jelaskan arti dari sejarah sinkronik

jelaskan arti dari sejarah sinkronik

Ilustrasi berpikir/menimbang. Shutterstock.com


TEMPO.CO
,

Jakarta

– Sesuatu yang dapat melintasi batas waktu disebut diakronik, sedangkan kajian yang lebih menitik beratkan untuk meneliti gejala-gejala yang lebih luas dinamakan sinkronik. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut. Melansir dari repositori.kemdikbud.go.id dalam Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.1 dan 4.1 dijelaskan apa itu diakronik dan sinkronik.

Diakronik adalah konsep berpikir secara runtun atau kronologis yang dimaksudkan sebagai catatan terkait peristiwa yang terjadi secara runtun yang berdasarkan pada waktu kejadian tersebut. Sedangkan dalam bahasa Yunani, sinkronik yang berasal dari kata “Syn” yang artinya “Dengan”, dan “Chronoss” yang berarti “Waktu” menekankan kepada struktur dan kerap digunakan untuk meneliti ilmu-ilmu sosial. Sinkronik memiliki makna yang luas di dalam ruang, akan tetapi mempunyai batasan waktu.

Diakronik dan sinkronik dapat digunakan untuk mempelajari sejarah atau berpikir sejarah. Dilansir dari sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id diakronik berasal dari dua kata yakni “Dia” dalam bahasa latin berarti “Melalui/Melampaui”, dan “Chronicus” yang artinya “Waktu”. Jadi maksud diakronik ialah memanjangkan waktu namun terbatas akan ruang.

Berpikir sejarah secara diakronik artinya berpikir secara kronologis dalam menganalisis suatu hal. Kronologi sejarah dapat membantu mengurutkan kembali suatu peristiwa berdasarkan susunan waktu yang tepat, serta memudahkan dalam proses perbandingan antara kejadian yang terjadi pada waktu yang sama namun di tempat yang berbeda.

Dengan pendekatan diakronik, sejarah berusaha untuk menganalisis perubahan sesuatu dari masa ke masa yang mungkin dianggap sebagai perubahan yang terjadi sepanjang waktu.

Melalui pendekatan ini, sejarawan akan menganalisis dampak terhadap evolusi dari suatu variabel yang memungkinkan sejarawan untuk melakukan pengendalian alasan lahirnya situasi tertentu dari kondisi sebelumnya, atau alasan dari berkembangnya keadaan tertentu.

Memahami peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 dengan menelusuri perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia sejak masa penjajahan Belanda dapat menjadi contoh. Oleh karenanya, berpikir sejarah secara akronisdi sangat mementingkan proses terjadinya sebuah peristiwa.

Adapun berpikir sejarah secara sinkronik ialah dengan berpikir secara luas dalam ruang namun terbatas waktu. Sinkronik menganalisa suatu kejadian pada saat tertentu dengan titik tetapnya ada pada waktu. Sinkronik hanya menganalisis kondisi suatu peristiwa, tidak berupaya untuk membuat kesimpulan terkait perkembangan peristiwa yang ikut serta dalam suatu situasi.

Baca Juga :   Berikan contoh tentang unsur pembukaan dalam sebuah pidato brainly

Peristiwa sejarah, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 dengan menguraikan aspek sosial, ekonomi, politik, dan hubungan internasional menjadi contoh. Intinya berpikir sejarah secara sinkronik adalah cara berpikir yang khusus untuk ilmu-ilmu sosial.

PUSPITA AMANDA SARI

Baca: Deretan Kota yang Hilang di Dunia Kini Jadi Situs Warisan Sejarah

Jelaskan pengertian sinkronik dalam sejarah? pertanyaan tersebut sering sekali keluar pada mata pelajaran sejarah, khususnya bidang sejarah peminatan di sekolah menengah atas (SMA). Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan pengertian berfikir sinkronik dalam sejarah beserta beberapa contohnya dalam kehidupan sehari-hari / bermasyarakat.

