Apakah olahraga malam hari baik untuk kesehatan

Apakah olahraga malam hari baik untuk kesehatan

Efek olahraga malam hari ternyata bisa sama baiknya dengan olahraga pagi hari. Namun, olahraga di malam hari tetap memiliki beberapa kekurangan.

Beberapa akibat olahraga malam hari yang mungkin Anda alami, antara lain:

Ada kalanya Anda punya acara dengan keluarga atau teman sepulang kerja. Hal ini yang bisa menjadi faktor penghambat olahraga yang sudah Anda jadwalkan di malam hari. Terlebih, jika Anda lebih senang menghabiskan waktu untuk berkumpul dan makan malam di luar rumah, maka hal ini bisa jadi gangguan.

Kemungkinan Anda untuk melakukan olahraga di luar ruangan jadi berkurang. Olahraga di luar ruangan seperti berlari, bersepeda, sepak bola, tenis, berenang, golf, dan sebagainya. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor cuaca, penerangan, dan lainnya.

Artikel Lainnya: Mandi di Malam Hari, Bermanfaat atau Tidak?

Olahraga di malam hari bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga Anda akan mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Hal ini bisa terjadi ketika jarak waktu antara olahraga dan tidur malam terlalu dekat. Kadar hormon adrenalin dan hormon stres juga akan meningkat saat berolahraga.

Hindari masalah tidur ini dengan melakukan olahraga ringan atau sedang, daripada olahraga berat. Berikan tubuh Anda waktu yang cukup untuk melakukan pendinginan, setidaknya tiga hingga lima menit di akhir latihan Anda.

Setelah sibuk bekerja, Anda tentu ingin berkumpul bersama keluarga atau sahabat Anda. Namun hal tersebut mungkin tertunda karena Anda harus fokus dengan program diet dan olahraga. Sehingga kesempatan Anda untuk bersosialisasi harus dibagi dengan kegiatan fisik Anda pada malam hari.

Anda sangat mungkin kehilangan semangat untuk berolahraga di malam hari setelah seharian berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk di kantor. Hal tersebut terjadi karena energi Anda sudah terkuras habis.

Baca Juga

Kini, Anda sudah mengenal kelebihan dan kekurangan olahraga malam hari. Para peneliti menemukan tidak ada perbedaan signifikan antara olahraga pagi atau malam hari. Hal ini sebenarnya sangat bergantung pada diri Anda. Untuk itu, kenalilah irama sirkadian tubuh Anda sendiri, lebih condong olahraga di pagi atau malam hari.

Jika Anda memiliki pertanyaan lainnya seputar olahraga atau kesehatan secara umum, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami melalui fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY/ RS]

Olahraga merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Namun, tidak sedikit juga orang yang mengabaikan olahraga dengan alasan sibuk bekerja seharian. Olahraga memang efektif dilakukan di pagi hari, tapi jika tidak sempat kamu masih bisa melakukannya di malam hari. Olahraga malam bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin tetap sehat dan bugar meskipun memiliki aktivitas yang padat. Olahraga malam memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari olahraga malam adalah untuk mengatasi insomnia.

Baca Juga :   Penyakit gangguan sistem peredaran darah yang disebabkan oleh faktor internal adalah

Insomnia merupakan suatu gangguan yang menyebabkan kamu sulit tidur malam. Gangguan ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah stres. Jika kamu mengalami hal tersebut, maka olahraga malam bisa menjadi solusinya. Dengan melakukan olahraga malam secara rutin, kamu dapat meningkatkan kualitas tidur dan membuat tubuh lebih segar keesokan harinya. Lalu, apa saja sih jenis olahraga malam yang bisa kamu lakukan? Berikut ini adalah 4 jenis olahraga malam yang aman untuk dilakukan!

Yoga

Yoga merupakan jenis olahraga yang paling aman dilakukan pada malam hari. Manfaat yang bisa dirasakan adalah tubuh kamu menjadi lebih tenang dan rileks sebelum tidur. Selain itu, yoga juga bisa menghilangkan penat setelah beraktivitas seharian, melancarkan aliran darah, dan mengatur sistem pernapasan sehingga tidur kamu pun menjadi lebih nyenyak.

