Sebutkan keragaman yang terjadi pada aktivitas ekonomi pada bidang kehutanan

Sebutkan keragaman yang terjadi pada aktivitas ekonomi pada bidang kehutanan

Siswa belajar dari rumah didampingi orangtua, Selasa (31/3/2020). Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 4 Halaman 109 110 111 112 Subtema 3, Keragaman Ekonomi di Indonesia.

TRIBUNNEWS.COM –
Berikut ini jawaban soal terkait bacaan Keragaman Ekonomi di Indonesia dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas IV SD/MI Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 3.

Siswa Kelas 4 perlu membaca teks Keragaman Ekonomi di Indonesia dan menjawab pertanyaan yang terdapat di halaman 109 110, 111, dan 112.

Buku Tematik Kelas 4 Tema 7 ini berjudul Indahnya Keragaman di Negeriku

Sementara Subtema 3 mempelajari tema berkaitan Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku.

Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 109, 110, 111, 112, 113, 114, 115, dan 116 untuk Pembelajaran 3.

Pembahasan Buku Tematik Tema 7 Kelas 4 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar.

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 6 Kelas 3 SD Halaman 161 162 163 164 Buku Tematik Pembelajaran 2 Subtema 4

Baca juga: Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD Halaman 113 115 117 Buku Tematik Subtema 3 Pembelajaran 2

Berikut kunci jawaban Buku Tematik Tema 7 Kelas 4 Subtema 3 pembelajaran 3 Halaman 109, 110, 111, 112, 113, 114, 115, dan 116:

Kunci jawaban halaman 109-112

Bacalah teks berikut!

Keragaman Ekonomi di Indonesia

tirto.id – Keberagaman ekonomi berhubungan dengan kegiatan ekonomi yang berlangsung di dalamnya. Kegiatan ekonomi merupakan semua yang berkaitan dengan upaya dan daya manusia untuk memenuhi hajat hidupnya. Aktivitas ini dilakukan demi memperoleh kesejahteraan yang diharapkan.

Menurut
buku
PPKn: Harmoni Keberagaman dan Bela Negara (Kemdikbud 2020), setiap manusia akan memenuhi kebutuhan hidup dengan caranya sendiri. Jalan aktivitas yang ditempuh untuk memenuhi kebutuhan hidup tidak sama dilihat dari profesi, kedudukan, sampai jabatan yang dimiliki. Sementara itu sisi pendidikan, penghasilan, pekerjaan, jabatan dan posisi seseorang, turut mempengaruhi taraf hidup dan tingkat kemakmuran masyarakat.

Baca Juga :   Perbedaan foxit reader dan adobe reader

Jenis-jenis usaha bernilai ekonomi


Dalam
modul
Beda Tapi Sama: Harmoni dalam Keberagaman (Kemdikbud 2017), kondisi yang terdapat pada wilayah tempat tinggal penduduk akan memengaruhi keberagaman ekonomi. Jenis-jenis usaha yang memunculkan kegiatan ekonomi, menyesuaikan keadaan yang ada di sana. Setiap penduduk akan menjalankan pekerjaannya sesuai usaha ekonomi yang berjalan.

Jenis-jenis usaha pada bidang ekonomi di antaranya sebagai berikut:

1. Pertanian

Di Indonesia yang kaya dengan lahan subur, banyak masyarakat menggantungkan pekerjaan dengan bertani. Beberapa cara bertani pun dilakukan seperti intensifikasi, ekstensifikasi, diversifikasi, dan rehabilitasi.

2. Perkebunan

Perkebunan di Indonesia terbagi atas perkebunan rakyat dan perkebunan besar (dikelola pemerintah). Hasil perkebunan negara ini sangat beragam seperti karet, kelapa sawit, kopi, dan sebagainya.

3. Peternakan

Usaha peternakan terbagi atas peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil, dan peternakan unggas.

4. Perikanan

Usaha perikanan terbagi atas perikanan darat dan perikanan laut. Perikanan darat akan dikelola di perairan darat. Sementara perikanan laut dilakukan melalui tambak-tambak yang dibuat di air laut.

5. Kehutanan

Hutan sebagai penjaga keseimbangan alam. Selain itu, hutan memiliki berbagai sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi seperti kayu, rotan, damar, dan sebagainya.

6. Pertambangan

Barang tambang yang bernilai ekonomis dapat dibedakan menjadi barang tambang mineral logam, bukan logam, dan sumber energi. Barang tambang dikelola untuk kesejahteraan rakyat.

7. Perindustrian

Kegiatan mengolah barang mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi ini, menjadi salah satu pintu kegiatan ekonomi. Berbagai jenis industri telah menyokong kesejahteraan para pekerja dan hasil produksi diperjualbelikan untuk menggerakkan perekonomian dan memenuhi permintaan pasar.

