Kenapa nama kontak di wa tidak bisa diubah

Kenapa nama kontak di wa tidak bisa diubah

3 Tips Mengatasi Masalah Nama Kontak yang Tidak Muncul di WhatsApp (Sumber: powertochange)

Semakin kamu tumbuh dewasa, tentu semakin luas pula circle pertemanan yang kamu bangun. Hal ini tentu saja dapat membawa ke arah yang positif karena kamu semakin banyak mengetahui karakter masing-masing orang yang berbeda. Agar koneksi itu senantiasa terjalin walaupun tidak lagi bertatap muka, alangkah baiknya kamu juga menyimpan kontak mereka di dalam ponsel, sehingga kamu tidak perlu lagi bingung saat akan menghubungi kembali. Namun, dalam beberapa kasus terkadang kontak yang disimpan dalam ponsel tidak muncul di WhatsApp, kok bisa?

Jangan khawatir dulu, karena sepertinya kamu harus memastikan beberapa hal berikut ini.

Coba periksa daftar blokir terlebih dulu, siapa tau ada yang tidak sengaja kamu blokir, lho! (Sumber: Android Authority)

Salah satu penyebab aplikasi WhatsApp milikmu tidak dapat menampilkan nama kontak di aplikasinya adalah karena kontak tersebut masuk ke dalam daftar kontak yang terblokir. Oleh karena itu, kamu dapat mengeceknya terlebih dulu di daftar blokiran serta membuka blokirnya. Jika masih juga bingung, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga : 3 Cara Membuat Dua Akun WhatsApp di Android Kamu

Pertama-tama, tentu kamu harus masuk ke dalam aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih tombol menu yang terletak di pojok kanan atas > Settings > Privacy. Dalam opsi Privacy, kamu dapat mengecek daftar kontak yang terblokir melalui Blocked Contact pada bagian Messaging. Jika menunjukkan none, berarti tidak ada kontak yang terblokir, namun jika menunjukkan angka berarti ada kontak yang terblokir dalam ponsel kamu.

Kamu perlu membuka menu Blocked Contact terlebih dahulu, kemudian kamu dapat memilih unblock daftar kontak dengan memilih kontak yang diinginkan. Lakukan hal tersebut, hingga muncul pop up bertuliskan Unblock diikuti nama kontak dan pilih opsi tersebut. Dengan melakukan cara tersebut, bisa jadi nama yang tersimpan dalam kontak yang tadinya tidak muncul dalam kontak WhatsApp, kini bisa muncul.

Baca Juga : Bikin Percakapan WhatsApp Makin Seru dengan Group Video Call

Baca Juga :   Alat musik yang perlu digoyang untuk menghasilkan bunyi yaitu

Kalau belum bisa juga, tidak ada salahnya pastikan kembali nama tersebut sudah disimpan di ponsel atau belum (Sumber: Tiny Buddha)

Akibat banyaknya pekerjaan yang harus kamu lakukan dalam sekejap, terkadang ‘lupa’ menjadi faktor yang menghambat aktivitasmu. Seperti misalnya nama kontak yang tersimpan di ponsel. Terkadang karena lupa menyimpan, hal tersebut menjadikannya tidak muncul di WhatsApp. Namun kamu juga perlu teliti karena jika kontak tidak terhubung dengan WhatsApp, hal tersebut juga menjadikan nama-nama yang berada dalam kontak tidak muncul.

Nah untuk mengatasinya, kamu juga perlu mengatur preferensi dari izin akses aplikasi WhatsApp. Untuk mengecek izin akses kontak untuk WhatsApp, setiap sistem operasi memiliki cara yang berbeda digunakan. Namun, secara umum kamu dapat mengaksesnya melalui Settings > Apps. Dari situ kamu dapat melihat daftar aplikasi yang terinstal dalam perangkat. Kemudian cari aplikasi WhatsApp dari daftar yang ditampilkan pada menu tersebut, lalu masuk ke dalam pengaturan aplikasi. Pilih opsi Permission dan aktifkan izin pada Contacts. Setelah melakukan langkah-langkah pada poin ini coba buka kembali aplikasi WhatsApp kamu dan cek kembali apakah nama-nama tersebut sudah muncul.

Baca Juga : 7 Trik Membuat WhatsApp Jadi Alat Mata-mata

Nah, kalau belum berhasil cobalah cara terakhir dengan Clear Cache atau Clear Data (Sumber: How to Comp)

Apabila cara-cara sebelumnya masih belum membuahkan hasil, maka tidak ada salahnya kamu mulai mencoba cara terakhir ini. Hapus data atau install ulang aplikasi WhatsApp. Cara ini bekerja dengan cara reset pengaturan dan menghapus semua cache atau database. Namun ingat, sebelum cara ini dilakukan ada baiknya kamu melakukan backup data terlebih dulu jika dirasa ada data-data dalam WhatsApp yang dirasa penting.

Untuk melakukan penghapusan data, buka ‘Pengaturan’ > ‘Setelan Tambahan’ > ‘Manajemen Aplikasi’ dan cari aplikasi WhatsApp. Ketuk pada pilihan ‘Hapus Data’. Selain itu, kamu juga bisa mencoba install ulang aplikasi WhatsApp dengan masuk ke Playstore bagi sistem Android dan App Store bagi pengguna IOS. Klik uninstall pada aplikasi WhatsApp, kemudian klik lagi tombol install untuk memasang kembali dalam ponsel kamu.