Selain pengertian sinkronik dalam sejarah, pada artikel sebelumnya penulis telah mengulas materi tentang konsep diakronik (kronologis) ruang dan waktu. Jika kalian mencari materi tersebut juga, maka tinggal cari saja melalui kolom pencarian pada blog sumber sejarah ini. Okeh, langsung saja simak pembahasan dibawah ini..



Baca Juga: Pengertian Diakronik dalam Sejarah

Jika konsep berfikir diakronis adalah catatan kejadian dari sebuah peristiwa sejarah yang diurutkan berdasarkan waktu terjadinya peristiwa tersebut, maka berbeda dengan berfikir sinkronik. Pengertian sinkronik dalam sejarah adalah mempelajari peristiwa sejarah dengan mementingkan struktur dari peristiwa tersebut, artinya melebar dalam ruang dan lebih mendetail tanpa membandingkan peristiwa yang terjadi sebelumnya.

Maksud dari pengertian konsep berfikir sinkronik dalam sejarah tersebut harus mencakup 5 W + 1 H. Jadi, dalam mempelajari dan mengkaji peristiwa sejarah harus terdapat pedoman What (apa), When (kapan), Who (siapa), Why (mengapa), where (dimana) dan How (bagaimana).

Itulah pedoman konsep berfikir sejarah, jadi tanpa harus mengurutkan peristiwa sejarah berdasarkan waktu saja. Namun harus mengetahui pedoman 5 W + 1 H tersebut. Sampai disini sudah paham? Jika sudah, berikut ini contoh berfikir sinkronik dalam sejarah :

Mempelajari peristiwa bersejarah “Bandung Lautan Api”, hal-hal yang harus dipahami dan dikuasai pada topik pembahasan tersebut antara lain :

  1. Apa pengertian peristiwa Bandung Lautan Api?
  2. Kapan terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api?
  3. Siapa saja tokoh yang terlibat dalam peristiwa Bandung Lautan Api?
  4. Mengapa peristiwa Bandung Lautan Api bisa terjadi?
  5. Dimana peristiwa Bandung Lautan Api berlangsung?
  6. Bagaimana jalannya peristiwa Bandung Lautan Api?
Baca Juga :   Perbedaan raja balaputradewa dan sultan iskandar muda

Itulah pertanyaan yang harus anda kuasai dalam menerapkan konsep berfikir Sinkronik. Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, bisa anda cari disini :
Sejarah Peristiwa Bandung Lautan Api Lengkap (klik link tersebut).

Baca Juga :

Demikian pembahasan singkat mengenai materiPengertian Sinkronik dalam Sejarah, semoga segala hal terkait topik tersebut dapat anda temukan jawabannya pada artikel ini. Semoga bermanfaat dan berguna, kurang lebihnya mohon maaf. Sekian, terimakasih. Jangan lupa baca artikel menarik dan informatif lainnya.

Share ke teman kamu:

Tags
:

Ilustrasi RMS. Foto: Kemdikbud


Konsep berpikir sinkronik dikenal dalam bidang kajian

sejarah.

Menurut

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),

pengertian sinkronik artinya segala sesuatu yang bersangkutan dengan peristiwa yang terjadi pada suatu masa.


Kajian sejarah secara sinkronik artinya mempelajari peristiwa sejarah dengan segala aspeknya pada masa atau waktu tertentu dengan lebih mendalam. Lengkapnya, dapat dijelaskan bahwa konsep sinkronik mempelajari pola-pola, gejala, serta karakter dari suatu peristiwa sejarah pada masa tertentu.


Pendekatan sinkronis dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan ekonomi di Indonesia pada suatu waktu tertentu, menganalisis struktur dan fungsi ekonomi pada keadaan tertentu dan lain-lain. Agar lebih memahaminya, berikut penjelasan tentang konsep berpikir sinkronik lengkap dengan cri-ciri dan contohnya.



Konsep Berpikir Sinkronik dan Cirinya


Secara sederhana, konsep berpikir sinkronik dapat dilakukan dengan memperluas ruang berpikir dan mempersempit waktu terjadinya. Dalam pola pikir sinkronik, peristiwa sejarah dipelajari dalam sudut pandang dan ruangan yang sama.

