Bagian bagian Microsoft Excel dan Fungsinya Beserta gambarnya

Bagian bagian Microsoft Excel dan Fungsinya Beserta gambarnya

Bagian-bagian Menu pada Microsoft Excel dan Fungsinya
– Sebagai program pengolah angka,
fungsi Microsoft Excel
banyak digunakan sebagai aplikasi perkantoran. Berbagai keperluan hitung-menghitung mulai dari akuntansi hingga fungsi makro yang rumit dapat menggunakan Microsoft Excel.

Kamu bisa menggunakan Microsoft Excel untuk pengolahan data mulai dari perhitungan dasar, pembuatan tabel, grafik, dan manajemen data. Aplikasi ini juga memiliki formula yang dapat memudahkan untuk melakukan perhitungan dalam pengolahan data tersebut.

Jika kamu sedang belajar menggunakan Microsoft Excel, berikut hal-hal nama menu bar pada Microsoft Excel dan kegunaannya yang perlu kamu ketahaui sebelumnya!

Sejarah Microsoft Excel

Awalnya di tahun 1982, aplikasi ini hanyalah sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan. Saat itu aplikasi ini bersaing dengan Lotus 1-2-3. Kemudian pihak Microsoft mulai mengembangkan aplikasi terbaru dari spreadsheet tersebut dengan meliris Excel untuk Macintosh di tahun 1985. Hingga akhirnya muncul versi untuk Windows di tahun 1987.

Pernah dituntut oleh perusahaan lain karena sama-sama menggunakan nama “Excel”, akhirnya Microsoft memberi nama baru, yakni Microsoft Excel. Lambat-laun, aplikasi ini semakin eksis karena dirasa sangat bermanfaat karena dapat mengizinkan penggunanya dalam mendefinisikan tampilan spreedsheet yang telah disunting.

Program perhitungan ini dirasa cerdas karena penggunanya dapat bekerja dengan sistem workbook dengan lembar kerja yang memuat kolom dan baris yang membentuk kotak kecil-kecil dengan sel-sel sebagai tempat memasukan data.

Baca Juga:
Jenis Microsoft Office dan Fungsi Microsoft Office

Untuk versinya sendiri, Microsoft Excel mempunyai beberpa versi hingga saat ini, yaitu Microsoft Excel 2003, Microsoft Excel 2007, Microsoft Excel 2010, Microsoft Excel 2013, Microsoft Excel 2016 dan yang paling terbaru adalah versi Microsoft Excel 2019 yang tergabung pada paket Office 365.

Fungsi Microsoft Excel

Karena sudah tidak asing dalam kehidupan semua orang, Microsoft Excel memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri, yaitu:

  • Untuk membuat laporan keuangan.
  • Bisa membuat daftar nilai dan daftar hadir.
  • Bisa melakukan operasi kali, bagi, dan rata-rata dengan cepat.
  • Dapat menghitung kurs mata uang.
  • Penyajian data secara tepat, rapi dan akurat.
  • Hasil dari presentasi jadi lebih praktis dan mudah.
  • Bisa membantu memecahkan soal logika matematika.
  • Dapat membantu membuat diagram garis hingga diagram lingkaran.
  • Suatu perhitungan dapat dibuat grafik dari suatu tabel.

Bagian-bagian Microsoft Excel

Karena lembar kerja Microsoft Excel ini terdiri dari kotak-kotak atau blok, maka masing-masing kotaknya memiliki nama sesuai posisinya. Adapun yang dimaksud dengan posisi ini adalah kordinat antara nama kolom dan nama baris. Jika kamu sorot kotak dengan krusor pada kolom A pada baris ke-1, maka akan nampak Name Box A1 dan seterusnya.

Di sebelah Name Box ini ada kolom yang bertuliskan Fx. Bagian ini disebut pula dengan formula bar. Ini adalah isi dari dalam kotak yang ada pada Microsoft Excel. Ketika kamu memasuki rumus, maka akan terdapat persamaan atau rumus tadi yang nampak lebih jelas.

Baca Juga :   Apa Yang Dimaksud Dengan Inning Dalam Permainan Softball

Bagain ini berisi ikon-ikon yang dapat membantu untuk menggunakan Microsoft Excel. Apa sajakah itu?

  • File: untuk mengakses dokumen secara umum, mulai dari membuka hingga menyimpannya.
  • Home: ada pengaturan untuk jenis huruf, ukuran, serta posisi teks
  • Insert: berfungsi untuk memasukan objek mulai dari shape, gambar, hingga membuat grafik dan tabel.
  • Page Layout: untuk mempermudah mengatur tampilan halaman dan memilih ukuran kertas.
  • Formula: Ada rumus-rumus dari penjumlahan hingga yang rumit sebagai formula perhitungan yang diinginkan.
  • Data: memiliki fungsi untuk mengatur data yang ingin diperbaiki.
  • Review: bisa digunakan untuk mengecek ejaan dan memasukan komentar.
  • View: kamu bisa memunculkan menu lain yang dirasa belum aktif pada lembar kerja.

