Apa fungsi dari end cut pada mixer

Apa fungsi dari end cut pada mixer

Dalam bermusik, audio mixer memiliki peranan yang sangat penting. Pasalnya, peralatan elektronik satu ini mempunyai fungsi untuk mencampur beberapa sumber suara menjadi satu atau dua output suara. Sebelum anda membeli perangkat satu ini di Bliaudio.com, maka anda bisa mengenal terlebih dahulu berbagai fitur dan fungsi mixer audio. Untuk selengkapnya, simak ulasannya berikut ini.

Berbagai Fitur Dan Fungsi Yang Terdapat Pada Mixer Audio



1. +48v Phantom Power

+48v atau yang sering kali disebut dengan Phantom Power adalah sebuah tombol yang berfungsi untuk menambah daya listrik sebanyak 48 volt pada mixer audio. Phantom power sendiri juga kerap kali digunakan sebagai peralatan yang membutuhkan daya listrik tambahan. Sebut saja seperti mic condenser yang membutuhkan daya tambahan agar bisa bekerja dengan lebih maksimal.

2. Gain

Fitur lain yang tak kalah penting di dalam audio mixer adalah Gain. Pada sebagian mixer, Gain ini juga sering disebut dengan Trim dan berada pada urutan paling atas di channel audio mixer. Untuk fungsi mixer audio satu ini adalah untuk menentukan berapa besar tingkat sensitif input yang akan diterima oleh mixer. Dapat dikatakan, Gain ini akan berfungsi untuk mencari headroom level signal, atau mencari signal dengan level yang terbaik.

Sehingga, bagi anda yang sering menggunakan audio mixer akan menemukan control level meter yang terdiri dari beberapa warna. Untuk level ini sendiri akan memiliki posisi horizontal maupun vertikal, sesuai dengan merek dari mixernya. Sedangkan, untuk level Gain yang baik, maka anda bisa menentukan signal hingga ke titik yang memiliki warna kuning, dibawah titik merah.

Apabila anda mendapati titik yang ada di mixer audio masih berwarna hijau, maka signal tersebut akan kurang maksimal. Sehingga, anda bisa membesarkannya hingga Gain memiliki signal warna kuning. Pasalnya, ketika signal tersebut mencapai warna merah, maka nantinya akan bisa menghasilkan suara yang peak atau suara akan pecah. Untuk itu, Gain memiliki fungsi yang sangat penting di dalam perangkat ini.

3. Equalizer

Fungsi mixer audio satu ini adalah untuk pengatur tone atau karakter suara. Sehingga, akan mampu untuk menghasilkan modifikasi terhadap suara yang masuk pada channel. Biasanya, seorang sound engineer akan mengatur perubahan sound melalui fitur ini dengan tujuan untuk mengasi masalah pada frekuensi dari input, sebut saja seperti dengung, feedback maupun overtune.

Selain itu, para sound engineer akan menggunakan fitur satu ini ketika ingin mengubah sound instrument atau vocal menjadi suara yang lebih disukai. Fitur ini juga dapat berfungsi untuk membentuk karakter pada suara sesuai dengan yang asli. Untuk pengaturannya sendiri, terdapat beberapa pengaturan yang mendasar. Diantaranya adalah Low dan Hi, serta adanya penambahan dan pengurangan atau dikenal dengan istilah bosst/cut.

Baca Juga :   Sebuah jendela tingginya 2 5 m dan lebarnya 0, 8 m

4. PAD

Selanjutnya, anda juga akan mengenal fungsi mixer audio yang lain yakni PAD. Tombol satu ini akan memiliki fungsi untuk mengurangi adanya gain input dari -20dB hingga -30dB. Untuk penggunaannya, anda bisa menekan tombol tersebut. Namun, di dalam penggunaannya dibutuhkan ketelitian yang tinggi. Hal ini dikarenakan apabila anda salah, maka anda bisa menyebabkan signal menjadi sangat kecil dengan adanya pengurangan yang dilakukan.

