Pelanggaran hak warga negara oleh negara bisa terjadi karena

Pelanggaran hak warga negara oleh negara bisa terjadi karena

1. Konsep Perlindungan dan Penegakan Hukum

Andaikata tidak ada aturan ,norma-norma yang berlaku dalam masyarakat,Apa yang akan terjadi? Yang terjadi adalah kekacauan di semua bidang .

Untuk mencegah terjadinya kekacauan dalam masyarakat ,maka haru diupayakan dilakukannya poses perlindungan dan penegakan hukum.

Menurut Simanjuntak Perlindungan Hukum adalah segala upaya pemerintah untuk menjamin adanya kepastian hukum serta memberi perlindungan kepada warganya agar hak-haknya sebagai seorang warga negara tidak dilanggar dan yang bagi melanggarnya akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundangundangan yang berlaku.

Dengan demikian suatu perlindungan dapat dikatakan sebagai perlindungan hukum apabla mengandung unsur-unsur :

a. adanya perlindungan dari pemerintah kepada warganya

b. adanya jaminan kepastian hukum

c. berkaitan dengan hak-hak warganegara

d.adanya sanksi hukum bagi yang melanggar

Pada hakekatnya setiap orang berhak mendapatkan perlindungan dari hukum

2. Pentingnya perlindungan dan penegakan hukum

Sebagai negara hukum Indonesia wajib melaksanakan proses perlindungan dan penegakan hukum untuk melindungi warganya dari berbagaimacam ketidakadilan ,ketidaknyamanan dan penyimpangan hukum lainnya.

Hal ini penting dilakukan karena dapat mewujudkan hal-hal tegaknya upremasi hukum,tegaknya keadilan dan mewujudkan perdamaian dalam kehidupan masyarakat.

Menurut Soerjono Soekanto keberhasilan proses perlindungan dan penegakan hukum tidaklah semata-mata menyangkut ditegakkannya hukum yang belaku tetapi juga pada faktor Hukumnya,Penegak Hukum,Masyarakat,Sarana/pasilitas dan kebudayaan.

B.Peran Lembaga Penegak Hukum Dalam menjamin Keadilan dan Kedamaian ( pertemuan -6)

1.Polisi Republik Indonesia ( POLRI ) berperan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,penegakan hukum,memberi perlindungan ,pengayoman  dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeiharanya keamanan dalam negeri.

2. Kejaksaan adalah lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan khususnya dibidang penuntutan.Penuntutan merupakan tindakan jaksa untuk melimpahkan perkara pidana ke pengadilan negeri

Baca Juga :   Jarak dua kota yang sebenarnya 180 km jarak pada peta jika skala 1 banding 3.000.000 adalah

3. Hakim adalah pejabat peradilan negara yang diberi wewenang oleh undang-undang untuk mengadili

4. Advokat adalah orang yang berfrofesi memberi jasa hukum baik didalam maupun diluar pengadilan.

5. Komisis pemberantasan korupsi ( KPK) bertugas untuk mengatasi ,menanggulangi dan memberantas korupsi.


Berikut yang merupakan makna dari sila ke tiga Pancasila…? a menghormati orang lain b mengutamakan kepentingan pribadi c bangga sebagai bagian dari …

Indonesia d saling mencintai sesama manusia ​


Michan berkewarganegaraan Tiongkok (ius sanguinis) menikah dengan Marthinus berkewarganegaraan Brazil (ius soli). Bertempat tinggal di Belanda (ius sa …

nguinis) namun bayinya lahir di Jerman (ius sanguinis). Tentukan kewarganegaraan bayi mereka! Jelaskan pula alasannya


Apabila seorang anak yang negara orang tuanya menganut asas ius sanguinis dan ius soli lahir di negara yang menganut asas ius sanguinis maka seorang a …

nak akan berkewarganegaraan apa jelskan!


Tuliskan contoh perilaku siswa yg mencerminkan semangat mencintai bangsa dan tanah air


Dalam hubungan industrial hubungan antara pekerja dan pengusaha tidak boleh hanya dipandang dari sudut hubungan antara pekerja dengan majikan yang ber …

sifat atas bawah dan cenderung eksploitatif. jelaskan yang dimaksud dengan hal tersebut!


