Buah buahan termasuk keanekaragaman hayati tingkat

Buah buahan termasuk keanekaragaman hayati tingkat

KOMPAS.com
– Keanekaragaman hayati atau biodiversitas muncul karena adanya perbedaan warna, ukuran, bentuk, jumlah, tekstur, penampilan, dan sifat-sifat lainnya.

Keanekaragaman hayati dapat terlihat dari persamaan ciri antara makhluk hidup.

Contoh keanekaragaman hayati yang dapat dilihat di lingkungan sekitar adalah adanya pohon-pohon berbatang keras dan berbatang lunak, tumbuhan berdaun lebar dan berdaun kecil, dan lain-lain.

Keanekaragaman hayati tidak saja ditemukan antar jenis, tetapi dalam satu jenis pun terdapat keanekaragaman dalam bentuk perbedaan warna, ukuran, dan sebagainya.

Keanekaragaman hayati tingkat gen

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), gen pada setiap individu memiliki perangkat dasar penyusun yang sama, tetapi susunannya berbeda-beda, bergantung pada masing-masing induk.

Baca juga: Tumbuhan Paku Baru Ditemukan dari Hutan Papua

Susunan perangkat gen inilah yang menentukan ciri atau sifat individu dalam satu spesies.

Perkawinan antara dua individu sejenis adalah salah satu penyebab adanya keanekaragaman tingkat gen.

Kombinasi susunan perangkat gen dari dua induk menyebabkan keanekaragaman individu dalam satu spesies berupa varietas-varietas yang terjadi secara alami atau buatan.

Keanekaragaman tingkat gen yang terjadi secara alami merupakan akibat adaptasi setiap individu dengan lingkungan.

Sedangkan keanekaragaman tingkat gen yang terjadi secara buatan merupakan hasil perkawinan silang (hibridisasi), seperti pada berbagai jenis buah mangga.

Baca juga: 5 Tumbuhan Endemik Hutan Amazon, Banyak yang Jadi Obat Tradisional

Jenis-jenis tumbuhan yang menunjukkan keanekaragaman tingkat gen

Keanekaragaman tingkat gen mudah dikenali dengan melihat variasi, nama ilmiah yang sama, dan perbedaan morfologi yang tidak terlalu signifikan.

Adapun keanekaragaman hayati tingkat gen disebut sebagai varietas.

Berikut adalah jenis-jenis tumbuhan yang menunjukkan keanekaragaman tingkat gen

  1. Padi (Oryza sativa) dengan varietas padi ciherang, padi ciliwung, padi batutegi, padi pamelen, padi paketih, dan lain-lain.
  2. Mangga (Mangifera indica) dengan varietas mangga arumanis, mangga manalagi, mangga golek, mangga cengkir Indramayu, dan mangga lalijiwo.
  3. Durian (Durio zibethinus) dengan Varietas durian petruk, durian bawor, durian monthong, durian hitam, dan durian musang king.
Baca Juga :   Bagaimana pendapatmu tentang sikap tentara nica yg melanggar kesepakatan

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen
– Keanekaragaman hayati “Biodiversity” dapat terjadi pada beberapa tingkat kehidupan, diantaranya pada tingkat gen, tingkat spesies atau jenis serta tingkat ekosistem.

Keanekaragaman pada tingkatan kehidupan tersebut menarik untuk diamati karena tidak dapat melihat berbagai perbedaan antara satu tingkat kehidupan dengan tingkat kehidupan lainnya dalam satu ekosistem.

Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen

Keanekaragaman hayati tingkat gen ialah keanekaragaman hayati yang menyebabkan variasi antar individu dalam satu spesies “jenis”. Kita dapat menemukan contoh keanekaragaman hayati tingkat gen pada organisme di sekitar lingkungan kita.

Misalnya pada tanaman padi, mangga, jagung, pisang maupun pada hewan seperti ayam, kambing dan lainnya. Nah untuk lebih jelasnya berikut ini contoh keanekaragaman hayati tingkat gen, sebagai berikut:

Keanekaragaman Hayati Pada Padi

Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen bisa kita temukan pada tanaman padi. Bagi yang tinggal di pedesaan atau yang orang tuanya ialah petani tentu keanekaragaman ini sudah kita kenal dengan adanya beragam varietas tanaman padi misalnya varietas Ciherang.

Muncul, Inpari, Digul, Cilamaya, Rojolele dan lain sebagainya. Masing-masing varietas ini memiliki perbedaan baik dari segi ciri fisik daun, buah, batang dan akar, ketahanan hidup, maupun dari segi umur tanam.

Baca Juga :
Mengenal Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis / Spesies

Keanekaragaman Hayati Pada Mangga

Sama seperti tanaman padi, tanaman mangga pun memiliki keanekaragaman hayati tingkat gen. Bagi yang suka makan mangga tentu kalian mengenal beberapa ragam jenis mangga. Seperti mangga manalagi, mengga golek, mangga gadung, mangga arum manis atau mangga apel. Dari sisi buahnya mangga-mangga tersebut memiliki rasa dan tekstur yang berbeda-beda begitupun dari segi penampilan fisik tanamannya.

