Salah satu bentuk kerjasama negara asean di bidang pendidikan

Salah satu bentuk kerjasama negara asean di bidang pendidikan

Jakarta

Negara-negara ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations bekerja sama dalam berbagai bidang. Salah satu kerja samanya yakni pendidikan.

Dalam Modul Ilmu Pengetahuan Sosial edisi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) oleh Tenia Kurniawati, M.Pd dan Andri Setiawan, M.Pd, kerja sama negara-negara ASEAN di bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Asia Tenggara dan meningkatkan daya saing Asia Tenggara pada dunia internasional.

Contoh kerja sama negara ASEAN di bidang pendidikan ini antara lain:

1. Pertemuan guru-guru dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Korea Selatan dalam acara ACT (Council of Teacher Convention) di Bali.

2. Pemberian beasiswa pendidikan, misalnya Indonesia memberikan beasiswa pendidikan dokter, bahasa, dan seni kepada pelajar negara-negara anggota ASEAN.

3. Beasiswa dari ASEAN untuk belajar di berbagai universitas di negara-negara ASEAN.

4. Diadakannya olimpiade regional Asia Tenggara seperti Pertamina menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional.

Itulah kerja sama ASEAN di bidang pendidikan https://www.detik.com/tag/asean. Kerja sama antara negara ASEAN sangat dibutuhkan karena potensi alam dan manusia di setiap negara berbeda-beda.


ASEAN adalah sebuah organisasi asia yang bergerak pada bidang geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN terdiri dari 10 anggota.

Negara-negara ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, Myanmar, Vietnam, dan Kamboja. Timor Leste telah mendaftarkan diri sebagai anggota ASEAN pada tahun 2011. Namun hingga kini keanggotaan masih dalam pembahasan.

(nwy/erd)

Bentuk kerja sama pendidikan ASEAN Council of Teachers (ACT) sebagai bentuk pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN. Mengadakan olimpiade regional Asia Tenggara di bidang pendidikan untuk negara-negara anggota ASEAN.

Apa saja 7 contoh kerjasama ASEAN di bidang pendidikan?

Beberapa bentuk kerja sama ASEAN di bidang pendidikan misalnya:

  • Beasiswa Pendidikan. Negara-negara ASEAN saling memberikan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa di Asia Tenggara.
  • Pertukaran Pelajar.
  • ASEAN Council of Teachers Convention (ACT)
  • Olimpiade Pendidikan.
  • Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara.

Sebutkan kerjasama ASEAN di bidang apa saja?

Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi

  • Pembukaan pusat promosi ASEAN.
  • Penyediaan Cadangan Pangan.
  • Penyelanggaraan Proyek Industri.
  • Kawasan Perdagangan Bebas.
  • Koperasi ASEAN.

You might be interested:
Pertanyaan: Bagaimana Pendidikan Di China?

Program apa yang diadakan sebagai bentuk kerjasama negara-negara ASEAN?

Program peningkatan kesehatan (makanan dan obat-obatan); Pertukaran budaya dan seni, juga festival film ASEAN; Penandatanganan kesepakatan bersama di bidang pariwisata ASEAN ( ASEAN Tourism Agreement atau ATA); Penyelenggaraan pesta olahraga dua tahun selaki (SEA Games).

Negara-Negara Asean melakukan berbagai bentuk kerjasama dalam bidang pendidikan apa arti penting kerja sama tersebut?

Arti penting kerja sama: hampir semua negara asean bekerja sama di bidang pendidikan dengan arti peserta didik negara asean dapat bersaing dengan dunia internasional dengan pertukaran pelajar,serta dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Baca Juga :   Perbedaan adr dan arbitrase

Mengapa kerjasama antar negara Asean dalam bidang pendidikan itu penting?

Jawaban panjang: ASEAN atau Asosiasi Negara – Negara Asia Tenggara melakukan kerjasama di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Tujuan utama dari kerjasama pendidikan adalah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di ASEAN. Dengan kerjasama di bidang pendidikan diharapkan daya saing pekerja ASEAN juga meningkat.

Apa saja bentuk kerjasama Indonesia dengan negara ASEAN dalam bidang pendidikan brainly?

Jawaban:

  • BEASISWA PENDIDIKAN.
  • PERTUKARAN PELAJAR.
  • ASEAN Council of Teachers Convention (ACT)
  • OLIMPIADE PENDIDIKAN.
  • Organisasi menteri pendidikan Asia tenggara.

Apa saja contoh kerjasama negara-negara anggota ASEAN dalam bidang pendidikan brainly?

Contoh kerjasama ASEAN di bidang pendidikan adalah:

  • Pertukaran pelajar antar negara anggota ASEAN.
  • Peningkatan kualitas sumber daya manusia negara anggota ASEAN agar mampu bersaing baik di tingkat regional maupun internasional.