Senam

Tidak hanya bisa dilakukan di pagi hari, senam juga ternyata baik untuk dilakukan di malam hari. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Chicago, membuktikan bahwa metabolisme tubuh dapat beradaptasi dengan baik jika melakukan olahraga secara rutin, baik pagi maupun malam hari. Salah satu jenis olahraga yang disarankan oleh para respondennya adalah senam.

Tai Chi

Pernah mendengar jenis olahraga yang satu ini? Tai chi adalah jenis olahraga gabungan yang terdiri dari seni dan olahraga kebugaran. Tujuan dari olahraga ini adalah untuk melatih keseimbangan antara tubuh dan pikiran. Sama halnya seperti yoga, tai chi juga mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks sebelum tidur, karena gerakan-gerakannya mengarahkan kamu untuk lebih tenang dan mengalir.

Fitness

Olahraga ini memang banyak dilakukan di pagi hari. Tapi tahukah kamu tidak sedikit pula orang yang melakukan fitness di malam hari? Tentu saja hal ini disebabkan karena sejumlah aktivitas yang harus dilakukan di pagi hingga sore hari. Oleh sebab itu, pusat kebugaran terlihat lebih ramai pada sore hingga malam hari karena orang-orang menyesuaikan waktu dengan rutinitas hariannya.

Meskipun olahraga malam bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tapi apakah manfaatnya lebih baik dibandingkan dengan olahraga pagi? Menurut American Heart Association, manfaat dari olahraga pagi dan malam bisa kamu bandingkan dari aspek lokasi, waktu, tipe olahraga, dan setting sosial. Olahraga yang baik adalah ketika kamu melakukannya secara rutin dan konsisten, entah itu waktu pagi, sore, atau malam hari.

Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika memilih berolahraga di malam hari, diantaranya ketika kamu selesai berolahraga sebaiknya jangan langsung tidur, beri jeda sekitar 1 – 1,5 jam setelah berolahraga. Selain itu, olahraga malam juga berpengaruh pada sistem pernapasan, karena pada malam hari jumlah oksigen yang dihirup lebih sedikit sehingga sistem pernapasan bisa terganggu.

Baca Juga :   Lebih baik mana perawat atau bidan

Apapun jenis dan waktu olahraga yang kamu lakukan, ada baiknya kamu tetap melakukannya di rumah mengingat pandemi COVID-19 yang belum mereda. Meskipun di dalam rumah, kamu masih bisa beraktifitas dan bergerak salah satunya dengan berolahraga di malam hari agar tubuh kamu tetap sehat.

Suara.com –

Mau Olahraga Pagi atau Olahraga Malam? Manfaatnya Beda Lho.

Aktifitas sehari-hari membuat Anda tidak memiliki waktu konsisten untuk olahraga. Padahal, paling tidak waktu untuk orang dewasa olahraga adalah 150 menit dalam lima hari atau sekitar 30 menit sehari.

Namun jika bisa mengeloka waktu dengan baik, misalnya sibuk di pagi hari hingga sore urusan kerja, maka Anda bisa olahraga saat malam hari.

Banyak orang menduga, olahraga paling sehat itu adalah ketika ada paparan cahaya matahari pagi, karena banyak memberikan tubuh kita vitamin D, selain karena udara di pagi hari juga lebih segar. Padahal olahraga di malam hari juga baik.

Baca Juga: Video Olahraga Unik Sedang Tren di Rusia, Tampar Bokong Wanita

Ini fakta mengenai olahraga di malam dan pagi hari.

Manfaat olahraga pagi

Professor Ilmu Olahraga Terapan, Lara Carlson, Ph.D. dari University of New England, mengatakan olahraga pagi memiliki manfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan.

Seperti dikutip Hello Sehat dari WomensHealthMag, Lara mengatakan olahraga di pagi hari bermanfaat meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

“Selain itu juga merevitalisasi metabolisme tubuh, sehingga kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak. Tekanan darah pun bisa jadi lebih stabil dan jam tidur Anda di malam hari bisa lebih nyenyak,” tutur Lara.

