Kegiatan apa yang cocok dilakukan di dataran rendah brainly?

Kegiatan apa yang cocok dilakukan di dataran rendah brainly?

Lihat Foto

Ilustrasi perkebunan kopi di Panama.

KOMPAS.com
– Bumi kita memiliki kondisi geografis yang beragam, dimulai dengan dataran tinggi, dataram rendah, lautan dangkal, lautan dalam, hingga palung.

Dataran rendah berada pada ketinggian berkisar 0 hingga 200 mdpl (meter di atas permukaan laut) dengan suhu rata-rata 28 C.

Dilansir dari National Geographic, dataran rendah merupakan dataran yang rata atau polos mencakup lebih dari sepertiga luas dataran di dunia.

Bentang alam dataran rendah cenderung tidak terlalu dingin dan banyak ditempati oleh manusia. Dataran rendah juga memiliki banyak potensi sumber daya alam seperti:

Dataran rendah memiliki tanah yang luas juga beragam dengan kondisi suhu yang tidak terlalu dingin, memungkinkan berbagai jenis tanaman untuk tumbuh subur.

Tanaman memiliki kondisi idealnya masing-masing, ada yang tumbuh subur di lingkungan dingin namun ada juga yang tumbuh subur di lingkungan hangat.

Baca juga: Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik

Pertanian sangatlah cocok dilakukan di kondisi lingkungan dataran rendah. Padi yang merupakan sumber makanan pokok beras juga tumbuh subur di dataran rendah.

Contoh hasil pertanian yang dilakukan di dataran rendah adalah beras, kelapa, jagung, sawi, kangkung, pisang, jeruk, manga, sawo, bunga anggrek, bunga mawar, bunga lili, leci, umbi-umbian dan kacang-kacangan.

  • Sumber daya perkebunan dan kehutanan

Dataran rendah memiliki hutan dataran rendah yang luas dengan potensi perkebunan yang besar.

Dilansir dari Mongabay, hutan dataran rendah memiliki vegetasi yang lebih beragam dibanding hutan pegunungan, didominasi pohon berbuah dan kayu keras.

Dataran rendah adalah bagian dari permukaan bumi yang memiliki ketinggian 0-200 mdpl. Sumber: Pixabay.com

Baca Juga :   Pola pertahanan satu lawan satu dalam permainan bola basket disebut



Indonesia

merupakan negara yang terkenal dengan keberagaman masyarakatnya. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini adalah perbedaan wilayah tempat tinggal.



Masyarakat

Indonesia menempati wilayah yang berbeda-beda, tetapi kebanyakan dari mereka tinggal di wilayah dataran rendah. Wilayah dataran rendah tentu memberikan pengaruh terhadap pola hidup dan kegiatan ekonomi masyarakatnya.


Untuk mengetahui kegiatan atau aktivitas

ekonomi

masyarakat dataran rendah, simak penjelasannya berikut ini.


Melansir dari buku

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket B Tingkatan III Modul Tema 1

yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dataran rendah adalah bagian dari permukaan bumi yang datar dan rendah dengan ketinggiannya 0-200 meter di atas permukaan laut.


Adapun ciri-ciri dari wilayah ini, yaitu:


  • Ketinggian yang dimiliki oleh wilayah dataran rendah tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan air laut.


  • Memiliki suhu udara yang normal dibandingkan wilayah lain. Artinya tidak terlalu panas seperti daerah pantai dan tidak terlalu dingin seperti daerah pegunungan.


  • Terdapat banyak aliran sungai.


  • Banyaknya aliran sungai termasuk ciri-ciri dataran rendah.


  • Memiliki tanah yang relatif subur.


  • Tanahnya sering digunakan sebagai lahan pertanian dan perkebunan.

Dataran rendah bisa dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Sumber: Pixabay.com


Aktivitas Ekonomi Masyarakat Dataran Rendah


Aktivitas atau kegiatan ekonomi adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam rangka memproduksi, menyediakan, dan membeli barang atau jasa.


Dikutip dari buku

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket B Tingkatan III Modul Tema 2

yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, aktivitas di daerah dataran tinggi lebih beragam dibandingkan daerah lainnya.


Hal ini disebabkan oleh mudahnya mengakses segala penjuru yang ada di daerah tersebut. Berikut beberapa kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah dataran rendah, yakni:

Baca Juga :   Apa yang dibilang sebagai otak dan jantung komputer


Masyarakat pada wilayah dataran rendah biasanya memanfaatkan tanah suburnya sebagai lahan pertanian.


Selain itu, wilayah di dataran rendah memiliki curah hujan yang tinggi. Hal ini bisa dimanfaatkan para petani untuk menanam tanaman pada lahan pertaniannya.


Sama halnya dengan pertanian, masyarakat wilayah dataran rendah memanfaatkan curah hujan yang tinggi dan tanah yang subur untuk menjadi lahan perkebunan.


Namun, yang perlu diingat adalah tidak semua tanaman bisa hidup di daerah dataran rendah dengan suhu yang normal.


Tanaman-tanaman yang bisa hidup di daerah dataran rendah dan bisa dimanfaatkan sebagai hasil kebun adalah kelapa, karet, tebu, kelapa sawit, dan sebagainya.

Masyarakat daerah dataran rendah bisa memanfaatkan wilayahnya untuk membuka bisnis di bidang peternakan. Sumber: Pixabay.com


Wilayah dataran rendah memiliki suhu udara yang normal dan cocok untuk membangun lahan peternakan.


Ada beberapa hewan ternak yang bisa dibudidayakan di wilayah dengan suhu yang relatif hangat, yaitu ayam, bebek, itik, dan sebagainya.


Masyarakat dataran rendah juga biasa melakukan wilayah dataran rendah juga biasanya melakukan kegiatan ekonomi industri yang menghasilkan barang dan jasa.


Masyarakat dataran rendah juga banyak yang mengelola bisnis di bidang kuliner, jasa transportasi, jasa ahli, dan sebagainya.

Kegiatan apa yang cocok dilakukan di dataran rendah brainly?

Posted by: pskji.org