereka maksud? – Apa itu gunung?

(20 slide)

Pegunungan adalah daerah di permukaan bumi yang menjulang tinggi di atas daerah sekitarnya. (21, 22, 23 slide) Pegunungan tinggi, sedang-tinggi, rendah. (24 slide)

Bukit dan gunung menjulang di atas daerah sekitarnya. Mereka memiliki bagian yang sama: kaki, lereng, atas.

Apa perbedaan antara bukit dan gunung? (di ketinggian)- Baca teks di halaman 77. (di bawah gambar) – Apa itu sol? (Baca) – Apa itu puncak? (Baca) – Buka peta Rusia di buku teks di halaman 90

– Apakah ada gunung di Rusia? Nama. (Pegunungan Ural)

(25, 26, 27 slide) – Pertimbangkan wilayah wilayah kami di peta

(kartu individu) +(28 slide)

– Apakah ada gunung? (Pegunungan Kaukasus)(29, 30, 31, 32 slide)

Wilayah pegunungan utama Kaukasus adalah Kaukasus Besar (33 slide) U adalah gunung yang megah, terdiri dari banyak pegunungan. Mendekati punggungan Kaukasia sejauh 200 km Anda melihat garis besar Elbrus, (34, 35, 36 slide)

Ketinggian Elbrus adalah 5642 meter. Ini adalah gunung tertinggi di Eropa.

Cagar Alam Negara Kaukasia terletak di lereng utara dan selatan Pegunungan Kaukasia Utama. (37 – 45 slide)

Tujuan utamanya adalah konservasi alam, pemulihan jumlah spesies hewan dan burung yang berharga.

Dalam pekerjaan rumah Anda, Anda akan menggambar pegunungan di wilayah kami, yang ingat – akan menandatangani namanya.

5. Kerja Praktek

Buka buku kerja di halaman 32 tugas nomor 2 – tanda tangani bagian bukit. P. 33. # 3 Gambarlah gunung dan buang air kecil bagiannya.

Penyelidikan:(46 slide)

Tunjukkan mereka pada tiruan (tiruan gunung).

6. Pekerjaan rumah: dalam buku catatan tercetak, tugas #1, #4, halaman 33, buku teks, halaman 76-79 (untuk menjelaskan)

7. Hasil(47 slide)

Secara horizontal:

2. Ruang besar dengan permukaan datar. (Polos)
4. Bagian terendah dari bukit. (Tunggal)

Tegak lurus:

1. Naik, lebih dari 200 meter di atas medan sekitarnya. (Gunung)
3. Tempat tertinggi dari bukit (Puncak)
5. Penurunan tajam yang berkelok-kelok di medan (Jurang)

– Ada yang tahu nama gunung tertinggi di dunia?

Kawan, kita akan mendaki puncak tertinggi duniawi – Gunung Everest yang indah dan tidak dapat diakses dan mendapatkan kesempatan untuk melihat tanah kita dari “atap dunia”! (klip video)

Literatur:

Pelajaran yang digunakan:

penggalan rekaman video “Taman Nasional Dunia” Reader’s Digest; gambar, foto dari perpustakaan alat bantu visual elektronik “Geografi 6-10”.

Permukaan bumi terbentuk di bawah pengaruh banyak proses eksternal dan internal yang bekerja di atasnya dengan kecepatan dan kekuatan yang berbeda. Akibatnya, ia mengambil bentuk yang paling beragam dan berbeda – dari pegunungan tertinggi dan bukit-bukit kecil, hingga patahan yang dalam, depresi, dan ngarai. Apa permukaan bumi? Apa saja elemen struktural yang termasuk di dalamnya? Mari kita cari tahu ini.

permukaan bumi

Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, sejak itu penampilannya terus berubah dan berubah. Sebelumnya, itu adalah benda bulat cair, tetapi kemudian bagian atasnya mengeras, membentuk kerak dengan ketebalan mulai dari 5 hingga 150 kilometer. Biasanya disebut permukaan bumi.

Sebagian besar kerak berada di bawah air, sisanya berupa benua dan pulau. Lautan Dunia menyumbang sekitar 70% dari permukaan bumi. Di bawahnya, kerak bumi hanya terdiri dari dua lapisan, jauh lebih tipis dan lebih muda daripada di darat. Dasar lautan memiliki bentuk tempat tidur, yang secara bertahap turun dari tepi benua.

Lahan kering menutupi sekitar 30% permukaan planet. Keraknya terdiri dari tiga lapisan utama dan ketebalannya rata-rata mencapai 40-45 kilometer. Wilayah daratan yang luas disebut benua. Mereka tidak merata di Bumi – 67% dari total area mereka terletak di Belahan Bumi Utara.

Kerak bumi tidak menerus dan terdiri dari beberapa puluh lempeng tektonik yang berdekatan. Mereka terus bergerak relatif satu sama lain, bergeser setiap tahun sebesar 20-100 mm. Gerakan lemah tidak terasa dalam kehidupan sehari-hari, tetapi tumbukan kuat dapat disertai dengan gempa bumi dan bencana alam lainnya. Batas-batas lempeng adalah semacam “titik panas” planet ini. Di tempat-tempat tersebut sering terjadi letusan gunung berapi, terbentuk retakan dan patahan.

Bentuk utama permukaan bumi

Cangkang padat planet kita terus-menerus mengalami aksi kekuatan internal dan eksternal. Pergerakan magma panas dan lempeng tektonik, panas matahari, angin, curah hujan – semua ini memengaruhinya dan menciptakan berbagai penyimpangan yang melekat baik di kerak benua maupun di dasar laut.

