jelaskan bentuk fisik mesin profil

jelaskan bentuk fisik mesin profil

Mengenal Mesin Router, Trimmer, Profil dan Kegunaannya. Mesin router memiliki fungsi untuk membuat macam-macam profil, sponing kusen pintu maupun jendela, alur, dan meratakan pinggir kayu

Mesin router tangan digunakan untuk membuat profil, memingul benda kerja, meratakan pelapis sintetik (formika), membuat alur dan banyak pengerjaan lainnya. Jenis pengerjaan menentukan jenis pisau yang digunakan.

Prinsip dasarnya mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profile (spindle). Mesin Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.

  • Jika Ingin mendownload Katalog berbagai Jenis Mata Profil Router Klik Link Ini

Mesin router mempunyai dua ukuran utama yatu mesin router dengan Collet (as) 12 mm dan mesin router yang mempunyai AS (gagang) 6 mm, mesin router dengan As 6mm biasa disebut dengan mesin trimmer.

Baca Juga:
Partikel Board vs MDF untuk Funiture, Mana yang Paling Bagus?

Mesin router bisa mempunyai beragam fungsi sesuai dengan mata router yang digunakan. Pada artikel yang lain akan kami ular tentang bermacam jenis mata router dan fungsinya.

Mesin router yang beredar mereknya sangat beragam mulai dari Makita, Bosch, Maktek, Dewalt, Skill, Modern, Bitech.

Inovasi Mesin router bida menggunakan meja yang mempermudah pekerjaan karena labih akurat

Selain penggunaanya secara handheld (dipegang tangan) router juga bisa diterapkan dengan mengunakan meja sebagai dudukan. Meja router ini akan sangat mempermudah pekerjaan karena hasilnya lebih presisi dan stabil. Meja router selain yang buatan pabrk juga bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan kayu atau plywood.

Prinsip dasar kerja alat ini mirip dengan mesin bor vertikal namun kepala pisaunya memiliki bentuk dan desain yang berbeda. Karena Router ini berfungsi untuk membuat alur pada permukaan kayu maka pisau berada pada posisi vertikal ke arah bawah. (berbalikan dengan mesin profil (spindle). Router didesain dengan kecepatan putar (rpm) jauh lebih tinggi dari mesin bor biasa.

Baca Juga:
Pentingnya Meja Kerja (Workbench) Buat Workshop

Mesin ini adalah salah satu dasar dari semua mesin kayu yang saat ini terdapat di pabrik ataupun perusahaan penjual mesin.

Alat utama yang digunakan dalam Router adalah pisau baja yang bentuknya mirip mata bor. Baja yang digunakan adalah baja khusus untuk putaran tinggi yang terbuat dari carbide tipped steel. Pisau tersebut akan berputar dengan kecepatan tinggi dan “memakan” tepian kayu hingga terbentuk lekukan yang diinginkan.

Baca Juga :   Top 14 lampu variasi mobil 12 volt 6 mata terbaik 2022

Berdasarkan bentuk dan fungsinya, pisau Router dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Pisau pembuat alur
    Digunakan untuk membuat bermacam-macam alur, membuat penghias kaki meja, dan bisa juga untuk membuat sambungan.
  • Pisau pembentuk pinggiran kayu Pada ujung pisau ini berupa bantalan peluru dan biasanya dengan bantuan pengantar saat digunakan untuk menggarap kayu. Fungsinya untuk

    membentuk tepian kayu.

  • Pisau perata pinggir
    Pengunaan pisau ini biasanya mengunakan pengantar khusus karena bentuknya yang unik.
  • Pisau pembuat alur kecil
    Digunakan untuk membentuk berbagai macam lekukan hias pada tepian kayu.

Baca Juga:
Menghitung Jumlah Engsel Sendok untuk Pintu Lemari dan Kabinet

Ragam Jenis Mata Router

Aneka jenis mata router dan profil kayu yang beredar di pasaran

Untuk Mengetahui Lebih Detail tentang Router Silahkan Simak Video Dibawah Ini

Kata Kunci:

perbedaan mesin router dan trimmer,jenis mata profil dan fungsinya,jenis mata profil kayu dan fungsinya,jenis mata pisau mesin profil kayu,mata profil kayu,mata mesin profil,mata pisau mesin profil,jenis mata profil,jenis mata profil kayu,perbedaan mesin trimmer dan router

Router dan trimmer, kedua alat ini digunakan sebagai perlengkapan pengolahan kayu. Dan banyak pihak terutama yang masih awam bingung akan perbedaan mesin router dan trimmer. Makanya, di lemkayu.net kali ini, kami akan bagikan poin-poin yang membedakan keduanya. Dengan mengetahui perbedaan ini, Anda akan tahu kapan waktunya menggunakan router dan kapan waktunya menggunakan trimmer.

