Apakah perbedaan cara mematikan dan menghidupkan perangkat hp dan komputer

Apakah perbedaan cara mematikan dan menghidupkan perangkat hp dan komputer

Lihat Foto

Ilustrasi mematikan tombol power fisik di komputer

KOMPAS.com –Pengguna PC atau laptop Windows lawas pasti akrab dengan rutinitas mematikan komputer dengan menekan tombol “Start”, memilih opsi “Shut Down”, kemudian menunggu pesan “It’s now safe to turn off your computer” sebelum menekan tombol daya.

Tombol power tak boleh ditekan begitu saja karena ini akan langsung mematikan aliran daya ke komputer, sama seperti mencabut kabel listik saat komputer masih menyala. Akibatnya, file OS Windows bisa rusak dan pekerjaan yang belum di-save pun tidak tersimpan.

Apakah hal yang sama masih berlaku buat komputer modern? Jawabannya adalah tidak, karena komputer masa kini sudah dibekali dengan standar teknologi Advanced Configuration and Power Interface (ACPI) yang telah diterapkan selama lebih dari satu dekade terakhir.

Baca juga: Cara Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop Windows 10

Bukannya langsung memutus aliran listrik, ketika tombol daya di komputer modern ditekan, komputer akan mengirim sinyal ke sistem operasi untuk menjalankan prosedur shut down.

Jadi pengguna tak mesti mengklik opsi “Shut Down” dari menu Start untuk mematikan komputer, melainkan bisa dilakukan dengan langsung menekan tombol power.

ACPI pun memungkinkan tombol daya dipisah menjadi tombol untuk mematikan komputer dan tombol untuk sleep, seperti yang terdapat di beberapa laptop.

Cara mengatur fungsi tombol daya

Meski demikian, tombol daya di komputer modern masih bisa digunakan untuk langsung memutus aliran daya. Ini diperlukan dalam situasi tertentu, misalnya komputer hang dan tidak bisa dimatikan secara normal.

Untuk langsung memutus daya, cukup tekan tombol power dan tahan selama beberapa detik. Cara tersebut memang kurang ideal, tetapi masih lebih baik daripada komputer tidak bisa digunakan karena sedang error.

Baca juga: Cara untuk Meningkatkan Performa PC dan Laptop Windows 10

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari How to Geek, Senin (10/8/2020), fungsi tombol daya pun bisa diubah sesuai kehendak pengguna. Misalnya, bukan menjalankan prosedur shut down, tetapi masuk ke mode hibernasi.

Lihat Foto

KOMPAS.com/ OIK YUSUF

Opsi pengaturan fungsi tombol daya di Windows 10

Untuk mengubahnya, buka “Control Panel”, kemudian masuk ke bagian “Hardware and Sound, lalu klik “Power Options”. Di sini ada beberapa fungsi tombol daya yang dapat dipilih, tergantung konfigurasi hardware perangkat.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Ya, judul memang terdengar remeh. Bagaimana tidak, hampir dipastikan semua orang sudah tau cara menghidupkan komputer maupun laptop. Tidak perlu diajari karena tinggal pencet tombol power saja dan laptop akan menyala dengan sendirinya. Ya, segampang itulah pikiran kita-kita.

Namun, perlu diketahui tidak semua PC desktop dan notebook itu akan langsung menyala. Beberapa, lampu indikator memang sudah on tetapi layar masih saja mati dan hitam. Bagi yang belum tau dan tidak sabar, kemungkinan akan memencet sekali lagi, bahkan berkali-kali karena dikira tadi kurang keras menekan.

NB:
Khusus desktop, layar monitor harus sudah on terlebih dahulu. Baru kemudian menghidupkan CPU.

Padahal cara menghidupkan komputer laptop seperti itu tidak benar alias salah. Bahkan bisa dibilang tidak aman cenderung bahaya. Mengapa? Karena bisa merusak hard disk dan software tertentu. Maka dari itulah mulai sekarang sebaiknya ketahui cara menyalakan laptop atau komputer dengan semestinya.