Bagian ini merupakan nama kolom dalam bentuk inisial mulai dari A hingga Z dan kemudian dilanjutkan dengan dua angka AA, AB. Ketika kamu klik pada kotak di kolom pertama, maka akan muncul posisi kotak A1.

Dalam Microsoft Excel ini, baris diberi nomor urut berupa angka. Nantinya, baris ini akan berkaitan dengan kolom yang digunakan untuk menamai posisi krusor yang aktif yang akan muncul pada Name Box.

Bagian ini menunjukkan nama file yang akan kita berikan.

Di sini terdapat ikon-ikon yang ada di bawah menu Menu Bar. Letaknya berkelompok dan sesuai dengan menu induknya yang terdapat pada Menu Bar.

Lembar kerja pada Microsoft Excel ini terdiri dari sheet yang memiliki banyak lembar. Kamu bisa menambahkan sheet ini sesuai keinginan. Fungsi ini berguna ketika memiliki banyak projek karena hanya membutuhkan satu file saja.

Kamu bisa memperbesar lembar kerja jika diinginkan dan mengatur tampilan layout. Menu ini terdapat di pojok sebelah kanan bawah pada lembar kerja Microsoft Excel.

Ada dua bagian pada scroll bar, yang pertama ada di samping, untuk menaikkan dan menurunkan kertas dan di bawah untuk menggeser ke kanan dan kiri.

Baca Juga:
Jenis Microsoft Office dan Fungsi Microsoft Office

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Kelebihan

  • Dapat menemukan pola yang cepat saat mengolah data.
  • Ada tepat di titik sasaran yang membuat data jadi valid dan proses yang cepat.
  • Dapat mengakses spreadsheet dari mana saja.
  • Dapat mengedit spreadsheet yang sama dengan orang lain meski di lokasi berbeda karena ada fitur Co-Authoring.
  • Bisa download secara gratis fitur The Power Privot untuk Excrl add-in yang berfungsi untuk integrasi efisiensi data dari berbagai sumber serta memanipulasi data besar hingga jutaan baris secara kilat.

Kekurangan

  • Program ini berbayar dan butuh lisensi untuk menggunakannya.
  • Fungsi program terbatas ketika diakses.
  • Ada banyak jumlah baris sel namun terbatas.
  • Pada setiap versi, dokumen yang dihasilkan kurang stabil.

Itu tadi pemaparan mengenai Bagian-bagian menu penting yang sering digunakan pada Microsoft Excel dan Fungsinya masing-masing dari blog Klinik Tekno. Semoga artikel ini bermanfaat!

Bagian bagian Microsoft excel dan fungsinya –Hai teman-teman! Berjumpa lagi dengan saya. Untuk kesempatan kali ini, saya ingin membahas mengenai
bagian bagian Microsoft excel 2010 beserta fungsinya.

Baca Juga :   Apa yang kamu ketahui tentang beban

Namun, sebelum saya membahas lebih lanjut, saya ingin menyampaikan perbedaan antara Workbook dan Worksheet. Mungkin diantara teman-teman sudah banyak yang mengetahui mengenai hal ini. Jadi, di sini  saya hanya akan sedikit mengulang. Berikut adalah pembahasan keduanya.

Perbedaan Workbook dan Worksheet

Elemen elemen Microsoft excel 2010 –Workbook merupakan kumpulan dari beberapa sheet sedangkan worksheet merupakan lembar kerja yang terdapat di dalam sheet. Perumpamaannya seperti buku. Buku itu adalah workbook. Di dalam buku itu terdiri dari beberapa lembar halaman. Nah halaman itu disebut sheet. Dan di setiap halaman tempat menulis itulah yang disebut worksheet.

Bagian-Bagian Microsoft Excel 2010 dan fungsinya

Bagian Bagian Microsoft Excel 2010 Beserta Fungsinya – Tampilan jendela Microsoft Office 2010

Title bar merupakan bar atau balok judul sebagai identitas suatu program aplikasi. Title bar ini ada di semua program.

Menu Bar biasanya berisi deretan perintah yang di dalamnya masih terdiri dari beberapa toolbar atau submenu lainnya.

Toolbar merupakan deretan tombol-tombol bergambar yang memudahkan kita untuk memilih suatu perintah dengan cepat dan mudah, terutama untuk perintah yang sering digunakan. Toolbar ini berbetuk kotak dan berfungsi untuk mempercepat proses pekerjaan yang sedang dilakukan. Tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shortcut sebagai perintah cepat dari sebuah pilihan menu.

Bagian-bagian pada Microsoft Excel –Quick Acces Toolbar terletak dipojok kiri atas. Setiap tombol dikenali dengan bentuk-bentuk tertentu yang masing-masingnya mewakili suatu perintah yang berbeda-beda. Berikut merupakan icon-icon yang terdapat pada quick acces toolbar.

