Apa keuntungan dan kerugian bisnis startup

Apa keuntungan dan kerugian bisnis startup

5 June 2022 0x Konsultasi

GANTIKERUGIAN.COM menyediakan layanan konsultasi hukum online, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela, dan melakukan tindakan hukum lain guna kepentingan hukum klien di dalam maupun di luar pengadilan. Fokus praktek kami Penanganan Kasus Hukum Pidana, Perdata, dan Tata Usaha Negara. Sejak… selengkapnya

Di tengah perkembangan teknologi dan kemudahan regulasi yang pesat, kinisudah banyak rintisan macam jenis perusahaan baru.

Salah satu dari sekian banyak perusahaan yang muncul itu adalah dunia startup.

Dilansir dari Spatiality, bahwa bekerja untuk sebuah startup memiliki keuntungan. Untuk pandangan yang seimbang,menjalankan startup adalah sebuah kerja keras jika inginmenjadi sukses.

Sedangkan contoh startup yang telah sukses sepertiGo-Jek, Tokopedia, BukaLapak dan masih banyak lagi.

Nah, secara umum berikutPopmama.comakan membahas 5 keuntungan mengikuti rintisan bisnisstartup di beberapaperusahaan :

1. Ilmu startup sangat menyenangkan dan bisa ditemukan dengan mudah

Freepik/teksomolika

Keuntungan pertama yang kamu daoat dari mengikuti bisnis startup yakni menjadi jauh lebih menyenangkan.

Di dalam sebuah aktivitas startup dan memiliki kolegabisa menjadi teman terbaik.

Bahkan seiring semakin menjamurnya perusahaan rintisan yang sukses di seluruh dunia, banyak juga para pengusaha membagikan pengalaman dan ilmunya dalam membangun sebuah usaha ini.

Hal tersebut bisa kamu dapatkan secara gratisdari berbagai macam sumber seperti media sosial, mulai dariYoutube hingga portal berita.

2. Memberikan kemudahan tanpa mengenal waktu dan tempat

Freepik/jcomp

Di Indonesia sendiri, sudah banyak jenis startup yang berkembang. Jenis dari startup ini pun bermacam-macam.

Sedangkan jenis startup sekarang ini memang menyasar aspek-aspek yang tidak jauh dari kehidupan manusia dan memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Nah, salah satu keuntungan mengikuti bisnis starupyakni perusahaan rintisan tidak memerlukan lokasi yang tepat dan strategis saat memulainya seperti usaha konvensional.

Sebab modal utama dari jenis bisnisadalah hanya mengandalkaninternet yang tidak mengenal ruang dan waktu.

Baca Juga :   Mengidentifikasi produk pangan setengah jadi dari bahan pangan serealia, umbi, dan kacang kacangan

Dengan begitu, kamu tidakperlu lagi memikirkan biaya kantor yang mahal membuat tempat bekerja bersama kolega.

  1. 5 Bahasa Tubuh Ini Menandakan Pernikahan yang Sehat dan Bahagia
  2. Apakah Kulit Bisa Cerah dalam Waktu yang Cepat? Cek Informasinya!
  3. Untuk Menstabilkan Tubuh, Inilah 5 Gerakan yang Membentuk Otot Perut

3. Punya pasar yang lebih luas dan efisien

Freepik/senivpetro

Di tengah perkembangan teknologi yang pesat belakangan ini, tentu memiliki keuntungan tersendiri mengikutibisnis startup.

Memanfaatkan teknologi internet membuat bisnis kamu tak lagi terbatas lagi oleh jarak, sehingga orang di manapundi seluruh dunia dapat melihatnya.

Selain itu, pangsa pasar lebih terbatas lantaran letak geografisnya yangmencangkup seluruh wilayah melalui media sosial dan lebih efisien.

4. Fleksibilitas dan hanya memerlukan modal yang relatif rendah

Freepik/diana.grytsku

Pada umumnya, penyedia layanan bisnis startup beroperasi lebih fleksibilitas secara waktu, tempat dan cara yang sesuai kamu.

Singkatnya, program pada bisnis startup tidak membahayakan keuangan dan tanpa modal yang begitu besar.

Ini karena bisnis startup tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak pada beberapa keperluan seperti sewa tempat, belanja barang fisik dan sumber daya manusia.

Jadi mengikuti bisnis startup dapat menghilangkan keraguan dankendala seseorang yang sulit membuat membuka usaha dengan keterbatasan modal.

5. Memberikan solusi responsif di masyarakat

Freepik/lyashenko

Sebenarnya bisnis startup memberikan produk dan layanan dengan sentuhan yang unik dengam penawaran khusus dan memberikan solusi responsif.

Melalui usaha rintisan, kamu bisa melakukan sesuatu tanpa sulit meluangkan waktu serta tenaga.

Bahkan menjalanbisnis inijuga dapat membantu mengatasi permasalahan banyak orang.

