Sebutkan potensi sumber daya alam indonesia

Sebutkan potensi sumber daya alam indonesia

Sumber daya alam di Indonesia adalah segala potensi alam yang dapat dikembangkan untuk proses produksi. Sumber daya alam ialah semua kekayaan alam baik berupa benda mati maupun benda hidup yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Proses terbentuknya sumber daya alam di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain :

  1. Secara astronomis, Indonesia terletak di daerah tropik dengan curah hujan tinggi menyebabkan aneka ragam jenis tumbuhan dapat tumbuh subur. Oleh karena itu Indonesia kaya akan berbagai jenis tumbuhan.
  2. Secara geologis, Indonesia terletak pada pertemuan jalur pergerakan lempeng tektonik dan pegunungan muda menyebabkan terbentuknya berbagai macam sumber daya mineral yang potensial untuk dimanfaatkan.
  3. Wilayah lautan di Indonesia mengandung berbagai macam sumber daya nabati, hewani, dan mineral antara lain ikan laut, rumput laut, mutiara serta tambang minyak bumi.

Persebaran Sumber Daya Alam

Hayati teridiri dari sumber daya alam hewani dan nabati yang tersebar didarat dan laut selain hutan yang luas, Indonesia memiliki perkebunan dan pertanian tersebar hampir di seluruh Indonesia.

Jumlah dan kualitas sumber daya alam sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia selain itu kualitasnya pun sangat bagus sehingga dapat diekspor di berbagai negara sehingga dapat memenuhi devisa negara.

Jenis sumber daya alam yang diekspor seperti minyak bumi, gas alam dan bahan tambang lainnya serta hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan pariwisata selain itu hasil industri juga dapat diekspor keluar negeri.

Baca Juga :
Jenis Persebaran Sumber Daya Alam

Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam merupakan salah satu modal dasar pembangunan. Sebagai modal dasar, sumber daya alam harus dimanfaatkan sepenuh-penuhnya tetapi dengan cara yang tidak merusak. Oleh karena itu, cara-cara yang dipergunakan harus dipilih yang dapat memelihara dan mengembangkan agar modal dasar tersebut makin besar manfaatnya untuk pembangunan dimasa datang.

Tenaga ahli memanfaatkan sumber daya alam dengan teknologi yang canggih. Tenaga ahli yang bermutu akan menghasilkan bibit yang bermutu dan menghasilkan tanaman yang berkualitas dan menghasilkan industri yang berkualitas.

Teknologi yang digunakan beserta alat-alatnya yang berkembang dengan pesat dapat mempercepat dan mempermudah produktivitas alat-alat yang digunakan tenaga ahli Indonesia masih kurang canggih seperti di negara-negara maju tetapi tenaga ahli Indonesia masih bisa menghasilkan sumber daya alam yang memuaskan.

Sumber Daya Hutan

Sumber daya hutan merupakan berkah yang tak ternilai harganya bagi semua aktor biologis disekitarnya.Salah satu sumber daya alam yang begitu potensial dan merupakan tumpuan bagi keberlangsungan hidup suatu insan biologis adalah hutan. Hutan merupakan rumah dan sekaligus bank yang mensuplay kebutuhan hidup mendasar dari aktor biologis yang ada didalamnya termasuk manusia (masyarakat).

Baca Juga :   Negara kepulauan yang sering dilanda gempa bumi adalah

Selama ini perhatian khusus terhadap nilai pentingnya keberadaan hutan bagi masyarakat sangat kurang.Hutan selalu identik dengan bank-hidup yang mampu memberikan keuntungan dan kepuasan ekonomi diantaranya dalam bentuk uang tunai.Hal ini sangat mencolok dalam perubahan pola kehidupan masyarakat sekitar hutan.Hutan memberikan kontribusi besar baik untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari rumah tangga atau sumber penghasilan dalam bentuk uang tunai.Masyarakat secara teknis sudah mampu untuk memanfaatkan hasil hutan baik hasil hutan kayu maupun hasil hutan bukan kayu.

Kondisi ekonomi yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu mendorong laju perubahan pola hidup masyarakat yang semakin cepat pula. Kebutuhan akan uang manjadi faktor pendorong krusial dalam pemanfaatan sumber daya hutan.