Quick acces toolbar

  • Save
    merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja yang baru saja dibuat atau baru saja diedit.
  • Undo Redo
    merupakan perintah untuk kembali pada tindakan sebelumnya atau membatalkan perintah yang baru saja dilakukan sedangkan redo hanya dapat berfungsi jika kita telah melakukan atau mengklik icon undo.
  • Open
    merupakan perintah untuk membuka file Ms. Excel yang telah tersimpan.
  • New
    merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja yang baru.

Size button ini digunakan untuk mengatur tampilan dari jendela Ms. Excel. Berikut adalah icon-icon yang terdapat pada size button.

Gambar 1 – Size button

Gambar 2 – Size Button

  • Minimize
    digunakan untuk menutup sementara jendelan Microsoft excel dan secara otomatis menjadi icon di taskbar. Jika kita ingin membukanya kembali, kita cukup mengklik icon yang terdapat di taskbar tersebut.
  • Maximize
    digunakan untuk memperbesar ukuran jendela Ms. Excel. Letak icon ini sama dengan letak icon restore. Kita baru bisa memperbesar ukuran jendela jika sebelumnya kita melakukan restore.
  • Restore
    digunakan untuk mengembalikan jendela Ms. Excel ke ukuran semula atau mengecilkan ukuran jendela Ms. Excel.
  • Close
    digunakan untuk menutup jendela Ms. Excel.

Biasanya terletak di bawah toolbar, di samping formula bar dan berada di atas lembar kerja. Name bar biasanya menampilkan nama sel yang sedang aktif. Contohnya A1, B1,C1 dan seterusnya. Berdasarkan contoh tersebut dapat kita simpulkan bahwa penamaan yang benar terhadap sel yang sedang aktif adalah didahului oleh letak columns yang diwakili dengan huruf dan diikuti letak Rows yang diwakili dengan angka.

Baca Juga :   Penengah perundingan damai antara pemerintah Filipina dan gerakan pembebasan Moro dalam bidang

Elemen-elemen Microsoft Excel 2010 dan fungsinya –Formula bar atau bar rumus terletak sejajar dengan bar nama. Biasanya digunakan untuk memasukkan atau mengedit data beserta rumus-rumus yang terdapat di sel. Bar rumus akan terisi bila sel yang sedang aktif juga telah terisi. Jadi, bila sel yang aktif masih kosong maka bar rumus juga akan terlihat kosong.

Columns atau kolom merupakan deretan huruf secara horizontal yang berjajar lurus ke samping dan terletak di bawah Name bar dan formula bar, di atas kumpulan sel yang diwakili dengan dengan huruf dari A sampai XFD sebanyak 16384 kolom setiap lembar kerja (worksheet).

Rows atau baris merupakan deretan angka secara vertical, berjajar kebawah yang terletak di samping worksheet yang tampilannya bertanda angka mulai dari angka 1 sampai 1048576 baris di setiap sheet.

Cells atau sel merupakan pertemuan antara baris dan kolom. Untuk mengaktifkan sel, kita dapat mengkliknya pada sel yang kita inginkan. Sel ini merupakan penyusun lembar kerja Ms. Excel dan di sini jugalah proses pengerjaan dokumen berlangsung.

Bagian-bagian Microsoft Excel 2010 –Scrool bar atau baris penggulung berfungsi untuk mengubah sudut pandang pada lembar kerja. Scrool bar ada 2 jenis yaitu :

Merupakan scroolbar yang tegak lurus dengan dengan lembar kerja dan sejajar atau berhadapan dengan Rows. Scrollbar vertical ini memungkinkan kita untuk menggulung/menggeser layar dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Merupakan Scroolbar yang sejajar atau berhadapan dengan kolom. Scroolbar ini memungkinkan kita untuk menggulung/menggeser layar dari kanan ke kiri.

Tab sheet atau tab lembar kerja terletak di bawah worksheet dan sejajar di samping scrollbar horizontal. Tab sheet ini berfungsi untuk mengaktifkan sebuah lembar kerja.

New Sheet atau lembar baru digunakan untuk menambah jumlah sheet dalam satu jendela Ms. Excel.

Bagian-bagian di Microsoft Excel 2010 –Status bar atau bar status terletak di bawah tab sheet yang berfungsi untuk menampilkan kondisi workspace kita. Sebagai contoh hampir setiap saat Ms. Excel menampilkan kata Ready di ujung kiri baris status. Hal itu berarti worksheet telah siap menerima berbagai informasi baru.

Artikel terkait lainnya :


Sekian Pemabahasan Bagian Bagian Microsoft Excel 2010 Beserta Fungsinya

Jika terdapat kata-kata yang sekiranya menyinggung saya mohon maaf. Sampai ketemu di pembahasan berikutnya ya teman-teman. See You!

Teman-teman dan sahabat yang hobi mencari informasi mengenai tutorial belajar internet dan computer gak perlu bingung harus gimana. Silahkan saja kunjungi link berikut
SeputarIT.

Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Save

SHARE ON
Twitter
Facebook
WhatsApp
Pinterest

Bagian bagian Microsoft Excel dan Fungsinya Beserta gambarnya

Posted by: pskji.org