Operan yang digunakan untuk mengoper teman yang posisinya tidak terlalu jauh menggunakan

Operan yang digunakan untuk mengoper teman yang posisinya tidak terlalu jauh menggunakan

TEKNIK yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket bisa Anda ketahui dalam artikel ini. Teknik operan jarak jauh biasanya digunakan saat rekan-rekan setim di dekat Anda dalam penjagaan ketat lawan.

Teknik operan jarak jauh juga bisa digunakan untuk menusuk wilayah pertahanan lawan. Alhasil, rekan setim Anda, yang ada di dekat keranjang lawan, bisa mencetak skor untuk tim.

(Baseball pass kerap digunakan dalam pertandingan profesional, foto: istimewa)

Lalu, teknik operan apa yang bisa digunakan untuk jarak jauh dalam permainan bola basket? Jawabannya adalah baseball pass. Teknik ini merupakan salah satu teknik operan yang kerap digunakan oleh pebasket profesional.

Anda, yang menggemari NBA, tentu sering melihat teknik operan ini dalam pertandingan. Karena kerap dipakai dalam pertandingan profesional, tentu dibutuhkan latihan keras untuk menyempurnakan teknik ini.

BACA JUGA: 7 Cara Menangkap Bola dalam Permainan Bola Basket

Selain itu, Anda juga harus memiliki kerja sama yang baik dengan rekan setim Anda. Sebagaimana diketahui, kerja sama merupakan dasar untuk setiap hal, termasuk operan, dalam permainan yang melibatkan lebih dari satu orang, seperti bola basket.

Selanjutnya, bagaimana cara melakukan baseball pass? Pertama, posisikan salah satu kaki Anda ke depan. Lalu, gunakan satu tangan untuk memegang bola.

Tangan, yang tidak dipakai untuk mengoper bola, dalam posisi untuk menyeimbangkan tubuh. Kemudian, pusatkan berat badan ke belakang dan lakukan ancang-ancang untuk melempar bola.

(Ilustrasi permainan bola basket, foto: istimewa)

Lempar bola ke rekan setim Anda dengan tenaga yang cukup agar sampai dan tepat sasaran. Sekadar informasi, waktu terbaik untuk melepaskan bola, yaitu saat tangan lurus ke depan.

Baseball pass merupakan salah satu dari beberapa teknik mengoper bola dalam permainan bola basket. Anda harus menguasai teknik-teknik mengoper dalam bola basket karena itu merupakan salah satu hal dasar dalam olahraga ini.

  • #Teknik Mengoper Bola Jarak Jauh dalam Permainan Bo
  • #Sportpedia
  • #Basket

Passing merupakan teknik dasar permainan bola basket yang paling sering digunakan dalam suatu pertandingan bola basket. Passing adalah teknik memberikan bola atau mengoperkan bola ke sesama pemain dalam satu regu.

Teknik ini menjadi salah satu bukti bahwa permainan bola basket merupakan permainan beregu yang memerlukan kerjasama antar pemain untuk memenangkan suatu pertandingan.

Hal terpenting yang harus diketahui oleh kalian bawah dalam melakukan passing diperlukan suatu akurasi (ketepatan) dan Timming (waktu) agar passing yang dilakukan benar-benar bermanfaat dalam permainan.

Baca Juga :   Hari dibangkitkannya seluruh makhluk dari alam kubur disebut

Teknik mengoper merupakan bagian dari komunikasi antar pemain ketika sedang bertanding.

Permainan Bola Basket

Pada umumnya operan sering dilakukan dengan cepat, keras dan terarah. Namun operan/passing yang terlalu keras akan sulit untuk dikuasai atau diterima oleh pemain lain, dan kadang pula operan pun harus dilakukan dengan lambat dan tidak terlalu keras. Hal tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan tim.

Untuk mengamankan operan, jangan sekali-kali mengoperkan bola kepada teman yang sedang dijaga ketat oleh lawan. Karena hal tersebut akan menyulitkan bagi si penerima bola.

