Pengaruh PERDAGANGAN Internasional terhadap Indonesia

Pengaruh PERDAGANGAN Internasional terhadap Indonesia

ABSTRAK

Wihardika Novaldhy. 2011. Pengaruh Perdagangan Internasional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia , Program Studi Ekonomi dan Studi Pembangunan , Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Dra. Lisa Rokhmani, M.Si (2) Farida Rahmawati, S.E, M.E

Kata Kunci: Perdagangan Internasional, Pertumbuhan Ekonomi

Perdagangan Internasional memegang peranan penting dalam sejarah pembangunan di negara berkembang. Sejak dekade lalu, ekspor komoditi primer di negara-negara Afrika, Asia, Timur Tengah dan Amerika Latin, selalu merupakan bagian yang cukup besar dalam perolehan Gross National Product (GNP) masing-masing negara tersebut. Di beberapa negara, sekitar 25-40 % dari GNP mereka berasal dari ekspor komoditi pertanian dan komoditi primer lainnya, seperti kopi, teh, kapas, coklat. Hal ini menunjukkan bahwa perdagangan internasional dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi bagi suatu negara.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Perdagangan Internasional Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.

Dalam penelitin ini Peneliti Menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik. Untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh pada hasil penelitian peneliti menggunakan regresi linear berganda (multiple regression).     Dari hasil Pengolahan data atau analisis data dapat diketahui : Perdagangan Internasional Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Ekonomi.

Pada penelitian ini dapat di lihat bahwa variable ekspor dan impor berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi baik secara parsial maupun simultan, dikarenakan oleh adanya krisis global yang dialami oleh tiap negara

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Perdagangan Internasional berpengaruhh terhadap pertumbuhan ekonomi dan tingkat pengaruhnya besar. Sehingga dalam periode ini perdagangan internasional berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, itu dapat dilihat dari menurunnya perdagangan internasional akibat pengaruh krisis global yang dialami setiap negara maka pertumbuhan ekonomi juga mengalami perlambatan. Untuk peneliti selanjutnya diharakan menambah variabel yang bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan menggunakan periode penelitian yang terbaru sehingga hasil penelitian lebih akurat dan relevan.

Lihat Foto

Dampak positif dari perdagangan internasional adalah menjadi sumber devisa bagi negara.

JAKARTA, KOMPAS.com
– Perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli barang atau jasa antara satu negara dengan negara lainnya. Salah satu dampak positif perdagangan internasional adalah dapat menjadi sumber devisa bagi negara.

Selain itu, dampak positif dari perdagangan internasional adalah mempercepat pertumbuhan ekonomi. Dengan begitu, kesempatan bekerja akan semakin terbuka dan angka pengangguran dapat berkurang.

Seperti diketahui, wujud dari perdagangan internasional adalah kegiatan ekspor impor. Ekspor adalah kegiatan menjual barang/jasa ke luar negeri, sedangkan impor adalah kegiatan membeli barang/jasa dari luar negeri.

Kegiatan ekspor dan impor akan memperluas lapangan kerja, menghasilkan devisa negara dan keuntungan lainnya dibidang politik, pertahanan dan sosial budaya.

Baca juga: Semen Indonesia Dukung Upaya Pemerintah Wujudkan Net Zero Carbon Emission 2060

Baca Juga :   Tugas membuat Laporan mengenai pengolahan bahan setengah jadi dari perikanan dan Tema nya ikan

Pengertian perdagangan internasional

Dikutip dari Gramedia.com, perdagangan internasional adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa antar negara. Hal ini berkembang karena kerja sama antar negara dengan tujuan mempromosikan suatu barang dan jasa secara bebas.

Bagi setiap negara, perdagangan internasional adalah hal yang penting bagi kemakmuran perekonomian. Dengan adanya perdagangan internasional, secara tidak langsung negara satu dengan yang lainnya akan menunjukkan daya saing perekonomian di tingkat internasional.

Perdagangan internasional terjadi karena setiap negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Maka dari itu, setiap negara memerlukan bantuan dan kerja sama dengan negara lain.

Perdagangan internasional adalah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing negara. Kebutuhan yang harus dilakukan melalui perdagangan internasional adalah kebutuhan yang tidak dapat dihasilkan dari dalam negeri seperti barang atau jasa tertentu.

Baca juga: Batas Waktu Pengajuan Kenaikan Pangkat PNS Periode April 2022

Perdagangan internasional ini tidak hanya dapat dilakukan oleh antar pemerintah negara saja. Namun antar warga negara atau individu di setiap negara dengan negara lain juga bisa melakukan perdagangan internasional.