Tentu saja, audio mixer menjadi salah satu perangkat yang memiliki peran sangat penting di dalam bermusik dan mengatur suara. Untuk itu, bagi anda yang ingin merekam suara dengan hasil yang lebih bagus, disarakan untuk memakai perangkat satu ini. Anda pun bisa dengan mudah membelinya melalui Bliaudio.com yang menjual berbagai macam audio mixer yang anda butuhkan.

PFL,AFL,SIP

Copyright © 2017 sound on mike.Fungsi dari tombol PFL,AFL,SIP pada mixer ini sudah semestinya diketahui oleh para praktisi sound system.Karena sebagai user dari sebuah mixing console atau yang biasa kita sebut sebagai Mixer, kita diharuskan dan diwajibkan mengenal dan mengetahui tiap tiap fungsi dari fasilitas audio yang ada pada mixer tersebut.Terkadang kita mendapati sebuah mixer yang dipenuhi oleh switch atau tombol saklar yang banyak dijejalkan pada tiap tiap channels input/track nya,baik itu Mixer audio digital maupun Mixer audio analog.

Baca juga:

– Soundman

– 3 speaker aktif murah berkualitas

Adapun switch atau tombol saklar audio yang ada pada mixer ialah group/bus,main,mix,PFL,AFL,solo bahkan pre,√80(low cut),efx dsb.Namun kali ini saya akan mengulas sedikit tentang switch favorit saya dan benda ini hampir dipastikan ada ditiap tiap Mixer profesional yang beredar saat ini.Switch yang merupakan awal dari pengenalan mixer pada sound system yang kita miliki.

Benda tersebut adalah PFL,AFL atau SIP.

Apakah ke gunaan dari 3 tombol yang dimaksud?



Ketiga alat ini menurut saya adalah switch yang akan memberikan nyawa pada hasil mixing kita.

Kenapa demikian?



Karena hasil yang kita dengarkan melalui headphone dapat kita setarakan dengan hasil suara yang keluar ke speaker.

Lho kok bisa?

Bisa donk…selain menggunakan headphone anda juga dapat mengontrol gain melalui indikator lampu mixer lho…

Hal ini berguna untuk mengetahui dan untuk menunjukkan posisi kekuatan sinyal dari sumber audio yang sedang kita pantau melalui tombol PFL ini.Sehingga kita tau bagaimana cara untuk menempatkan ke arah mana signal tersebut,dalam artian besaran seperti apa yang diperlukan untuk signal tersebut.




Dan,bila sudah mengetahui rahasia ini kemungkinan keberhasilannya sangat besar,karena kita dapat memonitor setiap input perchanel dari tiap instrumen dan mencari tiap gain yang diperlukan juga ekualisasi tiap tiap channel input pun dapat kita buat sesuai dengan keinginan kita sendiri.Dan yang terpenting adalah headroom control !!!!.Ya…kita dapat pula mengatur headroom control input berkat PFL ini.
Tapi sebelumnya kita bahas sedikit tentang switch tersebut.apa sih PFL,AFL atau SIP itu?

Baca juga:

– 3 tehnik stereo miking yang melegenda

– Sound System Gantung

Yang pertama ialah PFL : (kependekan dari Pre-Fader Listen)Yang kedua ialah AFL (kependekan dariAfter Fader Listen)Dan yang ketiga adalah SIP (kependekan dari Solo Ini Place)

Baca Juga :   Keindahan Gambar Hias Terletak Pada

Mari kita terjemahkan dulu kebahasa Indonesia agar lebih mudah kita mengerti

Pre sama dengan sebelum sedangkan Fader adalah knob Fader volume pada mixer dan Listen sudah pasti kita tau yaitu mendengarkan,mendengarkan melalui apa?ya sudah pasti melalui headphones donk😁. Dengan kata lain PreFaderListen adalah mendengarkan sumber suara sebelum masuk ke Fader volume yang ada di channel input yang dituju. Atau dengan kata lain kita mendengarkan langsung melalui headphones signal input pada Chanel yang kita tekan tombol PreFaderListen nya sehingga kita dapat menyesuaikan equalisasi dan nilai dari signal gain yang ada pada channel tersebut sebelum kita send sinyal tersebut ke main mix/master volume.