Ingatlah, bahwa operan yang tidak terarah atau sebaliknya tangkapan yang tidak sempurna akan memberikan keuntungan bagi pihak lawan untuk mencetak angka.

1. Chest Pass

Pengertian chest pass adalah teknik mengoper bola setinggi dada. Operan ini paling sering dilakukan dalam permainan bola basket. karena sifatnya yang simpel dan mudah dilakukan, terutama untuk operan-operan jarak pendek.

Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:

  • Bola dipegang dengan kedua tangan di depan dada
  • Kemudian didorong ke depan sambil melecutkan kedua pergelangan tangan ke arah depan menuju pemain lain.
  • Coba kamu lakukan berulang-ulang dengan jarak yang bervariasi.

2. Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik mengoper bola dengan cara dipantulkan terlebih dahulu ke lantai. Operan ini sangat efektif untuk digunakan untuk melawan pemain lawan yang bertubuh tinggi.

Cara melakukannya adalah dengan posisi stance dan pegangan bola seperti pada teknik chest pass, namun ketika bola didorong atau dilepaskan, arah bola menuju ke depan bawah. Maksudnya bola dipantulkan terlebih dahulu ke lantai.

Ketika melakukan teknik ini, usahakan agar titik pantulan tidak terlalu jauh dari si penerima bola dan jangan terlalu banyak memberikan putaran (spin) pada bola. Karena hal-hal tersebut dapat mengakibatkan arah bola menjadi tidak sempurna.

Teknik Bounce Pass

3. Over Head Pass

Over head pass adalah teknik mengoper bola dengan posisi tangan berada di atas kepala. Operan ini umumnya sering digunakan oleh pemain-pemain yang memiliki postur tubuh tinggi, sehingga menyulitkan lawan untuk menggapai bola yang sedang dioper tersebut.

Cara melakukan teknik Over head pass ini adalah kedua tangan memegang bola berada di atas belakang kepala dengan kedua siku ditekuk. Kemudian mengayunkan bola ke depan yang dibantu dengan lecutan pergelangan tangan.

Usahakan ketika melakukan teknik ini kedua tangan tidak kaku dan cengkeraman tangan atau menutupi seluruh permukaan bola. Karena hal tersebut mengakibatkan arah bola menjadi tidak sempurna dan bola mudah diambil oleh pemain penjaga.

Baca Juga :   Dalam koperasi sekolah wewenang untuk memberikan bimbingan pembinaan dan pengawasan adalah

Teknik Over Head Pass

4. Base Ball Pass

Base ball pass adalah teknik mengoper bola basket dengan cara seperti mengoper bola baseball. yaitu dengan menggunakan satu tangan dengan mengayunkan bola dari samping badan. Teknik operan ini sangat berguna untuk passing jarak jauh.

Biasanya teknik ini dipakai ketika kita akan melakukan serangan kilat atau serangan cepat, yang mana teman kita sudah berlari jauh mendekati daerah lawan, sedangkan kamu masih berada di daerah sendiri.

Cara melakukan teknik ini adalah dimulai dengan memegang bola dengan satu tangan dengan posisi tangan berada di samping badan.

Lalu mengayunkan bola dari belakang ke depan melalui samping badan yang dibantu dengan lecutan pergelangan tangan dan sambil melangkahkan satu kaki yang berlawanan ke depan.

5. Hook Pass

Hook pass sering disebut juga dengan operan kaitan. Operan ini sering digunakan pada saat situasi-situasi sulit karena penjagaan dari pemain lawan yang sangat ketat, sedangkan teknik operan lain sudah tidak mungkin dilakukan.

Operan ini sangat efektif untuk para pemain yang bertubuh pendek jika ingin mencoba mengoper bola melewati pemain yang bertubuh tinggi.

Cara melakukan teknik ini adalah dimulai dengan memegang bola dengan tangan kanan dan kaki kiri agak maju. Posisi badan membelakangi pemain lawan, kemudian ayunkan lengan yang membawa bola lurus dari samping badan ke atas sisi kanan kepala yang dibantu dengan lecutan pergelangan tangan. Sehingga bola melewati atas kepala pemain lawan.

