Jelaskan keunggulan dan kelemahan dari rapat teleconference

Jelaskan keunggulan dan kelemahan dari rapat teleconference

Di tengah pandemi global yang belum berakhir sepenuhnya, kegiatan bekerja dan belajar dari rumah menjadi hal yang tak dapat dihindarkan. Pertemuan virtual jarak jauh yang sering dikenal dengan telekonferensi kini dianggap sebagai suatu solusi efektif. Namun, sudahkah Anda tahu
apa itu teleconference
dan apa saja keunggulannya?

Apa Itu Teleconference?

Teleconference atau telekonferensi merupakan konferensi atau pertemuan beberapa orang yang dilakukan secara jarak jauh melalui media digital. Aktivitas ini dikenal pula dengan istilah telewicara atau teleseminar.

Telekonferensi mulai banyak dilakukan pada awal dekade 2000-an. Di awal kemunculannya, aktivitas ini menggunakan media telepon atau televisi. Namun, seiring perkembangan teknologi yang terbilang pesat dalam beberapa dekade terakhir, kegiatan telekonferensi kini menggunakan media yang lebih beragam. Anda bisa bertelekonferensi bersama banyak orang di berbagai belahan dunia dengan lebih mudah melalui portal teleconference yang dihubungkan jaringan internet di komputer maupun ponsel pintar.

Aktivitas telekonferensi ditandai oleh beberapa karakteristik, yaitu:

  • Menggunakan saluran telekomunikasi
  • Menghubungkan orang-orang di tempat berbeda dalam satu waktu
  • Menghadirkan kanal interaktif yang memungkinkan komunikasi dua arah
  • Menciptakan interaksi dinamis karena pesertanya bisa ikut berpartisipasi.

Jenis-Jenis Teleconference

Membahas
apa itu teleconference
tak akan lengkap tanpa mengenali jenis-jenisnya. Berdasarkan jenis media yang digunakan, terdapat empat jenis teleconference:

Seperti namanya, telekonferensi jenis ini hanya mengandalkan suara. Pesertanya terhubung secara interaktif lewat layanan media telepon. Biasanya, sebelum sesi audio teleconference dimulai, peserta sudah mengetahui agenda yang akan dibicarakan dan mendapatkan bahan diskusi tertulis.

  • Audio-Graphic Teleconference

Telekonferensi ini merupakan versi lanjutan dari audio teleconference. Selain menggunakan telepon sebagai media utama, sesi telekonferensi juga didukung oleh beberapa informasi visual seperti gambar, diagram, atau dokumen yang dikirimkan selama sesi berlangsung.

Terhubung lewat jaringan internet, computer teleconference umumnya menggunakan email atau portal khusus untuk mengumpulkan semua peserta. Sama seperti audio conference, bahan diskusi umumnya akan dikirimkan terlebih dahulu sebelum konferensi dimulai.

Video merupakan media yang dianggap efektif untuk melakukan aktivitas telekonferensi. Dengan media tersebut, telekonferensi beralih fungsi menjadi pertemuan tatap muka secara virtual karena semua peserta bisa saling terhubung dan berinteraksi secara langsung. Video teleconference merupakan jenis telekonferensi yang paling banyak digunakan saat ini.

Keunggulan Teleconference

Selain memahami
apa itu teleconference
dan beberapa jenisnya, Anda juga harus mengetahui berbagai keunggulan yang ditawarkan aktivitas ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Menghemat waktu dan biaya

Dengan telekonferensi, Anda tak perlu mengeluarkan biaya perjalanan atau menghabiskan waktu untuk menemui peserta konferensi lainnya secara langsung. Hal ini dianggap menguntungkan, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Telekonferensi bisa dijadwalkan dengan mudah, bahkan dalam hitungan beberapa jam sebelum sesi dimulai. Semua peserta yang diwajibkan hadir bisa langsung mengikuti tautan yang diberikan, lalu mengakses media telekonferensi melalui komputer atau ponsel pintar mereka masing-masing.