Kalau boleh dibilang sih mencari headroom gain sebuah sumber suara yang tepat agar tidak peak alias over gain.dimana kita ketahui bila headroom sebuah sumber suara berlebih akan terjadi over tune bila pada instrumen dan rawan feedback pada microphone.

After dalam bahasa Indonesia adalah “setelah” sedangkan Fader adalah knob Fader volume dan Listen sudah pasti mendengarkan. Jadi AfterFaderListen adalah mendengarkan sinyal suara yang telah diproses melalui Fader volume pada channel channel yang telah melalui proses PreFaderListen yang dilanjutkan menuju main mix atau master. Atau dengan kata lain mendengarkan hasil mixing kita karena telah melakukan proses ekualisasi dan pencarian gain input melalui PreFaderListen pada seluruh channel input.AfterFaderListen bisa juga dikatakan sebagai hasil akhir yang matang dari proses memixing.Yang perlu dilakukan ketika menggunakan AfterFaderListen ialah mem balancing suara,

AfterFaderListen akan lebih bermanfaat bila kita hanya menggunakan 1 Mixer saja atau biasa kita kenal dengan system mixing on stage.sedangkan untuk system mixing FOH AFL ini biasanya hanya digunakan untuk mendengarkan hasil akhir mix sebelum dikeluarkan pada speaker FOH(FarOfHouse).

Baca Juga :   Musik pengiring tari dapat berupa hal hal berikut kecuali

Solo artinya sendiri atau mandiri dan in Place artinya ditempatnya masing masing.

Sebetulnya arti dan fungsi SoloInPlace ini sama dengan AfterFaderListen hanya saja berbeda nama😁.Penggunaan fitur ini sangat sesuai dan bermanfaat untuk mengoperasikan sebuah Mixer live perform,Karena dapat menghemat waktu memixing jika dipadukan dengan tehnik mixing unity Fader.Karena untuk tehnik mixing equal gain biasanya tombol SOLO/AFL sangat jarang saya gunakan😀

O iya,lanjutin yang diatas yah….kenapa headroom kontrol????

Karena hasil ekualisasi yang baik akan didapat dari headroom yang sesuai…

mengapa bisa begitu?

Karena bila headroom berkurang tingkat colorasi low pada input akan lebih dominan dan bila headroom berlebih maka tingkat colorasi frekwensi tinggi yang akan terjadi.Hal tersebut dapat menggangu  proses pencampuran.mau bukti? silahkan anda praktekkan… Bila gain kurang pasti suara terasa mendem namun bila gainnya berlebih suaranya akan berubah menjadi lantang dan memekakkan telinga. Inilah mengapa headroom menjadi faktor terpenting dalam menghasilkan kualitas suara sebelum anda memixing semua instrumen kedalam main output mixer anda.

Untuk mencampur sinyal audio dibutuhkan sebuah tehnik yang baik,jadi manfaatkan tehnik ini sebaik baiknya yah….


Page 2

Cara membuat konten berkualitas Buat kalian yang sedang membaca artikel nyeleneh dari saya kali ini mungkin kalian sedang bertanya tanya bagaimana membuat sebuah konten yang berkualitas dan seperti apa sih contoh dari konten yang berkualitas itu, eits…tunggu dulu… Sebelum kita membahas cara membuat konten berkualitas ini ada baiknya kita mencari tau dulu syarat syarat sebuah konten yang harus dipenuhi agar konten tersebut memiliki kualitas sehingga layak disebut sebagai konten yang berkualitas. Belibet amat yak????wkwkwkwk…. Syarat konten berkualitas 1. Informatif Maksudnya apa yak???? Maksudnya adalah sebuah konten yang memiliki informasi yang berguna bagi orang yang memerlukan,dimana orang yang dimaksud ini merupakan user dari search engine. Sebuah konten yang informatif sangat di sukai oleh user internet(search engine) guna memecahkan permasalahan yang sedang mereka hadapi yang mana dapat memecahkan kebuntuan mereka. Contoh : User sedang memerlukan jawaban soal pelajaran pjok

Apa fungsi dari end cut pada mixer

Posted by: pskji.org