Baca Juga :   Tentukanlah rumus suku ke un dari barisan aritmetika berikut a 7 10 13 16 b 30 28 26 24

Baca juga: Hal yang dilakukan setelah membeli laptop baru

Cara menyalakan di bawah ini berlaku untuk semua komputer desktop (PC), laptop, notebook, dan sejenisnya. Mereknya juga terserah, baik Dell, Asus, Lenovo, MSI, HP, Acer, Samsung, atau Toshiba sama saja. Beda tipe juga begitu. Karena pada dasarnya menghidupkannya hanyalah pencet tombol power. Akan tetapi meskipun sesimpel itu, beberapa orang ada yang tidak bisa. Biar tidak salah dan justru merusak komponen, ikutilah panduan berikut.

BACA JUGA
Cara menghidupkan dan mematikan komputer atau laptop

1. Pastikan sumber daya sudah terpasang

Barang elektronik tidak akan bisa menyala kalau tidak ada daya listrik. Begitu juga dengan komputer. PC umumnya terhubung langsung dengan stop kontak, sedangkan notebook menggunakan baterai. Bila habis, laptop pun butuh listrik. Caranya tinggal di-charge. Dicolokkan sambil digunakan juga tidak masalah.

Pastikanlah sudah terhubung dengan pen-suplay daya sebelum Anda mencoba menghidupkan komputer dan laptop. Jangan sampai lupa. Karena kalau tidak, ditekan sekeras dan beberapa kali pun tidak akan menyala. Jika tidak menyadarinya, bisa jadi Anda mengira rusak.

Hati-hati dengan keadaan seperti itu. Pasalnya, bukan tidak mungkin membuat kesal. Kalau sudah seperti itu, sementara banyak pekerjaan menanti, bukan tidak mungkin Anda marah dan kemudian menepuk-nepuk laptop atau komputer dengan keras sambil berharap bisa menyala. Atau yang lebih parah, dengan polos Anda membawa ke tukang service.

2. Pencet tombol power cukup sekali saja

Ini yang sudah saya sedikit jelaskan di atas. Bahwa cara menghidupkan komputer atau laptop yang baik dan benar cukup menekan tombol power satu kali saja. Tidak berkali-kali dan terlalu kuat memencet. Yang Anda butuhkan hanya sabar menunggunya sampai benar-benar menyala.

Tidak semua notebook dan PC akan langsung merespon saat dihidupkan. Beberapa ada yang membutuhkan waktu beberapa detik bahkan hampir menit. Dan durasi respon setiap komputer beda-beda. Ada yang lama, ada pula yang cepat. Mengapa begitu? Sepertinya poin berikut bisa menjelaskan alasannya.

Baca juga: Cara mengetahui laptop asli dan rakitan / rekondisi

BACA JUGA
Tips aman membeli laptop bekas secara online agar tidak tertipu

Setelah memencet tombol power satu kali untuk menghidupkan komputer atau laptop, yang Anda butuhkan selanjutnya cukup bersabar saja. Saat itu sebaiknya jangan melakukan apapun padanya. Baik klik-klik, menggeser pointer dengan mouse, ataupun refresh. Asal tau saja, semua cara itu tidak mempunyai efek mempercepat loading.

Satu-satunya cara agar bisa mempercepat hanyalah ganti spesifikasi yang lebih tinggi, gunakan sistem operasi Windows terbaru, update pembaharuan, kurangi atau hapus aplikasi tidak terpakai, dan pastikan tidak ada virus pada komputer tersebut.

4. Tunggu sampai sistem operasi siap digunakan

Setelah ditunggu sekian detik pasti layar akan menyala juga. Biasanya yang muncul pertama adalah icon pointer atau kursor dan disertai lingkaran kecil berputar-putar. Atau bisa juga langsung menampilkan wallpaper. Pada tahap ini pun bukan berarti Anda sudah boleh mengoperasikan komputer tersebut.