Ada beberapa klasifikasi jenis permukaan bumi, sesuai dengan karakteristiknya. Jadi, tergantung pada apakah mereka cembung atau cekung, mereka dibagi menjadi positif atau negatif. Dengan ukuran dan skala wilayah yang mereka cakup, mereka membedakan:

  • Bentuk planet adalah benua, dasar laut, dan pegunungan tengah laut.
  • Megaform adalah pegunungan, dataran, depresi dan dataran tinggi.
  • Macroforms adalah pegunungan dan depresi dalam satu negara pegunungan.
  • Mesoforms – jurang, lembah sungai, rantai bukit pasir, dan gua.
  • Bentuk mikro – gua, lubang pembuangan, lubang, sumur dan benteng pantai.
  • Bentuk nano adalah alur kecil dan hummock, lipatan dan lekukan di bukit pasir.

Tergantung pada proses yang mempengaruhi asalnya, bentuk permukaan bumi dibagi menjadi:

  • tektonik;
  • vulkanik;
  • glasial;
  • aeolian;
  • karst;
  • erosi air;
  • gravitasi;
  • pesisir (di bawah pengaruh air laut);
  • berhubung dgn sungai;
  • antropogenik, dll.

Pegunungan

Pegunungan sangat dibedah, area yang ditinggikan di permukaan planet yang tingginya melebihi 500 meter. Mereka terletak di zona peningkatan aktivitas kerak bumi dan terbentuk sebagai akibat dari pergerakan lempeng tektonik atau letusan gunung berapi. dan massif yang ada di dekatnya digabungkan menjadi sistem pegunungan. Mereka menempati 24% dari permukaan bumi, mereka paling terwakili di Asia, paling sedikit di Afrika.

Andes-Cordillera adalah pegunungan terpanjang di dunia. Itu membentang sejauh 18 ribu kilometer, dan membentang di sepanjang pantai barat Amerika Selatan dan Utara. Gunung tertinggi di dunia dianggap sebagai Himalaya Everest, atau Chomolungma, dengan ketinggian 8.850 meter. Benar, jika kita mempertimbangkan bukan yang absolut, tetapi ketinggian relatif, maka pemegang rekor adalah gunung berapi Mauna Kea di Hawaii. Tumbuh dari dasar lautan, dari bawah ke atas, tingginya 10203 meter.

dataran

Dataran adalah area medan yang luas, perbedaan utamanya adalah sedikit kemiringan, sedikit diseksi relief, dan ketinggian yang berfluktuasi. Mereka menempati sekitar 65% dari permukaan bumi. Mereka membentuk dataran rendah di kaki pegunungan, dasar lembah, dataran datar atau sedikit bergelombang dan dataran tinggi. Mereka dapat terbentuk sebagai akibat dari penghancuran batuan, tumpahan dan pendinginan lava, dan juga karena akumulasi endapan sedimen. Dataran terbesar di planet ini – Dataran Rendah Amazon – meliputi area seluas 5 juta km 2 dan terletak di Brasil.

Pegunungan dan dataran adalah salah satu bentang alam yang paling umum. Sekarang mari kita lihat tipe genetik utama permukaan bumi.

Relief fluvial

Air memainkan peran geologis yang sangat besar, mengubah dan mengubah lanskap di sekitarnya. Aliran permanen dan sementara menghancurkan batu di satu tempat dan membawanya ke tempat lain oleh arus. Akibatnya, dua jenis relief terbentuk: denudasi dan akumulatif. Yang pertama dikaitkan dengan penghancuran batu, contohnya adalah balok, alur, jurang, ngarai, tepian dan berkelok-kelok. Yang kedua mengacu pada akumulasi bahan geologis dan memanifestasikan dirinya dalam bentuk delta, beting, bulu.

Contoh klasik topografi fluvial adalah lembah sungai. Air sungai yang baru terbentuk mengalir dan mengalir, membentuk saluran, dataran banjir, dan terasering. Jenis sungai dan lembahnya tergantung pada kekuatan aliran dan sifat batuan di bawahnya. Misalnya, di tanah lempung lunak, aliran berliku dan lebar sering terbentuk. Sungai dengan lembah sempit muncul di antara bebatuan padat, yang berubah menjadi ngarai dan ngarai yang dalam. Salah satu yang terindah dan terbesar di dunia adalah Grand Canyon di Colorado, yang kedalamannya mencapai sekitar 1600 meter.

Relief Aeolian

Bentuk permukaan bumi Aeolian diciptakan oleh angin, dengan mentransfer partikel kecil debu, tanah liat, atau batuan ringan. Jadi, di padang pasir muncul bukit berpasir – bukit pasir, yang tingginya mencapai ratusan meter. Bukit pasir terbentuk di tepi sungai, di tempat lain ada kuchugurs, loess, dan pasir bergerak.

Baca Juga :   Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika kaitannya dengan usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia?

Arus udara tidak hanya dapat menumpuk, tetapi juga menghancurkan. Meniup partikel kecil, mereka menggiling batu, itulah sebabnya relung korosif, batu berlubang dan “pilar batu” terbentuk. Contoh mencolok dari fenomena semacam itu adalah massif Demerdzhi di Krimea.

Bentuk lahan karst

Bentuk lahan ini terbentuk di mana batuan umum yang larut relatif mudah dalam air. Di bawah pengaruh sumber permukaan atau bawah tanah dalam endapan gipsum, garam, kapur, marmer, dolomit, batu kapur, berbagai lubang, terowongan, dan galeri muncul.

Bentuk karst diwakili oleh gua, sinkhole, cekungan, talang, karr, poros, dan talang. Mereka tersebar luas di seluruh dunia, terutama di Krimea dan Kaukasus. Jenis relief ini mendapatkan namanya dari dataran tinggi Karst Slovenia, yang terletak di Dataran Tinggi Dinaric.

Bantuan teknogenik

Manusia juga memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengubah permukaan bumi. Selama pengembangan simpanan berharga, sejumlah besar mineral, tanah, dan batuan campuran ditarik dari perut planet ini. Di tempat-tempat pengembangan aktif, rongga dan lubang muncul dalam bentuk tambang dan tambang. Ton material yang tidak terpakai ditumpuk secara terpisah, membentuk tanggul dan timbunan.