Dampak positif perdagangan internasional

Perdagangan internasional memberikan banyak dampak positif bagi setiap negara yang bekerja sama dengan negara lain untuk melakukan ekspor-impor. Bukan hanya untuk sektor pemerintahan, namun warga negara juga terkena dampak baiknya. Adapun dampak positif dari perdagangan internasional adalah sebagai berikut:

Abdillah, Azhar Sukma
(2020) PENGARUH PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Abstract

Di dalam suatu negara pasti mempunyai konteks ekonomi, salah satunya yang menonjol tentang pertumbuhan ekonomi.Adanya pengangguran, inflasi atau kenaikan harga barang di saat yang bersamaan, distribusi pendapatan, kemiskinan dan lain-lain. Dengan adanya pengaruh ekspor dan impor terhadap pertumbuhan ekonomi indonesia dapat mengetahui besarnya dan menentukan strategi peningkatan nilai ekspor di indonesia. Agar dapat meningkatkan nilai ekspor di indonesia, yang dapat dilakukan dengan cara di versifikasi produk industri, perkebunan, eksplorasi sumber daya emas, peningkatan produksi pertanian, tepat guna teknologi, memberikan bantuanpromosi, modernisasi manajemen dan keringan pajak bagi eksportir serta meningkatkan daya saing produk. Konteks ekonomi didalam suatu negara penting karena dapat menjadikan salah satu ukuran pertumbuhan atau pencapaian ekonomi suatu bangsa.

Actions (login required)

View Item

Ada beberapa dampak perdagangan internasional baik itu positif maupun negative. Perdagangan internasional memungkinkan negara-negara untuk memperluas pasar mereka serta mengakses barang dan jasa yang mungkin tidak diproduksi di dalam negeri. Sedangkan hasil dari perdagangan internasional, pasar menjadi jauh lebih kompetitif. Hal tersebut akhirnya menciptakan harga yang lebih bersaing serta produk yang lebih murah untuk konsumen.

Perdagangan internasional merupakan transaksi ekonomi yang dilakukan antarnegara. Di antara barang-barang yang biasa diperdagangkan yaitu barang-barang, konsumsi, dan barang modal seperti mesin serta bahan baku dan makanan. Transaksi lain yang melibatkan jasa seperti jasa perjalanan dan pembayaran. Transaksi perdagangan internasional difasilitasi oleh pembayaran keuangan internasional.

Baca Juga :   4. sebutkan produk kerajinan jika dikaitkan dengan budaya lokal non benda daerah tersebut?

Dampak Perdagangan Internasional terhadap Perekonomian Indonesia

Perdagangan antar negara memberikan banyak dampak positif untuk setiap negara yang bekerja sama dengan negara lain untuk melakukan ekspor impor. Tidak hanya untuk sector pemerintahan namun juga bagi warga negara. Beberapa dampak dari perdagangan antar negara yaitu:

  1. Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

    Dampak positif pertama yaitu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi pada suatu negara. Dengan adanya perdagangan internasional, maka permintaan dan penawaran ekspor produk untuk negara lain akan semakin meningkat. Perekonomian juga akan meningkat misalnya perkembangan industry tekstil, udang, kopi, kerajinan dan lain sebagainya.

  2. Sebagai Sumber Devisa Negara

    Dampak positif lainnya dari perdagangan internasional yaitu menambah sumber devisa negara. Devisa adalah sumber valuta asing sebagai alat pembayaran dari perdagangan internasional antar negara. Tidak semua mata uang negara lain dinyatakan devisa. Hanya jika mata uang tersebut dijadikan sebagai alat tukar barang atau jasa antar negara baru bisa disebut sebagai devisa. Karena dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka devisa negara juga akan bertambah dengan keberadaan perdagangan internasional.

  3. Meningkatkan Kemakmuran Negara

    Manfaat perdagangan antar negara selanjutnya adalah meningkatkan aktivitas ekonomi. Hal itu bisa menjadi indicator bahwa kemakmuran di sebuah negara juga meningkat. Adanya perdagangan internasional ini membuat kemakmuran bagi setiap pelaku ekonomi pada suatu negara.

    Para produsen akan makmur jika profitnya meningkat dengan cara menjual barang dan jasanya ke berbagai negara dengan sedikit hambatan baik tarif ataupun non tarif. Sedangkan untuk konsumen, mereka akan makmur jika sudah mampu mendapatkan barang yang tidak diproduksi di dalam negeri. Pemerintah ikut sejahtera jika devisa negara bertambah karena aktivitas ekonomi internasional ini. Penghasilan negara akan semakin meningkat jika nilai ekspor tinggi.

