Identifikasilah konsekuensi yang dihadapi manusia berkaitan dengan inti masalah ekonomi

Identifikasilah konsekuensi yang dihadapi manusia berkaitan dengan inti masalah ekonomi

Masalah ekonomi dapat dilihat dengan merujuk pada pengertian ekonomi. Menurut Robert B. Ekelund Jr dan Robert D Tollison, ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas mengalokasikan sumber daya terbatas untuk memenuhi keinginan mereka.

Dari penjelasan tersebut, sudah tampak masalah ekonomi yang timbul. Tidak mungkin bagi perekonomian untuk memproduksi setiap jenis barang bagi setiap warga negara, sebab tidak ada ekonomi yang memiliki sumber daya yang tidak terbatas.

Mengutip buku paket SMA kelas X berjudul “Ekonomi” oleh Alam S, terdapat tiga sebab utama di balik masalah ekonomi, yaitu sebagai berikut:

1. Kebutuhan manusia yang dapat dipenuhi dengan mengonsumsi barang dan jasa tidak terbatas.

Hal ini bisa terlihat dari, salah satunya, permintaan masyarakat akan teknologi. Seiring perkembang teknologi komunikasi, permintaan akan handphone dengan kualitas dan merek tertentu menjadi tinggi. Hal ini terjadi karena ada keinginan yang tidak terpuaskan.

2. Kelangkaan

Advertising

Advertising

Masalah ekonomi bisa terjadi karena kelangkaan sumber daya yang dapat memenuhi keinginan manusia. Karenanya, manusia harus menentukan pilihan.

Kelangkaan dapat terjadi karena beberapa hal, seperti keterbatasan benda pemenuhan kebutuhan di alam, kerusakan sumber daya alam akibat ulah manusia, keterbatasan kemampuan manusia mengolah sumber daya ekonomi yang ada, dan peningkatan kebutuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan penyediaan sarana pemenuhan kebutuhan.

3. Kegunaan alternatif

Sumber daya memiliki kegunaan alternatif. Contohnya, tanah dapat digunakan sebagai perumahan atau lahan pertanian. Hal ini membuat manusia dihadapkan oleh pilihan.

Kebutuhan Manusia

Manusia dihadapkan dengan pilihan untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka. Secara umum atau jika ditinjau dari keharusan pemenuhannya, kebutuhan manusia dibagi menjadi tiga, yaitu:

Kebutuhan primer merupakan sesuatu yang harus dipenuhi manusia untuk melangsungkan hidupnya. Kebutuhan ini sering disebut kebutuhan alamiah atau kebutuhan utama.

Agar dapat hidup layak, manusia harus memenuhi kebutuhan primernya, yakni makan, berpakaian, dan mempunyai tempat tinggal.

Jenis ini sering disebut sebagai kebutuhan pelengkap karena dipenuhi setelah kebutuhan primer. Adapun contohnya, sepatu, tas, dan peralatan untuk bekerja.

Baca Juga :   Tujuan dari resensi novel adalah …. *

Kebutuhan ini bersifat mewah. Pemenuhan kebutuhan tersier bertujuan untuk menaikan status sosial. Adapun contohnya, penggunaan mobil mewah dan perhiasan mahal.

Faktor yang Memengaruhi Kebutuhan

Mengapa setiap manusia memiliki kebutuhan yang beragam dan berbeda-beda? Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini, mulai dari kondisi alam sampai peradaban.

Lingkungan dapat memengaruhi kebutuhan manusia. Individu yang tinggal di lingkungan tertentu memiliki kebutuhan yang berbeda dengan individu di lingkungan lainnya.

Contohnya, orang yang tinggal di daerah beriklim dingin cenderung membutuhkan pakaian tebal dan makanan berkalori tinggi untuk menjaga tubuh tetap hangat. Sebaliknya, orang yang tinggal di daerah panas cenderung berpakaian tipis dan menghindari makanan berkalori tinggi.

Agama bisa menjadi penyebab perbedan kebutuhan tiap individu. Sebagai contoh, seorang muslim memerlukan sajadah, peci, tasbih, dan Al-Quran untuk beribadah. Sementara, penganut agama Hindu menggunakan bunga, janur, dan pelengkap lainnya untu melaksanakan ritual keagamaan.

Adat memengaruhi kebutuhan dan pola hidup seseorang. Contohnya, masyarakat suku Tapanuli mempunyai tradisi menggunakan ulos dalam acara-acara adat.

Kemajuan peradaban yang berbeda-beda di tiap wilayah juga menyebabkan perbedaan kebutuhan. Sebagai contoh, nenek moyang kita di masa lalu sudah merasa cukup hanya dengan berpakaian sederhana dan makan umbi-umbian.

Namun, seiring perkembangan zaman dan kemajuan peradaban, jenis pakaian dan makanan yang dikonsumsi masyarakat semakin beragam.

Inti Masalah Ekonomi

Perekonomian tidak mampu menghasilkan semua barang dan jasa yang dibutuhkan setiap individu. Karenanya, perekonomian menghadapi masalah dasar yang terkait dengan pilihan karena kelangkaan, yakni masalah utama.

Menurut Samuelson, ada tiga masalah utama ekonomi, yaitu apa yang diproduksi dan berapa banyak, bagaimana memproduksinya, dan untuk siapa barang diproduksi. Ketiganya merupakan masalah ekonomi mikro.

