Apa yg dimaksud dengan globalisasi jelaskan

Apa yg dimaksud dengan globalisasi jelaskan


pada 01 Sep 2021, 09:40 WIB

Diperbarui
01 Sep 2021, 09:40 WIB


Ilustrasi globalisasi. (Photo by AndreaPiacquadio on Pexels)

Bola.com, Jakarta –
Perkembangan
globalisasi
yang makin pesat membuat hampir semua sektor kehidupan makin mudah dijalankan. Sadar tidak sadar, hampir segala aspek kehidupan dipengaruhi oleh perkembangan globalisasi.

Globalisasi merupakan serapan dari kata globalization. Secara bahasa, global berarti mendunia, sedangkan ization merujuk kepada suatu proses.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi berarti proses masuknya informasi, pemikiran, gaya hidup, dan teknologi ke ruang lingkup dunia.

Secara ringkasnya, globalisasi adalah sebuah fenomena integrasi internasional yang muncul karena pertukaran pandangan dunia.

Fenomena yang muncul karena berbagai faktor mulai perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, perdagangan bebas, kemudahan orang-orang untuk bermigrasi dari negara satu ke negara lainnya, kerja sama politik antarnegara, hingga cara berpikir masyarakat yang makin maju.

Melaui proses globalisasi, seluruh tatanan kehidupan dan peradaban di dunia seiring waktu menjadi makin dinamis. Sebab, melalui proses globalisasi berbagai aspek kehidupan menjadi makin mudah dan tidak terbatas.

Untuk mengetahui dan memahami lebih dalam tentang
globalisasi, bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Berikut ini pembahasan singkat seputar
globalisasi
yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari laman Sosiologi79 dan Dosenpintar, Rabu (1/9/2021).

  • Cochrane dan Pain, mengemukakan pertanda globalisasi sebagai munculnya sebuah sistem ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di seluruh dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global.
  • Cohen dan Kennedy, berpendapat globalisasi adalah seperangkat transformasi yang saling memperkuat dunia, yang meliputi perubahan konsep ruang dan waktu, kebergantungan pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda, peningkatan interaksi kultural, meningkatnya masalah bersama dalam bidang ekonomi, lingkungan, dan permasalahan lazim lainnya.
  • Achmad Suparman, globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.
  • Malcom Waters, globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma di dalam kesadaran orang.
  • Prof. Dr. Mubyarto, globalisasi mempunyai dua pengertian: pertama, sebagai deskripsi/definisi, yaitu proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar tunggal; kedua, dalam bidang ekonomi, yang menjadikan ekonomi lebih efesien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.
Baca Juga :   Faktor apa saja yang melatarbelakangi terjadinya pergerakan nasional baik dari dalam negeri ataupun dari luar Indonesia?

– Perubahan konsep

Era globalisasi membuat berubahnya konsep antara ruang dan waktu sehingga setiap orang akan mudah mengakses apa pun yang mereka inginkan hanya menggunakan teknologi.

– Pasar dan produksi

Setiap negara akan saling bergantung satu sama lain. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan perdagangan internasional. Organisasi semacam WTO juga memengaruhi perilaku pasar dan produksi.

– Peningkatan interaksi

Interaksi antarmasyarakat di belahan dunia akan makin mudah terjalin. Hal ini tak lain karena munculnya berbagai macam sosial media.

– Menularnya kebudayaan

Informasi yang mudah diperoleh menyebabkan pertukaran kebudayaan makin mudah didapatkan. Misalnya melalui film, musik atau fashion.

– Timbulnya masalah bersama

Lantaran kompleksnya jalan perekonomian dan perdagangan, hal ini juga memicu timbulnya masalah dari berbagai negara. Misalnya inflasiregional, masalah lingkungan hidup, dan sebagainya.

– Dampak positif globalisasi

  • Kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan.
  • Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat.
  • Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi, dan informasi yang memudahkan manusia.

– Dampak negatif globalisasi

  • Gampangnya budaya barat masuk dan memengaruhi nilai-nilai budaya lokal.
  • Lunturnya nilai-nilai kebudayaan, seperti gotong royong dan lain sebagainya.
  • Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara.
  • Maraknya penyelundupan barang-barang ilegal maupun terlarang.

Sumber: sosiologi79.com, dosenpintar.com

Lanjutkan Membaca ↓


KONTAN.CO.ID –Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Anda mungkin bertanya-tanya tentang istilah ini. Tanpa ada pengaruh globalisasi, kita tidak bisa mengetahui informasi dari belahan dunia lain. Globalisasi, bersumber dari laman BBC, adalah suatu proses di mana dunia saling terhubung dengan adanya kegiatan perdagangan dan pertukaran budaya.  Istilah tersebut berasal dari kata globe yang artinya dunia. Seiring berkembangnya teknologi, negara-negara di dunia saling terhubung dan informasi bisa tersampaikan dengan cepat.  Imbas dari proses ini adalah batas jarak, budaya, hingga bahasa seakan hilang. Proses globalisasi tersebut menimbulkan berbagai dampak baik dampak positif maupun negatif di berbagai bidang seperti ekonomi, politik, dan sosial budaya.

Baca Juga:
Gagal unggah KTP saat daftar Kartu Prakerja Gelombang 20? Simak lagi ketentuannya

Baca Juga :   Terwujudnya perdamaian dunia adalah hal yang penting untuk kemajuan sebuah negara jelaskan

Teori dan faktor pemicu globalisasi

Berbagai ahli memberikan pengertian tentang apa itu globalisasi. Beberapa teori tersebut, merangkum dari e-modul Sosiologi Kemendikbud Ristek, diantaranya:

  • Martin Albrow: Globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggul, komunitas global dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.
  • Achmad Suparman: Globalisasi merupakan suatu proses yang menjadikan suatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.
  • Anthony Giddens: Globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya.
  • Selo Soemardjan: Globalisasi merupakan suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.
  • Laurence E. Rothemberg: Globalisasi adalah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan, dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Globalisasi tidak serta merta tersebar begitu saja, ada berbagai faktor yang menyebabkan globalisasi bisa berkembang pesat. Dari berbagai banyak faktor, ada penyebab utama dari globalisasi diantaranya: 1. Perkembangan teknologi informasi 2. Perkembangan sistem transportasi 3. Majunya bisnis ekonomi 4. Kerjasama ekonomi internasional 5. Konflik antar negara berkurang. 6. Sumber Daya Alam (SDA) yang berkurang.

Baca Juga:
Kuota internet gratis Kemendikbud Ristek cair 11 September, ini besaran yang didapat

Apa yg dimaksud dengan globalisasi jelaskan

Posted by: pskji.org