Sebutkan contoh alat komunikasi tradisional

Sebutkan contoh alat komunikasi tradisional

Macam-Macam Alat Komunikasi Zaman Dulu

GridKids.id –Alat komunikasi sudah ada sejak zaman dulu dan digunakan untuk menyampaikan dan menyebarkan pesan.

Apa kamu sudah tahu macam-macam alat komunikasi yang digunakan pada zaman dulu?

Nah, Kids, alat komunikasi zaman sekarang sudah lebih canggih dan bisa menyampaikan pesan dengan cepat, kapan saja dan dimana saja.

Yap, saat ini kita bisa menggunakan telepon atau ponsel untuk berkomunikasi, bahkan bisa dengan video call atau panggilan tatap muka.

Baca Juga: Intip Alat Komunikasi Zaman Dulu Sebelum Adanya Ponsel, Bikin Rindu Masa Lalu

Dengan adanya ponsel, kita bisa dengan cepat menyampaikan pesan kepada orang lain, bahkan orang yang tinggal di luar negeri.

Nah, Kids, berikut ini 5 alat komunikasi yang digunakan orang zaman dulu untuk menyampaikan pesan, berserta fungsinya:

Macam macam alat komunikasi –Sekarang sudah tersedia banyak alat komuikasi yang bisa digunakan untuk menerima atau memberikan informasi dengan cepat, baik untuk satu orang atau untuk khalayak.

Meskipun begitu, kita jangan sampai melupakan alat komunikasi tradisional yang dulu sudah di gunakan sebelum adanya teknologi canggih seperti saat ini.

Jaman dulu, alat komunikasi paling terkenal adalah telegraf dan surat. Dimana sesorang bisa memberikan informasi melalui tulisan dan dikimkan kepada penerima.

Sekarang terdapat alat komunikasi modern yang semakin canggih dan membuat informasi cepat sampai. Contoh alat komunikasi modern adalah smartphone.

Macam macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Dengan banyaknya alat komunikasi saat ini, mungkin sebagian dari kalian masih ingin mencari tau apa saja alat komunikasi tradisional yang di gunakan oleh orang-orang jaman dahulu. Berikut kami akan memberikan informasi secara lengkap tentang macam-amcam alat komunikasi baik tradisional atau alat komunikasi modern.

Alat Komunikasi Tradisional

1. Surat

Surat menjadi salah satu alat komunikasi tradisional paling terkenal dan hampir di gunakan di seluruh dunia oleh masyarakat jaman dulu. Surat ini berisi tulisan yang di berikan kepada seseorang yang ingin di tuju. Surat di anggap salah satu komunikasi paling tepat untuk menyampaikan kabar atau informasi. Namun, saat ini alat komunikasi Surat mulai ditinggalkan oleh masyarakat karena di anggap kurang efektif dan cepat.

2. Telegraf

Alat komunikasi selanjutnya adalah Telegraf. Alat komunikasi ini menggunakan perantara listrik untuk bisa mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode nah kode ini dalam bentuk pulsa listrik. Di dalam itu terdapat kabel dan tembaga yang berguna untuk mengirim sinyal dari jarak jauh. Alat komunikasi ini dulu sangat populer.

3. Lonceng, Kentongan, atau Alat yang Mengeluarkan Suara

Dulu, pasti kalian sering melihat adanya kentong atau lonceng di depan rumah atau di loteng. Nah alat ini juga dulunya di gunakan sebagai media komunikasi. Alat ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat melalui bunyinya. Bahkan hingga saat ini, kentongan masih di gunakan untuk memberi tahu jika ada maling, atau biasanya juga di gunakan untuk membangunkan orang-orang saat sahur tiba. Sedangkan lonceng, sekarang masih di gunakan di gereja atau sekolah.

Baca Juga :   Upaya pemerintah dalam menangani kasus Pelanggaran hak adalah

4. Daun Lontar

Orang jaman dulu memang sudah menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi yang tepat. Alat komunikasi surat-menyurat di Indonesia telah dimulai sejak masa kerajaan Pajajaran, Tarumanegara, Sriwijaya, Mataram, dan Majapahit. Daun lontar inilah yang di pakai untuk bahan kerajinan serta naskah, pada jaman itu daun lontar menjadi sangat lazim di gunakan.