Namun sering kali terjadi kesalahan-kesalahan kecil yang dapat mengakibatkan laju bola menjadi tidak sempurna atau bola mudah diantisipasi oleh lawan, seperti:

  • Gerakan ayunan lengan tidak menyeluruh, sehingga laju bola menjadi pelan.
  • Titik atau poros gerakan dari lectan tangan. Seharusnya poros gerakan bermula dari bahu, siku dan terakhir pergelangan tangan.
  • Bagian atas badan (bahu dan kepala) tidak sedikitpun diputar ke arah tujuan bola.

Sumber : bolabasket.web.id

baeball pass (Sumber: flickr.com)


Teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola

basket

sangat beragam, salah satunya adalah teknik

passing.



Teknik


passing

sangat penting dikuasai oleh para pemain, karena basket merupakan olahraga beregu yang menuntut para pemainnya untuk saling bekerja sama.


Pada

olahraga

basket ada beberapa teknik

passing

yang bisa digunakan oleh para pemain sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan.

Baca Juga :   Bentuk pecahan campuran dari 29 per 9 adalah


Teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket adalah

baseball pass.


Melalui teknik

baseball pass
, nantinya akan memudahkan upaya mengoper bola kepada rekan satu tim yang berada di jarak jauh, lalu pemain lawan terlalu dekat.


Supaya teknik ini berjalan dengan lancar, maka harus ada koordinasi yang baik antara pemain yang akan mengoper dan menerima bola.

Ilustrasi teknik passing dalam bola basket. (Pexels/RODNAE Productions)


Baseball pass

merupakan salah satu teknik

passing

dalam permainan bola basket dengan menggunakan satu tangan, seperti halnya melempar bola

baseball
.


Teknik tersebut cukup sering dilakukan oleh para pemain basket profesional. Sebab, teknik ini digunakan untuk mengoper bola ke jarak jauh dari target sasaran atau mengarah ke rekan dalam permainan.


Saat melakukan gerakan ini, kamu membutuhkan koordinasi antara pengoper dengan target tujuan atau penerima agar lemparan mudah ditangkap dan tidak meleset ke arah lawan.

Cara Melakukan Baseball Pass

Baseball pass (Sumber: Pixabay)


Ada teknik-teknik tertentu yang perlu diketahui dan dikuasai oleh pemain basket mengenai cara melakukan

baseball pass

yang benar. Berikut ini adalah cara yang benar, dikutip dari

Breakthrough Basketball
;


  1. Posisi badan harus siap dan salah satu kaki maju ke depan saat bola dipegang dengan satu tangan.


  2. Pindahkan posisi badan ke belakang dan arahkan bola dengan menggunakan kedua tangan pada tempat di belakang bahu dari sisi yang akan melempar bola basket.


  3. Pada saat awalan, bola dipegang dan posisi tangan yang lainnya tepatnya mengoper bola.


  4. Saat melakukan operan bola, tangan harus melakukan operan dengan mengayun ke arah depan dan lemparan ke atas.


  5. Lepaskan bola saat posisi tangan lurus ke depan.

Sejarah Gerakan Baseball Pass

Baseball pass diciptakan oleh Younes Kart pada 1968. (Pexels/Jean-Daniel Francoeur)


Baseball pass

diciptakan seiring dengan berkembangnya olahraga basket, namun saat itu belum ada teknik dan cara yang ampuh dalam permainan tersebut. Sehingga, terbentuklah gerakan yang dinamakan dengan

baseball pass
.


Gerakan

baseball pass

diciptakan oleh Younes Kart pada 1968. Operan tersebut berfungsi untuk memudahkan jalannya permainan dan proses mengoper bola pada saat posisi badan sedang berpindah.


Itulah penjelasan mengenai teknik yang digunakan mengoper bola jarak jauh dalam permainan bola basket. Bagi kamu yang sering bermain basket, mungkin tidak asing dengan gerakan tersebut.

Operan yang digunakan untuk mengoper teman yang posisinya tidak terlalu jauh menggunakan

Posted by: pskji.org