Penghasil oksigen adalah salah satu manfaat

Penghasil oksigen adalah salah satu manfaat

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Dream –
Tanaman menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan di dunia ini. Hewan dan manusia membutuhkan keberadaan tanaman sebagai sumber makanan dan juga sebagai penghasil oksigen di setiap waktu. Oleh karena itu, tanaman memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan.

Namun sayangnya, ada saja orang-orang yang tidak bertanggungjawab dengan merusak hutan tanpa membenahinya kembali. Alhasil bencana banjir dan tanah langsor tak bisa dihindari. Hewan-hewan di hutan pun kehilangan habitatnya dan memberikan dampak negatif bagi kehidupan penduduk di sekitar.

11 Manfaat Tumbuhan bagi Manusia, Salah Satunya Sebagai Bahan Produk Kecantikan

Setiap orang perlu untuk mengetahui dan menyadari betapa besar manfaat tanaman dalam kehidupan. Sehingga perilaku-perilaku buruk pada tanaman bisa dihindari.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat tanaman yang perlu diketahui sebagaimana telah dirangkum oleh Dream melalui
merdeka.com.


Manfaat Tanaman Bagi Kelangsungan Hidup Di Bumi (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Reporter : Arini Saadah

Manfaat tumbuhan bagi manusia yang paling utama adalah sebagai penyedia oksigen dan sumber makanan.

Dream –
Manusia hidup membutuhkan makhluk hidup lain untuk memenuhi kebutuhannya, salah satunya adalah tumbuhan. Manfaat tumbuhan bagi manusia yang paling utama adalah penyedia oksigen dan sumber makanan.

Tak hanya bagi manusia, manfaat tumbuhan juga begitu penting bagi makhluk hidup lain. Bahkan manusia menggantungkah hidupnya dari tumbuh-tumbuhan.

Kondisi Terbaru Tukul Arwana Usai Alami Pendarahan Otak, Rajin Fisioterapi Hingga Bisa Diajak Komunikasi!

Manfaat tumbuhan bagi manusia digunakan dalam segala aspek, mulai dari bahan pangan, sandang dan papan. Manfaat tumbuhan bagi manusia tak pernah terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Dalam artikel kali ini, Dream akan mengingatkan kembali betapa banyak manfaat tumbuhan bagi manusia. Sebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia! Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasannya di berikut ini.


Ilustrasi (Shutterstock.com)


KONTAN.CO.ID –Tak hanya mempercantik ruangan, deretan tanaman di dalam atau sekitar rumah, juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.  Penelitian menyebutkan, tanaman penghasil oksigen seperti lili paris, sirih gading hingga krisan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Misalnya, membersihkan udara dari racun penyebab risiko stroke, kanker, dan penyakit jantung, hingga gangguan pernapasan.  Tanaman penghasil oksigen ini selain “membersihkan udara”, tentu saja bisa menjadi pemanis di rumah, apartemen, bahkan tempat kos sekalipun.  Lalu apa saja tanaman yang bisa Anda pilih?
1. Lili paris
Tanaman penghasil oksigen yang pertama yaitu lili paris (Chlorophytum comosum) atau yang dikenal sebagai tanaman laba-laba (spider plant).  Tanaman hias asal Afrika Selatan ini dikenal dengan daun hijaunya yang berbentuk ramping serupa pedang. Daunnya yang cantik, melengkung dengan anggun berhiaskan warna putih di tepinya.  Tak sulit untuk merawat lili paris. Tanaman hias yang bisa diletakkan di segala sudut ruangan ini hanya perlu disiram dua kali dalam seminggu.  Selain menghasilkan oksigen, manfaat lili paris lainnya yaitu menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding serta furnitur.
2. Dracaena
Dracaena merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik yang dapat membersihkan udara lebih efektif ketimbang tanaman lainnya. Selain menghasilkan oksigen, tanaman ini juga berfungsi mengontrol kadar kelembapan dalam ruangan.  Sejumlah penelitian juga menyebutkan dracaena bisa meningkatkan suasana hati orang-orang yang berada di sekitarnya.  Kemampuan dracaena dalam membersihkan udara juga sanggup melenyapkan paparan zat kimia berbahaya, seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan trichloroethylene.  Editor: S.S. Kurniawan

Baca Juga :   Fungsi abris sous roche dalam kehidupan masyarakat pra aksara yaitu

  • Tanaman
  • Kesehatan
  • Oksigen

Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia
– Tumbuhan memiliki manfaat yang sangat penting bagi manusia dan lingkungan di sekitar. Keberadaan tumbuhan menjadi sumber daya yang penting, seperti untuk obat-obatan, iklim, penyejuk, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, biasanya tumbuhan juga berfungsi sebagai dekorasi taman atau ruangan agar tampak segar, asri, dan nyaman. Hal inilah yang membedakan bumi dari planet lain.

Kemampuan untuk menopang kehidupan di bumi inilah yang menjadikan tumbuhan memiliki manfaat bagi manusia. Akan tetapi, sebagai manusia kita sering mengabaikan hingga melupakan akan pentingnya manfaat dari tumbuhan tersebut.

