Bila garis 6x 4y 4 didilatasikan dengan pusat 0 0 dan faktor skala 2 maka hasil bayangannya adalah

Bila garis 6x 4y 4 didilatasikan dengan pusat 0 0 dan faktor skala 2 maka hasil bayangannya adalah

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.







Salam Para Bintang


Kali ini kita melanjutkan materi berikutnya yaitu tentang Diltasi sudah pernah dengar gak tentang Dilatasi? Sudah pernah dong. Dilatasi biasanya disebut perkalian

Sebelum memahami materi ini, kamu seharusnya sudah paham apa itu:



Transformasi Geometri  Jenis-Jenisnya

 dan



Translasi , Refleksi , Rotasi

Dilatasi adalah transformasi geometri berupa perkalian yang memperbesar atau memperkecil suatu bangunan geometri.

Faktor skala (dilatasi) merupakan faktor perkalian suatu bangun geometri yang didilatasikan. Faktor ini menunjukan seberapa besar hasil dilatasi terhadap bangun geometrinya dan dinotasikan dengan k.


Lebih jelasnya faktor skala (k) adalah perbandinganantara jarak titik bayangan ke titikpusat dilatasi adan jarak titik benda berkaitan ke titik pusat dilatasi.

Secara umum, matriks transformasi dilatasi dengan skala k adalah :


Nilai k > 1 atau k < -1 menunjukan hasil dilatasi lebih besar dari geometrinya. Nilai -1 < k < 1 menunjukan hasil dilatasi lebih kecil dari geometrinya. Tanda positif mengartikan geometri dan hasil dilatasi berdampingan di salah satu sisi titik dilatasi. Sedangkan tanda negatif mengartikan geometri dan hasil dilatasi saling terbalik dan berlainan sisi di titik dilatasi.

Pemetan oleh transformasi dilatasi dapat dinyatakan sebagai berikut:


1. Tranformasi dilatasi terhadap pusat  O (0,0) dengan faktor skala k, ditulis [O,k]:

atau



2. Tranformasi diltasi terhadap pusat P(a,b) dengan faktor skala k, ditulis [(a,b),k]:

Jika titik  (6,9) dilatasi terhadap titik pusat (0,0) sejauh  dengan faktor sejauh 1/3 , maka bayangannya adalah….


Contoh 2:

Jika titik  (-2,5) dilatasi oleh [(2,1),-1/2] ,
maka bayangannya adalah….


Contoh 3:


Jika garis y = 2x+3
dilatasi oleh [O,3]
 maka petanya adalah….


Contoh 4:

Persamaan peta kurva y = x² – 3x + 2 karena pencerminan terhadap sumbu x dilanjutkan dilatasai dengan pusat O dan factor skala 3 adalah…


Contoh 5:

Tentukan bayangan garis 3x + 4y – 5 = 0 oleh dilatasi dengan pusat (-2, 1) dan faktor skala 2!


Contoh 6:

Tentukan persamaan peta dari garis 3x-5y+15=0 oleh dilatasi terhadap pusat O(0,0) dengan faktor skala 5!


Contoh 7:

Lingkaran x² + y² – 6x + 2y + 1 = 0. Jika ditransformasikan dengan dilatasi [O,4], persamaan bayangannya adalah….


Contoh 8:

Titik A’(-16,24) merupakan bayangan dari titik A(x,y) yang didilatasikan dengan pusat O(0,0) dan faktor skala -4. Koordinat titik A adalah….


Contoh 9:

ABCD adalah sebuah persegi dengan koordinat titik-titik sudut A(1,1), B(2,1), C(2,2) dan D(1,2). Tentukan peta atau bayangan dari titik-titik sudut persegi itu oleh dilatasi [O,2]!


Contoh 10:

Luas bayangan persegipanjang PQRS dengan
P(-1,2), Q(3,2), R (3,-1), S(-1,-1)
karena dilatasi [0,3] adalah…


Untuk pembahasan semua soal, lihat di video ini (segera diupdate ya)


tolong pala gua pusingg​


Tentukanlah volume bangun – bangun di bawah ini​


berapakah 12 ×18×9 × 10 x5​


13. Sebuah bak mandi berbentuk tabung dengan diameter 35 cm dan tinggi 60 cm berisi air penuh. Sebuah bola berdiameter 21 cm dimasukkan ke dalam bak m …

andi sehingga air tumpah. Berapa volume air yang tersisa di dalam bak mandi? ​


Q.4 36² x 12² nt: kl gk dapat juga sabar wk wk wk


kedua diagonal belah ketupat ABCD berpotongan di O.jika panjang BD=(3x + 2) cm dan OD=(x + 5) cm.hitunglah panjang diagonal BD!tolong bantu jawab​


tolong dibantu aritmatika sosial ​


Tolong bantu jawab pertanyaan ini pakai cara ya kakk..​


hasil dari negative Setangah akar dua Kali Setangah akar dua​


bantu menggunakan cara, thx!​


halo kalian para Orang yang Jenius, bisakah anda membantu saya yang tidak pintar ini?​


jawaban matematika kelas 8semester 2 hal93​


Hayo Gampang, Dijawab,jangan salah yah​


BANTUIN WAHAI PARA JENIUS YANG PINTAR!!!​


mohon bantuannya !!!​


Perhatikan gambar rangkaian listrik berikut! Jika I2 = 1/4 I1, maka I3 sebesar … a. 150 mA b. 300 mA c. 450 mA d. 600 mA​


Pls Jawab Aja Langsung jawaban, Gaperlu pake Rumus atau cara,kalo mau dibuat rumusnya GPP, Kalo benar gw jadikan Terbaik,love u​


Perhatikan gambar jika panjang busur AB = 14 cm maka panjang busur minor AC adalah​


3. Sebuah barang dibeli dengan harga Rp250.000,00 dan dijual lagi dengan harga Rp275.000,00, prosentase labanya adalah …. a. 12,5 % b. 11% d. 9% c. …

10%​


0,22×75%= pecahan biasa​

Bila garis 6x 4y 4 didilatasikan dengan pusat 0 0 dan faktor skala 2 maka hasil bayangannya adalah

Posted by: pskji.org

Baca Juga :   Sebutkan contoh-contoh kegiatan yang dilakukan bersama-sama keluarga