Umur berapa murai batu mabung ke 1

Umur berapa murai batu mabung ke 1


Home/Tips Burung/
Tips Dan Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama Paling Akurat

Tips Dan Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama Paling Akurat
– Cara Perawatan murai batu mabung pertama atau rontok bulu pada anakan trotol murai tentunya menjadi siklus di mana anakan trotol tersebut akan menginjak dewasa dan mengalami proses mabung alami dengan sendirinya. pada proses perawatan murai batu mabung pertama ini tentunya harus anda lakukan dengan cara tepat dan akurat agar prosesnya berlangsung sesuai dengan yang di harapkan. baik secara kualitas ataupun juga secara fisik.

Tips Dan Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama Paling Akurat

Pada saat terjadi sirklus mabung ini tentunya metabolisme tubuh burung akan mengalami penurunan oleh karena hal tersebut tentunya satu hal utam yang harus di perhatikan adalah pemberian dari menu pakan harian yang banyak mengandung sumber nutrisi yang cukup agar bisa mengimbangi sistem metabolisme tubuh burung yang mengalami peningkatan, proses mabung pertama anakan murai batu trotol normalnya tentu akan berlangsung pada usia 4 bulan hingga kurang lebih sekitar umur 6 hingga 7 bulan, di mulai dari bulu bagian tubuh, kepala, sayap hingga yang terakhir pada bagian ekor. maka dari itu bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai Tips Dan Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama Paling Akurat berikut ulasan informasi lengkapnya di bawah ini.

Perawatan Murai Batu Mabung Pertama Paling Akurat

Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama Paling Akurat :

  • Pada saat proses mabung berlangsung alangkah baiknya murai batu anda tempatkan pada sangkar khusus, hal ini bertujuan agar burung bisa lebih tenang dan fosuk pada proses mabungnya serta tempatkan burung di lokasi tempat yang tenang jauh dari suara burung sejenis.
  • Alangkah lebih baik burung anda kerodong untuk setiap harinya dan bisa anda berikan masteran burung kicau jenis lainnya dengan volume kecil sambil di tempatkan di lokasi tempat yang tenang.
  • Dalam hal melakukan proses memandikan burung bisa anda lakukan kurang lebih 2 hari sekali dan untuk untuk proses penjemuran bisa anda lakukan kurang lebih 15 menit saja.
  • Tingkatkan pemberian pakan berupa Ef ( Extra foding ) seperti jangkrik, kroto dan ulat hongkong setiap harinya, hal ini bertujuan agar dapat mengimbangi masa proses mabung burung tersebut agar cepat selesai.
  • Pemberian vitamin tentunya sangat penting dalam masa ini dan caranya anda berikan pada air minumnya, hal ini di lakukan kurang lebih 2 kali sehari.
  • Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan sangkarnya dari kotoran yang menempel, akan lebih baik anda lakukan setiap hari.
Baca Juga :   1 sebutkan 3 isi konsepsi presiden soekarno 1957

Baca Juga :
Cara Perawatan Murai Batu Agar Bongkar Isian Paling Lengkap

Semoga dengan ulasan informasi di atas anda bisa mengetahui untuk cara perawatan pada burung murai batu pada saat mabung pertama setiap harinya dan khususnya bagi anda yang belum mengetahuinya. cukup sekian ulasan informasi mengenai
Tips Dan Cara Perawatan Murai Batu Mabung Pertama Paling Akurat
dan terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanpaat.

BACA JUGA :
Tips Menjaga Kondisi Burung Kacer Agar Tetap Stabil

Murai Batu Trotol – Merawat burung murai batu yang masih trotolan menjadi kepuasan tersendiri dari kalangan pecinta murai batu, hal tersebut tentunya akan lebih puas lagi ketika murai batu tersebut tumbuh hingga dewasa dengan kualitas kicauan yang baik.

Dalam perawatan murai batu trotolan membutuhkan perawatan khusus, mulai dari perawatan sejak burung tersebut berumur 1 bulan hingga murai batu trotolan mabung pertamanya, saat burung berumur sekitar 4 bulan.

Jadi, meskipun umur murai batu 1 – 4 bulan masih sering di sebut murai trotolan, akan tetapi perawatannya perlu untuk di bedakan, agar mendapatkan kondisi terbaiknya.

Ketika murai batu berumur 1 bulan, maka yang penting dalam perawatannya tersebut, bagaimana burung bisa tumbuh dengan baik, karena ketika kesehatannya baik pertumbuhannya, maka nantinya ketika burung sudah dewasa akan memiliki mental dan karakter yang baik pula.

Hal yang penting dalam merawat murai batu yang masih berumur 1 bulan adalah dengan memperhatikan gizi dari pakan yang akan di berikan.

