Berikut ini termasuk teknik serangan dengan menggunakan bagian dari lengan atau tungkai kecuali

Berikut ini termasuk teknik serangan dengan menggunakan bagian dari lengan atau tungkai kecuali

12 3.Kategori ganda : pertandingan pencak silat yang menampilkan dua orang pesilat dari kubu yang sama memperagakan kemahiran dan kekayaan teknik jurus beladiri pencak silat yang dimiliki dengan keterampilan serang dan bela. 4.Kategori regu : pertandingan pencak silat yang menampilkan tiga orang secara benar.

2.1.2.1 Teknik serangan lengan

Serangan lengan dibedakan berdasarkan perkenaannya menjadi dua, yaitu serangan tangan dan siku Sucipto, 2008:3.25 1. Serangan tangan adalah semua jenis teknik menyerang yang dilakukan dengan menggunakan tangan. Teknik ini ada beberapa macam, yaitu: pukulan depan tinju, dorong, tusuk, pedang, dan tebak. 2. Sikuan adalah Teknik sikuan merupakan teknik yang efektif dipergunakan untuk pertarungan jarak dekat. Teknik sikuan ada beberapa macam, yaitu: siku depan, siku serong, siku belakang, dan siku bawah.

2.1.2.2 Serangan tungkai dan Kaki

Berdasarkan jarak dan posisi sasaran pada lawan, serangan tungkai dan kaki dibagi menjadi empat, yaitu : tendangan, sapuan, dengkulan dan guntingan johansyah Lubis, 2004:26 1. Tendangan dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu : 1 Tendangan depan, yaitu tendangan yang menggunakan sebelah kaki dan tungkai, lintasan ke arah depan dengan posisi badan menghadap ke depan, dengan perkenaannya pangkal jari-jari kaki bagian dalam, dengan sasaran ulu hati dan dagu. 2 Tendangan samping T, serangan yang menggunakan sebelah kaki dan tungkai, lintasannya depan ke depan dan perkenaannya 13 pada tumit, telapak kaki dan sisi luar telapak kaki, posisi depan, biasanya digunakan untuk serangan samping, dengan sasaran seluruh bagian tubuh. 3 Tendangan sabit, tendangan yang lintasannya setengah lingkaran ke dalam, dengan sasaran seluruh bagian tubuh, dengan punggung telapak kaki atau jari telapak kaki. 4 Tendangan belakang, yakni tendangan sebelah kaki dan tungkai dengan Lintasannya depan ke belakang tubuh dan membelakangi lawan, dengan sasaran seluruh bagian tubuh. 2. Sapuan adalah serangan menyapu kaki dengan lintasan dari luar ke dalam dan bertujuan menjatuhkan lawan, ada empat jenis sapuan, yaitu : 1 Sapuan tegak, serangan menyapu kaki dengan kenaanya telapak kaki ke arah bawah mata kaki, lintasan dari luar ke dalam, bertujuan menjatuhkan. 2 Sapuan rebah, serangan menyapu kaki dengan cara merebahkan diri bertujuan menjatuhkan, bisa dengan sapuan rebah belakang sirkel bawah. 3 Sabetan, serangan menjatuhkan lawan dengan kenaan tulang kering ke sasaran betis dengan lintasan dari luar ke dalam.4 Beset, serangan menjatuhkan lawan dengan alat penyasar betis. 3. Dengkulan adalah serangan yang menggunakan lutut atau dengkul sebagai alat penyerangan, dengan sasaran kemaluan, dada, dan pinggang belakang. Dengkulan terdiri dari tiga jenis yaitu : 1 Dengkulan depan, serangan dengan dengkulan, lintasan dari atas ke bawah, dengan sasaran dada dan kemaluan. 2 Dengkulan samping dalam, lintasan seperti busur dari luar ke dalamdengan sasaran ke arah dada. 3 Dengkulan samping luar, lintasan dari dalam ke luar, dengan sasaran perut. 4 Guntingan adalah teknik menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan menjepitkan kedua tungkai kaki pada sasasan leher, pinggang, atau tungkai 14 lawan sehingga lawan jatuh. Berdasarkan arah geraknya, ada dua jenis guntingan, yaitu guntingan luar dan guntingan dalam.