Baca Juga: Menjaga Berat Badan Setelah Lebaran, Ini Pilihan Olahraga Terbaik

Olahraga di pagi hari juga membantu Anda untuk membentuk kebiasaan berolahraga yang lebih konsisten, menurut Cedric Bryant, PhD dari American Council on Exercise. Namun Bryant juga menyarankan sebaiknya Anda melakukan pemanasan yang lebih lama karena suhu tubuh Anda relatif lebih rendah saat di pagi hari.

Olahraga malam bisa menjadi pilihan bila Anda ingin melakukan aktivitas fisik dan lebih aktif pada malam hari. Meski baik untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga malam juga memiliki risiko yang juga penting untuk Anda ketahui.

Meski waktu olahraga yang disarankan adalah pagi hari, sebagian orang memilih berolahraga di malam hari karena alasan pekerjaan atau gaya hidup. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga malam memiliki manfaat kesehatan yang tidak jauh berbeda dengan olahraga pagi.

Berbagai Manfaat Olahraga Malam Hari

Pada dasarnya, olahraga malam hari lebih baik daripada Anda tidak berolahraga sama sekali. Setidaknya, Anda disarankan berolahraga selama 30 menit setiap harinya untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Ada beberapa manfaat olahraga malam yang dapat Anda peroleh, di antaranya:

Baca Juga :   Tayuban Lengger dan ebeg merupakan tari kerakyatan yang berasal

1. Meningkatkan kualitas tidur

Ada anggapan bahwa olahraga malam bisa menyebabkan sulit tidur atau menurunkan kualitas tidur. Padahal, anggapan tersebut tidaklah benar dan justru sebaliknya. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga malam bisa membuat tidur lebih nyenyak dan kualitas tidur pun lebih baik.

Hal ini karena olahraga malam bisa membuat seseorang merasa lelah, sehingga mudah terlelap dan tidak sering terbangun dari tidurnya.

2. Menjernihkan pikiran

Sama halnya dengan olahraga pagi, olahraga malam juga bisa menjernihkan pikiran, terutama setelah Anda lelah bekerja atau beraktivitas seharian. Pasalnya, ketika berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres sehingga Anda bisa berpikir dengan lebih baik.

3. Meningkatkan performa olahraga

Menurut sebuah studi, olahraga malam bisa meningkatkan performa saat melakukan aktivitas fisik bila dibandingkan dengan olahraga pagi. Hal ini karena paru-paru dan metabolisme tubuh bekerja lebih baik pada malam hari.

Tak hanya itu, otot tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian akan lebih rileks dan fleksibel. Dengan begitu, risiko Anda mengalami cedera atau kram semakin kecil saat melakukan olahraga malam.

Berbagai Risiko Olahraga Malam Hari

Meski memiliki dampak baik bagi kesehatan, olahraga malam yang dilakukan berdekatan dengan jam tidur bisa mengakibatkan Anda susah tidur. Kondisi ini disebabkan oleh suhu dan metabolisme tubuh yang meningkat setelah berolahraga, sehingga membuat Anda tetap terjaga.

Oleh karena itu, Anda tidak disarankan untuk berolahraga 1 jam sebelum waktu tidur. Selain itu, pemilihan jenis olahraga malam pun kerap memengaruhi jam tidur tubuh. Anda dianjurkan untuk tidak melakukan olahraga dengan intensitas tinggi (HIIT), seperti senam aerobik, yang bisa meningkatkan suhu tubuh.

Apabila ingin berolahraga pada malam hari, Anda bisa coba melakukan olahraga mulai dari intensitas ringan hingga sedang, misalnya yoga, peregangan tubuh, atau jalan santai.

Agar kualitas tidur tidak terganggu setelah olahraga malam, Anda disarankan pula untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol sebelum tidur serta makan malam dengan porsi kecil guna meminimalkan terbangun pada malam hari dan mengalami susah tidur.

Jadi, olahraga malam sebenarnya aman dilakukan dan menyehatkan, tidak seperti mitos olahraga yang banyak beredar. Namun, Anda perlu memperhatikan waktu dan jenis olahraga yang dilakukan sehingga tidak memengaruhi jam tidur.

Bila masih memiliki pertanyaan seputar olahraga malam, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga apa yang cocok bagi kondisi tubuh Anda.

Apakah olahraga malam hari baik untuk kesehatan

Posted by: pskji.org