5. Merpati Pos

Jaman dulu burung merpati sudah digunakan untuk menyampaikan pesan jarak jauh. Saat masa perang dulu, merpati memiliki kegunaan yang luar biasa, apalagi dulu belum tersedia alat komunikasi yang canggih sehingga merpati lah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan militer yang bersifat rahasia.

6. Telepon Kaleng

Nah, dulu siapa disini yang sering telpon-telponan menggunakan alat yang satu ini?. Meskipun terlihat sederhana, namun alat ini mampu memberikan suara meskipun dari jarak yang cukup jauh. Dengan menggunakan alat ini, kalian tidak perlu repot bernada keras untuk dapat di dengar oleh pengguna telepon kaleng.

Alat Komunikasi Modern

1. Handphone

Saat ini banyak masyarakat yang memiliki handphone. Dulu mungkin hanya kalangan tertentu saja yang bisa menggunakan handphone.  Namun sekarang siapa saja sudah memiliki handphone, bahkan ada versi yang lebih canggihnya yaitu smartphone. Dimana sekarang masyrakat tidak lepas dari adanya alat komunikasi yang satu ini.

Berbeda dengan Handphone yang memiliki ukuran kecil dan mudah di bawa kemana saja. Telepon Kabel hanya dapat digunakan di rumah atau kantor saja, tidak bisa di bawa pergi tanpa menggunakan kabel. Dulu telepon kabel menjadi alat yang banyak digunakan di kantor-kantor dan pengusaha, sebelum adanya Handphone dan smartphone.

3. Radio

Radio merupakan alat komunikasi yang bisa menyampaikan informasi menggunakan suara atau sinyal, dengan menggunakan gelombang  elektromagnetik. Walaupun sekarang semakin canggih alat komunikasi. Namun radio tidak pernah hilang peminatnya sampai saat ini. Bahkan radio menjadi favorit beberapa orang.

4. Televisi

Televisi menjadi barang yang wajib ada dirumah saat ini, Dimana kalian bisa mendapatkan informasi sekaligus gambar. Berita yang di sampaikan tidak hanya suara saja namun dilengkapi juga dengan gambar bahakan penyebaran infomasi menggunakan televisi jauh lebih cepat. Sehingga televisi menjadi sebuah media komunikasi paling populer.

5. Komputer

Komputer adalah alat komunikasi yang digunakan untuk memanipulasi serta mengelola data berdasatkan perintah yang di berikan oleh pengguna komputer tersebut. Saat ini komputer sudah di pakai seluruh dunia, mengingat komputer menjadi salah satu media paling penting. Selain itu, komputer juga di gunakan sebagai alat untuk menyimpan data-data serta dokumen penting yang berbentuk file, foto, atau video.

Baca Juga :   Bentuk Sederhana Dari 9y2 4xy 5y 7y2 3xy Adalah

6. Koran

Alat komunikasi modern selanjutnya adalah koran. Koran di kenal oleh masyarakat memberikan informasi secara lengkap berbentuk tulisan yang di cetak pada media koran. Isi berita di dalam koran biasanya berupa berita politik, bisnis, olahraga, serta prakiraan cuaca. Koran juga di lengkapi dengan hiburan seperti teka teki silang atau TTS dan banyak hiburan lainny seperti karikatur.

7. Faksimili

Alat komunikasi faksimili di gunakan utnuk mengirim dan menerima informasi melalui telephoto menggunakan sistem reproduksi fotografi, sehingga memungkinkan kalian mengirim salinan atau isi dari sebuah halaman, baik berupa gambar maupun tulisan ke mesin faksimili lain dengan saluran telepon dalam hitungan menit saja.

Semakin berkembangnya teknologi, maka alat komunikasi juga semakin canggih. Namun meskipun begitu, kita harus tetap berhati-hati dalam memanfaatkan alat komunikasi agar bisa digunakan dengan baik dan digunakan untuk hal-hal positif. Baik alat komunikasi tradisional atau alat komunikasi modern, semuanya memiliki ciri khas dan paling penting bisa menyampaikan informasi dengan baik dan benar.