Kerjasama dalam bidang apa saja Indonesia di ASEAN?

Karena itulah sebagai salah satu pendiri, Indonesia juga melakukan berbagai kerja sama dengan negara ASEAN. Bentuk kerja sama Indonesia dengan negara ASEAN meliputi bidang Politik dan Keamanan, Ekonomi, juga Sosial dan Budaya.

You might be interested:
Nama Murid Yang Paling Dikasihi Yesus?

Selain kerjasama di bidang ekonomi di bidang apa saja kerjasama ASEAN itu?

Bobo.id – Selain di bidang politik dan keamanan, ASEAN juga melakukan kerja sama di bidang ekonomi. Kerja sama ekonomi ASEAN termasuk juga di bidang perindustrian, perdagangan, investasi, jasa dan transportasi, telekomunikasi, pariwisata, serta keuangan.

Pada bidang apa saja kerjasama negara negara asean brainly?

Jawaban:

  • Pembukaan pusat promosi ASEAN.
  • Penyediaan cadangan pangan.
  • Penyelenggaraan proyek industri.
  • Koperasi ASEAN.
  • Kawsan perdagangan bebas.

Mengapa kerja sama ASEAN di bidang ekonomi perlu dilakukan?

Tujuan dari kerja sama negara-negara asean di bidang ekonomi adalah pembentukan pasar dan produksi. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, perkembangan sosial serta kebudayaan di kawasan ASEAN, lewat upaya bersama guna memperkokoh landasan masyarakat Asia Tenggara yang damai dan sejahtera.

Selain dibidang pertanian kerja sama apa lagi yang dapat dilakukan oleh negara di Asia Tenggara?

Selain bidang pertanian, kerja sama yang dilakukan negara – negara di Asia Tenggara adalah:

  • Bidang seni dan budaya.
  • Bidang ekonomi.
  • Bidang pendidikan.

Mengapa perlu dibentuk kerja sama di Asean?

Tujuan Dibentuknya ASEAN Membina dan menjalin kerja sama yang lebih efektif dalam rangka meningkatkan hasil pertanian, industri, perluasan perdagangan komoditas internasional, perbaikan sarana dan prasarana pengangkutan dan komunikasi, serta peningkatan taraf hidup rakyat dari negara-negara anggota.

Bidang apa yang menangani masalah sosial dalam organisasi Asean?

Masyarakat Sosial Budaya ASEAN mencakup kerja sama yang luas dan multisektor. Sebagai satu masyarakat sosial budaya, masyarakat ASEAN akan bersama-sama mengatasi berbagai tantangan di bidang kependudukan, kemiskinan, ketenagakerjaan, dan kesejahteraan masyarakat.

Apa teman-teman bisa menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN?

Baca Juga :   Mengapa membayar zakat lebih utama melalui amil zakat?

Salah satu bentuk kerja sama ASEAN adalah kerja sama pada bidang pendidikan, teman-teman.

Apa saja bentuk kerja sama ASEAN di bidang pendidikan itu, ya?

Tujuan Pembentukan ASEAN

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang dalam bahasa Indonesia disebut Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

ASEAN terbentuk pada 8 Agustus 1967 dan dipelopori oleh lima tokoh, yaitu Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand.

Saat itu, beliau berlima menandatangani perjanjian yang dikenal dengan nama Deklarasi ASEAN.

Maksud dan tujuan didirikannya ASEAN adalah untuk kerja sama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, pendidikan, dan bidang lainnya; serta mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional dengan tetap menghormati keadilan dan hukum dan kepatuhan pada prinsip-prinsip Piagam PBB.

Sekarang, negara anggota ASEAN meliputi Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Nah, sekarang kita cari tahu seperti apa bentuk kerjasama negara-negara anggota ASEAN di bidang pendidikan, yuk!

Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Pendidikan

Negara ASEAN bekerja sama di bidang pendidikan, baik secara bilateral (dua pihak) maupun multilateral (lebih dari dua pihak).

Kerja sama ASEAN di bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara-negara Asia Tenggara, sekaligus meningkatkan daya saing internasional masyarakat di Asia Tenggara.

Beberapa bentuk kerja sama ASEAN di bidang pendidikan misalnya:

1.
Beasiswa Pendidikan

Negara-negara ASEAN saling memberikan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa di Asia Tenggara.

Misalnya, negara Singapura memberikan beasiswa pengelolaan jasa pelabuhan udara, kesehatan, keselamatan kerja industri, komunikasi bahari, dan lainnya.

Kemudian, negara Indonesia memberikan beasiswa pendidikan kedokteran, bahasa, dan seni.