Baca Juga :   Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan penyebab atau alasan terjadi peristiwa dalam teks adalah A apa B Kapan C Bagaimana D Mengapa?

Keanekaragaman Hayati Pada Jagung

Contoh keanekaragaman hayati tingkat gen juga terjadi pada tanaman jagung. Para petani mengenal banyak sekali varietas jagung yang akan ditanamnya.

Jenis varietas yang dipilih biasanya disesuaikan dengan kondisi lingkungan penanaman, karena setiap varietas memiliki ketahanan yang berbeda pada kondisi lingkungan yang berbeda. Beberapa contoh varietas tanaman jagung misalnya varietas Pioner, BISI, NK, DK, Bima dan lain sebagainya.

Keanekaragaman Hayati Pada Pisang

Tanaman pisang juga mengenal beberapa varietas akibat adanya keanekaragaman hayati tingkat gen pada spesies Mus paradisiaca ini, kita mungkin mengenal adanya pisang dengan nama dan jenis yang beragam mulai dari pisang manado, pisang kepokm pisang muli, pisang raja nangka, pisang lilin, pisang siem dan lain sebagainya. Masing-masing jenis pisang ini memiliki rasa dan bentuk buah yang berbeda begitupun dengan ciri morfologis tanamannya.

Keanekaragaman Hayati Pada Bunga Kertas “Bougenvil”

Bagi penyuka tanaman bunga pasti mengenal yang namanya bunga bougenvil atau bunga kertas. Bunga kertas memiliki beragam varietas yang ditunjukan dengan perbedaan warna bunga, bentuk daun dan corak. Dengan teknik sambung atau okulasi varietas bunga kertas biasanya disambungkan sehingga dalam satu tanaman dapat tumbuh lebih dari satu warna bunga.

Keanekaragaman Hayati Pada Ayam

Contoh keanekaragaman hayati bukan hanya dapat terjadi di dunia tumbuhan, pada hewan juga tidak bisa menemukannya. Misalnya pada ayam, kita mengenal beberapa jenis ayam diantaranya ayam kampung, ayam bangkok, ayam cemani, ayam kate dan lain sebagainya. Keragaman ayam ini ialah bukti dari adanya keanekaragaman hayati tingkat gen.

Baca Juga :
Manfaat Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman Hayati Pada Kambing

Sejalur dengan ayam dalam dunia kambing pun kita mengenal adanya contoh keanekaragaman hayati tingkat gen. Ada kambing etawa yang menghasilkan daging dan susu, kambing alpen, kambing saanen, dan kambing boer adalah bukti dari adanya variasi tingkat gen dalam dunia kambing.

Baca Juga :   Kendala Pembangkit listrik tenaga angin

Keanekaragaman Hayati Pada Bunga Mawar

Bunga mawar dengan nama ilmiah Rosaceae merupakan tanaman dar Ordo Rosanales sangatlah pantas menyandang julukan si “Ratu Bunga” karena hampir semua orang menyukai dan mengenal mawar.

Warna bunganya yang cantik menawan dengan aneka ragam warna warni seakan menghidupkan suasana taman menjadi semarak, ditambah lagi pesona harumnya yang semerbak wangi.  Adapun contoh keanekaragaman hayati tingkat gen, tanaman bunga mawar putih  dengan bunga mawar merah yang memiliki perbedaan yakni berbeda dari segi warna bunga.

Keanekaragaman Hayati Pada Kucing

Kucing merupakan sejenis mamalia karnivora dari keluarga Felidae, kata-kata “kucing” biasanya mengartikam kepada “kucing” yang sudah dijinakkan, tetapi bisa juga mengartikan ke “kucing besar”. Contohnya singa dan harimau, kucing juga memiliki sebutan kucing domestik atau kucing rumah nama ilmiah kucing yakni Felis Silvestris catus atau Felis Catus merupakan nama latin kucing.

Adapun contoh keanekaragaman hayati tingkat gen, pada spesies kucing terdapat variasi seperti kucing anggora yang berbulu panjang, serta kucing siam dan kucing bali yang berbulu pendek.

Keanekaragaman Hayati Pada Buah Jeruk

Jeruk merupakan buah yang memiliki bentuk yang bulat dan memiliki kulit yang berwarna orange. Aroma yang khas dikeluarkan oleh jerup pun sangat kuat sehingga kita dapat dengan mudah menebak buah jeruk tanpa harus melihat hanya dengan mencium aromanya. Adapun contoh keanekaragaman hayati tingkat gen penampakan buah jeruk lemon, nipis, potianak yang berbeda.

Baca Juga :
10 Tingkat Organisasi Kehidupan

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Buah buahan termasuk keanekaragaman hayati tingkat

Posted by: pskji.org