Pentingnya sikap toleransi sebagai Berikut kecuali

Pentingnya sikap toleransi sebagai Berikut kecuali

Dikenal sebagai negara yang memiliki keberagaman budaya, suku-bangsa, etnis, bahasa dan agama, masyarakat Indonesia tidak pernah jauh dari kata toleransi. Toleransi berasal dari kata
“tolerate”
yang dalam bahasa latin artinya “dengan sabar membiarkan orang lain berpendapat, dan menerima pendapat yang berbeda”.Â

Toleransi juga diartikan sebagai perilaku manusia yang tidak menyimpang aturan, dengan menghormati dan menghargai tindakan orang lain.

Mahasiswa adalah makhluk individu dengan cara pikir yang berbeda-beda. Berada di lingkungan mahasiswa membuat kita sering bertemu dengan berbagai macam orang dari berbagai latar belakang yang berbeda mulai dari asal daerah, kepercayaan hingga karakter seseorang.Â

Sebagai seorang mahasiswa, toleransi juga diperlukan untuk bersosialisasi sehingga mendapatkan perasaan saling menghormati dan menghargai antar sesama mahasiswa.Â

Beberapa alasan pentingnya toleransi dalam kehidupan mahasiswa adalah:

1. Terhindar Dari Perpecahan

Perbedaan akan selalu ada, namun dengan sikap saling menghormati dan menghargai akan menghindarkan kita dari pertikaian, pertentangan dan permusuhan. Pertikaian karena perbedaan ini tidak sesuai dengan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tetap satu.

2. Meningkatkan Rasa Persaudaraan

Sikap toleransi antar perbedaan agama, suku, budaya hingga bahasa akan meningkatkan rasa persaudaraan sehingga dapat terhindar dari kesalahpahaman.

3. Mempersatukan Perbedaan

Sikap toleransi sesuai dengan Pancasila sila ketiga yang berbunyi “persatuan Indonesia” yang menekankan bahwa pancasila menghargai seluruh keberagaman di Indonesia, tanpa mengutamakan golongan tertentu. Sikap toleransi akan menciptakan kekompakan walaupun dengan latar belakang berbeda.

4. Meningkatkan Rasa Nasionalisme

Apabila semua masyarakat di Indonesia menerapkan sikap toleransi, maka rasa nasionalisme akan meningkat. Karena negara yang maju adalah negara yang masyarakatnya dapat saling menghargai, menghormati dan menerima perbedaan antar masyarakat lainnya. Sehingga tidak muncul masyarakat yang menganggap bahwa budayanya lebih baik dari budaya lainnya.

5. Memudahkan Mencapai Mufakat

Sikap toleransi memudahkan mencapai mufakat saat bermusyawarah. Karena inti dari sikap toleransi adalah menjunjung sikap menghormati dan menghargai perbedaan pendapat. Apabila dalam sebuah musyawarah tidak ada rasa saling menghormati dan menghargai pendapat, serta hanya mementingkan kepentingannya sendiri, maka dipastikan akan sulit mencapai sebuah mufakat.

Baca Juga :   Pipa organa tertutup panjangnya 30 cm bergetar pada nada dasar 150 Hz maka nada atas keduanya adalah

Tidak hanya di lingkungan kampus,
sikap toleransi harus diterapkan di mana saja kita berada.
Tantangan untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia adalah kewajiban kita sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa untuk memperkuat dan mempertahankan sikap saling menghormati dan menjadikan toleransi sebagai sebuah kesadaran bahwa setiap masyarakat meskipun dengan latar belakang suku, agama, dan ras yang berbeda kita adalah sama dan tetap satu, Indonesia.

KOMPAS.com
– Pernahkah kamu mendengar seseorang dihina maupun dikucilkan karena warna kulitnya yang berbeda, berat badannya yang berbeda, sukunya yang berbeda, ataupun agama yang berbeda?

Hal tersebut terjadi karena tidak adanya sikap toleransi maupun tenggang rasa terhadap sesama.

Dilansir dari Psychology Today, toleransi adalah sikap adil, objektif, dan menghargai orang lain yang berbeda pendapat, kebiasaan, sifat fisik, ras, budaya, dan agama. Sikap toleransi membuat kita dapat menghargai orang lain tanpa bersikap emosi dan memaksakan pendapat sendiri dengan semena-mena.

Indonesia merupakan negara dengan suku bangsa, budaya, bahasa, dan ciri fisik masyarakat yang sangat beragam. Sehingga sikap toleransi berarti penting dalam persatuan bangsa, kerukukunan masyarakat, memunculkan nasionalisme, dan juga memperkukuh kesatuan Indonesia.

