Bangun dibawah ini yang memiliki sisi berbentuk lingkaran adalah a kerucut b. Prisma c. limas D bola

Bangun dibawah ini yang memiliki sisi berbentuk lingkaran adalah a kerucut b. Prisma c. limas D bola

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

Apakah teman-teman menyadari bahwa benda-benda yang berada di sekeliling kita sebagian ada yang berbentuk bangun ruang. Kali ini kita akan belajar mengenai bangun ruang tiga dimensi, mempelajari jenis bangun ruang dan rumus untuk menghitung volume bangun ruang tersebut.

Pengertian Bangun Ruang

Bangun ruang adalah salah satu bagian dari bidang geometris. Bangun ruang adalah suatu bangunan tiga dimensi yang memiliki ruang atau volume dan juga sisi yang membatasinya. Bangun ruang dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu bangun ruang sisi lengkung dan bangun ruang sisi datar. Bangun ruang sisi lengkung contohnya seperti kerucut, bola dan tabung, sedangkan bangun ruang sisi datar contohnya kubus, balok, limas dan prisma.

Macam-Macam Bentuk Bangun Ruang

Dibawah ini adalah macam-macam bentuk bangun ruang sesuai yang telah dijelaskan sedikit diatas.

1. Bangun Ruang Sisi Lengkung

Ice cream berbentuk kerucut

Apakah kalian tahu ice cream cone yang biasa kita beli di Mall adalah salah satu bentuk bangun ruang? Ya, gagang ice cream cone memiliki bentuk bangun ruang kerucut.

Kerucut merupakan sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki alas berbentuk lingkaran dan sisi melengkung sebagai selimut yang memiliki irisan dari lingkaran. Kerucut dengan tabung memiliki kesamaan, yakni sama-sama memiliki alas yang berbentuk lingkaran. Namun memiliki perbedaan dari sisi selimut. Selimut kerucut berbentuk sisi tegak kerucut.

Ciri-ciri bangun ruang kerucut:

– Memiliki 2 (dua) bidang sisi – Memiliki satu buah rusuk yang berbentuk melengkung – Kerucut memiliki satu buah titik sudut sebagai titik puncak

Baca Juga :   Perbedaan bri agro dan bri simpedes

– Kerucut tidak memiliki bidang diagonal

Rumus Menghitung Bangun Ruang Kerucut:
Menghitung volume kerucut (V): 1/3 x π × r² × t

Menghitung luas permukaan kerucut (L) = (π × r²) + (π × r × s)

Bangun Ruang Bola

Bangun ruang berbentuk bola adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki batasan sisi berbentuk lengkungan. Bola tidak memiliki rusuk dan titik sudut karena bentuknya bundar. Tetapi bola memiliki bidang sisi lengkung sebagai pembatas volume atau ruang. Contoh benda yang biasa kita temui adalah bola yang kita gunakan untuk olahraga sepakbola.

Ciri-ciri bangun ruang bola:
– Hanya memiliki satu buah bidang sisi yang membentuk lengkungan – Bola memiliki satu titik inti atau pusat – Bola tidak memiliki rusuk, titik sudut dan bidang diagonal

– Jarak antara dinding ke titik inti atau pusat bola disebut jari-jari

Rumus menghitung bangun ruang bola:
Menghitung volume bola (V) = 4/3 × π × r³

Menghitung Luas Permukaan Bola (L) = 4 × π × r²

Bangun Ruang Tabung

Bangun ruang berbentuk tabung adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki tutup dan alas berbentuk lingkaran dengan ukuran yang sama dan bidang sisi tegak menyelimuti “badannya” dengan persegi panjang. Contoh benda yang berbentuk tabung seperti susu kaleng, alat musik drum, dll.

Ciri-ciri bangun ruang tabung:
o Mempunyai 3 sisi yakni alas & tutup berbentuk lingkaran dan selimut berbentuk persegi panjang

o Tidak mempunyai titik sudut

Rumus menghitung bangun ruang bola:
Menghitung volume tabung (V) = π × r² × t

Menghitung Rumus Luas Permukaan Tabung (L) = (2 × luas alas) + (keliling alas × tinggi)

2. Bangun Ruang Sisi Datar

Bangun Ruang Kubus

Bangun ruang kubus merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh 6 (enam) sisi yang serupa, 12 (dua belas) rusuk sama panjang dan 8 (delapan) titik sudut. Kubus memiliki wujud bujur sangkar dan memiliki kata lain yaitu bidang enam yang beraturan. Contoh kubus seperti kotak kardus yang sama ukuran, dadu, dll.

