Pada percobaan menggunakan serbuk besi di atas karton yang di bawahnya

Pada percobaan menggunakan serbuk besi di atas karton yang di bawahnya

Dalam kehidupan ini, ada banyak sekali benda-benda yang memanfaatkan fungsi dari magnet. Sebagai contoh, kompas, mikrofon, pengeras suara, dan banyak lagi. Bicara mengenai magnet, tentu tidak terlepas dari pembahasan mengenai medan magnet ataupun garis-garis gaya magnet. nah, apa sih ini?

Medan magnet adalah ruang yang masih mendapat pengaruh gaya magnet. Kekuatan yang dimiliki olehnya bergantung pada jaraknya sehingga medan magnet berbanding terbalik dengan jarak magnet. Kekuatan yang dialami oleh kutub magnet, baik itu kutub utara ataupun selatan yang ditempatkan dalam medan magnet disebut dengan intensitas medan magnet.

Sementara itu, arus-arus yang membentuk pola lengkungan dalam medan magnet disebut dengan garis-garis gaya magnet atau dapat pula didefinisikan sebagai garis-garis khayal magnet yang menunjukkan arah medan magnet.

Garis-garis gaya magnet ini memiliki pola yang berbeda-beda, yaitu pola pada batang magnet tunggal, pola pada dua batang magnet yang berbeda kutub, pola pada magnet dengan dua kutub yang sama dan pola garis pada magnet U atau tapal kuda. Apa bedanya?

a. Pola pada Batang Magnet Tunggal

Jika kita taburkan serbuk-serbuk besi di sekitar magnet batang secara seragam, serbuk besi tersebut akan bersifat magnet sementara karena induksi magnet. Serbuk akan mengatur dirinya sendiri di sepanjang garis gaya magnet.

b. Pola pada Dua Batang Magnet yang Berbeda Kutub

Dua batang magnet yang didekatkan dan kedua magnet tersebut dihadapkan dengan kutub yang berbeda. Jika kita taburi serbuk besi seperti halnya dengan percobaan pada pola batang tunggal, serbuk-serbuk besi akan menjadi magnet sementara oleh induksi dan serbuk-serbuk tersebut akan mengatur diri mereka sedemikian rupa sehingga serbuk akan bergerak dari satu kutub ke kutub yang lain.

(Baca juga: Pengertian Medan Magnet)

Artinya, ketika kedua kutub yang berbeda dihadapkan akan mempengaruhi serbuk besi untuk saling tarik menarik.

Baca Juga :   Di bawah ini yang membedakan perdagangan internasional dengan perdagangan antar negara kecuali

c. Pola paa Dua Magnet dengan Kutub yang Sama

Jika kita taburkan serbuk besi di sekitar dua buah magnet yang didekatkan dan yang dihadapkan dengan kutub yang sama, serbuk-serbuk besi tersebut akan mengatur diri mereka hingga membentuk lengkungan yang saling mendorong. Artinya, ketika kedua kutub magnet dipertemukan dengan kutub yang berbeda, maka akan saling tolak menolak.

d. Pola Garis pada Magnet U atau Tapal Kuda

Jika kita taburkan serbuk-serbuk besi di sekitar magnet yang berbentuk U, maka serbuk besi akan menjadi magnet sementara dan akan mengatur dirinya untuk berada di sekitar magnet seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Home » Kelas VI » Laporan Percobaan Medan Magnet

Magnet merupakan benda yang dapat menarik benda disekitarnya karena memiliki sifat kemagnetan atau magnetis. Kemagnetan atau magnetis adalah kemampuan benda untuk menarik benda-benda lain yang ada di sekitarnya. Gaya magnet dapat menyebabkan tertariknya benda-benda di sekitarnya. Kekuatan magnet menarik benda-benda tertentu disebut gaya magnet. Medan magnet adalah daerah atau wilayah yang dipengaruhi oleh gaya magnet. Medan magnet tidak dapat kita lihat, tetapi dapat digambarkan. Besar medan magnet tergantung pada kekuatan magnet. Medan magnet dapat ditunjukan dengan menggunakan serbuk besi yang ditaburkan di atas kertas dan dapat pula menggunakan kompas.

