Bagaimana cara melakukan netting backhand dalam permainan Bulutangkis

Bagaimana cara melakukan netting backhand dalam permainan Bulutangkis

Pembahasan tentang √ Pengertian √ Cara Melakukan √ Kesalahan √  Bentuk Latihan Pukulan Backhand dalam bulutangkis.

Salah satu cabang olahraga di Indonesia yang banyak diminati, baik oleh kalangan muda, anak-anak, hingga dewasa adalah bulutangkis.

Untuk memainkan bulutangkis terbilang gampang-gampang susah, namun Anda harus tetap menguasai teknik dasarnya. Salah satu teknik dasar yang harus dikuasai yaitu
cara melakukan pukulan backhand bulutangkis.

Teknik-teknik pukulan merupakan modal dasar untuk memainkan bulutangkis dengan baik dan benar, demi mencetak skor atau nilai.

Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai cara melakukan pukulan backhand pada permainan bulutangkis, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Baca Juga : √ Cara Melakukan Pukulan Dropshoot √ Cara Melakukan Pukulan Forehand

Pengertian Pukulan Backhand Bulutangkis

Backhand merupakan salah satu teknik pukulan dasar pada permainan bulutangkis yang harus Anda kuasai.

Untuk melakukan pukulan backhand, posisi raket harus mengarah ke atas dan posisi tangan dalam memegang atau menggenggam gagang raket harus dekat dengan bahu yang berlawanan.

Saat memukul shuttlecock, gerakan pergelangan tangan Anda juga harus tepat dan tidak boleh kaku.

Selain itu, Anda juga harus mengayunkan siku, bahu, dan pinggul secara serempak atau bersamaan.

Teknik pukulan ini biasanya digunakan untuk menyebut semua jenis pukulan yang bisa dilakukan dari arah backhand, seperti backhand drive, backhand smash, backhand drop shot, backhand clear, backhand net shot, dan backhand net kill.

Cara Melakukan Pukulan Backhand Bulutangkis dengan Benar

Sebelum melakukan pukulan backhand, posisi keempat jari (telunjuk, tengah, manis, dan kelingking) harus sejajar dengan gagang raket dan ibu jari menumpu pada gagang raket yang sedikit lebih lebar. Cara melakukan pukulan backhand yang benar, yaitu sebagai berikut:

  1. Genggam raket dengan posisi tubuh siap.
  2. Putar badan dengan posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri, sedangkan posisi siku dan lutut sedikit dibengkokkan.
  3. Ayunkan raket menggunakan siku, kemudian dorong dengan pinggang hingga posisi siku menjadi lurus. Pukulan backhand ini juga bisa dilakukan sambil melangkahkan kaki kanan, kemudian ayunkan raket dengan posisi kaki kanan sudah mendarat setelah shuttlecock dipukul.
Baca Juga :   Tuliskanlah pemikiran pemikiran drs. moh hatta di bidang ekonomi

Kesalahan Dalam Melakukan Pukulan Backhand Bulutangkis

Setelah Anda memahami cara melakukan pukulan backhand pada bulutangkis dengan baik dan benar, Anda juga harus mengetahui kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat melakukan backhand. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan yang sering terjadi saat melakukan pukulan backhand:

  • Sikap badan terlalu kaku, kurang rileks, dan kurang persiapan, sehingga ketika mendapat umpan dari lawan tidak bisa menerimanya dengan tepat.
  • Kurang kuat saat menggenggam raket, sehingga pukulan menjadi lemah bahkan meleset.
  • Posisi tangan yang salah (dalam kondisi telungkup) dan pergelangan tangan terlalu tegang/kaku.
  • Posisi ibu jari tidak menumpu atau tidak melekat pada gagang raket.
  • Melakukan pukulan di luar garis, sehingga menyebabkan out.

Contoh Bentuk Latihan Pukulan Backhand Bulutangkis

Untuk bisa mempraktekkan dan menguasai teknik pukulan backhand, maka diperlukan latihan secara rutin dan teratur. Berikut ini merupakan beberapa contoh bentuk latihan pukulan backhand:

  1. Berlatih menggerakkan atau mengayunkan raket tanpa shuttlecock terlebih dahulu agar kondisi pergelangan tangan lebih rileks dan tidak kaku.
  2. Gunakan alat bantu, misalnya dengan menggantungkan shuttlecock setinggi timing seorang atlet untuk memudahkan Anda melakukan pukulan.
  3. Arahkan raket dengan posisi menunjuk ke atas dan posisi tangan dalam memegang raket harus berada dekat dengan bahu yang berlawanan.
  4. Mintalah bantuan teman untuk memberikan umpan, kemudian saat shuttlecock melaju ke arah Anda, segera putar tubuh bagian atas.