Salah satu tambang terbesar di dunia adalah Bingham Canyon di Utah di Amerika Serikat. Ini berfungsi untuk ekstraksi bijih tembaga. Sumur tambang terdalam membentang 1,2 kilometer ke bawah, dan lebar maksimumnya mencapai 4 kilometer. Lebih dari 400 ton batu ditambang di sana setiap tahun.

Relief – totalitas semua ketidakteraturan permukaan bumi.

Permukaan bumi, tentu saja, tidak sepenuhnya datar. Perbedaan ketinggian di atasnya dari ke Palung Mariana mencapai dua puluh kilometer. Relief planet kita terus terbentuk bahkan sekarang: gunung berapi meletus, menabrak lipatan gunung, sungai dan hujan mengikis bebatuan. Jika kita berada di Bumi dalam beberapa ratus juta tahun, kita tidak akan lagi mengenali peta planet asal kita, dan semua dataran dan sistem pegunungan selama waktu ini akan berubah tanpa bisa dikenali. Semua proses pembentukan dapat dibagi menjadi dua kelompok besar: internal dan eksternal. Kalau tidak, internal bisa disebut endogen. Ini termasuk penurunan dan pengangkatan kerak, gempa bumi, pergerakan lempeng. Yang eksternal disebut eksogen – ini adalah aktivitas air yang mengalir, angin, ombak, gletser, serta hewan dan tumbuhan. Permukaan planet juga semakin dipengaruhi oleh orang itu sendiri. Faktor manusia dapat dibedakan ke dalam kelompok lain, menyebutnya sebagai kekuatan antropogenik.

Relief tanah

  • dataran rendah – hingga 200 m
  • ketinggian – 200-500 m
  • dataran tinggi – lebih dari 500 m
  • rendah – 500-1000 m
  • sedang – 1000 – 2000 m
  • tinggi – 2000 – 5000 m
  • tertinggi – lebih dari 5000 m

Relief lautan

  • cekungan
  • pegunungan tengah laut
  • busur pulau

Pembentukan relief bumi

Fitur relief Bumi

1. Menggunakan peta di buku teks, tandai peta kontur (hal. 28-29) dataran dan pegunungan terbesar di Rusia. Bagikan pekerjaan: mintalah setiap anggota kelompok menandatangani 1-2 objek pada peta di buku catatan mereka. Presentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas. Memeriksa dan mengevaluasi pekerjaan kelompok lain.

Di rumah, tandai pada peta kontur dataran dan pegunungan yang tidak ditandai dalam pelajaran.

2. Beri label bukit dan gunung pada diagram. Selesai menggambar diagram: tunjukkan dengan panah bagian-bagian bukit dan gunung.

Gunakan peta tutorial untuk mengisi tabel.

4. Buat gambar yang menunjukkan bentuk permukaan bumi dari tepi Anda, atau tempatkan foto.

Dengan bantuan literatur tambahan, Internet, siapkan pesan tentang dataran atau pegunungan apa pun di Rusia, wilayah Anda. Tuliskan informasi dasar untuk pesan Anda.

Tunjukkan sumber informasi.

Pegunungan Kaukasus– Sistem pegunungan antara Laut Hitam, Azov, dan Laut Kaspia.

Ini dibagi menjadi dua sistem pegunungan: Kaukasus Besar dan Kaukasus Kecil. Kaukasus Besar membentang lebih dari 1.100 km. Puncak paling terkenal – Gunung Elbrus (5642 m) dan Gunung Kazbek (5033 m) ditutupi dengan salju abadi dan gletser. Pegunungan dekat Sochi – Aishkho, Aibga, Chigush, Pseashkho menjadi tuan rumah bagi para peserta Olimpiade Musim Dingin 2014.

pegunungan altai– sistem kompleks dari rentang tertinggi di Siberia, dipisahkan oleh lembah sungai yang dalam dan cekungan intramontana dan antar gunung yang luas.

Altai terletak di mana perbatasan Rusia, Mongolia, Cina, dan Kazakhstan bertemu. Puncak tertinggi di Altai adalah Gunung Belukha (4.509 m).

Dataran Siberia Barat– dataran di utara Asia, menempati seluruh bagian barat Siberia dari Pegunungan Ural di barat hingga Dataran Tinggi Siberia Tengah di timur.

Di utara dibatasi oleh pantai Laut Kara, di selatan meluas ke Dataran Tinggi Kazakh, di tenggara Dataran Siberia Barat, secara bertahap meningkat, digantikan oleh kaki bukit Altai, Salair, Kuznetsk Alatau dan Gornaya Shoria . Dataran berbentuk trapesium meruncing ke utara: jarak dari perbatasan selatan ke utara mencapai hampir 2500 km, lebarnya 800 hingga 1900 km, dan luasnya hanya sedikit kurang dari 3 juta.

2.


peta Tanah Air kita.

Ini menggambarkan dataran

Teori

3.

Melihat dataran rendah, pegunungan, perbukitan. Pasang surut

permukaan bumi membentuk reliefnya.

4.

Permukaan bumi sangat beragam.

Melihat peta Tanah Air kita. Ini menggambarkan dataran dataran rendah, pegunungan, perbukitan. Pasang surut

permukaan bumi membentuk reliefnya.

5.

Permukaan bumi sangat beragam. Melihat peta Tanah Air kita. Ini menggambarkan dataran dataran rendah, pegunungan, perbukitan. Pasang surut

permukaan bumi membentuk reliefnya.

6.

Permukaan bumi sangat beragam. Melihat

peta Tanah Air kita.

Ini menggambarkan dataran dataran rendah, pegunungan, perbukitan. Pasang surut

permukaan bumi membentuk reliefnya.

7.

Permukaan bumi sangat beragam.

Melihat peta Tanah Air kita. Ini menggambarkan dataran dataran rendah, pegunungan, perbukitan. Pasang surut

permukaan bumi membentuk reliefnya.

8.

Permukaan bumi sangat beragam.

Melihat peta Tanah Air kita. Ini menggambarkan dataran dataran rendah, pegunungan, perbukitan. Pasang surut permukaan bumi membentuk reliefnya.

