Dalam permainan bola voli, seorang smasher harus memiliki kegesitan, pandai melompat dan …

Dalam permainan bola voli, seorang smasher harus memiliki kegesitan, pandai melompat dan …

Menganalisis, Merancang, dan Mengevaluasi
Taktik dan Strategi dalam Permainan Bolavoli

  1. Menganalisis Taktik dan Strategi dalam PermainanBolavolia. Analisis Taktik Penyerangan dalam PermainanBolavoliPola penyerangan adalah suatu cara yang dipergunakan dalamsuatu pertandingan untuk mencari kemenangan secara sportif. Taktikpenyerangan diartikan sebagai siasat yang mengharuskan regu lawanbertindak menuruti regu yang menjalankan penyerangan. Taktikpenyerangan adalah siasat untuk mematikan bola di lapangan lawandengan cara yang diperkenankan dalam peraturan permainan.1) Melindungi Penyerang (cover)Cover adalah suatu proses serangan dari pemain penyerangyang melambung kembali dari block (bendungan) pihak lawanharus diterima oleh pemain seregunya yang bersama-sama telahmempersiapkan diri untuk membela dan membentuk pertahanan.Tujuan dari melindung penyerang adalah melindungi seluruhlapangan terhadap segala bola yang dilambungkan kembalidari block pihak lawan. Jarak antara kelompok-kelompok yangberkumpul disekitar penyerangan bergantung dari lambunganpass dari setter (pengumpan), kualitas block pihak lawan, arahlajunya yang dipukul oleh penyerang.2) Teknik-teknik PenyeranganSmash merupakan suatu keahlian yang penting untukmendapatkan angka. Seorang pemain yang pandai melakukansmash atau dengan istilah asing disubut smasher harus memilikikegesitan, pandai melompat, dan mempunyai kemampuanmemukul bola dengan keras. Ada empat jenis smash, antaralain: Smash depan (frontal smash), Frontal smash dengan twist(smash depan dengan memutar), Smash dari pergelangan tangan,

    Dump (smash pura-pura).

b. Pola Pertahanan dalam Permainan BolavoliTaktik pertahanan adalah pemain bertahan dalam keadaanpasif menerima serangan lawan, dengan harapan adanya kesalahandari regu penyerang. Taktik bertahan harus memiliki prinsip bahwadengan bertahan regunya akan dapat menyerang kembali regulawan. Pertahanan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu pertahanan diatas net (blocking), pertahanan daerah tengah, dan pertahanan daerahlapangan belakang. Dalam suatu pertandingan, suatu regu mungkinmenggunakan beberapa sistem permainan, beberapa pola, danbeberapa tipe pertahanan. Hal ini dilakukan karena bola yang datangdari lawan selalu berubah-ubah. Sistem-sistem pertahanan antara lainsebagai berikut.Pola pertahanan mempunyai arti bahwa pemain bertahandalam keadaan pasif menerima serangan, dengan harapan regulawan membuat kesalahan dari penyerangannya. Taktik bertahanharus mempunyai prinsip agar dengan pertahan itu regunya dapatmenyerang kembali regu lawan.1) Pola Bendungan BertemanSeorang pemain dapat digolongkan sebagai pemaindefensive yang baik, jika mampu bertahan dan mengimbangismash-smash pihak lawan. Pertahanan mencakup 2 aspek, yaitu:menerima smash lawan dan melindungi dengan block. Jenis￾jenis pertahanan yang paling penting adalah harus menerimabola dengan kedua belah lengan pada posisi berdiri.2) Taktik-Taktik Bendungan (block)Block dan sistem pertahanan harus mampu bekerja samadengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yangmematikan dari pihak lawan. Block yang sering digunakan dalampermainan bolavoli adalah sebagai berikut:a). Bendungan Satu PemainBlock jenis ini digunakan jika lawan memainkanpenyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat, sehinggapihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk

Baca Juga :   Unsur unsur dari kebugaran jasmani kecuali

membantu teman melakukan block.

Berikut ini adalah langkah – langkah dalam melakukan tekhnik block.

Anda harus berdiri dalam posisi badan tegap dan kaki sejajar dengan kedua
tangan posisi di depan dada menghadap arah net.

Setelah itu, lakukanlah lompatan mengikuti kemana arah bola yang telah dipukul
oleh pemain dari kubu lawan.
2.7 Taktik
Dan Strategi Permainan Bola Voli
Taktik
adalah suatu siasat yang dipergunakan dalam pertandingan bola
voli
untuk mencari
kemenangan secara sportif. Bentuk taktik penyerangan dan pertahanan yang mencakup
pengertian taktik individual, taktik kelompok, serta taktik tim harus dimatangkan dalam
pertandingan.
A. Taktik Penyerangan Permainan Voli
Taktik penyerangan diartikan untuk mengharuskan regu lawan bertindak menuruti regu
yang melaksanakan penyerangan. Oleh sebab itu, informasi suatu regu harus merata
pembagian kekuatannya dalam posisi apa pun untuk melakukan serangan sehingga
penempatan smasher, set-uper, dan pemain universal harus diperhitungkan dengan matang
agar dicapai pemerataan kekuatan dalam penyerangan.
Jenis-jenis pemain sesuai dengan tugas dan fungsinya dapat dibagi menjadi tiga.
1.
Smasher (Sm), bertugas sebagai penyerang utama.
2.
Set-uper (Su), bertugas sebagai pengumpan ke smasher.
3.
Universal (U), bertugas dan berfungsi serba guna.