Ilustrasi cakrabirawa, sejarah Indonesia. Foto: kemdikbud


Pendekatan sinkronis ini mempelajari aspek pada kurun waktu terbatas yang memiliki sifat horizontal dan tidak memiliki konsep perbandingan. Mengutip buku

Teori Linguistik: Beberapa Aliran Linguistik (2018)

oleh Markhamah, dkk., konsep berpikir sinkronik memiliki ciri khusus yakni sebagai berikut:


  • Kerangka berpikir sinkronis mengamati kehidupan

    sosial

    secara meluas berdimensi ruang. Artinya, cara berpikir ini memperdalam pada ruang tertentu secara mendalam, tidak berdimensi waktu.


  • Konsep ini memandang kehidupan masyarakat sebagai sebuah sistem yg terstruktur dan saling berkaitan antara satu unit dengan unit yang lain.


  • Menguraikan kehidupan masyarakat secara deskriptif dgn menjelaskan bagian demi bagian


  • Menjelaskan struktur dan fungsi dari masing masing unit dalam kondisi statis


  • Digunakan oleh ilmu sosial, seperti geografis, sosiologi, politik, ekonomi, antropologi dan aerkeologi

Baca Juga :   Di bawah ini manakah kelebihan menggambar komik secara digital dibandingkan manual adalah?

Contoh Konsep Berpikir Sinkronik


Mengutip buku

Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X,

berikut

contoh

konsep berpikir sinkronik dalam sejarah Indonesia:

Letkol untung dalam tragedi g30s/pki. Foto: kemdikbud



1. Keadaan Ekonomi di Indonesia pada 1998


Keadaan ekonomi di Indonesia pada tahun 1998 sangatlah terpuruk. Terjadi kerusuhan di mana-mana. Bahkan Presiden Soeharto sampai mengundurkan diri.


Terdapat banyak hutang perusahaan dan negara yang jatuh tempo pada tahun 1998 yang membuat banyak perusahaan gulung tikar. Akibatnya, angka pengangguran meningkat pesat.


Pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika Serikat hingga Rp15.000,00 per Dollar Amerika Serikat membuat harga-harga barang meningkat pesat. Akibatnya, inflasi semakin tidak terkendali. Pendapatan per kapita Indonesia juga menurun drastis dari 1.155 USS/ kapita pada tahun 1996 menjadi 610 US$/kapita pada tahun 1998.



2. Suasana pada saat tragedi G3OS/PKI


Tragedi G30S/PKI terjadi pada tanggal 1 Oktober. Pada saat itu, terjadi penculikan dan pembunuhan 7 jendral tentara dan beberapa orang lainnya.


Soeharto pada saat itu diperintah untuk mengambil alih tentara dan menyelamatkan Soekarno. Kemudian Soekarno berhasil menuju istana presiden di Bogor. Soeharto bersama pasukan yang ia pimpin berhasil mengambil kontrol semua fasilitas yang sebelumnya direbut oleh pelaku G30S/PKI.

Tragedi G3OS/PKI. Foto: kemdikbud



3. Pembangunan pada era Orde Baru


Orde Baru adalah masa pemerintahan Presiden Soeharto. Pembangunan Indonesia pada masa Orde Baru sangat pesat. Namun, angka korupsi juga meningkat.


Soeharto membuat program pembangunan jangka pendek yang disebut Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita). Repelita I berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari rata-rata 3% menjadi 6,7% per tahun, meningkatkan pendapatan per kapita, dan menurunkan laju inflasi.


Bahkan pada tahun 1984 Indonesia berhasil mencapai swasembada beras, padahal pada tahun 1970-an Indonesia adalah negara pengimpor beras terbesar di dunia. Namun, pada masa ini terjadi kesenjangan pembangunan antara pusat dan daerah.

jelaskan arti dari sejarah sinkronik

Posted by: pskji.org