Pegunungan

9.

Permukaan bumi sangat beragam. Melihat peta Tanah Air kita. Ini menggambarkan dataran

dataran rendah, pegunungan, perbukitan.

Pasang surut

permukaan bumi membentuk reliefnya.

10.

Permukaan bumi sangat beragam.

Melihat peta Tanah Air kita. Ini menggambarkan dataran dataran rendah, pegunungan, perbukitan. Pasang surut permukaan bumi membentuk reliefnya.

Bukit-bukit

11.

Dataran sering bergantian dengan yang kecil bukit – bukit yang memiliki

bentuk bervariasi.

Tinggi bukit dari 10 –

20 meter hingga 200 meter.

12.

Miring lereng Puncak Turunan curam Tunggal Keluaran Pegunungan

Peta

13.

14.

Turunan curam

15.

16.

Miring

lereng

17.

Dataran tak berujung terputus daerah dataran tinggi – pegunungan. Gunung tinggi – puncak tertutup salju dan es Pegunungan tengah – lereng dan puncaknya berbatu Pegunungan rendah dengan lembut lereng, bagian atasnya tertutup

tumbuh-tumbuhan

18.

Gunung biasanya tidak ditemukan sendiri-sendiri, tetapi membentuk kelompok, yang disebut pegunungan. Keluaran Bukit-bukit

Peta

19.

20.

Garis besar bukit n lihat sc sc lihat n puncak

tunggal

21. Jurang

skl HAI dia skl n Skema jurang

bawah

22.

Terimakasih atas perhatiannya.

.

Bahasa Inggris Aturan

Dunia di sekitar kita, kelas 4

Di atas dataran dan pegunungan

Tanda tangani bukit dan gunung pada diagram. Selesai menggambar diagram: tunjukkan dengan panah bagian-bagian bukit dan gunung.

Menggunakan peta buku teks “Dunia sekitar 4 kelas” isi tabel.

Ketinggian pegunungan Rusia

Sebutkan gunung-gunung menurut ketinggiannya; dalam urutan penurunan ketinggian.

Minta teman meja Anda untuk memeriksa Anda.

Gambar lengkap yang menunjukkan bentuk permukaan bumi dari tepi Anda, atau tempatkan foto.



Dengan bantuan literatur tambahan, Internet, siapkan pesan tentang dataran atau pegunungan apa pun di Rusia, wilayah Anda (opsional).

Tuliskan informasi dasar untuk pesan Anda. Tunjukkan sumber informasi.



Dataran Siberia Barat– terbesar ketiga setelah Dataran Rusia di dunia.

Luasnya sekitar 2,6 juta km2. Dari pantai yang keras di Laut Kara, ia membentang ke kaki pegunungan Siberia Selatan dan semi-gurun Kazakhstan sejauh 2.500 km, dan dari Ural ke Yenisei – sejauh 1900 km. Tidak ada tempat di dunia ini yang dapat menemukan ruang sebesar itu dengan kelegaan yang begitu datar, seolah-olah tenggelam menuju pusatnya. Melintasi dataran di kereta dari Tyumen ke Novosibirsk, Anda melihat pesawat tanpa batas – bukan bukit kecil, bukan lereng. Relief semacam itu dibentuk oleh endapan sungai yang lepas dan endapan glasial kuno. Ketika gletser mundur, utara dataran ditaklukkan oleh tundra dan taiga, meskipun sebelumnya ada hutan gugur tempat mamut, badak berbulu, dan rusa raksasa hidup.

Mineral sangat beragam.

Cadangan minyak dan gas dari ladang seperti Urengoy, Yamburg, Medvezhye, Surgut, Nizhnevartovsk menjadikan Siberia Barat salah satu pemimpin dunia. 60% dari total cadangan gambut Rusia juga terkonsentrasi di wilayahnya. Deposit garam terkaya terletak di selatan dataran. Endapan batubara coklat berasosiasi dengan batuan sedimen purba berumur Trias dan Jurassic.

Namun, kekayaan utama Siberia Barat adalah cadangan minyak dan gas.

Telah ditetapkan bahwa dataran ini adalah provinsi unik kaya minyak dan gas Bumi. Kekayaan besar Siberia Barat adalah sumber daya airnya. Selain air permukaan – sungai dan danau – reservoir besar air tanah telah ditemukan.

Pentingnya ekonomi sumber daya hayati tundra dan hutan-tundra – zona kehidupan yang tampaknya miskin ini, sangat penting secara ekonomi.

Sejumlah besar bulu dan hewan buruan ditangkap di dalamnya, dan ada banyak ikan di sungai dan danaunya. Selain itu, tundra merupakan tempat penangkaran rusa kutub utama. Taiga Siberia Barat telah lama terkenal dengan produksi bulu dan kayunya.

Sumber informasi: V.P. Maksakovsky, I.I. Barnov, V.P. Dronov, V.Ya. Rum, N.N. Petrova “Geografi”.

Bentuk permukaan bumi

Konsep lega. Ketinggian absolut dan relatif



Lega. Permukaan bumi sangat tidak rata. Di atasnya daratan dan lautan menonjol.

Di dalam batas-batasnya terdapat jajaran pegunungan yang megah dan depresi samudera yang dalam, dataran luas dan dataran tinggi bawah laut, dataran rendah, parit, cekungan, bukit pasir, dll. Relief terus berubah, yang disebabkan oleh proses geologis yang berlangsung di bawah pengaruh alasan internal (pergerakan kerak bumi) dan eksternal (pekerjaan air yang mengalir, es, angin, dll.).

Karakteristik relief yang paling penting adalah ketinggian absolut dan relatif.

Ketinggian absolut – ketinggian titik mana pun di permukaan bumi di atas permukaan laut. Ini bisa positif (medan di atas permukaan laut) dan negatif (medan di bawah permukaan laut). Sebagian besar tanah memiliki tinggi mutlak positif.