Lihat Foto

Ivan Iakovlev dari Russian Olympic Committee, bersiap untuk melakukan servis dalam ronde pra eliminasi bola voli putra pool B antara Amerika Serikat dan Russian Olympic Committee dalam Olimpiade Tokyo 2020 pada Senin (26/7/2021) di Tokyo, Jepang. (AP Photo/Manu Fernandez)

KOMPAS.com
– Pola penyerangan dan pertahanan sangat penting dalam permainan bola voli.

Pola penyerangan terbagi dalam umpan akurat seorang tosser/set-upper dan smash dari spiker.

Sebab, berhasil atau tidaknya suatu penyerangan dalam permainan bola voli sebagian besar bergantung pada umpan tosser/set-upper dan penyelesain dari spiker.

Baca Juga :   Arti mimpi kerumah mantan dan bertemu ibunya

Seperti diketahui, pemain yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada teman-temannya dan mengatur jalan permainan dalam bola voli disebut tosser/set-upper.

Sementara pola pertahanan terbagi dalam blocking dan digging atau passing bawah.

Baca juga: Dasar Smash dalam Bola Voli

Benteng pertahanan yang utama untuk menangkis serangan lawan pada permainan bola voli adalah blocking.

Adapun digging atau passing bawah digunakan ketika bola berhasil tembus melewati block yang dibangun.

Pola Penyerangan

Pola penyerangan bola voli tidak lepas dari pukulan smash yang diatur oleh tosser/set-upper kemudian diakhiri lewat smash dari spiker.

Smash dalam bola voli harus menukik, tajam dan terarah. Namun ada beberapa pemain yang ketika melakukan smash, bolanya sering keluar lapangan. Apa yang salah dari gerakan smash pemain tersebut adalah kurang aktifnya gerakan pergelangan tangan atau foles saat memukul bola.

Baca juga: Jenis-jenis Smash dalam Bola Voli

Pola serangan bola voli umumnya dilakukan secara agresif oleh tiga pemain depan di garis serang.

Lihat Foto

Pebola voli Indonesia Andriyanti melepas smash ke tim voli Korea pada pertandingan babak perempatfinal bola voli putri Asian Games 2018 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Tim voli Korea Selatan menang dan melanjutkan ke semifinal.

KOMPAS.com –
Permainan bola voli tidak hanya mengandalkan keterampilan teknik.

Pada permainan tersebut juga membutuhkan strategi dan taktik yang baik dalam bertahan ataupun menyerang tim lawan.

Secara garis besar, strategi pertahanan dalam permainan voli sangat mengandalkan kemampuan blocking dari tiap pemainnya.

Karena strategi pertahanan bisa dilakukan oleh perseorangan, kelompok, maupun tim.

Menurut Reni Sulastriani dalam Buku Menjadi Pemain Bola Voli Andal (2011), strategi serangan dalam permainan voli bertujuan untuk mematikan bola di area lawan, selain untuk mencetak poin dan memenangkan pertandingan.

Baca Juga :   Peran Indonesia dalam kerja sama ekonomi antarnegara berikut ini yang harus dikurangi adalah

Baca juga: Strategi Pertahanan dalam Permainan Voli

Sama seperti strategi pertahanan, strategi serangan dalam permainan voli juga dilakukan oleh perseorangan, bekelompok serta dalam tim.

Bagaimana strategi serangan dalam permainan voli?

  • Serangan dari perseorangan

Serangan ini biasanya dilakukan oleh pemain depan atau oleh smasher. Namun, pemain belakang juga bisa melakukan serangan dengan servis.

Jika servis dilakukan dengan tepat, bola akan dengan mudah mati di area lawan.

Agar bisa berjalan dengan baik dan berhasil mencetak poin, berikut enam hal yang harus diperhatikan ketika menerapkan teknik serangan individu, dengan melakukan servis:

  1. Servis dilakukan oleh penerima bola yang lemah.
  2. Bola diarahkan dengan melakukan servis pada area lawan yang kosong.
  3. Bola ditujukan pada pojok bagian belakang, dengan melakukan servis.
  4. Servis diarahkan pada pengumpan yang berada di posisi belakang.
  5. Bola diberikan dengan melakukan servis, pada pemain yang baru saja digantikan.
  6. Sebaiknya melakukan servis dengan cara serta kecepatan yang berbeda, agar tim lawan tidak mudah membaca strategi serangan.

Baca juga: Taktik dalam Permainan Sepak Bola

Dalam permainan bola voli, seorang smasher harus memiliki kegesitan, pandai melompat dan …

Posted by: pskji.org