Selain untuk pelajar di Asia Tenggara beasiswa itu juga ditujukan untuk pelajar di negara-negara berkembang.

ASEAN juga melakukan kerja sama pendidikan dengan negara di kawasan luar Asia Tenggara, misalnya ada beasiswa universitas di kawasan Asia Tenggara dan Jepang.

Beasiswa itu diberikan oleh ASEAN-Japan Scholarship Fund.

 Apa teman-teman bisa menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN? Salah satu bentuk kerja sama ASEAN adalah kerja sama pada bidang pendidikan, teman-teman.

Apa saja bentuk kerja sama ASEAN di bidang pendidikan itu, ya?

Tujuan Pembentukan ASEAN

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang dalam bahasa Indonesia disebut Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

ASEAN terbentuk pada 8 Agustus 1967 dan dipelopori oleh lima tokoh, yaitu Adam Malik dari Indonesia, Narciso R. Ramos dari Filipina, Tun Abdul Razak dari Malaysia, S. Rajaratnam dari Singapura, dan Thanat Khoman dari Thailand.

Saat itu, beliau berlima menandatangani perjanjian yang dikenal dengan nama Deklarasi ASEAN.

Maksud dan tujuan didirikannya ASEAN adalah untuk kerja sama dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, pendidikan, dan bidang lainnya; serta mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional dengan tetap menghormati keadilan dan hukum dan kepatuhan pada prinsip-prinsip Piagam PBB.

Baca Juga :   Al- Malik an -Nasir menjadi tokoh berpengaruh di dunia Islam pada usia

Sekarang, negara anggota ASEAN meliputi Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam.

Nah, sekarang kita cari tahu seperti apa bentuk kerjasama negara-negara anggota ASEAN di bidang pendidikan, yuk!

Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Pendidikan

Negara ASEAN bekerja sama di bidang pendidikan, baik secara bilateral (dua pihak) maupun multilateral (lebih dari dua pihak).

Kerja sama ASEAN di bidang pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara-negara Asia Tenggara, sekaligus meningkatkan daya saing internasional masyarakat di Asia Tenggara.

Beberapa bentuk kerja sama ASEAN di bidang pendidikan misalnya:

1.
Beasiswa Pendidikan

Negara-negara ASEAN saling memberikan beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa di Asia Tenggara.

Misalnya, negara Singapura memberikan beasiswa pengelolaan jasa pelabuhan udara, kesehatan, keselamatan kerja industri, komunikasi bahari, dan lainnya.

Kemudian, negara Indonesia memberikan beasiswa pendidikan kedokteran, bahasa, dan seni.

Selain untuk pelajar di Asia Tenggara beasiswa itu juga ditujukan untuk pelajar di negara-negara berkembang.

ASEAN juga melakukan kerja sama pendidikan dengan negara di kawasan luar Asia Tenggara, misalnya ada beasiswa universitas di kawasan Asia Tenggara dan Jepang.

Beasiswa itu diberikan oleh ASEAN-Japan Scholarship Fund.

2. Pertukaran Pelajar

Selain beasiswa studi, universitas di Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN University Network juga menyediakan pertukaran pelajar dengan durasi tertentu dan tema tertentu.

Misalnya, ada pertukaran pelajar selama 4 minggu, ada juga pertukaran pelajar yang berlangsung 1 semester.

3.
ASEAN Council of Teachers Convention (ACT)

Tahun 2012, ACT diadakan di Sanur, Denpasar, dengan tema ASEAN Community 2015: Teacher Professionalism for Quality Education and Humanity.

Peserta dari ACT ini adalah organisasi guru dari Indonesia, Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Korea Selatan.

Selain ACT, ada banyak juga pertemuan-pertemuan lain terkait pendidikan di Asia Tenggara dan negara sekitarnya.

4.
Olimpiade Pendidikan

Pelajar juga bisa saling mengikuti kegiatan olimpiade Sains dan Matematika yang diadakan kawasan negara Asia Tenggara.

Misalnya, kita bisa mengikuti olimpiade Sains untuk pelajar se-Asia Tenggara yang diadakan di luar Indonesia.

5. Organisasi Menteri Pendidikan Asia Tenggara

Menteri Pendidikan dari negara-negara ASEAN juga melakukan pertemuan dan perencanaan untuk meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan, melalui Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO).

Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesetaraan pendidikan masyarakat di Asia Tenggara.

Dalam organisasi ini, para Menteri Pendidikan 11 Negara Asia Tenggara menentukan tujuan-tujuan pendidikan yang ingin dicapai selama periode tertentu.

SEAMO juga memiliki program terkait pengembangan pendidikan di negara-negara Asia Tenggara, teman-teman.

sumber

Salah satu bentuk kerjasama negara asean di bidang pendidikan

Posted by: pskji.org