Baca Juga :
Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat di Perbaharui

Macam Daratan Sumber Daya Alam

  1. Perkebunan (Kelapa, Pala, Pepaya)
  2. Pertanian (Jagung, Padi)
  3. Perikanan (Koi, Nila, Mujair)
  4. Tambak (Teri, Udang)
  5. Peternakan (Ayam, Sapi Pedaging)

Konsep Sumber Daya Alam

Konsep Pengelolaan Sumber Daya Alam Yang Baik Bagi Masyarakat.

Prinsip umum dalam ilmu ekonomi umat manusia yang cenderung tidak terbatas dengan ketersediaan sumberdaya yang terbatas atau langka. Kelangkaan Sumberdaya yang menjadi perhatian utama dalam literatur ekonomi lingkungan adalah sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui.

Oleh karena itu alokasi yang dinamik dari waktu ke waktu adalah penting untuk menjamin alokasi sumber daya yang berkelanjutan, diikuti dengan upaya-upaya lain yang bisa menekan kehabisan sumber daya. Disamping usaha alokasi yang berkelanjutan tersebut, kelangkaan sumberdaya mempunyai peluang untuk diatasi yaitu paling tidak melalui 4 cara yaitu :

  1. eksplorasi dan penemuan
  2. kemajuan teknologi ;
  3. penggunaan sumberdaya substitusi ;
  4. pemanfaatan kembali (reuse ) dan daur ulang (recycling ).

Penerapan konsep pengelolaan SDA secara terpadu pada dasarnya memerlukan beberapa prinsip dasar dalam penggunaan SDA. Prinsip dasar tersebut didasarkan atas penjabaran ketentuan yang diatur baik dalam TAP MPR hasil Sidang Istimewa Tahun 1998 maupun dalam UU Nomor 32 dan 33 Tahun 2004.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Potensi Sumber Daya Alam Indonesia : Hutan, Daratan Rendah, Contoh, Jenis, Kualitas, Konsep, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

Artikel IPS kelas VII kali ini akan membahas tentang macam-macam potensi sumber daya alam. Mau tahu apa saja potensinya? Simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Baca Juga :   Perhatikan gambar berikut gambar diatas termasuk rangkaian gerakan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa lepas dari sumber daya alam yang mampu memenuhi kebutuhan. Misalnya saja, tidak mungkin ada manusia yang dapat bertahan tanpa mengkonsumsi makanan dan meminum air, ‘kan? Nah, hal-hal tersebut merupakan salah satu contoh dari sangat diperlukannya keberadaan potensi sumber daya alam pada hidup kita.  Simak artikel berikut untuk membahas lebih lanjut mengenai topik ini.

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah kekayaan alam yang terdapat di bumi dan dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Tahukah kamu bahwa jenis-jenis sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan pembentukan, materi dan lokasinya? Yuk, kita cari tahu!

Berdasarkan pembentukannya, sumber daya alam dapat dibagi menjadi dua:

1) Sumber daya yang dapat diperbaharui: sumber daya alam yang dapat diproduksi kembali.

2) Sumber daya yang tidak dapat diperbaharui: sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan bisa habis.

Berdasarkan materinya, sumber daya alam juga dapat dibagi menjadi 2, yaitu sumber daya alam biotik dan abiotik.

Berdasarkan lokasinya, sumber daya alam dibagi menjadi 2 yaitu: 1) sumber daya alam terestrial (darat), dan 2) akuatik (perairan).

Potensi Sumber Daya Alam dan Persebarannya

Hutan adalah ekosistem daratan yang menyediakan oksigen, kayu dan tempat tinggal bagi beragam flora dan fauna. Hutan dapat dibedakan berdasarkan iklim, relief dan jenis tanahnya, menjadi hutan hujan tropis, hutan musim, hutan sabana, dan hutan bakau (mangrove).

Tanah merupakan media yang menjadi tempat tumbuh bagi tumbuh-tumbuhan serta menjadi fondasi bagi segala kehidupan di daratan.

