Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi pada masa hindu-buddha

Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi pada masa hindu-buddha

Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X


Sejarah Indonesia Kelas X Semester 2 Bab II  Uji Kompetensi Halaman 156

Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi antarpulau pada masa hindu-budha!

Kerajaan sriwijaya melakukan ekspansi perdagangan ke daerah sekitar melayu. Banyak menguasai daerah strategis dan penting. Yang memungkinkan kelancaran kegiatan ekonomi dan perdagangan. Dari kegiatan ekspansinya itu, sriwijaya berhasil menguasai daerah sumatra, pulau-pulau sekitar jawa bagian barat, sebagian jawa bagian tengah, sebagian kalimantan, semenanjung melayu, dan hampir seluruh perairan nusantara. Bahkan sriwijaya disebut sebagai negara nasional pertama. Dari situlah integrasi terbentuk.


Sejarah Indonesia Kelas X Semester 2 Bab II  Uji Kompetensi Halaman 8

Tidak jauh beda dengan sriwijaya, pada masa kerajaan majapahit dibawah pemerintahan hayam wuruk dan patih gajah mada. Kerajaan majapahit mencapai zaman keemasannya dengan wilayah kekukasaannya yang melebihi luas wilayah republik indonesia yang sekarang. Bahkan disebut sebagai negara nasional kedua di indonesia.


Kegiatan ekonomi sangat maju dan berkembang. Karena kegiatan ekonomi perdagangan memanfaatkan jalur pelayaran dari sungai hingga pantai. Dari situ kegiatan perdagangan bisa berkembang hingga antar daerah bahkan antar pulau. Hingga muncul kota-kota pelabuhan seperti surabaya, tuban, gresik, dll. Dari kegiatan ekonomi perdagangan itulah integrasi terbentuk.

Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kurikulum 2013 Indonesia Kelas 10 Semester 1 Bab 1 Uji Kompetensi Halaman 85 Jelaskan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atau pendapat tersebut! Teori Ksatria. – Kelebihannya yaitu Kekuatan teori ini terletak pada semangat petualangan para kaum ksatria. Yaitu para kaum bangsawan atau prajurit. Pendapat tersebut cukup relevan dengan kondisi saat ini. Yaitu, misalnya pemerintah indonesia yang melakukan kunjungan kenegaraan dengan maksud untuk mempromosikan atau menawarkan kerjasama terhadap potensi yang ada di Indonesia. Contohnya di bidang pariwisata. Jika promosi atau kerjasama ini berhasil, kebudayaan yang ada di Indonesia bisa dikenal oleh masyarakat dunia? – Kelemahannya yaitu kurang disertai dengan bukti-bukti yang mendukung. Selama ini belum ada ahli yang dapat menemukan bukti-bukti yang menunjukkan adanya ekspansi dari prajurit-prajurit India ke Kepulauan Indonesia. Teori Waisya. – Kelebihannya yaitu teori yan

Baca Juga :   Kata kunci merupakan kata-kata penting yang terdapat dalam sebuah

Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Kurikulum 2013 Sejarah Indonesia Kelas X Semester 2 Bab III Uji Kompetensi Halaman 183   Jelaskan dan buatlah peta jalur perdagangan alternatif setelah Malaka jatuh ke tangan Portugis pada tahun 1511! Tahun 1511 Malaka jatuh ke tangan Portugis. Akibatnya perdagangan Nusantara berpindah ke Aceh. Dalam waktu singkat Aceh berkembang sebagai bandar dan menjadi sebuah kerajaan yang besar. Para pedagang dari pulau-pulau lain di Indonesia juga datang dan berdagang di Aceh. Para pedagang mengambil jalur alternatif dengan melintasi semenanjung atau pantai barat sumatera ke selat sunda. Pergeseran ini melahirkan pelabuhan perantara yang baru, seperti Aceh, Patani, Pahang, Johor, Banten, Makassar dan lain sebagainya. Sejarah Indonesia Kelas X Semester 2 Bab III Uji Kompetensi Halaman 35

Sejarah Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Bab 5 Latih Uji Kompetensi Halaman 60 Bandingkan tentang kebijakan di bidang pendidikan antara zaman  Pemerintahan Kolonial Belanda dengan pemerintah pendudukan Jepang di Indonesia! – Pemerintahan Jepang Pemerintah Jepang mulai membatasi kegiatan pendidikan. Jumlah sekolah juga dikurangi secara drastis. Jumlah murid sekolah dasar dan jumlah siswa sekolah lanjutan merosot.  Muatan kurikulum yang diajarkan juga dibatasi. Mata pelajaran bahasa Indonesia dijadikan mata pelajaran utama, sekaligus sebagai bahasa pengantar. Kemudian, bahasa Jepang menjadi mata pelajaran wajib di sekolah. Akibatnya angka buta huruf menjadi meningkat dan kondisi pendidikan di Indonesia mengalami kemunduran. Hal ini disebakan karena pemerintah Jepang yang lebih berorientasi pada kemiliteran untuk kepentingan pertahanan Indonesia dibandingkan pendidikan.  – Pemerintahan B

Teman kita, St. Maisyaroh mengirim pertanyaan baru di Blajar.web.id.

