jenis jenis planet dan penjelasannya

jenis jenis planet dan penjelasannya

Pendidikan.Co.Id
– Kali ini kita akan membahas mengenai Planet, adapun penjelasannya dilengkapi dengan Nama dan urutan planet, Jenis planet, penjelasannya sebagai berikut :

Pengertian Planet

Pengertian Planet merupakan suatu benda angkasa yang berevolusi atau juga beredar mengelilingi matahari ialh sebagai pusat dari tata surya. Atau juga planet ini dapat diartikan yakni sebagai benda angkasa yang tidak dapat menghasilkan cahaya, berbentuk bulat, serta juga mengelilingi matahari sebagai pusat dari tata surya. Planet ini hanya mementulkan cahaya yang berasal dari matahari, seperti planet venus yang terlihat bercahaya disebabkan karena memantulkan cahaya dari matahari serta juga dikenal dengan sebutan bintang fajar.

Istilah dari Planet asalnya dari bahasa Yunani yakni “Planetai” yang dapat diartikan ialah sebagai Pengembara, disebabkan karena planet ini beredar mengelilingi matahari, artinya kedudukan planet ini tidak tetap. Planet ini biasanya selalu memiliki pengiring yang dikenal dengan sebutan satelit, seperti bulan ini ialah satelit alami yang mengelilingi bumi serta juga beredar bersama bumi mengelilingi matahari.

Nama Planet Dan Urutan Planet

Dibawah ini merupakan nama serta urutan planet yang paling terdekat hingga terjauh dari matahari, diantanya sebagai berikut:

1. Merkurius

Merkurius ini merupakan planet yang jaraknya paling dekat dengan matahari, berjarak itu sekitar 58 juta kilometer dari matahari, mempunyai diameter sekitar 4.862 km, sekali mengelilingi matahari ini membutuhkan waktu yakni 88 hari. Merkurius tidak mempunyai satelit.

2. Venus

Jarak planet venus ke matahari ini sekitar 108 juta km, mempunyai diameter itu sekitar 12.100 Km, dan sekali mengelilingi matahari membutuhkan waktu itu 225 hari. Venus tidak mempunyai satelit.

3. Bumi

Bumi merupakan planet yang mempunyai kehidupan,yang berjarak itu sekitar 150 Juta km dari matahari, mempunyai Diameter itusekitar 12.750 km, waktu yang diperlukan bumi untuk sekali mengelilingi matahari yakni 365 hari, serta Usia bumi itu diperkirakan sudah sampai 4,543 Miliar Tahun. Bumi ini mempunyai satu satelit alami yakni bulan.

4. Mars

Jarak planet Mars ke matahari ini sekitar 228 juta km, dan diameternya sekitar 6.779 km, serta juga waktu yang diperlukan Mars untuk sekali mengelilingi matahari itu yakni 687 hari. Planet ini memiliki warna kemerah-merahan. Mars juga mempunyai dua satelit yakni Phoobos serta Deimos.

5. Yupiter

Yupiter merupakan planet terbesar di tatasurya, jarak dari matahari sekitar 778 juta km, yang berdiameter itu sekitar 143.000 km, waktu yang diperlukan untuk dapat sekali mengelilingi matahari itu sekitar 12 tahun, serta planet ini mempunyai 16 buah satelit alami. Hingga sampai ini planet Yupiter diketahui ini memiliki 79 satelit, yang terbesar serta juga dikenal dengan nama Io, Europa, Ganymede, serta juga Callisto.

Baca Juga :   Tuliskan salah satu zat berbahaya yang terdapat pada rokok

6. Saturnus

Planet Saturnus ini diameternya itu sekitar 120.000 km jadi merupakan planet terbesar kedua di tata surya, jaraknya ke matahari itu sekitar 1.428 juta km, waktu yang dibutuhkan untuk sekali mengelilingi matahari yakni 29,5 tahun. Saturnus ini juga merupakan planet yang indah disebabkan karena mempunyai cincin yang jelas, cincin tersebut terbuat dari debu serta juga partikel angkasa. Hingga sampai saat ini saturnus diketahui mempunyai sekitar 62 satelit dengan ukuran bervariasi.