Pada saat murai batu berumur 1 bulan, sebenarnya burung sudah bisa mengkonsumsi makanan sendiri, tanpa bantuan pemilik atau indukannya, akan tetapi agar asupan pakannya lengkap akan gizi, maka sebagai pemilik harus memberikan pakan yang lengkap, seperti memberikan Voer, Ekstrafooding seperti jangkrik, kroto dan juga multivitamin.

Baca Juga :   Nyata terbalik diperbesar merupakan sifat bayangan pada cermin

Pakan dari voer sebaiknya di berikan, atau jika belum terbiasa mengkonsumsinya, bisa mencapurkannya terlebih dahulu dengan kroto.

Selain itu, jika pakan dari voer terlalu keras atau besar, maka voer tersebut di berikan air terlebih dahulu, hingga mudah dikonsumsi oleh burung tersebut. Akan tetapi, sebaiknya, pakan dari voer yang sudah di campur dengan air tersebut sebaiknya jangan sampai menyisa dan harus habis saat itu juga ( harus habis 30 menit setelah di campur air ), karena pakan yang sudah terkena air akan mudah berjamur dan busuk.

untuk pakan jangkrik cukup diberikan 3 ekor saja setiap harinya, dan itupun di buang terlebih dahulu bagian kaki dan kepalanya, dan hanya memberikan bagian dada dan perutnya.

Sediakan pakan kroto dari cepuknya setiap hari, namun pastikan jangan memberikan kroto yang sudah basi, karena bisa membuat murai batu trotolan mencret dan bahkan bisa menyebabkannya mati. Berikan juga ulat hongkong secukupnya, untuk memenuhi kebutuhan gizi murai batu trotolan.

Baca Juga : Cara Merawat Murai Batu trotol Ngedrop Mental

Berikan multivitamin 2 – 3 kali dalam seminggu yang di campur dengan air minumnya untuk melengkapi kebutuhan gizi yang tidak tercukupi dari asupan pakan voer dan serangga.

Perawatan Murai Batu Umur 2 – 4 Bulan

Ketika murai batu sudah berumur 2 – 4 bulan ini, burung bisa mulai di rawat dengan memandikannya, seperti memasukannya ke keramba, sambil menyemprotkan dengan sprey untuk merangsang burung mau mandi.

Setelah dimandikan, murai batu trotol di jemur cukup 15 menit untuk minggu pertama, dan untuk minggu ke 2 bisa di jemur selama 20 menit, dan seterusnya secara bertahap.

Pada umur 2 – 4 bulan, jangan terburu-buru untuk melakukan setingan pakan, karena bisa membuat burung menjadi stres.

Lihat Juga : Ciri-ciri Murai Trotol Jantan dan Betina

Untuk pemberian pakan seperti biasa di berikan seperti perawatan ketika burung masih berumur 1 – 2 bulan. Namun, untuk pakan dari voer diberikan dalam keadaan kering, tidak dibasahi terlebih dahulu.

Baca Juga :   Apa tujuan dari kerangka kerja safe harbor dan privacy shield

Untuk pakan ulat hongkong , ketika burung berumur 3 bulan sebaiknya di kurangi pemberiannya secara bertahap dan untuk jangkrik di tambah jumlahnya.

Perawatan Murai Batu Umur 4 Bulan

Ketika umur murai butu berumur 4 bulan, pada saat itu barulah mabung pertama terjadi pada murai batu dan berganti burung trotol ke bulu dewasa.

Pada masa mabung tersebut, tentunya burung harus di berikan Multivitamin lebih sering dari sebelumnya, seperti 3 – sampai 4 kali dalam seminggu untuk menjaga kebugaran burung pada saat mabung.

Setelah mabung selesai, dan bulu dewasa murai batu tumbuh dengan baik, ketika burung berumur 6 – 7 bulan.

Nah, pada usia tersebut, bisa dibilang merupakan Top Form bari murai batu yang di tandai dengan bulu dewasa tumbuh sempurna dan mengkilap, serta kicauannya semakin terdengar kencang.

Lihat Juga : Efek Samping dan Manfaat Ulat Hongkong untuk Murai Batu

Nah, setelah burung terlihat bagus kualitasnya, sekitar umur 8 bulan, burung bisa di ajak jalan-jalan ke latber untuk melatih dan menguji mentalnya.

Memaster Murai Batu Trotolan

Untuk memaster murai batu trotolan, bisa dilakukan ketika burung berumur 1 sampai 3 bulan , bisa menggunakan suara masteran dari Mp3.

Lihat Juga: Kumpulan Suara Masteran Burung Mp3

Umur berapa murai batu mabung ke 1

Posted by: pskji.org