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya juga suku bangsa. Dilansir dari Badan Pusat Statistik, Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa yang berbeda. Sikap toleransilah yang mempersatukan semua suku bangsa di Indonesia sebagai sesame warga negara Indonesia.

Walaupun setiap suku memiliki ciri khas, kebiasaan, adat, budaya, dan bahasa yang berbeda, toleransi membuat kita semua saling menerima. Sikap toleransi membuat kita dapat menerima segala bentuk perbedaan dan membentuk persatuan Bangsa Indonesia.

Baca juga: Hari Toleransi Internasional 2020: Merayakan Keberagaman Hidup Berdampingan

Sikap toleransi mengajarkan kita untuk selalu berperilaku baik dan menerima perbedaan yang terdapat pada orang lain. Toleransi membuat kita tidak mudah marah, memaksakan pendapat, atau menolak pendapat orang lain yang berbeda. Sebaliknya, kita akan menghargai dan memahami perbedaan tersebut dengan baik.

Toleransi mendorong pada perilaku baik. Saat kita memperlakukan orang lain dengan baik, maka orang lain juga akan memperlakukan kita dengan baik. Hal tersebut mendorong pada kerukunan dalam masyarakat.

Baca Juga :   Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan penyebab atau alasan terjadi peristiwa dalam teks adalah A apa B Kapan C Bagaimana D Mengapa?

Tidak akan terjadi perang maupun tindakan anarkis, karena toleransi membuat kita memecahkan masalah dengan bermusyawarah secara kekeluargaan. Masyarakat akan rukun, saling menghargai dan menerima satu sama lain dengan adanya toleransi.

  • Memunculkan Rasa Nasionalisme

Rasa setara, sederajat, dan kekeluargaan yang ditimbulkan sikap toleransi dapat memunculkan rasa nasionalisme yang tinggi. Walaupun berbeda-beda kebanggaan dan nasionalisme terhadap Indonesia adalah sama.

Semua ras, suku, dan agama saling mendukung dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Sama-sama mendukung perwakilan Indonesia dalan kancah Internasional dan juga mempertahankan bangsa Indonesia dari ancaman negara luar.

Toleransi menumbuhkan perasaan diterima, setara, persatuan, nasionalisme, kebanggaan terhadap negara memperkukuh kesatuan Republik Indonesia. Bahwa dari Sabang sampai Merauke, semua warganya adalah satu yaitu warga Indonesia.

Rasa toleransi memperkukuh kesatuan bangsa sehingga warga tidak mudah terpecah belah hanya karena perbedaan. Sebaliknya, warga akan saling mendukung dalam kesatuan negara.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Pentingnya sikap toleransi sebagai berikut,kecuali?

  1. Memunculkan rasa nasionalisme sempit
  2. Menciptakan kerukunan antar warga masyarakat
  3. Membentuk persatuan bangsa
  4. Memperkukuh Negara Kesatuan Republik Indonesia
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: A. Memunculkan rasa nasionalisme sempit.

Dilansir dari Ensiklopedia, pentingnya sikap toleransi sebagai berikut,kecuali Memunculkan rasa nasionalisme sempit.

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban
A. Memunculkan rasa nasionalisme sempit
adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Menurut saya jawaban
B. Menciptakan kerukunan antar warga masyarakat
adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban
C. Membentuk persatuan bangsa
adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Baca Juga :   Write a program to find the middle element of the linked list in C

Menurut saya jawaban
D. Memperkukuh Negara Kesatuan Republik Indonesia
adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Menurut saya jawaban
E. Semua jawaban benar
adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah A. Memunculkan rasa nasionalisme sempit.

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Pentingnya sikap toleransi sebagai berikut, kecuali?

  1. Memunculkan rasa nasionalisme sempit
  2. Menciptakan kerukunan antar warga masyarakat
  3. Membentuk persatuan bangsa
  4. Memperkukuh Negara Kesatuan Republik Indonesia
  5. Semua jawaban benar

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah:
A. Memunculkan rasa nasionalisme sempit.

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban A benar, dan 0 orang setuju jawaban A salah.

Pentingnya sikap toleransi sebagai berikut, kecuali memunculkan rasa nasionalisme sempit.

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban
A. Memunculkan rasa nasionalisme sempit
menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban
B. Menciptakan kerukunan antar warga masyarakat
menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban
C. Membentuk persatuan bangsa
menurut saya ini juga salah, karena dari buku yang saya baca ini tidak masuk dalam pembahasan.

Jawaban
D. Memperkukuh Negara Kesatuan Republik Indonesia
menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Jawaban
E. Semua jawaban benar
menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah A. Memunculkan rasa nasionalisme sempit

Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.

Pentingnya sikap toleransi sebagai Berikut kecuali

Posted by: pskji.org