Industri woodworking terus berkembang seiring berjalannya waktu. Hal ini pun secara langsung berimbas pada proses woodworking atau pengolahan kayu yang makin berkembang. Bila dulu, misalnya, orang hanya mengenal plitur, kini telah banyak varian bahan finishing yang digunakan. Ada finishing dengan hasil transparan, finishing dengan hasil solid color, sampai finishing dengan hasil lapisan keras yang licin dan halus. Begitu juga dengan bahan dasarnya. Dulu, bahan dasar pengolahan kayu sudah pasti adalah kayu solid. Ragam kayu solid yang dipakai memang banyak. Namun demikian, kesemuanya tetap tergolong kayu solid. Saat ini, hal tersebut telah berubah. Tak hanya kayu solid yang bisa dipakai. Aneka kayu olahan juga tersedia untuk digunakan.

Selain bahan atau materialnya, peralatan yang dipakai dalam industri woodworking pun mengalami perubahan. Bila dulu, misalnya, orang mengikat sambungan perabot kayu dengan rotan dan serat alam, kini paku sudah digunakan. Berbagai perlengkapan itu telah membuat kerja manusia menjadi lebih mudah. Namun tak jarang, dengan beragamnya alat yang tersedia, orang sering mengalami kebingungan. Salah satunya terkait dengan mesin router dan trimmer. Meski ada manfaat besar yang bisa didapat dari kedua mesin ini, namun banyak kalangan terutama dari pihak yang baru dalam industri pengolahan kayu masih bingung mengenai keduanya. Nah, kali ini, lemkayu.net akan menjelaskan hal tersebut pada Anda yang membutuhkan informasi terkait. Namun sebelumnya, yuk, pahami dulu apa itu trimmer setelah kita tahu apa itu mesin router seperti telah dijelaskan di atas.

Baca Juga :   Kebijakan apa sajakah yg telah dilakukan untuk melakukan program Revolusi Hijau ini?

Ini Dia Perbedaan Mesin Router dan Trimmer

Mesin Router

Router secara ringkas bisa dikatakan sebagai alat yang dipakai untuk membentuk kayu. Alat ini menggunakan mata baja yang bisa dijalankan ketika alat dihidupkan. Terdapat beberapa tipe mata baja yang digunakan dengan fungsinya tersendiri. Keempat tipe mata baja tersebut adalah:

  1. Pisau pembuat alur besar, fungsinya untuk membuat alur atau pola pada kayu dengan ukuran besar.
  2. Pisau pembuat alur kecil, fungsinya serupa dengan pisau pembuat alur besar, namun lebih kecil
  3. Pisau pembuat bentuk pinggiran kayu, fungsinya untuk memberikan profil atau bentuk pada pinggiran produk kayu
  4. Pisau untuk meratakan pinggir, sebagaimana namanya, memiliki fungsi untuk meratakan bagian pinggir produk kayu

Jadi secara ringkas, bisa dikatakan bahwa alat ini bisa dipakai untuk dua fungsi utama. Fungsi pertama adalah untuk membuat dekorasi pada perabot kayu, yakni dengan pisau pembuat alur dan juga pisau pembentuk pinggiran kayu. Pisau ini bisa dipakai agar meja, pintu, dan berbagai perabot berbahan kayu lainnya terlihat lebih menarik. Kedua, untuk meratakan bagian pinggir kayu. Fungsi ini bukan sekedar penting untuk membuat produk kayu lebih menarik, namun juga penting agar fungsi produk kayu optimal dan pengerjaan selanjutnya (misal finishing) bisa dilakukan.

Trimmer

Kita sudah membahas mengenai mesin router. Supaya kita tahu perbedaan mesin router dan trimmer, tentunya kita juga harus tahu dulu apa itu mesin trimmer. Pada dasarnya, trimmer memiliki prinsip kerja serupa dengan router. Hanya saja, ukuran dari mesin ini lebih kecil dibandingkan dengan mesin router.