Baca Juga :   Jelaskan dan berilah ciri-ciri manusia purba yang ditemukan di indonesia

2.1.3 Tendangan Depan

Contoh Soal Uji Kompentensi Penjas Orkes Kelas 11 Semester 1 tulisan ini, merupakan lanjutan dari Contoh Soal PG Penjas Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban bagian ketiga (soal nomor 31-45). Dan pada bagian keempat, berisikan materi tentang Pencak silat, seperti: Teknik Dasar Serangan Pencak Sila dan teknik dasar pembelaan dalam pencak silat. Berikut, contoh soal penjas kelas xi semester ganjil pilihan ganda dengan jawaban, dimulai dari soal nomor 46 sampai dengan 60. 46. Berikut ini arah-arah serangan dengan menggunakan kaki, kecuali …. a. atas b. busur sisi c. belakang d. samping e. depan Jawaban: b 47. Serangan dengan tungkai tidak dapat menggunakan kaki bagian …. a. sikuan b. tumit kaki c. ujung kaki d. punggung kaki e. telapak tangan Jawaban: a 48. Serangan yang baik dan efektif dalam pencak silat memiliki unsur-unsur …. a. sapuan b. dorongan c. pukulan d. sikuan e. kuda-kuda Jawaban: e 49. Serangan pencak silat yang menggunakan kaki umumnya disebut …. a. pukulan b. tendangan c. sikuan d. elakan e. kuda-kuda Jawaban: b 50. Berikut ini teknik serangan dengan tangan, kecuali …. a. tenik serangan dengan tangan melalui depan b. tenik serangan dengan tangan melalui atas c. tenik serangan dengan tangan melalui bawah d. tenik serangan dengan tangan melalui samping e. tenik serangan dengan kepala Jawaban: e 51. Berikut ini yang tidak termasuk serangan tangan melalui bawah adalah …. a. colok b. sanggah c. tusuk d. catok e. tebak Jawaban: e 52. Berikut ini serangan-serangan tangan melalui depan, kecuali …. a. dorong b. tinju c. sodok d. bandul e. tusuk Jawaban: e 53. Upaya pembelaan diri dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan disebut …. a. tangkisan b. serangan c. kuda-kuda d. tamparan e. tusukan Jawaban: a 54. Berikut ini yang bukan termasuk serangan tangan melalui atas adalah …. a. ketok b. patuk c. tumbuk d. bandul e. tebak Jawaban: d 55. Untuk permulaan latihan, yang diperhatikan adalah …. a. sikap tubuh b. sikap tumit c. sikap tendangan ke depan d. sikap tendangan ke bawah e. sikap tendangan ke atas Jawaban: a 56. Sikap yang harus dimiliki oleh seorang pesilat adalah …. a. menunjukkan kemampuannya di depan umum b. bersikap mengalah walau dipukul c. bersikap masa bodoh terhadap orang lain d. bersikap tenang bagai air e. bersikap kesatria dan bersikap seperti ilmu padi Jawaban: e 57. Untuk menghindari pukulan lawan maka gerakan yang harus dilakukan adalah …. a. mengelak b. menebak c. menangkis d. memutar e. menghindar Jawaban: a 58. Sasaran gerakan memukul adalah …. a. dada b. leher c. paha d. kepala e. kaki Jawaban: a 59. Tujuan gerakan menangkis adalah …. a. menghindari pukulan lawan b. menghindari tendangan lawan c. menghindari jatuhan lawan d. menghindari tebasan lawan e. menghindari serangan lawan Jawaban: e 60. Nama induk organisasi pencak silat Indonesia adalah …. a. PSSI b. PPSI c. PEPSI d. IPSI e. PERCASI Jawaban: d