  • Meningkatkan produktivitas

Selain memudahkan komunikasi, telekonferensi ternyata juga bisa meningkatkan produktivitas para pesertanya. Anda tetap bisa melakukan komunikasi dua arah, brainstorming, bertukar ide dan pendapat, hingga membuat keputusan tertentu tanpa harus bertemu langsung dengan peserta lainnya.

Telekonferensi memiliki fleksibilitas tinggi karena Anda bisa ikut bergabung kapan saja dan dari mana saja. Selain itu, teleconference platform yang banyak digunakan saat ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi file dan mengeditnya bersama-sama selama konferensi virtual berlangsung.

Demikian informasi mengenai
apa itu teleconference
beserta jenis dan keunggulannya. Melihat banyaknya manfaat dan kemudahan yang ditawarkan telekonferensi, tak heran jika aktivitas ini kian banyak dilakukan. Telekonferensi juga bisa dijadikan sebagai solusi utama untuk tetap menjaga produktivitas kerja di tengah kondisi pandemi yang membatasi Anda bertemu orang-orang secara langsung.

Teleconference adalah pertemuan beberapa orang yang di lakukan secara jarak jauh melalui media digital. Aktivitas atau kegiatan teleconference di kenal juga dengan istilah telewicara atau teleseminar.

Teleconference mulai banyak dan sering di lakukan pada awal tahun 2000-an. Di awal kemunculan teleconference, aktivitas ini menggunakan media telepon dan juga televisi. Namun, seiring berkembangnya teknologi yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir, kegiatan teleconference kini menggunakan media yang semakin beragam.

Baca Juga :   Diketahui a 2 6 8 9 15 17 21

Anda bisa melakukan teleconference bersama banyak orang dari berbagai belahan dunia dengan lebih mudah, melalui portal teleconference yang di hubungkan jaringan internet di komputer maupun smartphone.

Aktivitas teleconference di tandai dengan beberapa karakteristik, yaitu:

  • Menggunakan saluran telekomunikasi.
  • Menghubungkan beberapa orang di tempat atau daerah yang berbeda dalam satu waktu.
  • Menghadirkan saluran interaktif yang memungkinkan komunikasi dua arah.
  • Menciptakan interaksi dinamis karena peserta atau pengguna bisa ikut mengikuti kegiatan.

Baca Juga : Pengertian Web Conference dan manfaat nya

Manfaat Teleconference

Berikut ini adalah manfaat lain dari teleconference bagi bisnis Anda :

1. Komunikasi bisnis semakin baik

Salah satu indikator komunikasi yang baik antara kedua pihak adalah di terimanya pesan yang di sampaikan oleh lawan bicara. Termasuk dalam suatu bisnis, semakin cepat pesan atau ide yang Anda katakan sampai kepada konsumen, maka akan semakin baik.

Tidak hanya cepat tersampaikan, teleconference juga meningkatkan peluang lebih tinggi untuk pesan tersebut mudah di mengerti. Jadi, fitur ini tentu akan meningkatkan performa Anda sebagai pelaku bisnis dan penyedia layanan.

2. Komunikasi berkualitas

Bahkan pada tahap tertentu, Anda dan konsumen bisa melakukan diskusi tentang produk, karena komunikasi yang terbentuk berkat teleconference sangat berkualitas. Tentu saja, teleconference menjadi salah satu media yang akan sangat membantu.

Kegiatan komunikasi seperti ini memungkinkan transmisi informasi dalam jumlah besar di banding pesan singkat maupun pesan audio. Jadi kesempatan untuk membangun diskusi dan komunikasi kedua pihak akan lebih besar.

Diskusi ini akan terjalin baik dan bisa terus berkelanjutan jika pertemuan melalui aplikasi teleconference dapat di kelola secara baik.

3. Lebih efisien bagi pelanggan

Menjadi kemudahan bagi pelaku bisnis, juga bisa memudahkan bagi konsumen produk itu sendiri. Mereka akan lebih efisien untuk menyampaikan pesan, baik itu kritik, saran, maupun ide dan gagasan lain yang sangat bermanfaat untuk bisnis produk Anda.