Contoh ketinggian negatif kurang umum di darat: depresi Qattara, Afrika (-133 m), Death Valley, Amerika Utara (-85 m), wilayah Atlantik di Belanda, dll.

Di Rusia, ketinggian absolut diukur dari permukaan Laut Baltik dekat Kronstadt.

Ketinggian relatif adalah elevasi suatu titik di permukaan bumi terhadap titik lainnya. Ini menunjukkan seberapa banyak satu titik di permukaan bumi terletak di atas atau di bawah yang lain. Ketinggian absolut dan relatif menjadi ciri diseksi relief.

Membedakan bentang alam positif dan negatif. Bentang alam negatif terbesar di Bumi adalah depresi lautan, sedangkan yang positif adalah benua. Ini adalah bentang alam orde pertama. Bentuk lahan orde kedua – pegunungan dan dataran (baik di darat maupun di dasar lautan). Permukaan pegunungan dan dataran memiliki relief yang kompleks, terdiri dari bentuk-bentuk yang lebih kecil.

Dataran, dataran rendah, perbukitan, dataran tinggi

Dataran dan pegunungan merupakan bentuk utama dari permukaan bumi.

Mereka terbentuk sebagai hasil dari proses geologis yang telah membentuk muka bumi sepanjang sejarah geologis. Dataran adalah daerah yang luas dengan relief yang tenang, datar atau berbukit dan fluktuasi ketinggian relatif yang relatif kecil (tidak lebih dari 200 m).

Dataran rendah terbesar: Amazon, La Platskaya, Mississippian, Indo-Gangetic, Jerman-Polandia.

Dataran Rusia adalah pergantian dataran rendah (Pridneprovskaya, Prichernomorskaya, Prikaspiyskaya, dll.) dan dataran tinggi (Valdai, Rusia Tengah, Volyno-Podolskaya, Privolzhskaya, dll.). Dataran tinggi paling tersebar luas di Asia (Siberia Tengah, Arab, Deccan, dll.), Di Afrika (Afrika Timur, Afrika Selatan, dll.), Di Australia (Australia Barat).

Gambar 1. Dataran Tinggi Atherton di Queensland (Australia)

Dataran juga dibagi berdasarkan asal.

Di benua, sebagian besar (64%) dataran terbentuk di atas platform; mereka terlipat dalam lapisan penutup sedimen. Dataran seperti itu disebut dataran stratal atau platform. Dataran Rendah Kaspia adalah dataran termuda, Dataran Eropa Timur dan Dataran Tinggi Siberia Tengah adalah dataran platform kuno, permukaannya sebagian besar diubah oleh air yang mengalir dan proses eksternal lainnya.

Dataran yang muncul sebagai akibat dari pemindahan produk penghancuran gunung (denudasi) dari dasar gunung yang hancur (basement) disebut denudasi, atau basement, dataran.

Penghancuran gunung dan pemindahan batu biasanya terjadi di bawah pengaruh air, angin, es, dan gravitasi. Secara bertahap, negara pegunungan dihaluskan, diratakan, berubah menjadi dataran berbukit. Dataran denudasi biasanya terdiri dari batuan keras (Kazakh Upland).

Dataran dibagi menurut ketinggian absolutnya. Dataran dengan ketinggian absolut tidak lebih dari 200 m disebut dataran rendah, atau dataran rendah (Siberia Barat). Dataran, yang ketinggian absolutnya dari 200 hingga 500 m, disebut elevasi, atau ketinggian (Eropa Timur, atau Rusia).

Dataran, yang tingginya lebih dari 500 m di atas permukaan laut, disebut dataran tinggi, atau dataran tinggi (Siberia Tengah).

Dataran yang terbentuk dari proses akumulasi (penumpukan) material, termasuk batuan sedimen lepas, di mana cekungan relief besar terisi oleh sedimen, membentuk permukaan yang rata, disebut dataran akumulatif (Cina Besar, Indo-Gangga, Mesopotamia, Padan, dll. .) …

Tergantung pada asalnya, mereka adalah laut, danau, sungai, glasial, vulkanik.

Relief datarannya juga beragam. Dengan demikian, di dataran yang mengalami glasiasi kontinental, relief area makan gletser, penyebarannya dan limpasan air lelehan – benteng dan punggung moraine dan end-moraine – menonjol. Dataran tundra dan gurun pasir memiliki relief khusus.

Dataran air dalam (abyssal) dibedakan di dasar lautan; di kaki benua – dataran miring; di rak – rak dataran.

Pegunungan, dataran tinggi, dan dataran tinggi

Pegunungan adalah bentangan luas tanah atau dasar laut yang secara signifikan ditinggikan dan sangat dibedah.

Dalam penampilan, pegunungan dibagi menjadi barisan pegunungan, rantai, pegunungan dan negara pegunungan. Gunung yang terpisah jarang terjadi, baik gunung berapi atau sisa-sisa gunung kuno yang hancur. Unsur-unsur morfologi pegunungan adalah: dasar, atau tunggal; lereng; puncak atau punggungan (di punggung bukit).

Baca Juga :   jelaskan macam macam puasa wajib dan puasa sunnah

Bagian bawah gunung adalah batas antara lerengnya dan medan di sekitarnya, dan itu diungkapkan dengan cukup jelas. Dengan transisi bertahap dari dataran ke pegunungan, sebuah jalur dibedakan, yang disebut kaki bukit.

Lereng menempati sebagian besar permukaan pegunungan dan sangat bervariasi dalam penampilan dan kecuraman.

Summit adalah titik tertinggi sebuah gunung (mountain ranges), puncak runcing dari sebuah gunung adalah puncaknya. Negara pegunungan (atau sistem gunung) adalah struktur gunung besar yang terdiri dari barisan pegunungan – gunung yang memanjang secara linier, berpotongan dengan lereng.

Titik-titik hubungan dan perpotongan barisan pegunungan membentuk simpul-simpul pegunungan. Ini biasanya bagian tertinggi dari negara pegunungan. Penurunan antara dua pegunungan disebut lembah gunung. Dataran Tinggi – wilayah negara pegunungan, terdiri dari punggung bukit yang hancur dan dataran tinggi, ditutupi dengan produk kehancuran.