Baca Juga :   Suatu segitiga dengan panjang sisi 30 cm 40 cm dan 50 cm termasuk jenis segitiga

Lanjut ke soal nomor 61-75 => Contoh Soal Penjas Kelas 11 Semester 1 Beserta Jawaban (PG Part-5)

Serangan merupakan sikap membela diri dengan lengan atau tungkai (kaki) untuk mengenai sasaran pada lawan. Kalau kita lihat secara anggota badan yang digunakan, serangan dibedakan menajadi dua, yaitu serangan lengan dan serangan tungkai. Untuk serangan lengan meliputi serangan siku dan serangan tangan, sedangkan tungkai meliputi serangan lutut dan serangan kaki.

Serangan diartikan sebagai usaha pembelaan dengan menggunakan lengan.tangan atau tungkai/kaki untuk mengenai sasaran tertentu pada tubuh lawan. Pada pengertian pencak silat sebagai bela diri, semua anggota badan dari ujung rambut sampai ujung kaki dapat dipergunakan sebagai alat untuk menyerang lawan, tetapi pada pengertian silat olahraga, serangan dibagi berdasarkan anggota badan yang digunakan sebagai alat untuk menyerang, yaitu serangan lengan yang lazim disebut pukulan dan serangan tungkai yang lazim disebut tendangan. Selain kedua bentuk serangan tersebut, terdapat beberapa jenis serangan yang menggunakan bagian lengan dan tungkai, yaitu serangan sikuan, lututan, sapuan, kaitan dan guntingan.

Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam teknik serangan, diantaranya sikap tangan dan kaki sebagai alat serang, sikap tubuh untuk mengotrol fisik berat badan, dan sikap kuda-kuda yang pada umumnya kuda-kuda ringan. Ketiga unsur tersebut sebagai bahan acuan sah tidaknya mendapatkan poin dalam pertandingan atau perlombaan pencak silat.

Serangan memiliki lintasan dan bentuk yang merupakan ciri untuk membedakan serangan yang satu berbeda dengan yang lain. Berdasarkan penggunaan anggota badan yang dipergunakan untuk menyerang lawan, serangan dibedakan menjadi dua, yaitu serangan lengan dan serangan tungkai/kaki.

Untuk teknik serangan dengan menggunakan lengan ini terbagi menjadi dua berdasarkan perkenaannya, yaitu serangan tangan dan serangan siku.

Berdasarkan arah lintasannya, serangan tangan dapat dilakukan dari arah depan, bawah, atas dan samping.

Serangan dari depan meliputi:

  1. Tebak, yaitu pukulan dengan menggunakan telapak tangan.
  2. Tinju, yaitu pukulan yang dilakukan dengan mengepalkan tangan seperti menggenggam sesuatu.
  3. Dorong, pukulan dengan dua telapak tangan.
  4. Sodok, yaitu pukulan dengan menggunakan ujung-ujung jari tangan.
  5. Bandul, pukulan dengan ayunan kepalan tangan.

Bentuk-bentuk serangan tangan dari arah depan. Serangan tangan dari arah bawah meliputi:

  1. Bandul/catok, yaitu pukulan dengan mengayun kepalan tangan.
  2. Sanggah, yaitu pukulan dengan pangkal telapak tangan.
  3. Colok/tusuk, yaitu pukulan dengan ujung jari tangan.