Ketika konsumen mudah menerima informasi dari pelaku bisnis, biaya untuk mengakses produk tersebut pun juga menjadi rendah. Hal ini tentu akan menjadi nilai tambah bagi bisnis yang di miliki di bandingkan dengan pesaing.

4. Media melakukan survei

Salah satu cara menilai kepuasan konsumen produk bisnis adalah dengan melakukan survei kepuasan dari konsumen. Data yang di dapatkan dari survei bisa menjadi bahan analisa Anda serta pendukung untuk pengambilan keputusan.

Pengumpulan data inilah yang biasanya sedikit sulit untuk di lakukan karena jarak konsumen yang sangat berjauhan. Teleconference bisa menjadi solusi atas semua masalah tersebut.

Dengan banyaknya manfaat teleconference, Anda bisa menjaring lebih banyak testimoni dan pendapat perbaikan dari konsumen langsung tanpa harus bertemu dengan konsumen. Bahkan jika memungkinkan, Anda bisa melakukannya dengan beberapa orang konsumen produk bisnis sekaligus. Jadi, biaya survey pun juga tidak akan membengkak.

5. Pengalaman pelanggan yang memuaskan

Dalam setiap tahapan pengalaman pelanggan, semua cara untuk berinteraksi secara langsung dengan konsumen akan sangat berpengaruh. Salah satu indikator yang bisa meningkatkan customer journey adalah sarana komunikasi yang lancar dan juga mudah diakses.

Teleconference menjadi salah satu media yang harus menjadi pertimbangan dalam hal ini. Selain itu karena belum banyak perusahaan yang menggunakan fitur atau kegiatan ini. Jadi, bukan tidak mungkin konsumen akan lari kepada bisnis Anda karena faktor pelayanan yang satu ini.

Contoh Aplikasi Teleconference

Aplikasi video conference bisa menjadi pilihan yang tepat untuk saling terhubung dan berkoordinasi dengan teman kerja secara virtual melalui aplikasi video call dengan banyak peserta. Beberapa aplikasi teleconference yang sudah sangat populer contohnya yaitu Zoom, Google Meet, Skype, dll.

Aplikasi video conference menjadi solusi agar pelaku bisnis bisa tetap terhubung dengan teman kerja maupun keluarga tercinta. Dengan aplikasi video conference atau aplikasi teleconference, Anda bisa melakukan rapat dan juga seminar dengan jumlah peserta yang cukup banyak.

Walaupun sebagian fitur aplikasi lengkapnya berbayar, tetapi Anda tak perlu khawatir karena aplikasi video conference gratis juga masih bisa di gunakan dengan fitur yang juga cukup terbilang lengkap. Kedua layanan tersebut bisa di pilih sesuai kebutuhan kegiatan Anda.

Baca Juga :   Laut Dapat Dijadikan Sebagai Tempat Penambangan Yaitu

Berikut ini contoh aplikasi conference yang bisa Anda pilih, baik yang gratis maupun berbayar :

1. Zoom

Zoom menjadi salah satu aplikasi yang cukup banyak di gunakan untuk melakukan kerja atau pembelajaran online dari rumah. Aplikasi ini bisa di gunakan bagi Anda yang ingin melakukan komunikasi virtual dengan teman kerja atau siswa dengan jumlah hingga mencapai 1000 orang.

Selain itu, keunggulan lain dari aplikasi teleconference Zoom yaitu bisa di akses melalui smartphone, laptop maupun pc. Anda juga bisa mengganti latar belakang atau background layar dengan berbagai gambar sehingga komunikasi bisa menjadi semakin menarik.

Zoom juga memungkinkan Anda untuk merekam pembicaraan meeting serta tersedia dalam 2 versi yakni versi gratis dan versi berbayar atau Zoom Premium.

2. Google Meet

Google Meet juga sangat cocok Anda gunakan untuk bekerja, karena aplikasi teleconference ini memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan teman kerja atau siswa melalui aplikasi video call banyak peserta.

Google Hangouts Meet memungkinkan penggunanya untuk mengadakan sebuah rapat secara online yang melibatkan hingga mencapai 250 peserta. Bahkan, aplikasi teleconference ini juga mampu menyiarkan live streaming kepada kurang lebih 100 ribu penonton.