Selain masalah tersebut, ada dua lainnya yang masih terkait, yakni penganguran dan pertumbuhan ekonomi. Masalah ini tentu tidak bisa lepas dari ketidakstabilan kegiatan ekonomi dan neraca pembayaran. Ini merupakan masalah dalam ekonomi makro.

Masalah Ekonomi Modern

Dalam teori ekonomi modern disebutkan kalau masalah ekonomi modern sebagai masalah ekonomi mikro. Di dalamnya terdapat teori yang mempelajari perilaku konsumen secara rinci hingga faktor pendorong penentu harga pasar.

Baca Juga :   Gerakan kombinasi antara gerak lokomotor dan manipulatif dapat diterapkan pada permainan sepak bola pada saat apa?

Dalam ekonomi modern, terdapat tiga masalah pokok yang dibagi berdasarkan unsurnya yaitu:

Unsur ini berkaitan dengan produk apa yang diproduksi, jumlahnya, dan bagaimana produsen bisa menentukan produk barang atau jasa yang akan diproduksi.

Setelah menentukan produk dan jumlahnya, masalah selanjutnya yaitu bagimana cara memproduksinya. Dengan sumber yang ada, produsen harus mampu menentukan teknik produksi yang paling efisen.

Unsur terakhir yang harus dipikirkan produsen adalah siapa yang membutuhkan produk tersebut dan yang akan menikmati hasilnya.

Semua manusia itu mempunyai masalah dan dari semua masalah yang terjadi pada manusia itu adalah maslah ekonomi dan maslah ekonomi ini tidak lain yaitu masalah keuangan mereka. Dan ilmu ekonomi itu ada agar bisa menyelesaikan masalah seperti itu selain itu ilmu ekonomi ini juga mengajarkan bagaimana cara memenuhi kebutuhan hidup di dunia ini, lalu apakah Anda sudah memahami betul-betul tentang inti masalah ekonomi yang tersebar di masyarakat pada umumnya??

Sebelum kita membahas tentang inti malasah ekonomi lebih baik kita mengetahui apa itu ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mengajari manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Ilmu ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu Oikos yang berarti keluarga atau rumah tangga dan Nomos yang berarti aturan, hukum, atau peraturan. jadi, ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu atuuran dalam rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Dan inti masalah ekonomi itu disebabkan karena adanya ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan juga barang perlengkapan kebutuhan manusia yang terbatas dan permasalahan tersebut menyebabkan timbulnya kelangkaan  pada suatu barang atau alat yang dibutuhkan manusia. Berikut kami akan menjelaskan sedikit tentang inti masalah ekonomi, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Ingin Menambah Ilmu dan Wawasan?Inti masalah ekonomi adalah jumlah kebutuhan manusia yang tidak seimbang dengan barang pemuas manusia. Dan dampak dari itu bisa menyebabkan adanya kelangkaan. Perlu tahu apa saja tanggung jawab pemerintah pusat? Dapatkan info akurat hanya di
draftgorenh.

Inti Masalah Ekonomi

Telah saya tulis di atas tadi bahwa inti masalah ekonomi itu muncul karena adanya ketidak seimbangan antara kebutuhan manusia yang lebih banyak di banding sumber dayanya yaitu sebuah kebutuhan manusia atau alat pemuas manusia yang tidak terbatas, dan itu bisa menyebabkan timbulnya kelangkaan.

Baca Juga :   Write a Python program that forms a list of first character of every word in another list

Karena pada dasarnya manusia itu mempunyai sifat yang serakah atau tidak mudah puas dengan apa yang telah dimilikinya, padahal sumber kebutuhan manusia itu jumlahnya terbatas baik dari segi jasa maupun barang, sementara inti masalah ekonomi dapat dibagi menjadi tiga perkara yaitu how (bagaimana), what (apa dan berapa), for whom (untu siapa),berikut detail tentang penjelasannya.

  1. What (apa dan berapa)
    Masalah ini menyangkut barang atau jasa apa yang mau di produksi sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, lalu berapakah jumlah barang atau jasa yang akan di produksi??
  2. How (bagaimana)
    Masalah ini juga menyangkut bagaimana cara memproduksikan barang yang sudah di produksi tadi?? lalu siapa yang memproduksi?? dengan teknologi apa yang digunakan?? serta sumber daya apa yang di gunakan??
  3. For Whom (untuk siapa)
    Setelah masalah apa dan masalah bagaimana selanjutnya adalah masalah untuk siapa barang yang sudah di produksi?? ditujukan kemana saja barang atau jasa yang telah di produksi tersebut??

Ketiga masalah diatas sangat fundamental atau sangat berhubungan dengan masalah satu dan masalah yang lainnya, ketiga masalah tersebut selalu menjadi permasalahan bagi setiap negara baik negara berkembang maupun negara maju. namun dengan demikian tidak semua negara bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara yang sama, karena permasalahan dan pemecahan maslah pada  setiap negara itu berbeda beda tergantung sistem perekonomian yang dianut atau diikuti oleh negara-negara tersebut.

Masalah ekonomi yang dihadapkan pada setiap manusia itu mendorong manusia untuk bisa berfikir secara rasional selain itu juga bisa menentukan kebijakan-kebijakan yang baik agar sumber daya yang dimilikinya dapat digunakan untuk memuaskan atau melengkapi kebutuhan hidup manusia lainnya dengan semaksimal mungkin.

Nah, itulah inti dari pmasalh ekonomi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda sekian terimakasih.

Identifikasilah konsekuensi yang dihadapi manusia berkaitan dengan inti masalah ekonomi

Posted by: pskji.org