Yang bukan merupakan sifat unsur transisi adalah

Yang bukan merupakan sifat unsur transisi adalah

Keberadaan unsur-unsur kimia di alam sangat melimpah dan berperan sangat penting bagi kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu unsur kimia itu adalah unsur transisi (logam transisi) yang sering ditemui. Sebagai contoh, besi yang digunakan di perangkat elektronik, nikel untuk membuat aliansi pada logam, seng sebagai bahan cat putih, tembaga untuk alat-alat elektronik maupun perhiasan dan masih banyak lagi.

Unsur transisi atau logam transisi merupakan kelompok unsur kimia yang berada pada golongan 3 sampai 12 atau yang lebih dikenal golongan IB sampai VIII pada sistem lama. Logam transisi juga didefinisikan sebagai sebuah unsur yang memiliki subkulit yang tidak terisi penuh atau dapat membentuk kation dengan subkulit yang tidak terisi penuh.

Posisi unsur-unsur transisi ini ada di bagian tengah tabel periodik. Pada bagian ini unsur-unsur transisi yang akan dibahas adalah unsur-unsur pada periode 4 yaitu skandium (Sc), Titanium (Ti), vanadium (V), krom (Cr), mangan (Mn), besi (Fe), kobalt (Co), Nikel (Ni), tembaga (Cu), dan seng (Zn).

Sifat-sifat unsur transisi

  • Bersifat logam dan paramagnetic.
  • Membentuk senyawa berwarna.
  • Memiliki beberapa bilangan oksidasi.
  • Membentuk ion kompleks.
  • Dapat bertindak sebagai katalis.

Sifat Logam; logam memiliki warna yang mengkilap, bersifat lunak, serta penghantar panas dan listrik yang baik. Semua golongan transisi merupakan logam dengan titik leleh dan titik didih kerapatan lebih tinggi dibanding golongan 1A dan IIA. Hal ini karena unsur transisi membagi elektronnya pada sub kulit d dan s sehingga ikatannya makin kuat.

(Baca juga: Penentuan Periode dan Golongan Suatu Unsur)

Bilangan oksidasi; logam transisi memiliki bilangan oksidasi +2, +3, atau +4. Berbeda dengan golongan IA dan IIA yang hanya mempunyai bilangan oksidasi +1 dan +2.

Baca Juga :   Apakah fungsi turbin pada pembangkit listrik mikrohidro?

Sifat kemagnetan; merupakan sifat yang dimiliki oleh seluruh atom dan molekul dimana atom, molekul, dan ion dapat ditarik oleh medan magnet atau yang biasa disebut paramagnetic. Sedangkan molekul, atom, atau ion yang tidak dapat ditarik oleh medan magnet disebut diamagnetic.

Ion berwarna; warna-warna ion pada golongan transisi disebabkan oleh tingkat energo elektron yang hampir sama. Hal ini terjadi karena elektron dapat bergerak ke tempat yang lebih tinggi dengan mengabsorbsi sinar tampak.

Pada golongan transisi, subkulit 3d yang belum terisi penuh akan menyerap energi cahaya sehingga elektronnya tereksitasi dan memancarkan energi cahaya dengan warna yang sesuai dengan warna cahaya yang dapat dipantulkan pada saat kembali ke keadaan dasar. Contohnya adalah Ti4+ tidak berwarna, Ti2+ berwarna ungu, Co2+ berwarna merah muda, Co3+ berwarna biru, dan lain sebagainya.

Angela Gracelly

Student


XI IPA

2

Terjawab

Jawaban (2)

Sasqia Ardelia

Student


GAP YEAR

1

1

© 2020 Pahamify. All rights reserved.


Berikan contoh unsur yang dapat ditemukan di lingkungan sekitarmu


jelaskan bagaimana suatu buffer yang terdiri dari campuran CH³COOH dan CH³ COONa dapat mempertahankan pH dari penambahan sedikit asam


berapakah konsentrasi ion h+ dalam larutan jika konsentrasi oh- = 4×10 pangkat -3


Batang AB massa 2 kg diputar melalui titik A ternyata momen inersianya 8 kg.m². Bila diputar melalui titik pusat O (AO = OB). Momen inersianya menjadi


Fraksi mol larutan 36 gram glukosa ( Mr = 180 ) dalam 90 gram air ( Mr = 18 ) adalah… *


atom unsur yg mempunyai 8 elektron volensi adalah unsur dengan nomor atom unsur dengan nomor atom


A household refrigerator runs one-fourth of the time and removes heat from the food compartment at an average rate of 800 kJ/h. If the COP of the refr …

igerator is 2.2, deter- mine the power the refrigerator draws when running.

Baca Juga :   Dibawah ini merupakan ciri-ciri orang yang menderita penyakit rakitis adalah


Jika diketahui : Cu2+ + 2e– Cu ; Eo = +0,34 V Pb2+ + 2e– Pb ; Eo = -0,13 V Potensial sel yang dibentuk oleh elektrode tembaga dan timbel adalah…


Berapa liter gas okaigen yang diperlukan untuk membakar 5 liter gas butanol agak bisa bereaksi


0,2 mol naoh dilarutkan dalam 2 liter larutan. molaritas larutan tersebut adalah …

Yang bukan merupakan sifat unsur transisi adalah

Posted by: pskji.org