Potensi sumber daya alam pegunungan dan mata pencaharian

Potensi sumber daya alam pegunungan dan mata pencaharian

Lihat Foto

Ilustrasi sumber daya alam di dataran tinggi

KOMPAS.com
– Sumber daya alam adalah sumber daya berupa material yang dimiliki bumi secara alami untuk mendukung kehidupannya di dalamnya. Berbagai sumber daya alam terserar di bumi, salah satunya adalah di dataran tinggi.

Dataran tinggi adalah daerah permukaan bumi yang memiliki ketinggan lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi memiliki berbagai sumber daya alam.

Berikut contoh kunci jawaban tema 3 kelas 4 mengenai sumber daya alam di dataran tinggi dan manfaatnya bagi manusia:

Air tawar merupakan zat yang sangat penting bagi kehidupan. Keberadaan air dalam bentuk cairlah yang membedakan bumi kita dengan planet lainnya. Dataran tinggi, terutama pegunungan memiliki pasokan air bersih yang banyak sehingga sering disebut sebagai menara air.

Dilansir dari National Geographic, secara keseluruhan, dataran tinggi mengandung sekitar setengah dari semua air tawar yang digunakan manusia. Hal ini karena gunung mencegat alirah udara, menaikkannya ke atas, dan membuatnya mengembun, berubah menjadi awan.

Awan kemudian turun menjadi hujan ataupun salju yang menjadi sumber air bersih bagi manusia. Air dari pegunungan juga menjadi hulu bagi berbagai sungai yang mengairi dunia. memberikan air tawar bagi manusia, hewan, dan juga tumbuhan untuk hidup.

Baca juga: Contoh Sumber Daya Alam di Dataran Rendah

Dataran tinggi menyediakan barang tambang seperti seperti batu kapur dan juga belerang. Hasil tambang tersebut dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan industri dan juga sebagai mata pencarian masyarakat disekitarnya.

Dataran tinggi merupakan landskap geografi yang tepat untuk membuat perkebunan. Dataran tinggi menyediakan lahan yang luas, tanah kaya nutrisi, kelembapan, serta suhu udara yang cocok untuk tumbuh dan berkembangnya tanaman perkebunan.

Jenis perkebunan dan pertanian di dataran tinggi adalah kopi, teh, tembakau kakao, stroberi, apel, beri, jeruk, kina, dan yang utamanya adalah kayu.

Dataran tinggi merupakan lingkungan yang cocok untuk pertanian. Terutama sayuran seperti wortel, seladam brokoli, buncis, kentang, dan kubis.

Bobo.id
– Indonesia memiliki kekayaan alam dan bentuk muka bumi yang beragam.

Baca Juga :   Mengapa bekasi disebut kota patriot

Keadaan bentuk muka bumi ini disebut keadaan fisiografis. Apa itu keadaan fisiografis?

Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

Fisiografis adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari suatu wilayah daerah berdasarkan segi fisiknya.

Di negara Indonesia, keadaan fisiografis meliputi dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, hingga pegunungan.

Pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 6, kita akan menyebutkan contoh potensi sumber daya alam yang terdapat pada pegunungan.

Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

Karakteristik Pegunungan

Gunung merupakan salah satu keragaman alam di Indonesia yang memiliki ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut.

Iklan – Artikel dilanjutkan di bawah

Kumpulan atau rangkaian gunung dan bukit disebut pegunungan. Ketinggiannya lebih dari seribu meter di atas permukaan air laut.

Pegunungan dapat berupa daerah gunung berapi.

Contohnya, Pegunungan Jayawijaya, Pegunungan Bukit Barisan, Tengger, Kapuas Hulu, dan sebagainya.

Potensi Sumber Daya Alam

Di Indonesia, terdapat banyak gunung berapi yang materialnya dapat menyuburkan tanah.

Oleh karena itu, penduduknya memanfaatkan hal ini untuk melakukan aktivitas pertanian.

Potensi sumber daya alam dari tumbuhan di pegunungan antara lain adalah tanaman teh, kentang, kubis, wortel, stroberi, kopi, dan karet.

Ini karena di wilayah pegunungan, suhu lingkungannya cenderung dingin dan kering.

Jadi, tidak banyak tanaman yang bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan dan suhu seperti ini.

Lingkungan pegunungan juga memiliki potensi sumber daya alam hewan ternak seperti sapi.

Mata Pencaharian Penduduk

Karena potensi sumber daya alam di pegunungan lebih terbatas dibandingkan wilayah dataran rendah, maka mata pencaharian penduduknya juga terbatas.

Petani, peternak, dan pedagang adalah beberapa contoh mata pencaharian yang mudah ditemukan di wilayah pegunungan.

Maka, tidak jarang kita membawa oleh-oleh berupa sayur dan buah setelah berlibur ke daerah pegunungan.

Ini karena buah dan sayur yang tersedia di sana adalah hasil panen yang langsung diperdagangkan.

Jadi, kondisi sayur dan buahnya masih segar dan belum terpengaruh oleh suhu panas dan sebagainya.