  • Bupati Puncak Willem Wandik, Selasa, menyerahkan santunan kepada sembilan korban aksi pembantaian oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di pedalaman Distrik Beoga Kabupaten Puncak, Papua.Penyerahan …

  • Produsen mobil Prancis Renault meluncurkan SUV Austral baru, menandai upaya teranyar untuk bersaing di segmen mobil kompak sambil bergerak ke kelas atas dengan sentuhan akhir …

  • Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana minta masyarakat memastikan investasi yang …

  • Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (​​​KPCPEN) mencatat sebanyak 192.360 warga Sulawesi Selatan telah melakukan vaksinasi COVID-19 penguat (booster) atau 2,73 persen dari total target …

  • Salah satu satuan kerja di bawah Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), yaitu Badan Riset dan Standardisasi (Baristand) Industri Surabaya, meraih predikat …

  • Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengharapkan Gelar Seni Budaya 2022 bisa membuka era baru wisata budaya daerah, khususnya di Kota Palangka …

  • Liputan6.com, Jakarta – 9 Maret setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Peringatan ini ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Keputusan Presiden No. 10 tahun 2013. Dikutip dari laman ditsmp.kemdikbud.go.id, tanggal 9 dipilih karena disebut sama dengan kelahiran komponis besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman atau W.R Supratman. Ada beberapa pihak menyebut pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya ini lahir pada 9 Maret 1903. Kendati demikian, penetapan ta

  • Wajah yang kusam merupakan salah satu pertanda bahwa kulit sedang dalam keadaan tidak sehat. Dibutuhkan perawatan yang tepat untuk mengembalikan kesehatan kulit.Bertambahnya usia, terpapar dengan …

  • Fimela.com, Jakarta Dompet sejak dulu dianggap sebagai barang pribadi bagi seseorang. Karenanya, selain uang, dompet biasanya juga digunakan untuk menyimpan sesuatu yang bersifat sangat pribadi, seperti salah satunya adalah foto. Kebiasaan ini juga dilakukan oleh beberapa artis. Biasanya foto yang disimpan di dompet merupakan foto orang tersayang atau foto dirinya sendiri. Bahkan tak jarang mereka yang menyimpan foto idola di dalam dompetnya. Lalu, siapa saja artis yang masih melakukannya? Berik

  • Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membahas potensi wisata Danau Sentarum saat bertemu dalam acara peluncuran kalender agenda …

  • Tim Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter FK Unhas meraih juara II pada Kompetisi Ilmiah Nasional EXIT (Expo dan Seminar Ilmiah Tahunan) MRC (Medical Student Research Centre) 2022 untuk cabang …

  • Gelandang senior Borneo FC Sultan Samma ingin konsistensi permainan timnya terus terjaga di sisa laga yang masih harus dilakoni Pesut Etam pada BRI Liga 1 2021/2022.Masih ada lima laga lagi akan …

  • Pakar Hukum Tata Negara Jimly Asshiddiqie merasa yakin sekaligus meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa penundaan Pemilu 2024 tidak akan terjadi.”Saya ingin meyakinkan semua kalangan bahwa ini …

  • Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi, menguat 47 poin atau 0,32 persen ke posisi Rp14.295 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan …

  • Internasional Women 20 atau W20 dalam Presidensi G20 Indonesia 2022 menjadi wadah untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perempuan, khususnya yang ada di wilayah Kota Batu, Jawa Timur.

  • Ada beberapa daerah lain di wilayah Lombok dan Bali yang dapat menjadi destinasi untuk menginap sekaligus dinikmati keindahannya apabila Anda berencana untuk menyaksikan MotoGP di Mandalika.Berikut …

  • Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan jurus Kementerian Perdagangan dalam mentransformasi perdagangan yang akan berkontribusi pada pemulihan ekonomi nasional dari dampak …

  • Fimela.com, Jakarta Pernikahan Rizky Billar dan Lesti Kejora termasuk dalam pernikahan artis yang sangat mewah. Bahkan, pernikahan ini disiarkan langsung melalui televisi. Setelah pernikahan, rumah tangga mereka pun selalu mendapatkan perhatian publik. Kini, keduanya sudah dikaruniai seorang anak yang kemudian biasa disapa Baby Leslar. Perhatian orang pun semakin banyak tercurah kepada mereka. Seperti sekarang ini ketika ada pengakuan di kanal YouTube mereka, Leslar Entertainment. Pengakuan ini

  • Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat menyampaikan kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 masih tinggi di mana tercatat laporan kasus per hari ini sebanyak 170 …

  • Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau mencatat jumlah kasus aktif COVID-19 Kabupaten Lingga terendah dibandingkan enam kabupaten dan kota di wilayah itu.Ketua Harian Satgas …

Baca Juga :   Bagaimana cara kerja kincir angin dari kertas

Sebutkan contoh alat komunikasi tradisional

Posted by: pskji.org