Baca Juga :   Dampak positif dan negatif teknologi di bidang ekonomi

Mengapa? Karena sistem belum benar-benar siap digunakan. Untuk tau kapan waktu yang tepat, perhatikan semua short cut dan icon pada taskbar di bawah layar. Jika sudah muncul semua berarti sudah siap. Bila belum atau masih satu per satu, lebih baik diamkan dan jangan melakukan klik-klik. Karena kalau iya, sama saja Anda menyuruh cepat bekerja dengan paksa.

Itulah cara menghidupkan komputer dan laptop yang baik, benar, dan aman. Intinya harus bersabar menunggu kesiapan sistem dulu. Memang sedikit membuang waktu. Akan tetapi itu demi keawetan hardware dan software komputer itu sendiri. Kalau ingin cepat, silakan upgrade spesifikasi dan sistem operasi yang lebih tinggi.

Selanjutnya baca: Perbedaan laptop, notebook, dan netbook

Cara Menghidupkan Komputer – Pada era modern ini Komputer atau laptop saat ini masih sering digunakan untuk berbagai pekerjaan. Misalnya untuk edit video atau hanya sekedar bermain game.

Jika kamu mencari komputer, saat ini sangat mudah sekali untuk didapatkan. baik di toko komputer ataupun di jual beli online.

Membahas mengenai komputer, pastinya orang-orang yang baru saja membeli atau masih awam dan menginginkan Komputernya tetap awet dan tidak cepat rusak.

Oleh sebab itu, ada satu hal yang menarik dan harus kamu perhatikan disini, khususnya buat kamu pemula. Kali ini saya akan membahas cara menghidupkan Komputer dengan benar beserta gambarnya.

Terdapat beberapa prosedur yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan sebuah komputer. Walaupun memang terlihat sepele namun berpengaruh terhadap komputer atau laptop agar awet.

Langsung aja perhatikan langkah-langkah cara menghidupkan komputer dengan benar:

1. Pastikan Komputer Terhubung dengan Sumber Daya

Langkah pertama cara menghidupkan Komputer inilah yang paling penting, karena tanpa adanya sumber daya listrik komputer atau laptop kamu tidak akan menyala.

Walaupun begitu, seperti halnya laptop ini bisa bekerja dengan daya baterai, namun tetap dianjurkan untuk menghubungkannya dengan sambungan listrik. Karena untuk menghindari baterai lemah saat menyalakannya.

Jadi sambungkan kabel power kebelakang komputer atau yang disebut juga Power Supply. Jika sudah tersambung ke Power Supply, hubungkan kabel power ke stop kontak.

Jika kamu menggunakan UPS atau Stabilizer, jangan lupa sambungkan juga.

2. Sambungkan dengan Perangkat Komputer (Mouse/Keyboard)

Saat Komputer kamu tersambung dengan daya maka aliran listrik sudah berjalan. Setelah itu adalah menyambungkan beberapa perangkat yang akan kamu gunakan di komputermu. Contohnya Mouse, Keyboard ataupun Speaker.

Caranya sangat mudah kok sob. Siapkan alatnya seperti Keyboard, Mouse, speaker kemudian hubungkan kabelnya di bagian belakang Komputer. Disitu kamu akan melihat colokan namanya Port USB.

Masukkan saja kabel tersebut ke USB yang disedikan. Namun untuk speaker biasanya membutuhkan power tambahan, yang biasanya berbentuk USB atau berbentuk kabel power.

Lihat juga
100+ Fungsi Tombol Keyboard Pada Komputer & Pengertian Lengkap

3. Nyalakan Layar Monitor

Jika kamputer atau laptop kamu sudah terhubung semua perangkat pentingnya, langkah selanjutnya yaitu menyalakan layar monitor.