7. Uranus

Planet uranus ini mempunyai diameter itu sekitar 50.1000 km, jaraknya ke matahari itu juga sekitar 2.869 Juta km, dan waktu yang diperlukan untuk sekali mengelilingi matahari itu sekitar 84 tahun. Sampai saat ini uranus ini mempunyai lima (5) satelit utama yang diberi nama

  1. Miranda,
  2. Umbriel,
  3. Ariel,
  4. Titania, dan juga
  5. Oberon

8. Neptunus

Planet neptunus ini jaraknya paling jauh dengan matahari yakni berada sekitar 4.495 juta km, dan berdiameter itu sekitar 48.600 km, waktu yang diperlukan untuk sekali mengelilingi matahari itu sekitar 165 tahun, serta planet ini mempunyai dua buah satelit alami. Sampai saat ini neptunus ini memiliki 13 satelit utama yang beberapa satelitnya itu diberi nama Thalassa, Triton, Naiad, Galatea, Proteus, Despina, dan juga Larissa.

Apabila dulu kita mengenal 9 planet, termasuk itu pluto merupakan planet terjauh dari matahari, namun pluto untuk saat ini tidak tergolong kedalam planet disebabkan karena ukurannya itu terlalu kecil dan juga sering keluar dari orbitnya.

Jenis Planet di Tata Surya

Dibawah ini merupakan pengelompokan atau jenis planet yang berdasarkan, sebagai berikut:

Jenis Planet Berdasarkan Letaknya

Dengan berdasarkan letaknya planet dikelompokan menjadi, sebagai berikut :

  1. Planet dalam
    Merupakan planet yang orbitnya itu pada bagian dalam orbit asteroid di tata surya, planet dalam diantaranya ialah planet merkurus, venus, bumi dan mars.
  2. Planet luar
    Merupakan planet yang orbitnya itu berada pada bagian luar orbit asteroid di tata surya, planet luar diantaranya ialah planet Yupiter, saturnus, uranus, dan neptunus

Jenis Planet Berdasarkan Penyusunnya

Dengan berdasarkan penyusunnya planet dikelompokan menjadi, sebagai berikut :

  1. Planet Terestrial
    Merupakan suatu planet yang penyusunnya itu dari batuan, planet terestrial ini diantaranya ialah  planet merkurius, venus, bumi dan mars.
  2. Planet Jovian.
    Merupakan planet yang pada umumnya disusun bukan dari batuan, namun sebagian besar penyusunnya itu adalah kumpulan gas serta mempunyai tekanan yang besar, planet jovian diantaranya ialah Planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Planet, Jenis, Nama dan Urutannya, semoga apa yang dipaparkan diatas mengenai Planet ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Lihat Juga
√ Pengertian Fenotipe dan Genotipe, Konsep & Perbedaannya

Baca Juga :   Apa Kegunaan Sumber Tegangan Dalam Sebuah Rangkaian Listrik

Lihat Juga
√ Pengertian Anomie, Culture Lag, Mestizo Culture, dan Contohnya

Lihat Juga
√ Pengertian Manajemen Kas


Merdeka.com –

Tata surya adalah tuan rumah bagi dua kategori planet yang luas. Empat yang paling dekat dengan matahari, yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars adalah planet terestrial. Mereka memiliki permukaan berbatu yang dikelilingi oleh atmosfer yang relatif dangkal.

Raksasa gas dan es, yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus adalah outlier. Mereka jauh lebih besar dari planet terestrial, tetapi inti mereka kecil dan dingin. Sebagian besar ukurannya dibentuk oleh kombinasi gas yang menjadi lebih padat dan lebih panas saat Anda semakin dekat ke inti.

Para ilmuwan menghitung delapan planet secara keseluruhan. Pluto direklasifikasi sebagai planet katai pada tahun 2006. Berikut 8 macam planet di tata surya, ciri-ciri, dan gambarnya:

2 dari 9 halaman

©2013 NASA

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Berputar perlahan sekitar dua kali untuk setiap tiga orbit yang dilengkapinya. Permukaan kawahnya dapat mengalami suhu di atas 800 derajat Fahrenheit (426,7 derajat Celsius) karena kedekatannya dengan matahari.

Namun, suhu di sisi yang menghadap jauh dari matahari sangat dingin, yaitu sekitar -279 F (-173 C). Sedikit lebih besar dari bulan Bumi, Merkurius adalah planet terkecil di tata surya. Tidak memiliki bulan, tidak ada cincin, dan atmosfer yang sangat tipis sehingga para ilmuwan mengklasifikasikannya sebagai eksosfer.

3 dari 9 halaman

©2020 Merdeka.com/pixabay

Planet kedua dari matahari adalah Venus, ukurannya sedikit lebih kecil dari Bumi.
Karena kedekatannya dengan Bumi, ia adalah planet terbesar yang terlihat di langit malam.

Permukaan kawah panas dengan suhu permukaan sekitar 900 derajat F (482 derajat C), produk dari efek rumah kaca yang tak terkendali.