Dari penjelasan yang dirangkum oleh penjasology.web.id di atas, Anda menjadi lebih memahami
cara melakukan pukulan backhand bulutangkis
yang benar. Dengan teknik pukulan yang benar, Anda bisa lebih handal dalam menyusun strategi dan mencetak skor. Tidak hanya sekedar permainan yang seru dan menyenangkan saja, bulutangkis juga menjadi salah satu olahraga yang menyehatkan badan.

Baca Juga :   Gaya minimum yang diperlukan untuk menarik beban 3600 N adalah

Netting

Cara Melakukan Pukulan Backhand dalam Bulu Tangkis Lengkap

Foto: Kevin Sanjaya Sukamuljo saat melakukan pukulan backhand (Foto: PBSI)

CARA
melakukan pukulan backhand dalam bulu tangkis perlu dikuasai untuk bisa bermain dengan maksimal. Pukulan backhand pada bulu tangkis konon merupakan kelemahan utama banyak orang. Mereka cenderung salah memahami teknik pukulan ini.

Backhand adalah istilah umum untuk berbagai macam pukulan dalam bulu tangkis, yang mengacu pada posisi di mana tangan pemain mengayunkan raket ke arah bola (shuttlecock). Sedangkan pukulan backhand adalah pukulan yang dilakukan dengan raket bersentuhan atau dengan badan membelakangi lawan, dengan tangan menghadap ke arah bola.

Baca Juga :
Cara Melakukan Pukulan Forehand dalam Bulu Tangkis

Pengertian pukulan backhand adalah pukulan dengan tangan kanan namun dari posisi sebelah kiri sehingga tangan membelakangi arah pukulan. Pukulan ini sering digunakan untuk merujuk pada backhand clear, backhand smash, backhand net kill, backhand drive, backhand net shot, dan backhand drop shot, serta semua pukulan yang dapat dilakukan dengan backhand termasuk dalam kategori ini.

Netting merupakan salah satu jenis pukulan dalam permainan bulutangkis yang dilakukan di dekat net/jaring yang dipukul dengan sentuhan halus namun harus akurat. Tujuan pukulan netting adalah agar  shuttlecock bisa jatuh di bidang permainan lawan sedekat mungkin dekat net sehingga tidak bisa terjangkau oleh lawan.

Berikut ini adalah latihan teknik dasar latihan pukulan netting dalam permainan bulutangkis :

– Posisikan berdiri di belakang garis service kurang lebih dua langkah dari net.

– Pegang raket dengan posisi rikel atau senyaman mungkin.

– Kejar bola / shutlecock yang datang di depan jaring dengan cepat.

– Posisikan selalu kaki kanan berada di depan baik saat melakukan pukulan netting dengan cara forehand maupun pukulan netting dengan cara backhand.

Baca Juga :   Jurnal untuk mencatat penyesuaian persediaan barang dagang akhir sebesar 4 juta 500 adalah

– Buat tarikan kecil agar pukulan netting lebih tipis bergulir di bidang lawan, sesaat sebelum bola / shuttlecock tersentuh,

– Buatlah arah serta sasaran pukulan netting bisa berbentuk lurus, atau silang di depan net atau bisa juga mendorong bola/shuttlecock ke arah belakang.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video panduan cara melakukan netting dibawah ini :

Sumber :

PB. DJARUM

Hits:
99150

Artikel Terkait :

Service dalam permainan bulutangkis merupakan modal utama, seorang atlit bulutangkis yang tidak menguasai teknik service maka akan sulit untuk mendapatkan angka atau memenangkan permainan, di dalam bulutangkis ada banyak jenis service salah satunya adalah Backhand Service, servise ini pada umumnya arah dan jatuhnya bola/ shuttlecock sedekat mungkin pada garis serang pemain lawan dan bola harus setipis mungkin di atas jaring ataunet. Backhand service bertujuan supaya lawan tidak bisa menyerang.

  • Posisikan kaki kanan di depan kaki kiri, dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang dituju. Buka Kedua kaki  selebar pinggul serta lutut dibengkokkan, dengan sikap berdiri seperti ini, tumpuan berat badan berada di antara kedua kaki.
  • Ayunkan raket relatif pendek sehingga bola atau shuttlecock hanya didorong dengan  peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Jangan menggunakan tenaga pergelangan tangan secara berlebihan karena akan mempengaruhi terhadap arah dan akurasi pukulan.
  • Perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan sebelum melakukan service, sehingga dapat mengarahkan bola atau shuttlecock ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan.
  • Untuk menguasai teknik Backhand Service maka harus dilakukan latihan secara terus menerus.

Sumber :

PB.DJARUM

Hits:
127878

Artikel Terkait :

Bagaimana cara melakukan netting backhand dalam permainan Bulutangkis

Posted by: pskji.org