Baca Juga :   Sebutkan dua manfaat iman kepada qada dan qadar allah swt

Buah dan sayur hasil panen biasanya juga didistribusikan ke daerah dataran rendah yang membutuhkan.

Sehingga jumlah pedagang dan distributor juga harus sesuai dengan hasil bumi yang dihasilkan.

Tonton video ini juga, yuk!

—-

Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.

Artikel Asli

Sumber daya alam ruang adalah jenis sumber daya alam berupa ruang atau tempat hidup yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk keberlangsungan kehidupannya. Sumber daya alam ruang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti topografi, relief, dan letak astronomis.

Macam sumber daya alam ruang adalah daratan, pegunungan, hutan dan gurun. Ternyata kenaikan populasi penduduk ikut mempengaruhi pada sumber daya alam ruang menjadi terbatas. Karena ruang untuk mata pencarian seperti pertanian, perkebunan, dan perikanan serta tempat tinggal akan semakin sulit untuk diperoleh.

Potensi Sumber daya alam ruang pegunungan

Indonesia sebagai negara yang memiliki daratan yang luas dan beragam terdiri dari dataran tinggi, dataran rendah, gunung, bukit dan pegunungan, dan pantai, ternyata ikut mempengaruhi kondisi alam dan mata pencarian di daerah tersebut.

Perbedaan sumber daya alam menyebabkan potensinya juga berbeda. Seperti pegunungan, karakteristik pegunungan dan mata pencarian warganya adalah petani. Sedangkan karakteristiknya ada yang tinggi, besar, berbentuk kerucut. Jika dataran memiliki ketinggian sekitar 600 meter mdpl , maka orang menyebutnya sebagai gunung, dimana tingginya melebihi bukit.

Gunung umumnya memiliki lereng yang curam dan puncak yang membulat dan tajam. Jika terdapat sederetan gunung maka disebut dengan pegunungan yang tingginya bisa mencapai lebih dari 1000 meter mdpl.

Beberapa pegunungan yang terkenal antara lain Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera, Pegunungan Jayawijaya di Papua, Pegunungan Tengger Semeru di Jawa TImur, Pegunungan Srayu di Jawa Tengah dan Pegunungan Kapuas Hulu di Kalimantan Barat.

Merangkum dalam jurnal Potensi Sumber Daya Alam dan Pengelolaannya Untuk Mendukung Kehidupan Sosial Masyarakat Adat Kawasan Gunung Batur Bangli karya Ida Bagus Made Astawa, berikut adalah potensi sumber daya alam pegunungan.

  1. Sumber Daya Lahan
  2. Potensi air
  3. Sumber daya mineral
  4. Potensi hutan
  5. Potensi pertanian
  6. Potensi wisata
  7. Potensi perikanan
Baca Juga :   Dalam jalan cepat dikenal suatu posisi yang mana kedua kaki atlet dalam keadaan menyentuh tanah

Indonesia juga memiliki banyak gunung berapi dan potensi sumber daya alam yang ada di pegunungan dan gunung berapi tersebut menghasilkan material yang dapat menyuburkan tanah. Maka bisa dilihat lahan pertanian dan perkebunan yang ada di kawasan gunung berapi banyak ditemui.

Namun sayang iklim dan suhu di pengunungan cenderung dingin dan kering, sehingga tanaman yang bisa tumbuh di sana jumlahnya terbatas. Hanya beberapa tanaman saja yang bisa menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan dan suhu pegunungan.

Hasil Pertanian Daerah Pegunungan

Bidang pertanian, perkebunan, dan hasil hutan merupakan potensi sumber daya alam di pegunungan. Manfaat dari hasilnya meliputi teh, kentang, kubis, wortel, selada, brokoli, stroberi, apel, kakao, kopi dan karet. Selain itu dari peternakan juga merupakan potensi dari sumber daya alam pegunungan seperti hewan ternak sapi dan kambing.

Jika potensi sumber daya alam pegunungan adalah seperti contoh di atas, maka bisa ditebak mata pencarian warga sekitar gunung dan pegunungan adalah petani, peternak dan pedagang. Keterbatasan potensi sumber daya alam menyebabkan mata pencarian juga jadi terbatas.

Hasil panen dari pegunungan yang berupa buah dan sayuran, biasanya langsung diperdagangkan ketika habis panen. Sayuran dan buah tersebut terlihat masih segar karena belum terpengaruh oleh suhu panas. Menariknya sayuran dan buah-buahan segar tersebut menjadi salah satu oleh-oleh dari pegunungan.

Salah satu daerah pegunungan yang menjadi daerah penghasil buah dan sayuran terkenal adalah di daerah Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Brastagi di Sumatera Utara dan masih banyak lagi

Kemana hasil panen sayuran dan buah yang diperdagangkan tersebut dibawa ? Tentu saja akan didistribusikan ke daerah dataran rendah yang sangat membutuhkan hasil panen tersebut melalui distributor pedagang. Selanjutnya sayuran dan buah bisa dengan mudah dijumpai di pasar, warung, dan bahkan sudah berada di kulkas Anda. (DM06)

Potensi sumber daya alam pegunungan dan mata pencaharian

Posted by: pskji.org