Bagaimana jika kalian punya teman yang berbeda agama dalam pergaulan

Bagaimana jika kalian punya teman yang berbeda agama dalam pergaulan

Teman adalah orang yang mau mengerti keinginan kita (walaupun tidak bisa memenuhi). Semua orang pasti mempunyai teman seperti teman bermain ataupun teman sekolah.

Di Indonesia memiliki berbagai Agama yaitu : Islam, Katolik, Hindu, Budha, Kristen, dan Konghucu. Kita hidup berdampingan dengan orang-orang yang memiliki agama yang berbeda-beda, bisa saja kita mendapat teman yang berbeda agama. Sebagai seorang muslim kita harus menghargai dan menghormati atau yang bersikap toleran kepada teman yang berbeda agama. Bagaimana kita harus memupuk sikap toleran? Bergaul dengan semua teman tanpa membedakan agama nya. Semua teman itu harus diperlakukan sama, karena itu kita harus bekerja sama satu sama lainnya, meski punya latar belakang yang berbeda-beda.

Menghargai dan menghormati perayaan hari besar keagamaan umat lain.

Kita sebagai umat islam harus menghormati perayaan hari besar agama lain, tapi tiak boleh ikut serta dalam ibadah di tempat ibadahnya. Tidak menghina dan menjelek-jelekan ajaran agama lain. Ketika sudah memahami toleransi, tentu kita tidak akan menghina orang lain karena berbeda dengan kita. Memberikan kesempatan kepada teman yang berbeda agama untuk berdoa sesuai agamanya masing-masing.

Memberikan rasa aman kepada umat lain yang sedang beribadah. Jika kita tidak mau diganggu saat beribdah, kita juga harus menghormati orang lain yang sedang beribadah.

Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain. Menjaga silaturahmi dengan tetangga yang berbeda agama. Menolong tetangga beda agama yang sedang kesusahan.

Seorang muslim diwajibkan mempunyai sikap toleran terhadap teman yang berbeda agama seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.Terkait anjuran untuk berperilaku toleran,juga disebutkan dalam hadis riwayat imam bukhari :

Baca Juga :   Tidak sembarang dalam mengelola dana kas kecil kegiatan awal pembentukan dana kas kecil dimulai

“ telah menceritakan kepada kami Abdillah, telah menceritakan kepada saya Abi telah menceritakan kepada saya Yazid berkata ; telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ishaq dari dawuh bin Al-Hushain dari Ikrimah dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata; Ditanyakan kepada Rasulullah saw. “Agama manakah yang paling dicintai oleh Allah?” maka beliau bersabda: “al-Hanifiyyah as-Samhah (yang lurus dan toleran)” (HR. Bukhari)

Berdasarkan hadis tersebut, agama Islam yang dibawa Rasulullah adalah agama yang mengajarkan toleransi. Toleransi ini bukan dalam perkara akidah, yaitu hubungan manusia dengan Tuhan. Misalnya, menghormati teman beda agama dengan cara ikut sembahyang di tempat ibadahnya. Ini tidak boleh. Sikap toleran ini dilakukan dalam urusan muamalah, hubungan manusia dengan manusia.misalnya menghargai pendapat teman yang berbeda agama.

Jadi, perbedaan yang ada di dunia ini kita serahkan kepada Tuhan, Karena Dialah yang menciptakan dan menghendakinya. Kita tidak perlu menghakimi apakah ini salah atau benar. Kita justru dituntut untuk mengelola perbedaan tersebut ke arah yang positif, bukan malah menjadi sumber konflik.

Ilustrasi kunci jawaban tema 7 kelas 5 SD MI halaman 147 subtema 2 pembelajaran 6 tentang manfaat saling menghargai antarteman yang berbeda agama dalam pergaulan. /Pixabay.com/sasint/Pixabay/sasint

PortalJember.com
– Salam giat belajar adik-adik, kita akan mempelajari Kunci Jawaban Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 5 SD MI Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud.

Di artikel ini akan dibahas subtema 2 tentang Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan. Kunci jawaban untuk yang dibagikan dalam artikel ini yaitu dari pertanyaan di halaman 147.

Alangkah baiknya, adik-adik terlebih dahulu mencoba untuk mengerjakan soal yang ada semampunya, kemudian setelah selesai mintalah koreksi dari orang tua masing-masing.