Serangan tangan dari arah atas meliputi:

  1. Tumbuk, yaitu pukulan dengan kepalan tangan.
  2. Pedang, yaitu pukulan dengan sisi telapak tangan.
  3. Tebak, yaitu pukulan dengan telapak tangan.
Baca Juga :   Sebutkan lagu-lagu daerah yang dapat dinyanyikan secara unisono beserta asal daerahnya

Serangan tangan dari arah samping meliputi:

  1. Pedang, yaitu pukulan dengan sisi telapak tangan
  2. Tampar, yaitu pukulan dengan telapak tangan
  3. Bandul, yaitu pukulan dengan kepalan tangan
  4. Keperet, yaitu pukulan dengan punggung tangan

2. Teknik Serangan Siku

Serangan siku dapat dibedakan berdasarkan arah lintasannya, meliputi:

  1. Siku depan
  2. Siku serong
  3. Siku belakang atas
  4. Siku bawah

3. Teknik Serangan Tungkai

Berdasarkan jarak dan posisi sasaran pada lawan, serangan tungkai dibagi menjadi dua, yaitu serangan kaki yang lazim disebut tendangan dan serangan lutut yang lazim disebut lututan.

Dilihat dari bagian kaki yang mengenai sasaran dan arah lintasannya, tendangannya dapat dibedakan ke dalam 4 macam, yaitu tendangan depan (lurus), samping (T), busur (sabit), dan belakang.

  1. Tendangan depan, yaitu dengan menggunakan pangkal jari kaki
  2. Tendangan samping, yaitu dengan sisi telapak kaki
  3. Tendangan busur, yaitu dengan pangkal jari/punggung kaki
  4. Tendangan belakang, yaitu dengan tumit kaki

Serangan Lutut

Berdasarkan arah lintasan serangnya, serangan lutut dibedakan menjadi 2 bentuk, yaitu:

  1. Serangan lutut bawah, yaitu lintasannya dari bawah ke atas.
  2. Serangan lutut samping, yaitu lintasannya dari samping.

Lepasan adalah teknik melepaskan diri dari tangkapan lawan. Teknik lepasan dilakukan dengan cara menarik lepas dengan satu tangan, dua tangan, satu kaki, dan dua kaki. Lepasan adalah usaha untuk melepaskan dari tangkapan lawan, dilakukan dengan cara:

  1. Teknik lepasan dengan satu tangan,
  2. Teknik lepasan dengan dua tangan,
  3. Teknik lepasan dengan kaki,
  4. Teknik lepasan dengan dua kaki, dan
  5. Teknik lepasan dengan kaki dan lengan.

Lepasan dengan satu tangan, terdiri dari: Putaran, sentakan dan tangkapan balasan. Sedangkan teknik lepasan dengan dua tanga, terdiri dari: Bantuan, serangan, bukaan. Lepasan dengan kaki dilakukan dengan cara melipat lutut kaki yang ditangkap disertai dengan tarikan lengan. Teknik lepasan dengan dua kaki, lepasan dengan dua kaki, dilakukan dengan cara memutar badan dengan menarik kaki yang ditangkap disusul dengan tendangan belakang kaki yang lainnya.

Kuncian adalah menguasai lawan dengan tangkapan sempurna sehingga membuat lawan tidak berdaya. Teknik kuncian dapat dilakukan untuk menahan kemungkinan gerak lawan sambil mematikan tiga titik persendian anggota badan lawan. Jenis tangkapan yang digunakan dalam kuncian adalah tangkapan dengan tangan dan tungkai.

Kuncian dapat dilakukan dengan cara:

  1. Menahan kemungkinan gerak lawan.
  2. Mematikan gerak sendi dengan lipatan.

Unsur tangkapan dalam kuncian dapat merupakan tangkapan tangan atau kaki. Teknik kuncian pada umumnya adalah mematikan tiga tempat/titik anggota badan lawan.

Kuncian dengan diawali tangkapan tangan dilakukan dengan cara mengangkat lengan dilanjutkan dengan lipatan ke belakang atau ke bawah. Kuncian dapat diawali menangkap kaki dilakukan dengan cara menjatuhkan lawan.


Teknik Serangan Dalam Pencak Silat

2018-01-28T02:05:00-08:00 Rating:
4.5
Diposkan Oleh:

Ikbal H

Berikut ini termasuk teknik serangan dengan menggunakan bagian dari lengan atau tungkai kecuali

Posted by: pskji.org