Baca Juga :   Berdasarkan data tersebut yang merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi konsumsi adalah

Langkah cara menyalakan komputer selanjutnya kamu harus menyambungkan terlebih dulu monitormu di bagian belakang CPU.

Bentuknya bisa berupa HDMI atau DSUB/VGA. Lebih jelasnya sperti gambar dibawah ini :

Jika sudah selesai menyambungkan seperti kabel power monitor di stop kontak, maka selanjutnya nyalakan layar monitor kamu dengan cara menekan tombol power di bawah atau samping sebuah monitor.

4. Menyalakan Komputer

Langkah selanjutnya, temukan tombol daya komputer yang berbentuk lingkaran dengan garis vertikal. Posisi tombol daya tersebut berbeda-beda, namun umumnya kamu bisa menemukannya di salah satu lokasi berikut:

  • Laptop:
    Berada disebelah kiri atau kanan di depan badan laptop.

Terkadang, tombol ini berada di dekat bagian atas papan ketik/keyboard, atau berupa tombol di bagian bawah/atas keyboard.

  • Desktop/CPU:
    Berada di depan atau belakang CPU (kotak yang terhubung dengan monitor komputer).

Caranya tekan tombol power komputer dan kamu akan mendengar bunyi kipas yang mulai berputar.

Kemudian, secara otomatis monitor juga akan menyala. Disitu kamu akan melihat tampilan layar windows sebagai menu utama bertanda komputer siap digunakan.

5. Menunggu Proses Booting

Sebelum kamu bisa menggunakan komputer, akan melewati proses booting. Yaitu semacam proses loading untuk memuat sebuah system yang ada di dalam komputer atau laptop.

Tunggu saja proses loadingnya kurang lebih sekitar 1-3 menit saja, namun tergantung spesifikasi komputer kamu ya! Soalnya untuk komputer yang bagus proses bootingnya nggak samapi 1 menit.

Proses booting ini ditandai dengan muncul logo Windows berupa loading yang berulang, seperti gambar diatas.

Pelajari juga
11 Cara Mengatasi Laptop Lemot Biar Ngebut Kembali

6. Komputer Siap di Gunakan

Nah! Cara menghidupkan komputer sudah selesai. Maka komputer kamu sudah siap digunakan untuk melakukan pekerjaan.

Terserah kamu bisa melakukan apa saja, silahkan menginstal berbagai software yang kamu butuhkan ataupun game dan menyambungkan ke internet atau yang lainnya.

Cara Mematikan Komputer dengan Aman

Jika kamu selesai mengoprasikan komputer, maka saatnya mematikan komputer. caranya sangat mudah kok.

Langkah pertama, klik kanan dibagian kiri bawah logo berbentuk
windows. Kemudian pilih
Power
> klik menu
Shut Down.

Tunggu saja proses Shut Down beberapa detik sampai lampu led pada komputer dan kipas tidak berjalan lagi, alias mati.

Jika komputer sudah mati, selanjutnya cabut kabel power, layar monitor, dan juga speaker (jika menggunakan). Kecuali USB yang tersambung dengan mouse dan keyboard tidak perlu dicabut.

Lebih lengkapnya kamu bisa membukanya di pembahasan berikut
cara mematikan komputer.

Baca Juga:
5 Fungsi Harddisk & Jenis Harddisk Beserta Gambarnya [Lengkap]

Itulah langkah-langkah cara menghidupkan komputer dan mematikan komputer atau laptop windows 7, 8 maupun 10. Cara ini ditujukan bagi pemula yang belum mengetahui cara mengoprasikan komputer.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temen kamu yang masih awam tentang komputer. Selamat mencoba!
dengan keyboard, cpu, beserta gambarnya, cara mematikan komputer, brainly, tanpa cpu, atau laptop, hp

    Apakah perbedaan cara mematikan dan menghidupkan perangkat hp dan komputer

    Posted by: pskji.org