Baca Juga :   Organisasi masyarakat mempunyai daerah yang mana kekuasaan negara berlaku sebagai kedaulatan merupakan pengertian menurut?

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 71, 72, 73, 74, 75, 76 Subtema 1 Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajah

Berikut kunci jawaban tema 7 kelas 5 SD MI halaman 147 subtema 2 pembelajaran 6 tentang manfaat saling menghargai antarteman yang berbeda agama dalam pergaulan, seperti dilansir
PortalJember.com
dari alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember, Anisa Maharani, S.Pd.

Pembelajaran 6

>

Ayo Berlatih

Ayo belajar dari masalah yang terjadi di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah manfaat saling menghargai antarteman yang berbeda agama dalam pergaulan?

Jawaban:


kekerasan dapat timbul suatu konflik sosial karena adanya deprivasi relatif,yakni


Sebutkan cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi krisis air bersih


is kemerdikan een javaans woord en betekent dit ook als bébasan vrijheid? welke vrijheid bedoelt men: onafhankelijkiheid of andere vrijheid (bv van m …

eningsuiting)


Contoh pertanyaan tentang pembelajaran sosial emosional anak usia dini?


John austin mengenal ajaran analytical jurisprudence sehingga ia tergolong pada tokoh yang bermahzab


Pelopor kajian sosiologi pendidikan secara formal adalah


berilah 5 contoh perilaku kepedulian yang dapat dipraktekkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari​


Tokoh yang mendefinisikan realitas sosial adalah …..


Penyelesaian konflik melalui pelibatan pihak ketiga sebagai penasehat bersifat netral dalam penyelesaian suatu perselisihan dinamakan dengan mediasi. …

Salah satu contoh mediasi dalam kehidupan sehari-hari yakni …..


Pembangunan yang melibatkan berbagai pelaku, baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat, dalam suatu proses kemitraan dengan menerapkan konsep partisi …

pasi masyarakat merupakan definisi …..

Apakah manfaat saling menghargai antarteman yang berbeda agama dalam pergaulan, pembahasan
kunci jawaban tema 7 kelas 5 halaman 141 142 144 147 148
tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan di buku tematik siswa sekolah dasar.

Baca Juga :   Apa nama bagus untuk bayi?

Pembahasan kali ini merupakan lanjutan dari tugas sebelumnya, di mana kalian telah mengerjakan soal tentang
Bagaimana pendapatmu tentang sikap Rudi dan Heridi buku tematik.

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 147

Ayo Berlatih

Ayo, belajar dari masalah yang terjadi di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari!

1. Ali, Amin, Rudi, dan Heri membentuk kelompok belajar. Seminggu dua kali mereka belajar di rumah masing-masing secara bergiliran. Kali ini, mereka belajar di rumah Ali.

Ketika sedang mengerjakan soal, Ali dan Amin meminta izin untuk melaksanakan ibadah karena waktunya telah tiba. Walaupun Rudi dan Heri berbeda agama, mereka mempersilakan Ali dan Amin melaksanakan ibadah. Rudi dan Heri menunggu dengan tenang sampai Ali dan Amin selesai melaksanakan ibadah..

b. Apakah manfaat saling menghargai antarteman yang berbeda agama dalam pergaulan?

Jawaban
: Manfaat yang diperoleh menghargai teman berbeda agama dengan kita salah satunya yaitu kerukunan dapat terjaga selalu, hidup menjadi tentram dan tentram, bisa belajar dan bermain dengan tenang, serta dapat mendapat pahala karena toleransi adalah perbuatan yang terpuji.

2. Nirma anak orang kaya. Ayahnya pengusaha yang sukses. Semua permintaan Nirma selalu dipenuhi orang tuanya. Hal ini membuat dia sombong. Dalam pergaulannya, dia selalu memilih-milih teman. Dia tidak mau bergaul dengan anak-anak lain yang berasal dari keluarga miskin.

a. Menurut pendapatmu, benarkah tindakan Nirma? b. Apakah seorang anak seperti Nirma memiliki banyak teman? Mengapa

demikian?

Bagaimana jika kalian punya teman yang berbeda agama dalam pergaulan

Posted by: pskji.org