Bagaimana dengan jenis pisau atau mata yang dipakai? Sama seperti router, tipe mata yang digunakan pun beragam dengan fungsi yang ditawarkan pun berbeda. Kedua tipe mata pisau tersebut adalah:

  1. Sebelah kiri straight bit. Mata trimmer ini bisa digunakan untuk meratakan produk kayu, termasuk meratakan bagian pinggir HPL yang ditempelkan.
  2. Mata kanan. Mata trimmer kanan bisa digunakan untuk membentuk hiasan alur pada produk kayu. Misalnya untuk membentuk alur hiasan pada figura dan pinggiran meja.

Dari paparan di atas, bisa dikatakan bahwa perbedaan mesin router dan trimmer secara ringkas terletak pada:

  1. Ukurannya. Mesin router memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mesin trimmer.
  2. Jenis mata yang digunakan. Jenis mata pada router yang bisa dipilih ada 4, yakni pembuat alur besar, pembuat alur kecil, perata, dan pembentuk pinggir. Sedangkan trimmer setidaknya punya dua jenis mata, yakni pembentuk alur dan penghalus atau perata pinggir.
Baca Juga :   Mendengar curahan hati teman dalam kesusahan hingga selesai adalah salah satu contoh sikap

Namun secara umum, keduanya memiliki prinsip penggunaan yang sama. Keduanya pun tergolong sebagai perlengkapan kayu modern. Penggunaannya tak dilakukan dengan tenaga manual, melainkan dengan listrik.

Kesimpulan

Pada akhirnya, baik router ataupun trimmer adalah alat yang dibutuhkan dalam proses woodworking. Keduanya memiliki peran penting meskipun tidak sama. Dan, seperti dijelaskan di atas, terdapat perbedaan mesin router dan trimmer. Perbedaan tersebut utamanya terletak pada ukuran yang berbeda antara mesin router dengan trimmer. Jenis mata kayu yang bisa dipakai pun berlainan. Namun secara umum, kedua alat ini memiliki prinsip kerja yang sangat sederhana. Mata pisau trimmer dan router juga beragam dan bisa digunakan untuk kebutuhan yang berbeda. Nah, dengan mengetahui perbedaan di antara keduanya serta persamaannya, kita bisa menggunakan router dan trimmer untuk kebutuhan yang tepat.

Jangan Lupa Gunakan Crossbond

Kita sudah membahas mengenai perbedaan mesin router dan trimmer. Sebagai situs yang membahas perekatan, tak afdol rasanya bila kami tak membahas mengenai lem yang tepat. Sebab, selain harus bisa memilih alat yang benar untuk membuat mebel, lem yang dipakai pun tak boleh salah. Dan khusus untuk hal ini, lem kayu.net telah menyediakan dua adhesive yang bisa digunakan dalam proses woodworking. Sebagaimana router ataupun trimmer, adhesive memang menjadi bahan yang penting untuk digunakan dalam proses pengolahan kayu ini.

Baca Juga:
Mengenal Kegunaan Mesin Router dan Tips untuk Menggunakannya

Nah, dua adhesive yang kami sediakan adalah:

  1. Lem konstruksi Crossbond X3. Crossbond X3 adalah lem polyvinyl acetate water based atau PVAc indoor. Lem ini didesain untuk perekatan area sambungan produk kayu. Misalnya, sambungan finger joint, mortise and tennon, dan masih banyak lagi.
  2. Lem laminasi Crossbond X4. Sama seperti Crossbond X3, Crossbond X4 adalah lem PVAc. Namun lem ini bisa digunakan untuk indoor ataupun outdoor dan merupakan lem laminasi. Aplikasinya bisa dilakukan pada pemasangan veneer kayu, pemasangan lantai deck dan parquet, sampai pengeleman papan tripleks.

Kedua adhesive ini bila digunakan dengan tepat dan sesuai fungsinya akan membantu Anda menghasilkan produk kayu berkualitas tinggi.

Semoga bermanfaat ya! Demikian informasi dari lemkayu.net mengenai perbedaan mesin router dan trimmer sampai tips lem untuk woodworking.

Download WordPress Themes

Download WordPress Themes

Download Nulled WordPress Themes

Download WordPress Themes

udemy course download free

download coolpad firmware

Free Download WordPress Themes

jelaskan bentuk fisik mesin profil

Posted by: pskji.org