Baca Juga :   Mengapa merkantilisme yang diterapkan di suatu negara berbeda dengan negara lainnya

Bagaimana, mudah bukan? Kamu tidak perlu panik lagi sekarang karena sudah tahu caranya, ya!

Bagaimana
cara mengganti nama kontak di WhatsApp? Bila kamu belum tau caranya, yuk simak artikel ini sampai usai untuk mengetahuinya.

WhatsApp adalah aplikasi chatting yang sangat populer dan dengan jumlah pengguna yang cukup banyak.

Sama hanya dengan aplikasi chatting lainnya, di WhatsApp selain kamu dapat melakukan chatting antar sesama pengguna, kamu juga dapat melakukan panggilan suara, video call, berdiskusi di grup, membuat story, dan aktivitas menarik lainnya.

Bila ingin berteman antar pengguna WhatsApp, kamu dapat menyimpan nomor WhatsApp teman kamu tersebut ke kontak hp, meskipun tanpa perlu menyimpan nomor nya kamu juga dapat berkomunikasi.

Namun bila kamu dan teman kamu sama-sama menyimpan nomor, maka kalian dapat melihat story yang kalian unggah masing-masing.

Nah pernahkah kamu kesulitan saat mau mengganti nama kontak di WhatsApp?

Bila ingin mengganti nama kontak di wa biasanya kamu harus membuka menu kontak terlebih dahulu yang ada di hp kamu, lalu mencari kontak wa tersebut dan mengeditnya.

Hal ini pasti merepotkan kamu karena bisa saja kamu salah mengganti nama kontak orang di WhatsApp bila ada banyak kesamaan nama kontak nya.

Namun sekarang ada cara yang mudah dan cepat untuk ganti nama kontak WhatsApp tanpa harus lagi membuka menu kontak yang ada di hp kamu.

Langsung saja, tanpa perlu menunggu waktu lama lagi, berikut cara mengganti nama kontak WhatsApp versi terbaru dengan mudah:

1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk cara mengganti nama kontak di WhatsApp adalah langsung membuka chatting kamu dengan teman kamu yang ingin kamu ganti nama kontak nya. Bila sudah klik pada nama teman kamu sebelah kiri atas seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

2. Selanjutnya klik pada titik tiga sudut kanan atas tersebut.

2. Lalu klik “Edit“.

3. Langsung saja klik pada nama kontak sebelumnya tersebut dan silahkan ganti nama kontaknya.

4. Bila sudah klik “Simpan” untuk langsung menyimpan nama yang telah kamu edit tersebut.

Baca Juga :   Jelaskan aspek properti pendukung dan iringan musik yang dapat dinilai dalam bermain peran

Selamat kamu telah berhasil mengubah nama kontak WhatsApp tersebut. Sekarang namanya telah berubah sesuai dengan nama yang kamu edit tadi.

Itulah cara mengganti atau cara mengubah nama kontak di WhatsApp. Bagaimana ternyata sangat mudah sekali bukan caranya?

Cara mengganti nama kontak WhatsApp diatas menggunakan hp merek Samsung. Untuk hp Android merek lainnya seperti Xiaomi, Vivo, Realme, Oppo atau pun iPhone caranya sama saja dengan diatas, mungkin akan sedikit berbeda pada menu kontak hp nya seperti cara nomor 3 diatas.

Untuk mengganti nama kontak di WhatsApp dengan emoticon, caranya cukup gampang, kamu hanya perlu memasukkan emoticon nya saja sama seperti mengedit atau mengganti nama kontak wa seperti cara diatas. Uniknya disini kamu bisa cuma hanya memasukkan emoticon nya saja tanpa perlu teks nya.

Untuk mengganti nama pengguna wa atau nama akun wa, caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Instagram, lalu klik pada menu pengaturan, klik pada profil, lalu klik pada “Nama” dan silahkan ganti nama penggunanya sesuka kamu.

WhatsApp adalah aplikasi chatting milik raksasa internet Facebook. Ada banyak sekali fitur dan menu pengaturan pada aplikasi WhatsApp yang belum diketahui fungsinya untuk apa oleh pengguna baru. Semoga cara diatas dapat membantu kamu yang selalu repot-repot bila ingin mengganti nama kontak di WhatsApp karena harus melalui menu kontak yang ada di hp.

Lihat juga:

Cara menyembunyikan status WhatsApp dari seseorang

Cara membisukan status WhatsApp orang lain

Demikian artikel yang membahas cara mengganti nama kontak di WhatsApp versi terbaru. Bagaimana apakah kamu sudah dapat mengganti nama kontak di WhatsApp seperti cara diatas?

Bila ada kendala atau hal lainnya yang ingin ditanyakan langsung saja tulis pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat.

Artikel lainnya:

Cara menghilangkan status online di WhatsApp

Cara mematikan centang biru di WhatsApp

Cara memblokir nomor WhatsApp secara permanen

Cara menggunakan WhatsApp web di laptop

Kenapa nama kontak di wa tidak bisa diubah

Posted by: pskji.org