Pertanyaannya adalah:
Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi antar pulau pada masa hindu-budha

Baca Juga :   Bagaimana bentuk kombinasi variasi gerak dasar lokomotor dengan gerak kombinasi gerak manipulatif?

Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi antar pulau pada masa hindu-budha

PEMBAHASAN & JAWABAN

Silahkan baca pembahasan dan jawaban atas pertanyaan Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi antar pulau pada masa hindu-budha di bawah ini.

Pertanyaan yang belum terjawab akan segera mendapatkan ulasan dan pembahasan dari pengunjung lainnya, atau dari Kelas Blaajar.com.

Anda juga bisa berpartisipasi memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan “Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi antar pulau pada masa hindu-budha” ini.

Jangan takut berbagi meskipun itu masih kurang benar. Di Blaajar.com, kita saling belajar dan memberikan masukan secara bersama-sama.

Dengan turut memberikan jawaban atau tanggapan atas pertanyaan Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi antar pulau pada masa hindu-budha, kamu telah ikut membantu St. Maisyaroh mendapatkan jawaban yang dibutuhkannya.

2021-09-28

Pelayaran dan perdagangan antarpulau di kawasan Nusantara merniliki peran penting dalam proses integrasi bangsa Indonesia

. Peranan kerajaan sriwijaya dan majapahit dapat dilihat pada tiga hal penting. Seperti yang akan diuraikan berikut ini.

1.Â

Menghubungkan Penduduk Satu Pulau Dengan Lainnya.
Dengan adanya pelayaran dan perdagangan antarpulau, terjadilah hubungan antar penduduk satu pulau dengan pulau lainnya. Penduduk di ujung Nusantara bagian timur bisa berhuburtgan dengan penduduk yang tinggal di ujung Nusantara bagian Barat. Penduduk kota-kota pelabuhan di pulau Nusantara sebelah selatan, seperti Jawa danÂNusa Tenggara

, bisa berhubungan dengan penduduk yang berada di kota-kota pelabuhan Nusantara bagian utara, seperti Aceh, Malaka, Makasar, dan lain-lain. Dengan jalur hubungan pelayaran dan perdagangan tersebut, maka tidak ada pulau atau daerah di Indonesia yang terisolasi atau tidak pernah berhubungan dengan penduduk yang berasal dari daerah lainnya.

Baca Juga :   Apa saja manfaat matahari bagi makhluk hidup sebutkan?

2.Â

Proses Percampuran dan Penyebaran Budaya Satu Daerah Terhadap Daerah Lainnya.Â

Setelah jatuhnya Malaka ke tangan Portugis tahun 1511, sebagian kegiatan perdagangan Nusantara dialihkan ke Aceh, Banten, Makasar, Gresik, dan lain-lain. Di kota-kota tersebut, seperti halnya di Malaka sebelum 1511, terjadi pertemuan antara berbagai suku bangsa. Dari pertemuan itu, terjadilah pertukaran pengalaman, pengetahuan, dan adat-istiadat yang berbeda-beda

3.Â

Percepatan Proses Integrasi BangsaMasuknya bangsa Barat (Eropa) di kawasan Nusantara yang memaksakan monopoli perdagangan, berpengaruh terhadap proses integrasi bangsa sejak abad ke-16. Hal ini disebabkan oleh dua faktor.

Pertama, melalui perdagangan antarpulau pada zaman kejayaan Islam terjadi pertukaran budaya, pengalaman, dan pengetahuan yang berasal dari pedagang yang memiliki latar belakang etnis berbeda-beda tersebut. Mereka melihat bahwa terdapat persamaan di antara mereka, seperti, agama yang dianut, budaya, bentuk fisik , dan warna kulit. Mereka melihat bahwa pedagang Nusantara memiliki persamaan. Persamaan tersebut semakin terasa setelah dibandingkan dengan agama, warna kulit, dan bentuk fisik pedagang Barat

ANDROID
TYPE:
Umum


(
2556
ratings )

Price: $

Jelaskan bagaimana peranan sriwijaya dan majapahit dalam proses integrasi pada masa hindu-buddha

Posted by: pskji.org