Contohnya seperti Traveloka yang membantu orang saat ingin pergi berlibur dengan berbagai macam promonya danTokopedia yang menolong masyarakat untuk mencari kebutuhan tanpa harus pergi ke toko retail.

Hal kecil seperti itu tanpa disadari sudah membantu mengatasi masalah yang ada di masyarakat.

Baca Juga :   Perbedaan otot steroid dan alami

Itulah kelima keuntungan mengikuti bisnis startup. Nah, cara umum untuk memulainya ialah mencari sumber dana dan merencanakan pengeluaran sertapendapatan secara rinci.

Baca juga :

  • Saatnya Membuka Usaha! Ini 5 Strategi Bisnis di Situasi New Normal
  • 5 Strategi Efektif Membangun Branding Bisnis untuk Pemula
  • Selain Menyiapkan Modal, Inilah 5 Tips Saat Memulai Bisnis Kosmetik

Untuk memulai bisnis start-up dengan lebih mudah, diperlukan kemajuan teknologi untuk menyeimbangkan dengan masa kini. Kepopuleran bisnis start-up atau rintisan ini kini sedang menjadi hal yang paling diminati oleh para pengusaha bahkan generasi muda sendiri.

Tetapi tak jarang ditemukan orang-orang yang masih menyimpan rasa takutnya itu untuk berbisnis start-up, karena belum mengerti resiko dan keuntungan apa saja yang terdapat didalam bisnis rintisan ini.

Para pengusaha dan generasi muda pun banyak bermimpi untuk memulai bisnis start-up dan mendapatkan keuntungan seperti yang dilihat para seniornya. Bagaimana caranya mewujudkan mimpi itu? Sebelum Anda berkhayal tinggi, sebaiknya kenali dahulu keuntungan dan kerugian bisnis start-up ini. Untuk menghindari Anda dari kegagalan di awal usaha rintisan ini.

Berikut uraian tentang “kelebihan dan kekurangan” dalam bisnis start-up yang perlu Anda telaah jauh sebelum terjun ke lapangan :

Kelebihan Bisnis Start-up

1. Memiliki pasar yang lebih luas dan tak terjangkau

Sudah menjadi ciri khas bisnis start-up untuk memanfaatkan sebuah teknologi internet dalam 99% kerjanya. Teknologi internet ini yang akan menjadikan bisnis rintisan Anda luas dan tak terjangkau.

Semua warga dunia akan melihat produk atau brand apa saja yang Anda pasarkan. Hal ini tentu menjadi pembeda dalam membuka usaha start-up dan usaha konvensional.

Karena usaha konvensional hanya dapat menguntungkan Anda di tempat atau pasar yang hanya dapat dilihat oleh mata pembeli, tentunya pengunjung akan lebih sedikit dibandingkan bisnis start-up yang lebih diunggulkan oleh teknologi internet tersebut.

Baca Juga :   Hitunglah volume balok berikut ini 3 cm 8 cm 4 cm

2. Kinerja Anda akan terlihat jelas

Dalam bisnis start-up yang paling terlihat jelas adalah kinerja seorang pengusaha tersebut dalam pekerjaannya untuk mencapai target usaha. Ketika Anda berprestasi dan prestasi Anda dapat digunakan di dalam bisnis, maka semakin terlihat pula keuntungan yang akan Anda raih lebih cepat.

Sebab itulah mengapa ketika Anda masuk dan berada di lingkup bisnis start-up, Anda sebagai pengusaha akan berlomba-lomba untuk menampilkan prestasi bahwa Anda yang sangat handal di dalam bisnis ini.

Kekurangan Bisnis Start-up

1. Anda akan kecanduan untuk selalu bekerja dan melupakan kesehatan diri sendiri

Biasanya perusahaan rintisan tidak mempunyai waktu untuk libur. Di karenakan kinerjanya yang selalu diperhatikan 24 jam untuk sehari. Sehingga hal ini menuntut para pekerja nya untuk siap sedia di mana pun ia berada dan memberikan waktu luangnya kapanpun saat tenaga nya dibutuhkan.

Anda juga harus siap ketika dihubungi tiba – tiba baik via telepon, pesan, maupun email. Akan sangat terlihat perbedaannya jika Anda bekerja di perusahaan biasa yang memang sudah memiliki jadwal dan waktu kerja sesuai ketetapan kantornya.

2. Menghadapi banyak sekali tantangan

Semakin meningkatnya bisnis start-up di kalangan masyarakat maka akan semakin banyak tantangan bagi para pengusaha rintisan tersebut. Sebuah leader start–up haruslah menunjukan jiwa kewibawaannya dan kedisiplinan diri yang tinggi di dalam perusahaan.

Masih banyak sekali pemilik bisnis start-up yang masih sangat muda dan belum memiliki kendali diri dalam menentukan keputusan dan tantangan apa yang akan ia temukan di masa depan. Sebelum Anda benar-benar masuk kedalam dunia bisnis start-up, sebaiknya di pikirkan dua kali.

Apa keuntungan dan kerugian bisnis startup

Posted by: pskji.org