Kelebihan lain dari Meet adalah pengguna bisa menggunakan aplikasi ini dari berbagai perangkat. Mulai dari smartphone, laptop, atau pc sekalipun. Untuk harga mulai 1 April Google Meet versi gratis hanya bisa di gunakan dengan durasi waktu maksimal 1 jam.

3. Skype

Skype juga menjadi salah satu layanan populer yang bisa Anda gunakan untuk saling berkomunikasi melalui video call. Tidak hanya komunikasi secara one on one, layanan milik Microsoft ini juga mampu di gunakan untuk melakukan conference call dengan banyak orang sekaligus.

Untuk menggunakan aplikasi video call yanh satu ini banyak peserta secara berkelompok, Skype memungkinkan 50 pengguna sekaligus untuk bergabung dalam sebuah sesi percakapan ataupun meeting.

4. Microsoft Teams

Satu lagi layanan milik Microsoft yang juga bisa Anda gunakan untuk melakukan video conference. Microsoft Teams adalah aplikasi yang bisa di gunakan untuk berkomunikasi maupun mengadakan rapat sekalipun dengan teman kerja.

Layanan ini tersedia dalam dua versi, Microsoft Teams gratis dan berbayar. Untuk yang berbayar harga mulai  dari Rp39 ribu per bulan dan pengguna bisa melakukan rapat online Teams selama 24 jam penuh dengan jumlah peserta hingga mencapai 10 ribu peserta.

Sedangkan pada Microsoft Teams versi gratis, Anda juga bisa menikmati beragam layanan seperti akses panggilan dengan durasi 1 jam dan jumlah peserta yang bergabung maksimal 100 orang.

Aplikasi lain yang bisa di gunakan untuk melakukan conference video call dengan teman kerja atau siswa dari rumah adalah Cyberlink U Meeting. Layanan satu ini tersedia dalam versi gratis dan juga berbayar.

Untuk layanan aplikasi gratisnya, pengguna bisa menikmati beragam layanan yang tersedia. Seperti group call dengan jumlah peserta yang bergabung maksimal 25 orang. Sedangkan untuk versi berbayar di harga mulai dari USD 10 sampai Rp145 ribu.

6. Slack

Slack menjadi aplikasi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk melakukan conference video dengan teman kerja maupun siswa. Sayangnya fitur optimal dari aplikasi Slack baru bisa di gunakan di versi berbayar.

Keunggulan Slack adalah mampu terintegrasi dengan aplikasi kerja populer misalnya Google Drive, Office 365 dan juga menyediakan penyimpanan cloud. Seperti aplikasi video conference lain Slack juga tersedia dalam 2 versi yaitu versi gratis dan juga berbayar.

7. Cisco Webex

Contoh teleconference ketujuh adalah Cisco Webex. Aplikasi ini menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin melakukan meeting online dengan mudah. Cisco di keluarkan oleh Cisco Systems Inc pada tahun 2011.

Kemudian seiring berjalannya waktu serta meningkatnya kebutuhan akan layanan aplikasi video conference, akhirnya Cisco Webex banyak di download oleh pengguna baik melalui smartphone maupun laptop.

Baca Juga :   Sebutkan Tiga Fungsi Pola Gerak Langkah Dalam Pencak Silat

Cisco Webex tersedia dalam 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratis Anda bisa menggunakan Cisco untuk meeting online dengan durasi rapat maksimal 40 menit dan jumlah peserta yang bergabung maksimal 50 orang.

8. RingCentral Meetings

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengadakan pertemuan virtual dengan seseorang dengan kualitas video yang tinggi. Selain itu Anda juga bisa berbagi foto, file, dokumen, website dan bahkan layar Anda dengan peserta rapat yang lain.

Aplikasi video conference ini juga tersedia dalam 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Untuk versi gratis Anda bisa melakukan pertemuan dengan durasi waktu maksimal 40 menit dan maksimal 100 peserta yang bergabung.