  4. Meningkatkan Lapangan Kerja
    Dampak positif dari perdagangan internasional adalah mendorong peningkatan lapangan kerja. Jika aktivitas ekonomi serta jumlah produk yang diekspor dalam kegiatan perdagangan internasional meningkat maka industri-industri juga semakin padat load kerjanya. Karena itu, dibutuhkan tenaga kerja tambahan untuk membantu aktivitas industry agar bergerak dengan lebih cepat. Supaya tenaga kerja bertambah maka lapangan kerja dibuka pada negara tersebut.

    Lapangan kerja akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lapangan kerja yang dibuka berarti mengurangi angka pengangguran.

  5. Mempererat Hubungan Antar Negara

    Manfaat perdagangan internasional selanjutnya yaitu membuat hubungan antar negara semakin erat. Ini tentu bisa menambah relasi dari satu negara dengan negara lainnya. Adanya hubungan baik ini tidak hanya menguntungkan sector perdagangan namun ini juga akan merambah pada sector lain untuk meningkatkan perekonomian negara.

    Hubungan ini akan menimbulkan kerja sama antar negara pada bidang ini seperti budaya, politik, militer, pendidikan atau teknologi. Negara tentu akan saling bertukar nilai, ilmu dan barang untuk membuat negara tumbuh menjadi lebih baik lagi.

  6. Menarik Investor Asing

    Pengaruh positif dari perdagangan antar negara yaitu bisa menarik investor dari luar negeri untuk menambah modal usaha supaya industry bisa tumbuh lebih besar lagi. Dengan adanya tambahan modal dari investor asing maka pertumbuhan ekonomi ada suatu negara akan semakin meningkat. Lapangan kerja semakin terbuka dan ini akan memberikan dampak besar pada perekonomian.

  7. Kualitas Produksi Membaik

    Lalu, dampak positif dari perdagangan internasional adalah mendorong peningkatan kualitas produk dari industry. Ini terjadi karena ketatnya persaingan dalam dunia perekonomian, khususnya perdagangan internasional. Kualitas produk yang membaik akan membuat kuantitas ekspor barang meningkat karena produk laku di pasar internasional.

  8. Transfer Teknologi

    Perdagangan internasional juga mendorong transfer teknologi khususnya dari negara maju ke negara berkembang. Negara dengan teknologi canggih seperti mesin atau teknologi pribadi seperti gadget akan diekspor ke negara yang membutuhkan teknologi tersebut. Dengan demikian, semua negara akan merasakan perkembangan teknologi terbaru dari aktivitas perdagangan ini. negara berkembang bisa mengimpor teknologi dari negara-negara maju supaya negaranya semakin tumbuh dengan adanya teknologi canggih.

  9. Harga Lebih Stabil
    Perdagangan yang dilakukan antar negara juga bisa membantu mengendalikan harga barang pada pasar domestic. Perdagangan internasional tidak akan menyebabkan terjadinya kelangkaan barang karena bisa diatasi dengan impor untuk menambah stok barang pada pasar domestic.

    Sebaliknya kalau suatu negara memiliki barang lebih agar harga tidak turun maka bisa dilakukan kegiatan ekspor untuk mengurangi barang pada pasar domestic. Dengan ini maka harga akan stabil dan masyarakat tidak kesulitan mendapatkannya.

Baca Juga :   Perbedaan feodal dan oligarki

Dampak Perdagangan Internasional terhadap Perekonomian Indonesia

No Dampak Negatif Perdagangan Internasional
1 Produk lokal asli buatan dalam negeri mengalami penurunan penjualan
2 Ketergantungan pada negara-negara maju
3 Industry kecil menjadi kalah bersaing
4 Persaingan yang tidak sehat
5 Muncul penjajahan ekonomi dari negara lain
6 Munculnya eksploitasi SDA dan SDM
7 Industri lokal kesulitan mendapatkan bahan baku yang akan diekspor
8 Menurunnya nilai mata uang rupiah

FAQ

Apa saja dampak negative dari banyaknya produk impor yang masuk ke Indonesia?

-Produk-produk dalam negeri akan mengalami persaingan yang lebih ketat dengan produk-produk luar negeri. Dalam beberapa kasus, produk dalam negeri seringkali lebih mahal dibandingkan dengan barang hasil impor karena terkendala persoalan rantai pasok dan jalur distribusi logistic.

Apa saja dampak negative dari kegiatan ekspor?

-Tanpa pengaturan yang baik, ekspor bisa menimbulkan kelangkaan barang di dalam negeri. Dengan adanya ekspor maka ini akan menyebabkan terjadinya eksploitasi besar-besaran pada sumber daya alam yang kita miliki.

Pengaruh PERDAGANGAN Internasional terhadap Indonesia

Posted by: pskji.org