8. Perdagangan

Perdagangan merupakan kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Di tingkat internasional terjadi aktivitas ekspor dan impor. Di tingkat mikro, perdagangan menjadi andalan bagi UMKM untuk memenuhi kebutuhan harian.

Baca juga:

  • Pertumbuhan Ekonomi 7,07% Ditopang Rumah Tangga, Investasi & Ekspor
  • Dampak Perubahan Sosial Budaya terhadap Pendidikan dan Ekonomi
  • Apa Saja Faktor yang Menyebabkan Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi?

Baca juga tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar

(tirto.id – ica/ale)


Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto
Kontributor: Ilham Choirul Anwar

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

KOMPAS.com
– Indonesia adalah negara berkembang yang secara geografis terletap pada garis khatulistiwa. Letak geografis Indonesia menjadikannya negara beriklim tropis yang mendukung banyak aktivitas ekonomi masyarakatnya.

Aktivitas ekonomi adalah aktivitas masyarakat dalam produksi, distribusi, dan juga konsumsi suatu barang dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Iklim dan juga kondisi geografis yang strategis, membuat Indonesia memiliki banyak aktivitas ekonomi seperti pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan, pertambangan, industri, dan perdagangan.

  • Aktivitas Ekonomi Kehutanan

Indonesia merupakan negara dengan hutan yang luas dan dipenuhi oleh berbagai jenis tumbuhan. Dilansir dari Food and Agriculture Organization of United Nations, Indonesia memiliki 144 juta hektar hutan atau 10 persen dari hutan tropis dunia dan 60 persen dari hutan tropis Asia.

Luasnya daerah hutan Indonesia ditambah dengan iklim yang mendukung membuat aktivitas kehutanan menjadi salah satu penunjang ekonomi kehutanan. Contohnya adalah produksi kayu jati, pinus, mahoni, agatis atau damar, dan juga rotan.

Baca juga: Aktivitas Ekonomi Masyarakat Tionghoa di Surakarta Awal Abad 20

  • Aktivitas Ekonomi Pertanian dan Perkebunan

Kondisi geografis Indonesia membuatnya memiliki iklim tropis yang sangat cocok bagi pertumbuhan tanaman. Iklim tropis membuat Indonesia disinari Matahari yang cukup, curah hujan yang bagus, dan juga musim tanam yang panjang sehingga bagus bagi sektor pertanian.

Terdapat banyak hasil pertanian dan perkebunan seperti beras, umbi-umbian, sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga kacang-kacangan. Namun hasil pertanian yang diekspor dalam jumlah besar adalah karet, kelapa sawit, kakao, dan kopi.

  • Aktivitas Ekonomi Peternakan

Peternakan adalah salah satu aktivitas ekonomi yang besar di Indonesia. Contoh aktivitas ekonomi perternakan adalah produksi daging sapi, daging ayam, daging kambing, telur, susu sapi, susu kambing, susu domba, serta kulit dan bulu hewan.

  • Aktivitas Ekonomi Perikanan

Dilansir dari Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Indonesia negara maritim dengan 17.499 pulau dan peraian seluas 5,8 juta kilometer persegi. Hal ini membuat Indonesia memiliki sector perikanan yang sangat besar. Contoh aktivitas ekonomi adalah produksi kepiting, udang, tuna, cakalang, rumput laut, nila, mujair, kerapu, dan ikan-ikan lainnya.

Baca juga: 10 Komoditas Unggulan Indonesia

  • Aktivitas Ekonomi Pertambangan

Tanah Indonesia kaya akan berbagai macam sumber daya alam terutama hasil tambang yang menjadi salah satu penyokong ekonomi masyarakat. Contoh aktivitas pertambangan di Indonesia adalah pertambangan emas, timah hitam, perak, gas alam, minyak bumi, batu bara, belerang, bijih besi, perunggu, nikel, tembaga, dan alumunium.

  • Aktivitas Ekonomi Perdagangan

Indonesia memiliki banyak sekali industri yang menyokonh sektor perdagangan. Beberapa barang bahkan menjadi komoditas unggulan Indonesia seperti alas kaki, bahan tekstil, elektronika, otomotif, dan juga furnitur.

  • Aktivitas Ekonomi Pariwisata

Indonesia memiliki bentang alam tropis yang sangat indah sehingga banyak dikunjungi turis mancanegara untuk berpariwisata. Dimulai dari gunung berapi, kawah, air terjun, belasan ribu pulau yang indah, pantai yang bermacam-macam, warisan budaya, hewan-hewan eksotis, buah-buahan eksotis, lautan luas, hingga terumbu karang yang indah membuat pariwisata Indonesia sangatlah digemari oleh turis mancanegara.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Sebutkan keragaman yang terjadi pada aktivitas ekonomi pada bidang kehutanan

Posted by: pskji.org