Tahu kah kamu bahwa hampir 71% permukaan ditutupi oleh air? Selain itu, air juga merupakan sumber daya alam yang sangat penting dan istimewa bagi kehidupan di bumi. Air juga merupakan salah satu sumber kekuatan dan energi yang ada di bumi.

Baca Juga:
Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Berdasarkan sumbernya, air dapat dibedakan menjadi 3 jenis:

Tahu kah kamu kalau pertambangan di Indonesia merupakan salah satu tambang terbesar di dunia?Keren ya! Salah satu barang yang dihasilkan dari tambang adalah emas.

Apa saja sih hal-hal yang dapat dihasilkan oleh tambang?

– Minyak bumi

Minyak bumi termasuk kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi terbentuk dari hasil pengendapan mikroplanton yang terdapat di danau, rawa, teluk atau lautan dangkal. Daerah penghasil minyak bumi meliputi: Aceh, Riau, Sumatra Selatan, Cepu, Cilacap, Majalengka, Balikpapan, Maluku, Sorong dan Delta Mahakam (Kalimantan Timur).

Baca Juga :   Kelompokkanlah kedua teks ke dalam fiksi dan nonfiksi berikan alasan

– Gas alam

Gas alam merupakan barang tambang yang pembentukannya sama seperti minyak bumi, hanya saja bentuknya berupa gas. Gas alam dapat pula diubah menjadi bentuk cair, yang disebut sebagai Liquified Natural Gas (LNG). Daerah penghasil gas alam: Arun (Nangroe Aceh Darussalam), Bontang (Kalimantan Timur), Tangguh (Papua) dan Pulau Natuna.

– Batubara

Batubara adalah salah satu dari bahan bakar fosil yang termasuk dalam kategori tidak dapat diperbarui. Batubara terbentuk dari hasil tumbuh-tumbuhan yang membusuk dan mengendap selama jutaan tahun di dalam lapisan bumi. Daerah penghasil batubara: Sawahlunto (Sumatera Barat), Tanjung Enim (Sumatera Selatan), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Samarinda (Kalimantan Timur), Pulau Sebuku (Kalimantan Selatan), Makassar, dan Papua.

– Perikanan

Perikanan di Indonesia dapat dibedakan menjadi perikanan tangkap dan perikanan budi daya. Perikanan tangkap adalah usaha penangkapan ikan di habitat aslinya seperti danau, sungai dan laut, sedangkan perikanan budi daya adalah usaha pembiakkan ikan pada suatu tempat tertentu yang kemudian dapat dipanen.

Hutan bakau (mangrove) adalah hutan yang berada di rawa payau atau wilayah pesisir. Wilayah pesisir adalah wilayah yang terpengaruh oleh pasang surut air laut. Selain itu hutan bakau juga mempunyai banyak seperti mencegah abrasi, tempat perlindungan hewan dan ikan, pariwisata dan penghasil kayu.

Pohon bakau (Sumber: sahabatnesia.com)

Terumbu karang adalah kumpulan karang-karang yang menjadi tempat tinggal bagi banyak biota laut berukuran kecil. Karang disusun oleh suatu jenis hewan bernama polip yang hidup dengan menyerap kalsium karbonat dari air laut. Ternyata terumbu karang juga mempunyai banyak manfaat lho, seperti sebagai tempat hidup ikan, tempat pariwisata dan untuk penelitian.

Terumbu Karang (Sumber: gurupendidikan.com)

Mengagumkan sekali, ya! Kita harus bersyukur karena Indonesia memiliki potensi sumber daya yang sangat banyak. Nah, sampai di sini kamu sudah paham belum mengenai pembahasannya? Kalau kamu ingin mempelajari materi seperti ini dalam format video beranimasi ditambah dengan latihan soal, langsung aja yuk tonton di
ruangbelajar!

Referensi:

Suciati, Iwan Setiawan, Ahmad Mushlih, dan Dedi. 2014.Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi Revisi 2014 untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumber Gambar:

Foto Pohon Bakau. Tautan: https://sahabatnesia.com/hutan-mangrove-indonesia/

Foto Terumbu Karang. Tautan: https://www.gurupendidikan.co.id/terumbu-karang/

Artikel ini diperbarui pada 7 Desember 2020

Sebutkan potensi sumber daya alam indonesia

Posted by: pskji.org