Tata cara sujud syukur dengan benar

Tata cara sujud syukur dengan benar

Ulama Al Azhar berpendapat sujud syukur harus dalam kondisi suci

AP Photo/Francisco Seco

Ulama Al Azhar berpendapat sujud syukur harus dalam kondisi suci. Ilustrasi sujud syukur

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Banyak orang yang melakukan sujud syukur tiba-tiba di mana saja ketika mendapatkan kabar bahagia. Namun sebenarnya bagaimana Islam mengatur cara untuk menyikapi kabar gembira tersebut?

Baca Juga

Salah satunya adalah melalui sujud syukur. Dilansir di aboutislam.net, mantan ketua Komite Fatwa Al-Azhar, Syekh `Athiyyah Saqr, menjelaskan, mayoritas ahli hukum Muslim sepakat tentang diperbolehkannya melakukan sujud syukur untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena Dia mencurahkan karunia-Nya secara baik terang-terangan maupun tak terduga pada manusia.

Jenis sujud seperti itu adalah bagian dari rasa syukur. Sujud semacam ini dinamakan dengan sujud syukur dan hanya terdiri dari satu kali sujud.

عن أبي بكرة، عن النبي -صلى الله عليه وسلم- أنه كان «إذا جاءه أمرُ سرورٍ، أو بُشِّرَ به خَرَّ ساجدًا شاكرًا لله

Dari Abu Bakrah RA, dia berkata bahwa setiap kali Nabi Muhammad ﷺ menerima sesuatu yang membuatnya senang atau kabar gembira, dia akan bersujud dalam menunjukkan rasa syukur kepada Allah ﷻ.” (Abu Dawud, Ibnu Majah dan At-Tirmidzi)

Al-Baihaqi juga melaporkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersujud kepada Allah ketika menerima kabar bahwa Suku Hamadan telah memeluk Islam.

Selain itu, Ahmad dan Al-Hakim melaporkan bahwa Nabi Muhammad ﷺ sujud syukur kepada Allah ketika Jibril (malaikat Jibril) mengatakan kepadanya bahwa Allah SWT mengirimkan berkah kepada siapa saja yang mengirimkan berkah kepada Rasulullah.

Namun sebenarnya sujud syukur harus memenuhi persyaratan yang sama dengan sujud dalam sholat, seperti  taharah  (suci), menghadap  kiblat, mengenakan pakaian Islami yang tepat dan sebagainya, sebagaimana disepakati mayoritas ahli hukum.

Ritual sujud syukur adalah memiliki niat sebelum mengucapkan takbir di awal, sujud sekali, dan terakhir mengakhiri doa dengan mengucapkan salam.

Namun ulama Mazhab Maliki berpendapat bahwa tidak ada yang disebut  sujud syukur.  Sebaliknya adalah lebih baik untuk melakukan sholat dua  rakaat setiap kali sesuatu yang baik datang   atau untuk mencegah beberapa kejahatan.

Baca Juga :   Jenis gudang yang menyimpan semua material yang dibutuhkan selama proses produk disebut gudang

Beberapa ulama, di sisi lain, berpendapat bahwa  sujud syukur tidak memerlukan ritual seperti sholat  pada umumnya. Sudut pandang ini sebagaimana dinukilkan dari Fath Al-`Allam fi Dirasat Ahadits Bulugh Al-Maram, sebagai pendapat yang paling benar.

Sumber: aboutislam

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika …


pada 28 Jul 2020, 17:45 WIB

Diperbarui
28 Jul 2020, 17:45 WIB


Perbesar

Sujud Syukur (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta
Tata cara shalat sujud syukur yang benar perlu diterapkan saat melakukannya. Sujud syukur tidak bisa dilaksanakan dengan sembarangan. Hal ini bisa dilakukan saat kamu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Baik itu nikmat kebahagiaan maupun nikmat dihindari dari musibah,

Jadi, tidak hanya mengucapkan Alhamdulillah secara lisan saja, kamu juga bisa mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT dengan sujud syukur. Seperti dalam kitab suci Al-Quran surah Ibrahim ayat 7, Allah berfirman:

“Jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahnya. Tetapi jika kamu mengingkarinya sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. [QS. 14:7]

Tata cara shalat sujud syukur yang benar dilakukan dengan melafalkan doa-doanya. Tidak hanya melakukan sujud saja, sujud syukur dilaksanakan layaknya shalat. Namun, tentunya gerakannya tidak sebanyak gerakan shalat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/7/2020) tentang tata cara shalat sujud syukur.