Sedangkan untuk versi berbayar Anda bisa melakukan conference virtual mencapai 200 peserta dan tanpa durasi waktu.

9. UberConference

Keunggulan aplikasi ini yaitu bisa membuat panggilan yang di jadwalkan, mampu merekam jalannya pertemuan online serta bisa menambah jumlah peserta meskipun rapat yang di adakan sedang berlangsung.

UberConference tersedia dalam 2 versi yaitu versi gratis dan juga berbayar maupun premium. Untuk versi gratis Anda bisa menggunakan aplikasi video conference dengan maksimal 10 peserta dengan durasi 45 menit.

Sedangkan untuk versi berbayar harganya di hargai mulai dari USD 15 atau Rp218 ribu dimana Anda bisa melakukan rapat batas waktu dengan jumlah peserta bergabung mencapai 100 peserta.

10. GoToMeeting

Aplikasi conference kesepuluh adalah GoToMeeting. Sesuai namanya GoToMeeting membuat Anda bisa melakukan rapat online kapanpun dan dimana saja. GoToMeeting bisa menjadi alternatif pilihan selanjutnya ketika ingin rapat online menggunakan smartphone maupun laptop.

GoToMeeting menyediakan versi gratis dimana Anda bisa mengakses layanan gratis selama 14 hari. Sedangkan untuk versi berbayarnya, GoToMeeting menyediakan paket berbayar mulai dari USD 12 atau Rp175 ribu per bulannya.

11. Vast Conference

Contoh conference terakhir adalah Vast Conference. Aplikasi video conference ini bisa di gunakan untuk rapat-rapat resmi suatu perusahaan. Hal ini karena Vast Conference mampu menampung peserta hingga mencapai 100 orang.

Vast Conference tidak menyediakan layanan secara gratis dan untuk berlangganan harga paket Vast Conference di hargai mulai dari USD 12 atau Rp175 ribu.

Kelebihan Teleconference

Selain memahami apa itu teleconference dan sekaligus jenisnya, Anda juga harus mengetahui berbagai keunggulan yang di tawarkan oleh kegiatan ini.

Berikut adalah beberapa kelebihan teleconference :

1. Menghemat waktu dan biaya

Dengan teleconference, Anda tak perlu mengeluarkan biaya perjalanan maupun menghabiskan waktu untuk menemui dan tatap muka peserta konferensi lain secara langsung. Hal ini cukup menguntungkan, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

2. Mudah di jadwalkan

Teleconference bisa di jadwalkan dengan cukup mudah, bahkan dalam hitungan beberapa jam sebelum sesi atau rapat di mulai. Semua peserta yang di undang untuk hadir bisa langsung mengikuti tautan yang sudah di berikan, lalu mengakses media teleconference melalui komputer atau laptop dan smarphone mereka masing-masing.

3. Meningkatkan produktivitas

Selain memudahkan untuk komunikasi, teleconference ternyata juga mampu meningkatkan produktivitas para pesertanya. Anda tetap bisa melakukan komunikasi melalui dua arah, brainstorming, bertukar gagasan dan pendapat, hingga membuat keputusan tertentu tanpa harus bertemu tatap muka langsung dengan peserta lain.

4. Fleksibel

Teleconference memiliki fleksibilitas tinggi karena Anda bisa ikut bergabung kapan saja dan juga dari mana saja. Selain itu, teleconference adalah platform yang banyak di gunakan saat ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi file dan mengeditnya bersama selama konferensi virtual sedang berlangsung.

Kekurangan Teleconference

  1. Harganya masih terbilang mahal, sehingga hanya beberapa perusahaan maupun organisasi yang memiliki sumber daya dan juga mempunyai cukup dana.
  2. Alat yang di butuhkan cukup sulit di dapat
  3. Penginstalan susah, maka harus ekstra berhati-hati agar tidak salah menggunakan.

Penutup

Demikian artikel di atas mengenai Teleconference Adalah : Manfaat, Contoh, Kelebihan, Kekurangan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Jelaskan keunggulan dan kelemahan dari rapat teleconference

Posted by: pskji.org