Baca Juga :   Perubahan energi potensial menjadi energi listrik pada pembangkit listrik terjadi di

Ciri-ciri bangun ruang kubus:
– Mempunyai 6 (enam) buah sisi permukaan – Mempunyai 12 (dua belas) rusuk – Mempunyai 8 (delapan) buah titik sudut – Rusuk kubus sama panjang – Sisi kubus berbentuk persegi – Panjang diagonal ruang mempunyai ukuran yang sama

– Bidang diagonal masing-masing kubus berbentuk persegi panjang

Rumus menghitung bangun ruang kubus:
Menghitung Volume Kubus (V) = s × s × s

Menghitung Luas permukaan Kubus (L) = 6 × (s × s)

Bangun Ruang Balok

Bangun ruang balok adalah suatu bangunan ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh 2 (dua) buah persegi dan 4 (empat) buah persegi panjang yang saling tegak lurus. Berbeda dengan kubus yang bentuk sisinya kongruen berbentuk persegi empat, balok memiliki sisi yang berhadapan sama besar ukurannya. Contoh balok di dalam kehidupan kita adalah kotak pensil, lemari pakaian, lemari pendingin, dll.

Ciri-ciri bangun ruang balok:
– Sisi balok memiliki dua pasang berbentuk persegi panjang – Rusuk-rusuknya sejajar mempunyai panjang yang sama seperti : AE = BF= CG = DH dan AB = CD = EF GH – Masing-masing diagonal pada bidang sisi yang berhadapan berukuran sama panjang seperti : ABCD = EFGH, ABFE = DCGH, BCFG = ADHE yang memiliki ukuran sama panjangnya.

– Masing-masing diagonal berbentuk persegi panjang

Rumus menghitung bangun ruang balok:
Rumus menghitung Volume Balok (V) = p × l × t

Rumus Luas permukaan Balok (L) = 2 × ( pl + lt + pt)

Bangun Ruang Limas

Bangun ruang limas adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi dengan alas berbentuk persegi banyak dan mempunyai sebuah titik puncak. Limas mempunyai banyak jenis seperti limas segi tiga, limas segi empat, limas segi lima, dan lain-lain. Limas dengan alas berbentuk persegi disebut piramida, sedangkan limas dengan alas berbentuk lingkaran disebut kerucut. Contoh benda limas adalah piramida di Mesir dengan alas persegi.

Baca Juga :   Lemparan yang biasanya digunakan dalam jarak pendek yang memerlukan waktu yang cepat adalah

Ciri-ciri bangun ruang limas:
– Mempunyai 2n rusuk – Mempunyai banyak sisi tergantung alasnya yaitu: satu sisi berbentuk persegi (bisa segi empat, segi lima, dll) berupa alas, empat sisi lainnya berbentuk segi tiga berdiri tegak dan membentuk sudut – Mempunyai (n+1) bidang sisi

– Mempunyai (n+1) titik sudut

Rumus menghitung limas:
Rumus menghitung volume Limas (V) = 1/3 × p × l × t

Rumus menghitung luas permukaan Limas (L) = luas alas + luas selubung limas

Bangun Ruang Prisma

Bangun ruang prisma adalah sebuah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh sisi alas dan sisi tutup berbentuk persegi (bermacam-macam) yang memiliki ukuran yang sama (kongruen). Contoh barang sehari-hari yang kita temui berbentuk prisma adalah atap rumah, tenda camping, dan lainnya.

Ciri-ciri bangun ruang prisma:
– Mempunyai (n+2) bidang sisi – Mempunyai 2n titik sudut

– Mempunyai bidang alas dan atap yang bersifat kongruen (sama)

Rumus menghitung prisma:
Rumus menghitung volume prisma (V) = luas alas × tinggi

Rumus menghitung luas permukaan prisma (L) = (2 × Luas alas) + (Keliling alas × tinggi)

Demikian pembahasan mengenai bangun ruang tiga dimensi. Ingin belajar lebih dalam mengenai matematika tingkat dasar dengan kurikulum berbasis STEAM, mari bergabung di Sekolah Sampoerna. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi disini.

Sumber:
Pulpen.com | Macam-macam bangun ruang
yuksinau.id | bangun ruang

Bangun dibawah ini yang memiliki sisi berbentuk lingkaran adalah a kerucut b. Prisma c. limas D bola

Posted by: pskji.org