Arah medan magnet yang berupa garis-garis yang menghubungkan kutub-kutub magnet disebut dengan garis gaya magnet. Garis gaya magnet memiliki ciri antara lain sebagai berikut :

  1. Garis gaya magnet memiliki arah meninggalkan kutub utara dan menuju kutub selatan.
  2. Garis gaya magnet selalu tidak berpotongan.
  3. Daerah yang garis-garis gaya magnetiknya rapat menunjukkan medan magnetik yang kuat, sedangkan daerah yang garis-garis gaya magnetiknya kurang rapat menunjukkan medan magnetik yang lemah

Laporan Percobaan Medan Magnet
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi medan magnet
Alat dan bahan : 1..Magnet 2. Serbuk besi yang diperoleh dari gundukan pasir

3. Kertas karton berukuran A4

Langkah-langkah : Langkah-langkah Percobaan:

  1. Taruhlah magnet di bawah kertas karton berukuran A4.
  2. Taburkan serbuk besi secukupnya di atas kertas karton tersebut.
  3. Ketuklah kertas karton secara perlahan.
  4. Gerakkan magnet di seputar kertas.
  5. Jauhkan magnet dari kertas.
Hasil Percobaan :
  1. Di daerah sekitar kutub magnet garis-garis yang dibentuk oleh pasir besia sangat rapat.
  2. Di bagian tengah magnet garis-garis yang terbentuk oleh pasir besi lebih renggang jika dibandingkan dengan daerah di sekitar kutub magnet..
Kesimpulan : Dari pengamatan yang telah dilakukuan dapat disimpulkan bahwa medan magnet paling kuat adalah di sekitar kutub magnet yang ditunjukan oleh rapatnya garis-garis yang dibentuk oleh pasir besi. Sedangkan pada bagian tengah magnet memiliki medan magnet yang kurang kuat yang ditunjukan dengan renggangnya garis-garis yang dibentuk oleh pasir besi.
Baca Juga :   Hari yang akan di lalui manusia setelah semuanya mati di alam barzah adalah

Walaupun gaya-gaya magnet yang terkuat terletak pada kutub-kutub magnet, gaya-gaya magnet tidak hanya berada pada kutub-kutubnya.. Gaya-gaya magnet juga timbul di sekitar magnet. daerah di sekitar magnet yang terdapat gaya-gaya magnet disebut medan magnet.


Posted by Nanang_Ajim

Mikirbae.com Updated at: 9:06 PM

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

  1. arah gari-garis gaya magnet
  2. letak kutub-kutub magnet
  3. pola gambar medan magnet
  4. pola kekuatan magnet

Jawaban terbaik adalah
C. pola gambar medan magnet.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan❝Pada percobaa menggunakan serbuk besi di atas karton yang dibawahnya di tempatkan sebuah magnet, jika serbuk besi tersebut di ketuk-ketuk terbentuklah ….❞
AdalahC. pola gambar medan magnet.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Pernyataan berikut yang benar mengenai garis gaya magnet adalah …. dengan jawaban yang sangat akurat.

Klik Untuk Melihat Jawaban

Apa itu cp.dhafi.link??

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Tulislah laporan berdasarkan percobaan yang kamu lakukan kunci jawaban tema 5 kelas 6 SD/MI Subtema 2 Halaman 126. /Freepik.

PortalJember.com –
Salam belajar adik-adik, kali ini kita akan membahas kunci jawaban tema 5 kelas 6 SD dan MI Subtema 2 Usaha di Sekitarku. Simak baik-baik ya.

Baca Juga :   How do you add two ArrayList to an ArrayList in Java?

Adapun soal yang akan dikerjakan ananda adalah, Tulislah laporan berdasarkan percobaan yang kamu lakukan.

Soal tersebut adalah yang sebagaimana tertuang dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 tema 5 kelas 6 SD MI, edisi terbaru revisi 2018.

Baca Juga: Apa Manfaat Usaha Tersebut Bagi Masyarakat dan Lingkungan? Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 SD MI Halaman 120

>

Namun perlu diingat, sebelum melihat kunci jawaban ini, alangkah baiknya adik-adik cobalah mengerjakan sendiri terlebih dahulu.

Jika sudah selesai, mintalah bantuan orang tua untuk mengoreksi ataupun mencocokkan dengan kunci jawaban yang tertera di artikel ini.

Seperti dirujuk
PortalJember.com

dari penjelasan alumni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember, Lubis Muzaki, S.Pd, berikut adalah kunci jawaban tema 5 kelas 6 SD dan MI Halaman 126.

Baca Juga: Apa Bahan yang Digunakan Bu Made untuk Menjalankan Usahanya? Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 6 SD MI Halaman 120

Pada percobaan menggunakan serbuk besi di atas karton yang di bawahnya

Posted by: pskji.org