Grameds juga bisa membaca salah satu rekomendasi ebook berikut ini yang berjudul “Koleksi Tumbuhan Berkhasiat” karya Bayu Satya yang dapat menjadi solusi kamu di rumah dalam mengetahui manfaat dari mengoleksi tumbuhan berkhasiat. Yuk langsung saja klik di bawah ini!

Nah, pada satu artikel ini akan membahas dan mengingatkan kembali bahwa tumbuhan memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Simak hingga akhir artikel ya grameds!

Berikut ini adalah 10 manfaat tumbuhan bagi manusia, yaitu sebagai berikut.

1. Penghasil Oksigen

Manfaat pertama yang dapat dirasakan dari adanya tumbuhan bagi manusia adalah sebagai penghasil oksigen yang diperlukan bagi manusia atau makhluk hidup lainnya, seperti hewan untuk bernapas. Hal ini dapat terjadi jika melakukan proses fotosintesis pada tumbuhan tersebut sehingga akan menghasilkan suatu gas oksigen dan gula yang merupakan cadangan makanan.

Selain itu, tumbuhan juga akan menyerap gas karbondioksida di udara. Gas karbondioksida merupakan salah satu jenis gas beracun dan berbahaya bagi manusia. Dengan adanya tumbuhan yang hidup di sekitar manusia maka gas tersebut dapat diserap dengan baik sehingga manusia dapat memperoleh oksigen yang cukup dan terhindar dari bahaya gas beracun.

2. Sumber Makanan

Tumbuhan memang memiliki salah satu manfaat sebagai sumber makanan bagi manusia. Mulai dari batang, daun, akar, bunga, hingga buahnya dapat dikonsumsi oleh manusia sebagai sumber makanan atau minuman.

Anda Mungkin Juga Menyukai

Biasanya di pedesaan hingga perkotaan beberapa tumbuhan biasa digunakan sebagai konsumsi sumber makanan sehari-hari, misalnya akar pada tumbuhan umbi-umbian, seperti singkong dan ubi jalar yang bisa dikonsumsi sebagai sumber makanan pengganti nasi.

Tidak hanya itu, daun pada tumbuhan juga bisa digunakan sebagai sumber makanan sehari-hari bagi manusia. Contohnya, daun singkong dan daun pepaya yang biasa dijadikan sebagai lalapan atau tumis sayur. Adapun, bunga rosella atau bunga kecombrang pada tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai bahan minuman atau makanan.

3. Mengendalikan Suhu

Tumbuhan memiliki manfaat lainnya bagi manusia dan lingkungan sekitarnya, yaitu dapat mengendalikan suhu di suatu daerah atau wilayah tertentu. Jika kita biasa melihat di daerah bogor atau bandung yang terdapat suatu pohon besar berada di pinggir jalan maka hal itu berfungsi untuk mengendalikan suhu di daerah tersebut.

Kendaraan yang melewati daerah tersebut, seperti mobil, truk, hingga motor pastinya akan mengeluarkan polusi dan panas. Manfaat tumbuhan yang berada di pinggir jalan itu dapat berfungsi mengendalikan suhu hingga menetralkan lingkungan tersebut. Dengan begitu, bagi pejalan kaki yang melintas di pinggir jalan itu akan merasa lebih teduh karena pohon-pohon besar ini dapat melindungi dari adanya paparan sinar matahari sehingga membuat lebih sejuk.

Baca Juga :   Masa Demokrasi Liberal berakhir dengan adanya

Grameds tidak perlu khawatir jika ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang beberapa informasi tentang suhu. Karena berikut ini ada rekomendasi ebook yang sayang untuk kamu lewatkan loh. Klik di bawah ini ya!

4. Mengurangi Polusi Udara

Polusi udara dapat menyebabkan gangguan kesehatan di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, manfaat tumbuhan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya adalah dapat mengurangi adanya polusi udara. Dapat dibuktikan bahwa keberadaan tumbuhan dan ruang hijau di berbagai kawasan dapat mengurangi polusi sehingga dapat diserap dengan baik serta dapat meningkatkan kualitas udara menjadi lebih sejuk dan bersih.

Setiap tumbuhan dan ruang hijau yang dibangun tentu memiliki kemampuan untuk mengurangi polusi udara. Hutan yang ditanam di suatu daerah yang tepat di lingkungan perkotaan atau industri akan sangat efektif karena adanya peningkatan pada luas permukaan tersebut yang mampu menyerap polutan.

5. Mencegah Perubahan Iklim

Tumbuhan mengambil karbondioksida serta melepaskan oksigen melalui proses fotosintesis. Fungsi karbondioksida ini sebagai salah satu gas rumah kaca yang berkontribusi dalam mencegah adanya perubahan iklim.