Tiga jenis gunung dibedakan menurut ketinggian absolutnya.

Pegunungan rendah – ketinggian absolut dari 500 hingga 800 m, kecuraman lereng 5-10 °, bentuk puncak dan lereng yang membulat dan halus.

Tetapi ada juga bentuk yang tajam dan berbatu. Pegunungan bundar – Ural Tengah, Ural, Semenanjung Kola dan Karelia, dengan bentuk tajam – taji Tien Shan, pegunungan Transkaukasia, kaki punggungan Kaukasia Utama.

Pegunungan tengah (mid-mountains) dengan ketinggian 800 hingga 2000 m.Kecuraman lereng rata-rata 10-25°, bentuk reliefnya sangat beragam. Bentuk-bentuk relief yang lembut adalah ciri khas pegunungan Ural Selatan dan Utara, Krimea, Kopet-Dag, dan lainnya. Puncak runcing, memuncak, punggungan tajam, puncak berbatu yang curam – pegunungan Ural Kutub, Novaya Zemlya, dll.

Gambar 2.

Batu Konzhakovsky dan Ostraya Kosva (Ural Utara)

Pegunungan tinggi (dataran tinggi) – di atas 2000 m, kecuraman lereng lebih dari 25 °. Zona alpine sepenuhnya berbatu, pegunungannya bergerigi, puncaknya yang tajam dan gletser adalah ciri khasnya. Puncak gunung individu naik sangat tinggi.

Misalnya, ketinggian tertinggi di Himalaya adalah Chomolungma (Everest) – 8848 m, Chogori – 8611 m.

Pegunungan dibagi menjadi muda dan kuno. Pegunungan muda adalah gunung yang, dari sudut pandang geologis, muncul relatif baru-baru ini (Alps, Kaukasus, Pamir, dll.). Gunung-gunung ini terus tumbuh, yang disertai dengan gempa bumi, dan terkadang vulkanisme. Di pegunungan kuno, proses internal telah lama berhenti, sementara kekuatan eksternal terus melakukan pekerjaan destruktif mereka, secara bertahap meratakannya (pegunungan Skandinavia, Ural, dll.).

Menurut asal, pegunungan dibagi menjadi tektonik, erosi dan vulkanik. Jenis gunung yang paling umum adalah tektonik (hingga 90%), yang muncul sebagai akibat dari pergerakan pembentukan gunung di kerak bumi. Pegunungan tektonik dibagi lagi menjadi lipatan, blok, dan blok terlipat.

Dilipat – pegunungan yang muncul di daerah kerak bumi, ditandai dengan plastisitas dan mobilitas yang besar. Di sini, untuk waktu geologis yang lama, ada akumulasi batuan sedimen yang kuat, yang mengarah pada penurunan daerah-daerah ini.

Tekanan kontra-lateral yang timbul menyebabkan penghancuran lapisan sedimen menjadi lipatan dan pengangkatan umum seluruh area. Selain itu, balok-balok besar kerak bumi naik dengan cara yang aneh: satu lereng curam, dan yang lain landai. Pengangkatan tersebut disertai dengan pembentukan palung kaki bukit, yang terletak di dekatnya dan dihasilkan dari penurunan litosfer. Struktur asimetris dari negara pegunungan yang terlipat dan depresi kaki bukit dapat ditelusuri di semua negara pegunungan.

Di pegunungan Kaukasus Besar, Cordillera, Pegunungan Alpen, Carpathians, Himalaya, Ural, Andes, Pyrenees, lapisan batuan terletak miring, melengkung. Ciri khas utama pegunungan yang terlipat adalah pemanjangannya dalam bentuk rantai pegunungan tinggi dalam jarak yang jauh, ratusan dan ribuan kilometer.

Pegunungan kuning – pengangkatan permukaan bumi, dibatasi oleh patahan.

Mereka terdiri dari lapisan batuan yang terlipat, memiliki puncak datar dan lereng lembah berbatu yang curam. Gunung-gunung gumpal muncul sebagai akibat dari pembuangan, mis. perpindahan batuan sepanjang retakan miring vertikal atau curam, membentuk satu atau beberapa langkah patahan dengan perpindahan 1-2 km. Ini adalah Pegunungan Drakensberg di Afrika, Ghats Barat dan Timur di India. Selama pelepasan, proses aneh terjadi – horst dan graben terbentuk. Horst – area kerak bumi yang terangkat, dibatasi oleh patahan: Pegunungan Harz, Tarbagatai, rentang Afrika Tengah.

Grabens adalah daerah kerak bumi yang diturunkan oleh patahan. Banyak dari mereka adalah rumah bagi danau terbesar di Bumi (Baikal, Great North American, sejumlah danau di Afrika).

Gambar 3.

Pegunungan Drakensberg (Afrika)

Gunung-gunung terlipat muncul di lokasi area kerak bumi yang telah mengalami pembentukan gunung di masa lalu, tetapi, runtuh, mereka berubah menjadi dataran berbukit. Tanah di daerah-daerah ini telah kehilangan plastisitasnya, memperoleh kekakuan dan stabilitas.

Kemudian daerah-daerah ini mengalami pembangunan gunung berulang, yang disertai dengan sesar, sesar, pengangkatan dan penurunan blok individu (gunung yang dihidupkan kembali). Ini adalah pegunungan dengan puncak datar dan tebing terjal – Ural, Tien Shan, Altai, Pegunungan Sayan, pegunungan Transbaikalia, massif Prancis Tengah, Appalachian, pegunungan Australia Timur, dll.

Pegunungan vulkanik tersusun dari produk letusan gunung berapi (bulk) dan merupakan formasi yang terisolasi.