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

Sujud Syukur. Credit: freepik.com

Sebelum mengenali tata cara shalat sujud syukur, kamu perlu mengetahui dalil-dalilnya terlebih dahulu. Hukum dari sujud syukur adalah sunnah yang boleh dilakukan maupun tidak, namun jika melakukannya mendapat pahala sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, yang artinya,

“Dari Abu Bakar, ia berkata, ‘Apabila Nabi Muhammad Saw. menerima berita yang menggembirakannya, biasanya beliau terus bersujud kepada Allah SWT’.” (HR. Abu Dawud)

Kemudian, diriwayatkan dari Abdurrahman bin Auf berkata,

“Suatu hari, Rasulullah keluar dari kediamannya. Tiba-tiba, beliau terperangah lalu masuk kembali ke dalam, kemudian beliau menghadap kiblat dan bersujud syukur lama sekali, lalu beliau mengangkat kepalanya dan berkata, ‘Jibril datang kepadaku mengatakan bahwa Allah berkata kepadamu, ” Barang siapa membaca shalawat dan salam kepadamu maka Aku mengucapkan shalawat dan salam kepadanya,’ aku bersujud mensyukuri itu.” (HR. Ahmad dan Hakim)

Baca Juga :   Menunjukkan perkembangbiakan Aseksual pada hewan

Hadis lainnya juga menyebutkan tentang Rasulullah yang sujud syukur saat mendapat kabar menyenangkan.

“Dari Al-Baraa’, ia berkata, ‘Nabi SAW pernah mengutus Khalid bin Walid kepada penduduk Yaman untuk menyeru mereka kepada Islam, tetapi mereka belum mau masuk Islam. Nabi kemudian mengutus Ali dan memerintahkannya supaya menyusul Khalid. Ali kemudian menulis surat kepada Rasulullah bahwa orang-orang di sana sudah masuk Islam. Maka, setelah membaca surat itu, Rasulullah SAW melakukan sujud syukur’.” (HR. Baihaqi)

Scroll down
untuk melanjutkan membaca

Sebelum membahas tata cara shalat sujud syukur, kamu juga perlu mengetahui beberapa syarat untuk melaksanakannya. Syarat melaksanakan sujud syukur ini memang tidak jauh berbeda dengan syarat shalat, yaitu:

1. Suci dari hadas, baik itu hadas kecil maupun besar.

2. Menutup aurat

3. Menghadap kiblat

Tata cara shalat sujud syukur ini tidak boleh dikerjakan secara sembarangan. Hal ini karena sujud syukur ini adalah salah satu bentuk ibadah sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Berikut tata cara shalat sujud syukur yang bisa kamu terapkan:

1. Berwudhu

2. Berdiri menghadap arah kiblat

3. Membaca niat sujud syukur

4. Melakukan gerakan takbiratul ihram

5. Melakukan gerakan sujud syukur satu kali

6. Membaca doa sujud syukur dalam posisi sujud

7. Duduk seperti di antara dua sujud

8. Mengucapkan salam seperti oarang selesai salat

Itulah tata cara shalat sujud syukur yang perlu kamu pahami. Untuk mengetahui niat dan bacaan doa pada tata cara shalat sujud syukur, kamu bisa simak seperti di bawah ini.

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

Ilustrasi doa. Credit: freepik.com

Bacaan Niat Sujud Syukur

Setelah mengenali berbagai tata cara shalat sujud syukur, tentunya kamu harus memahami pula bacaan niat dan doanya agar sujud syukur diterima oleh Allah SWT. Berikut niat sujud syukur:

“Nawaitu sujudas syukri Lillahi Ta’aalla”

Artinya: “Saya niat sujud syukur karena Allah Ta’aalla”

Baca Juga :   Momen momen tak terduga jokowi di ktt g20 italia

Bacaan Doa Sujud Syukur

Dalam tata cara shalat sujud syukur, kamu bisa melafalkan doa sujud apa saja. Berikut beberapa bacaan doa sujud syukur yang bisa kamu terapkan:

– Membaca tasbih, tahmid, dan tahlil

“Subhaanallohi walhamdulillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohuakbar, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim”

Artinya: “Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali atas pertolongan Allah Yang Maha Tinggi, Maha Agung.”

– Membaca doa sujud syukur

“Sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa syaqqa sam’ahu wa basharahu, bihawlihi wa quwwatihi, fatabarakallahu ahsanul khaliqin”

Artinya: “Aku sujudkan wajahku kepada yang menciptakannya, membentuk rupanya, dan membuka pendengaran serta penglihatan. Maha Suci Allah sebaik-baik pencipta.”

– Membaca Surat An-Naml ayat 19

“Robbi auzi’nii an asykuro ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa’laa waalidayya wa-an a’mala shoolihan thardoohu wa adkhilnii birohmatika fii ‘ibadikash shoolihiin”

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.”

Scroll down
untuk melanjutkan membaca

Sujud syukur ini merupakan perwujudan dari ungkapan rasa syukur setiap hambanya atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah SWT berikan. Berikut hikmah yang didapatkan saat melaksanakan sujud syukur:

1. Mengingat Allah SWT

2. Ungkapan rasa syukur

3. Bentuk kepasrahan sebagai bentuk berserah diri kepada Allah SWT

4. Semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT

5. Merasa rendah diri dihadapan sang pencipta6. Mengikis rasa sombong

7. Menjauhkan diri dari sikap takabur

8. Menyegarkan otak saat posisi badan sujud dari segi kesehatan

9. Melancarkan sirkulasi arah saat posisi sujud sehingga sirkulasi darah ke otak menjadi lancar

10. Menajamkan akal dan pikiran sehingga meningkatkan konsentrasi.

11. Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah SWT.

Lanjutkan Membaca ↓

Tata cara sujud syukur dengan benar

Posted by: pskji.org