Faktor penghambat persatuan dan kesatuan Indonesia ditunjukkan oleh nomor… A. 1, 2 dan 3 1, 3, dan 5 B. C. 2, 3, dan 41 D. 2, 4, dan 5 E. 3, 4, dan …

5​


Dalam hubungan industrial hubungan antara pekerja dan pengusaha tidak boleh hanya dipandang dari sudut hubungan antara pekerja dengan majikan yang ber …

sifat atas bawah dan cenderung eksploitatif. pengusaha tidak hanya menganggap manusia sebagai faktor produksi semata dan pekerja juga harus memandang perusahaan secara positif. jelaskan yang dimaksud dengan hal tersebut!

Baca Juga :   Apa yang menjadi sebab lahirnya bentuk usaha koperasi ?


Bagaimana saudara melihat fenomena kemunduran atau kemajuan demokrasi di Indonesia dari perspektif ilmu politik?


UPAYA KOMNAS HAM TERKAIT PENYELESAIAN KONFLIK AGRARIA


2. jelaskan latar belakang penerapan otonomi daerah di indonesia

Ilustrasi. Penyebab Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara dan Cara Menghindarinya. /PIXABAY/English


RINGTIMES BALI –
Hallo adik adik semua, kita akan bahas tentang latihan soal PPKN kelas 11 SMA/SMK, Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara.

Khususnya kali ini merupakan pembahasan Soal PPKN Kelas 11 Semester 2 halaman 17.

Sebagaimana dilansir dari Buku Paket PPKN Elektronik kelas 11 SMA Semester 2 Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 pada Jumat, 10 Desember 2021.

Baca Juga: PPKN Kelas 11 Semester 2 Halaman 17, Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam UUD RI 1945

Mengapa terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara?

Jawaban:

>

Terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

Hal ini bisa terjadi karena adanya 2 faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal :

  • Masyarakat yang masih kurang sadar akan hak dan kewajiban warga negara.
  • Masih memiliki sikap yang egois.
  • Rendahnya kesadaran akan Hak Asasi Manusia.
  • Sikap yang tidak toleran.


Baca Juga: Perbedaan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dengan Warga Negara, Soal PPKn kelas 11 SMA SMK

Lihat Foto

Ilustrasi faktor pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban

KOMPAS.com
– Pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban menyebabkan ketidakadilan serta ketimpangan di berbagai bidang. Akibatnya kehidupan sosial masyarakat menjadi kurang harmonis dan tidak rukun.

Dalam kehidupan bermasyarakat, tiap manusia sudah mempunyai porsi hak dan kewajibannya masing-masing. Apabila terjadi pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban, hal ini bisa disebut perbuatan atau perilaku menyimpang.

Baca Juga :   Top 13 masker wajah organik bpom peel off terbaik 2022

Pelanggaran hak bisa diartikan sebagai tindakan yang melanggar kebebasan hak orang lain. Sedangkan pengingkaran kewajiban adalah tindakan menghindari atau tidak mau melaksanakan kewajiban secara bertanggung jawab.

Faktor penyebab

Berikut ini beberapa faktor penyebab pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban masyarakat, yang dikutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2019) karya Tasum dan Rani Apriani:

Sikap egois bisa memicu pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban masyarakat. Sikap egois berarti hanya mengedepankan apa yang diinginkan dan melakukan segala cara untuk mendapatkannya, tanpa memikirkan hak orang lain.

Baca juga: Bentuk Penanganan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban

Faktor penyebab lainnya ialah sikap tidak toleransi. Sikap ini tidak menghargai dan menghormati hak serta kewajiban orang lain. Akibatnya munculah pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban dalam masyarakat.

  • Adanya penyalahgunaan kekuasaan

Kekuasaan yang disalahgunakan mengakibatkan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban. Orang yang berkuasa bisa dengan bebas merebut atau melanggar hak orang lain. Mereka juga dapat melakukan pengingkaran kewajiban, tanpa merasa bersalah sekalipun.

  • Rendahnya tingkat kesadaran untuk hidup berbangsa dan bernegara

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), faktor ini menyebabkan timbulnya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban. Karena orang tersebut tidak mau menghormati hak orang lain, serta tidak melakukan kewajibannya dengan bertanggung jawab.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Pelanggaran hak warga negara oleh negara bisa terjadi karena

Posted by: pskji.org