Tuliskan 5 contoh sikap kita yang mencerminkan persatuan dan Kesatuan

Tuliskan 5 contoh sikap kita yang mencerminkan persatuan dan Kesatuan

Tuliskan Contoh dari Perilaku yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan! Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 23 /Image from unsplash.com by National Cancer Institute

PORTAL PURWOKERTO –
Simak kunci jawaban tema 9 kelas 5 SD halaman 23 – 24: Tuliskan contoh dari perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan!

Ulasan pada artikel dibawah ini adalah kunci jawaban dibawah ini merupakan pedoman atau panduan jawaban bagi orang tua.

Selain itu, siswa dan siswi diharapkan juga untuk mengeksplorasi lebih lanjut terkait materi pembelajaran.

Berikut ulasan dari buku Tematik tema 9 kelas 5 SD revisi 2017 berjudul Benda-Benda di Sekitar Kita oleh alumni UIN Yogyakarta, Muhammad Iqbal, S.Pd.

Baca Juga: Tuliskan Paling Sedikit Dua Cara Yang Dapat Kamu Lakukan Untuk Menghargai Orang Lain! Tema 7 Kelas 5

Istilah persatuan dan kesatuan, pasti kerap kita dengarkan dan dibaca diberbagai tempat, namun apakah kamu tahu apa arti kata – kata tersebut?

>

Dari kata dasar “satu”, kata persatuan memiliki arti berkumpulnya macam-macam corak dari berbagai kalangan, ras, budaya, dan adat istiadat dalam masyarakat yang bersatu dimana merupakan suatu proses dalam keadaan membentuk masyarakat untuk bersatu

Sementara itu, Kesatuan merupakan kata yang bersinggungan dari kata persatuan yang dimaksudkan untuk terhindar dari disintegrasi serta bentuk bersatunya masyarakat.

Terdapat beberapa sikap yang dianjurkan untuk mencerminkan persatuan dan kesatuan yang mungkin saat ini kerap kita abaikan.

Baca Juga: Bagaimana Pendapatmu Wacana Perilaku Pak Doni dan Pak Badu? Jawaban Tema 7 Kelas 5 Halaman 181

18 Contoh Sikap yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan Lengkap — Sebagai manusia, kita diberikan akal dan budi daripada makhluk lainnya. Nah, ada beberapa sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan sebagai insan yang bersosial.

Dalam kesempatan kali ini, Mamikos akan memberikan kamu beberapa referensi dan contoh sikap-sikap tersebut. Mulai dari sikap di masyarakat, sekolah, di rumah, dan dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran bagaimana bentuk contohnya? Simak terus di sini.

Beberapa Contoh Sikap yang Mencerminkan Persatuan dan Kesatuan

kompas.com

Di atas, Mamikos sudah menjelaskan sedikit tentang sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan. Nah, seperti apa penjelasan sikap yang terlihat di masyarakat, di sekolah, di rumah, dan dalam kehidupan sehari-hari? Langsung simak penjelasannya sebagai berikut ini.

Baca Juga :   Jelaskan persamaan konsep tekanan pada zat cair hukum pascal dengan aliran dan tekanan darah

A. Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan di Masyarakat

kompas.com

Di rangkaian pertama contoh sikap persatuan dan kesatuan yang akan Mamikos berikan adalah tentang sikap yang ada di masyarakat luas. Jadi, contoh sikap yang akan tampak dari lingkungan bermasyarakat dan mencerminkan persatuan dan kesatuan diantaranya adalah:

1. Bergotong royong dan ikut serta dalam kerja bakti di lingkungan rumah

Sikap pertama dalam lingkungan masyarakat yang dapat mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan adalah turut bergotong royong dan kerja bakti di momen-momen tertentu.

2. Menjaga kerukunan dan semangat kekeluargaan dengan tetangga

Sebagai makhluk yang hidup secara sosial, kamu harus bisa menjaga kerukunan serta semangat kekeluargaan di lingkungan bertetangga. Kerukunan bertetangga ini harus senantiasa dijaga.

3. Tidak menyelesaikan masalah sosial sendirian melainkan bersama-sama

Apabila ada sebuah problem yang terjadi di lingkungan bermasyarakat, sebaiknya kamu selesaikan secara musyawarah bersama. Jangan bertindak berdasarkan perasaan sendiri saja.

4. Bergaul dengan warga dan tidak membedakan agama, suku, dan ras

Sikap persatuan dan kesatuan berikutnya adalah membaur bersama warga dan tidak membedakan latar belakang dari orang tertentu. Misalnya saja dari suku, ras, dan agama orang tersebut. Bergaul dengan siapa saja justru menunjukan sikap persatuan dan kesatuan yang kental.

5. Ramah dan bergaul dengan semua orang

Sikap persatuan dan kesatuan berikutnya dicerminkan dari sikap kita yang ramah dan mau bergaul dengan banyak orang. Dengan kamu tidak membedakan satu dan lainnya, kamu sudah menunjukan sikap persatuan dan kesatuan tersebut.

B. Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan di Sekolah

kompas.com

Sikap persatuan dan kesatuan yang ada di lingkup sekolah juga perlu diperhatikan. Mamikos sudah merangkumnya dengan saksama di sini. Simak selengkapnya apakah kamu sudah melakukan sikap tersebut atau belum.

6. Segera menjenguk saat teman sakit

Menjenguk teman saat sedang sakit bukan hanya menunjukkan sikap persatuan dan kesatuan saja. Tapi juga perhatian sebagai sesama manusia.

7. Bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah

Contoh yang mencerminkan perilaku persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah berikutnya adalah dengan melakukan kerja bakti. Entah membersihkan kelas bersama teman-teman, atau membersihkan seluruh area sekolah.

8. Belajar dengan giat dan tidak absen sekolah

Perilaku yang menunjukkan persatuan dan kesatuan berikutnya adalah dengan belajar giat dan tidak absen sekolah karena kesengajaan. Sikap ini juga menunjukan tanggung jawab pada diri sendiri dan orang lain, terutama orang tua kamu di rumah.

Baca Juga :   Jelaskan lima faktor yang menyebabkan tumbangnya Orde Baru dan melahirkan gerakan reformasi

9. Saling menghormati teman yang berbeda latar belakang ras, suku dan agama

Bukan hanya menerapkan perilaku ini di lingkungan bermasyarakat saja, di lingkungan sekolah pun kamu harus menerapkannya. Sikap saling menghormati dan menghargai wajib kamu terapkan di manapun berada.

10. Tidak mengekor pekerjaan teman

Mengekor atau mensontek pekerjaan teman merupakan perilaku tercela dan tidak mencerminkan sikap dan perilaku persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, kamu harus mengandalkan kemampuan kamu sendiri untuk melakukan tugas atau pekerjaan rumah.

C. Contoh Sikap Persatuan dan Kesatuan di Rumah

skaampenan.sch.id

Berikutnya adalah beberapa perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di dalam lingkup keluarga atau di rumah dan perlu diperhatikan. Apa saja perilakunya? Simak penjelasannya berikut ini.

11. Saling menyayangi sesama anggota keluarga

Dalam sebuah keluarga, intensitas dan keakraban sudah pasti akan terjalin. Dengan menyayangi satu sama lain antara anggota keluarga menjadi salah satu perilaku persatuan dan kesatuan yang harus selalu dijaga.

12. Mengakui keberadaan serta fungsi masing-masing anggota keluarga

Perilaku yang menunjukkan persatuan dan kesatuan yang wajib untuk kamu terapkan adalah dengan mengakui keberadaan dan fungsi masing-masing anggota dalam keluarga.

13. Terbuka antar sesama anggota keluarga

Menerapkan sikap keterbukaan antara sesama anggota keluarga juga merupakan salah satu perilaku yang menunjukkan persatuan dan kesatuan. Dengan terbuka pada apa yang sedang kamu rasakan atau pikirkan pada anggota keluarga juga akan semakin mengeratkan jalinan kepercayaan.

14. Menjaga sikap tenggang rasa

Tenggang rasa dalam keluarga harus menjadi salah satu sikap yang diterapkan sejak dini. Sebab dengan tenggang rasa, kita akan menghargai apapun yang ada pada diri anggota keluarga.

15. Menghormati pendapat satu sama lain

Menghormati pendapat dalam keluarga juga wajib diterapkan dan menjadi salah satu contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan. Pendapat atau buah pemikiran orang lain biasanya hadir dari sebuah pengalaman. Maka, kamu perlu menghargai pendapat orang dalam keluarga kamu tersebut.

topinformasi.com

Di rangkaian perilaku persatuan dan kesatuan yang perlu kamu ketahui berikutnya adalah contoh dalam kehidupan sehari-hari. Seperti apa contohnya? Dapat kamu simak di bawah ini.

Baca Juga :   Sebutkan kata tanya yang digunakan untuk menanyakan runtutan suatu peristiwa beserta fungsinya

16. Menghargai budaya lain

Menghargai budaya lain menjadi salah satu cerminan perilaku persatuan dan kesatuan. Apalagi di Indonesia terdapat budaya yang sangat beragam. Apabila seseorang merasakan kenyamanan di lingkungannya tinggal, maka akan lebih mudah untuknya bekerja sama dan berkolaborasi dengan yang lain.

17. Sigap dan bersedia membantu

Bersikap sigap dan selalu bersedia membantu juga menjadi salah satu wujud dari persatuan dan kesatuan. Sebab dengan kamu saling membantu, maka kerukunan dan kebersamaan akan tetap terjaga.

Hal ini juga dapat kamu lakukan di lingkungan rumah, di sekolah, tempat bekerja, dan bahkan di jalan sekalipun. Sebuah pekerjaan juga akan jadi lebih cepat selesai dan efektif apabila dilakukan dengan gotong royong bukan.

18. Tidak congkak

Perilaku tidak congkak atau sombong juga salah satu cerminan persatuan dan kesatuan lho. Sebab sikap satu ini akan menyatukan kamu dengan teman-teman, baik di lingkungan rumah atau saat sedang berada di sekolah.

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan membantu teman yang misalnya masih belum memahami salah satu materi pelajaran. Sehingga teman kamu itu kemudian menjadi lebih paham. Sikap tidak congkak dan acuh juga sangat dianjurkan untuk selalu kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan informasi tadi maka berakhir sudahlah artikel yang dapat Mamikos sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang telah Mamikos sampaikan terkait contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di atas dapat kamu jadikan pedoman dalam bersikap.

Kesulitan menemukan informasi hunian kos? Maka kamu bisa akses dan unduh aplikasi pencari kos Mamikos sekarang. Ada beragam informasi mengenai kos yang bisa kamu dapatkan jika mengunjungi laman resmi atau aplikasi Mamikos. Unduh sekarang aplikasi Mamikos untuk mendapatkan update informasi kos terbaru dan berkualitas.

Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah

Tuliskan 5 contoh sikap kita yang mencerminkan persatuan dan Kesatuan

Posted by: pskji.org