Meskipun atmosfernya tidak setebal planet manapun di luar, itu adalah yang paling tebal dari planet-planet terestrial, dan sebagian besar terdiri dari asam sulfat dan karbon dioksida.
Kepadatan atmosfernya membuat tekanan udara di permukaan 90 kali dari Bumi.
Panas dan tekanan membuat planet ini jelas tidak ramah bagi kehidupan.

4 dari 9 halaman

©2018 pixabay

Bumi, planet ketiga dari matahari dan planet terestrial terbesar, adalah satu-satunya planet yang diketahui menampung makhluk hidup dan satu-satunya yang diketahui memiliki air cair di permukaannya.

Atmosfer, yang sebagian besar terbuat dari nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida, sangat penting bagi kemampuan Bumi untuk mendukung kehidupan.
Meskipun permukaan bumi sebagian besar terdiri dari air, planet ini juga memiliki daratan besar yang menampung berbagai ekosistem yang menakjubkan.

5 dari 9 halaman

©Istimewa

Para peramal zaman kuno menyebut Mars, planet keempat dari matahari, Mars, Planet Merah.
Warna merah permukaan berasal dari oksida besi atau karat di tanah.
Topografi dicirikan oleh gunung berapi besar dan lembah yang dalam, dan Mars sering mengalami badai angin di seluruh planet.

Baca Juga :   Perkembangbiakan generatif pada hewan diawali proses fertilisasi yaitu

Beberapa fitur permukaan Mars, seperti dasar sungai kering, mengisyaratkan kemungkinan bahwa air sebelumnya ada di planet ini dan mungkin masih mengalir di bawah permukaan.
Atmosfer karbon dioksida sangat tipis di Mars, dengan hanya 1/100 tekanan atmosfer Bumi.

Macam planet ini lebih dingin daripada Bumi, dengan suhu permukaan berkisar antara -171 hingga 32 derajat F (-113 hingga 0 derajat C).

6 dari 9 halaman

©2020 Merdeka.com/pixabay

Lebih jauh dari matahari, melewati cincin asteroid, terletak planet terbesar di tata surya kita yaitu Jupiter yang pertama dari planet gas raksasa.
Pola awan warnanya yang khas disebabkan oleh badai yang besar dan berputar-putar di atmosfernya, yang terutama terdiri dari hidrogen, helium, metana amonia, dan es air.

Badai terbesar dan paling khas, Bintik Merah Besar, lebih besar dari Bumi.
Jupiter memiliki 63 bulan dan sistem cincin redup.

7 dari 9 halaman

©2012 Merdeka.com

Saturnus, planet keenam dari matahari, juga merupakan raksasa gas, dan fitur yang paling mengesankan seperti yang terlihat dari jauh adalah sistem cincin yang luas dan kompleks.
Cincin-cincin itu mengorbit planet ini dalam pita tipis setebal satu mil.

Jari-jari Saturnus adalah sekitar 9,5 kali dari Bumi, dan bukannya satu bulan yang remeh, ia menawarkan 62. Bagian dalam Saturnus, seperti Jupiter, sebagian besar terbuat dari hidrogen dan helium.
Mendekati inti, tekanan intens mengubah gas menjadi cairan dan akhirnya menjadi bentuk logam yang menghantarkan listrik.

8 dari 9 halaman

©2020 Merdeka.com/pixabay

Sementara macam-macam planet lain berputar pada porosnya dengan sedikit miring, raksasa es Uranus berputar pada poros yang sejajar dengan orbitnya.
Dengan diameter 31.518 mil (50.723 kilometer), planet dingin ini empat kali ukuran Bumi dan terbuat dari atmosfer besar metana dengan inti padat metana beku.
Uranus memiliki sistem cincin redup dan 27 bulan di orbitnya.

9 dari 9 halaman

©2013 NASA.gov

Macam-macam planet selanjutnya yaitu Neptunus. Planet biru Neptunus adalah yang terjauh dari matahari dan, seperti Uranus, adalah tempat yang sangat dingin.
Suhu permukaannya dingin -353 F (-214 C).
Karena jaraknya dari matahari dan orbitnya yang besar, satu tahun di Neptunus adalah 165 tahun Bumi.
Atmosfernya kebanyakan metana, yang memberi planet ini warna biru.

Bagian dalam dingin planet ini adalah es metana.
Seperti semua planet luar, Neptunus, seperti Uranus, memiliki diameter kira-kira empat kali Bumi.
Tiga belas bulan dan sistem cincin redup mengorbit planet ini.

jenis jenis planet dan penjelasannya

Posted by: pskji.org