Karbondioksida ini digunakan sebagai bahan penyusun dari suatu jaringan baru, seperti akar, cabang, batang, dan daun yang berfungsi sebagai penyimpan karbon.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA
koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital
SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

Di suatu daerah jika terdapat hutan yang ditebang atau dibakar maka sejumlah karbon yang telah disimpan di jaringan tanaman dan tanah akan dilepaskan ke atmosfer. Oleh karena itu, tumbuhan sangat penting bagi manusia dalam mencegah adanya perubahan iklim dan melindungi beberapa habitat ini.

Grameds juga bisa membaca salah satu rekomendasi buku berikut ini sebagai bahan bacaan untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang perubahan iklim yang sedang terjadi. Jangan sampai kehabisan ya grameds!

6. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat tumbuhan berikutnya yang didapatkan bagi manusia adalah dapat menjaga kesehatan mental. Tumbuhan tidak hanya baik untuk manusia dan lingkungan sekitar, tetapi juga bermanfaat bagi kesejahteraan kita secara umum.

Suatu studi penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga di ruang terbuka hijau yang terdapat banyak sekali tumbuhan dapat menjaga kesehatan mental di dalam tubuh manusia, seperti mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Kesejukan dan segar alami yang didapatkan pada tumbuhan berdampak positif terhadap pola pikiran manusia sehingga dapat mengurangi stres dan kecemasan di dalam diri.

Jika masalah kesehatan mental yang kamu miliki tidak dapat dicegah melalui tumbuhan atau semakin berlarut-larut kamu tidak perlu khawatir ya grameds. Karena rekomendasi salah satu buku berikut ini dapat mengetahui bagaimana kesehatan mental yang kamu derita tentunya jika tidak kunjung membaik kamu perlu penanganan seorang dokter. Klik bukunya di bawah ini ya!

7. Meningkatkan Mood dan Konsentrasi

Beberapa jenis tumbuhan seperti lavender atau tumbuhan pada tanaman hias dapat dipercaya dalam meningkatkan mood hingga konsentrasi pada seseorang. Maka dari itu disaat pandemi seperti ini banyak diantara kita yang memilih untuk memelihara tanaman hias di lingkungan rumah untuk mengisi waktu luang sehingga dapat mengurangi tingkat stres dan menjaga tingkat mood serta konsentrasi di dalam tubuh.

Baca Juga :   Mengapa shalat dapat menghindari seseorang dari sifat berbohong

8. Sumber Obat-obatan Herbal

Grameds tahu tidak bahwa salah satu manfaat dari tumbuhan bagi manusia adalah dapat menjadi sumber obat-obatan herbal. Jika kita bisa mengolahnya dengan baik maka obat herbal tersebut dapat mengatasi berbagai jenis penyakit.

Beberapa tumbuhan herbal memiliki kandungan senyawa dan zat-zat bernutrisi sehingga dapat melawan virus dan bakteri yang ada di dalam tubuh. Contohnya, tumbuhan atau tanaman herbal kumis kucing yang mampu mengatasi penyakit asam urat atau rematik, kunyit yang dapat mencegah pembekuan darah, daun sirih yang dapat mencegah kanker dan mempercepat proses penyembuhan luka bakar, dan lain sebagainya.

9. Menjaga Kualitas Tanah

Manfaat tumbuhan lainnya yang didapatkan bagi manusia adalah dapat menjaga kualitas tanah. Tumbuhan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menjaga kondisi tanah yang baik.

Akar dan mikroorganisme yang hidup di sekitarnya akan menyatukan tanah sehingga dapat mengurangi adanya suatu erosi pada tanah. Hal lain juga dapat terjadi jika terdapat beberapa daun yang jatuh dari pohon dan ketika tanaman mati atau membusuk dapat menyuburkan tanah sehingga tumbuhan lainnya dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.

10. Mengatur Siklus Air

Manfaat tumbuhan bagi manusia lainnya yang wajib grameds ketahui adalah dapat mengatur siklus air. Hal ini karena adanya kelembaban yang berada di atmosfer dilepaskan oleh tumbuhan sebanyak 10% melalui proses transpirasi.

Lalu, tumbuhan mengambil air melalui akarnya dan melepaskan uap air menuju ke pori-pori kecil di bagian bawah daun. Melalui proses transpirasi ini juga dapat membantu tumbuhan dalam mengalirkan air dari tanah untuk kembali ke atmosfer.

Tidak hanya itu, tumbuhan juga membantu dalam menstabilkan badan air, misalnya pada sungai atau danau. Akar pada tumbuhan dapat meningkatkan stabilitas tanah, mencegah adanya longsor, dan menjaga ekosistem agar tetap utuh.

Baca Juga:

Nah, itulah pembahasan pada satu artikel ini tentang
10 manfaat tumbuhan bagi manusia. Semoga setelah membaca artikel ini grameds bisa lebih menghargai dan menjaga tumbuhan serta pentingnya tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, artikel ini dapat juga menambah pengetahuan tentang manfaat-manfaat tumbuhan yang belum kamu ketahui ya grameds.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat lainnya tentang tumbuhan bagi manusia kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Penghasil oksigen adalah salah satu manfaat

Posted by: pskji.org