Dilihat dari ketinggiannya, gunung berapi tidak kalah dengan gunung tektonik. Dengan demikian, gunung berapi tertinggi di Bumi, Aconcagua (Amerika Selatan), memiliki ketinggian 6960 m. Pegunungan erosi terbentuk sebagai hasil dari pengangkatan tektonik dan diseksi dalam berikutnya oleh sungai. Relief modern pegunungan erosi dibuat terutama oleh aktivitas air yang mengalir. Arti penting relief dalam kegiatan ekonomi manusia sangat besar. Pilihan tempat pemukiman, perencanaan kota, tempat paling nyaman untuk pembangunan struktur hidrolik, pembangkit listrik tenaga nuklir disertai dengan studi rinci tentang relief, terutama di daerah permafrost, karst dan tanah longsor, gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Dengan struktur lapisan, seseorang dapat menilai sifat mineral di area tertentu, penyelesaian masalah pasokan air.

Daerah yang menguntungkan untuk pertanian, penempatan padang rumput, ladang jerami, irigasi dan drainase tanah ditentukan oleh jenis dan bentuk relief. Relief memainkan peran penting dalam pembentukan lanskap dan iklim. Dataran tinggi dan perbukitan, dibandingkan dengan dataran rendah, karena ketinggiannya yang cukup tinggi, biasanya memiliki permukaan yang lebih terbelah dan relief yang kasar. Dataran tinggi dengan permukaan datar disebut dataran tinggi.

Beranda »Ural» Ural Selatan

Ural Selatan.

Ural Selatan: pegunungan, puncak, pegunungan utama, peta, lokasi geografis, iklim, sungai, danau, relief.

Ural Selatan– bagian selatan terluas Pegunungan Ural. Pegunungan Ural Selatan adalah sisa-sisa sistem gunung tua, yang, bersama dengan seluruh wilayah wilayah Chelyabinsk modern, menutupi sebagian besar Bashkortostan modern yang berdekatan dan wilayah di timur wilayah tersebut.

Ural Selatan
memanjang dari bagian lintang selatan Sungai Belaya ke hulu Sungai Ufa (m.

Ufaley). Ini adalah bagian terluas (hingga 150 km dari timur ke barat) dari Pegunungan Ural. Hingga 10 pegunungan membentang sejajar satu sama lain dari timur laut ke barat daya, secara bertahap melengkung ke selatan. Di sepanjang lereng timur punggungan Ural, ada perbatasan bersyarat antara dua bagian dunia – Eropa dan Asia.

Ural Selatan terletak di wilayah Republik Bashkortostan, wilayah Chelyabinsk, dan Republik Kazakhstan, serta wilayah Orenburg (Cis-Ural Selatan) dan wilayah Kurgan (Trans-Ural Selatan).

Pegunungan Ural sangat kuno dan hancur parah, pada kenyataannya, ini hanya fondasi dari pegunungan sebelumnya. Relief Ural Selatan sangat beragam. Selama ribuan tahun, ia runtuh menjadi dataran berbukit, lalu bangkit kembali, memperoleh karakter pegunungan.

Saat ini, terdapat bentang alam dari dataran rendah dan dataran berbukit hingga pegunungan dan puncak.

Sudut:
Besar Yamantau (1640 m), Besar Iremel (1582 m), Bolshoi Shelom (1427 m), Nurgush (1406 m), Poperechnaya (1389 m), Kashkatura (1342 m), Shirokaya (1332 m), Yalangas (1298 m) , Karatash (1171) (1171 m), Kruglitsa (1178 m), Otliknoy ridge (1155 m), Vesyolaya (gunung) (1153 m), Malinovaya (1152 m), Karatash (1118 m), Arvyakryaz (1068 m), Dua Saudara (1067 m), Katushka (1043 m), Masim (1040 m), Repnaya (1032 m), Kurtashtau (1019 m), Kurkak (1008 m), Yurma (1003 m).

punggungan utama:
Zigalga, Nary, Mashak, Kumardak, Nurgush, Big Bitch, Avalyak, Urenga, Big Taganay, Uraltau, Pegunungan Berry, Zilmerdak, Karatau, Bakty.

Punggungan terpanjang Ural Selatan adalah Urenga, dengan punggungan Yagodny sekitar 100 km.

Ural Selatan adalah wilayah pegunungan yang khas. Ketinggian absolut pegunungan adalah dari 1000 hingga 1500 m di atas permukaan laut. Puncak tertinggi adalah Yamantau (1640m) dan

Iremel Besar (1582m). Relief erosi-tektonik pegunungan tengah Ural Selatan dicirikan oleh puncak datar (Iremel) dan berbentuk kubah (Kruglitsa). Ini adalah sisa-sisa permukaan datar kuno yang terangkat beberapa ratus meter oleh gerakan tektonik baru dari kerak bumi.

Beberapa pegunungan dan puncak adalah pegunungan berbatu (punggungan Otkliknoy punggungan di punggungan Bolshoi Taganai). Di lereng dan puncak banyak gunung ada bebatuan terpisah – outlier (g.

Yurma, Iremel, dll).

Di atas perbatasan hutan, semua pegunungan Ural hampir seluruhnya ditutupi dengan batu – kurum. Tetapi hanya di Ural Selatan, kurum membentang berkilo-kilometer di sepanjang dasar beberapa lembah. Ini adalah sungai batu yang terkenal.

Karst dikembangkan di sepanjang lembah sungai, ada gua (Kapova), (Ignatievskaya, dan lainnya).

Perut Ural Selatan kaya akan berbagai mineral. Ada bijih logam besi dan non-ferro, batu bara, bahan baku kimia, berbagai bahan bangunan, batu – permata. Secara total, lebih dari 300 deposit skala industri telah dieksplorasi.

Lebih dari 20 deposit mengandung bijih besi (Magnitogorsk, Bakalskoe, dll.) Deposit bijih tembaga besar – Karabash, Verkhneuralskoe.

Endapan nikel dan kobalt terkonsentrasi di daerah Upper Ufaley. Ada aluminium, emas, bedak, fosfor, pirit, garam, magnesit, lempung, napal, batugamping, kelereng, dolomit, pasir, kaolin, grafit. Batu mulia dan hias ditemukan di wilayah Ilmeny dan Kochkar.

Pegunungan Ilmensky – museum permata alami, di sini Anda dapat menemukan amazonite, hyacinth, amethysts, opal, topaz, granit, perunggu, korundum, jasper, safir, ruby, bunga matahari, selenite, dll.

Di wilayah Kochkar terdapat kristal berlian. Ada batu bara, gambut, batu bangunan, kristal, unsur tanah jarang, dll.

Ural Selatan disebut tanah danau – ada lebih dari 3000 di antaranya.

Danau kecil menang, tetapi ada juga yang besar – Zyuratkul, Turgoyak, Uvildy, dll. Secara umum, Ural Selatan memiliki jaringan sungai dan danau yang kaya. Sungai-sungai itu milik cekungan Kama, Tobol, Ural, tetapi hulunya sebagian besar terletak di wilayah tersebut, oleh karena itu sungainya tidak besar. Sungai-sungai utama adalah Belaya, Ural, Ufa, Sim, Sakmara, Dema, Yuryuzan, Ai, Inzer, Zilim, Lemeza, Nugush, Miass.

Berbagai jenis lanskap dapat ditemukan di Ural Selatan.

Zonasi (zona vertikal) dinyatakan dengan jelas, tiga berlaku: hutan konifer gelap gunung-taiga, hutan subalpine dan alpine. Spesies yang dominan adalah: larch, cemara, pinus, birch, aspen, linden, di maple barat ekstrim, elm, oak, abu gunung, dll.

Ural Selatan terletak di zona hutan-stepa dan stepa.

Hutan-stepa dan stepa menutupi dataran dan kaki bukit yang berdekatan dengan pegunungan. Pegunungan itu sendiri ditumbuhi hutan dari kaki hingga ketinggian 1000 – 1200 m. Lebih tinggi – gunung tundra, padang rumput alpine, bebatuan. Jenis vegetasi terbatas pada zona tanah tertentu: – zona vegetasi dari ketinggian tanah tundra lebih dari 1000m – padang rumput alpine gunung-tundra 800 – 1000m – hutan padang rumput gunung yang jarang 800 – 900m – gunung padang rumput podzol cemara berdaun lebar 700 – 800m – cemara hutan abu-abu gelap-berdaun kecil dan pinus-birch hingga 700 – 800m

– daerah padang rumput hutan-tanah pegunungan hingga 500 – 700 m chernozem gunung.

Sifat Ural Selatan sangat beragam.

Karena fakta bahwa Ural Selatan mencakup banyak zona iklim, faunanya juga sangat beragam. Perwakilan khas hutan tinggal di sini (tupai, marten, kelinci, lynx, rubah, serigala, rusa roe, babi hutan, rusa, beruang) dan penghuni padang rumput (marmut, tupai tanah, dll.). Di musim dingin, burung hantu bersalju terbang ke Ural Selatan. Di antara mamalia, yang paling khas adalah: beruang, serigala, rubah, lynx, marten, luak, berang-berang, rusa besar, rusa roe, rusa, tikus, tahi lalat, landak, kelinci, tupai, tupai, dll.

Di antara burung, Anda sering dapat menemukan belibis kayu, belibis hazel, belibis hitam, unggas air, bangau, perwakilan keluarga passerine (lebih dari 120 spesies), elang, alap-alap, burung hantu, burung pelatuk, dll. Di antara ikan ada chebak, hinggap , ruff, predator dan bahkan ikan salmon. Ikan trout ditemukan di Sungai Kialim. Ada banyak reptil – kadal, ular berbisa, ular.

Iklim Ural Selatan adalah benua yang tajam: musim dingin yang dingin, musim panas yang panas.

Curah hujan turun dari 350 menjadi 700-800 mm per tahun. Hujan berlama-lama di musim panas jarang terjadi. Pembentukan iklim secara signifikan dipengaruhi oleh Pegunungan Ural – hambatan bagi pergerakan massa udara.

Di musim dingin, cuaca ditentukan oleh antisiklon Asia, menyerang dari Siberia, dan di musim panas, massa udara Arktik datang dari Laut Barents dan Kara, serta angin tropis dari Kazakhstan dan Asia Tengah. Kontinentalitas iklim meningkat dari barat laut ke tenggara. Suhu rata-rata di bulan Januari adalah -15 -18 derajat, dari Juli +16 +27. Amplitudo tahunan bisa mencapai 50 – 70 derajat.

Curah hujan didistribusikan cukup tidak merata: di puncak – hingga 800 mm, dan di lereng timur – hingga 500 mm. Jumlah curah hujan terbesar jatuh pada Juni-Agustus. Tutupan salju tebal (hingga 50 cm) dan panjang (sampai 170 hari).

Ural Tengah ”
::
»Pegunungan Ural

Tandai situs ini … Ctrl + D

Artikel populer tentang Ural:

Pemandangan Ural. Karakteristik umum Ural. Ural: Ural Kutub, Ural Subpolar, Ural Utara, Ural Tengah, Ural Selatan. Ural Kutub: pegunungan, puncak, pegunungan utama, peta, lokasi geografis, iklim, sungai, danau, relief. Ural Subpolar: pegunungan, puncak, pegunungan utama, peta, lokasi geografis, iklim, sungai, danau, relief. Ural Utara: pegunungan, puncak, pegunungan utama, peta, lokasi geografis, iklim, sungai, danau, relief. Ural Tengah: pegunungan, puncak, pegunungan utama, peta, lokasi geografis, iklim, sungai, danau, relief. Ural Selatan: pegunungan, puncak, pegunungan utama, peta, lokasi geografis, iklim, sungai, danau, relief. Pegunungan Ural: Ural Kutub, Ural Subpolar, Ural Utara, Ural Tengah, Ural Selatan.

Ural.

Awal perkembangan Ural Ural. sejarah Ural Cadangan Ural Kota Ural

Berita Ural

Bagaimana dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya disebut?

Posted by: pskji.org