Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara asean tentang pendapatan barang

Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara asean tentang pendapatan barang

tirto.id – Ada beberapa aspek yang menjadi pengaruh perubahan dari interaksi keruangan terhadap kehidupan di negara-negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Salah satu aspeknya, adalah kehidupan ekonomi.

Seperti dilansir dari Modul Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19 untuk Jenjang SMP, perubahan ruang dan interaksi antar-ruang dapat terjadi dalam berbagai ruang lingkup ataupun skala.

Contohnya dalam skala sempit, perubahan ruang dan interaksi antar-ruang terjadi antara desa dengan kota. Sementara dalam skala luas, perubahan ruang dan interaksi antar-ruang dapat terjadi antar-negara dan antar-benua.

Perubahan yang paling tampak di Asia adalah alih fungsi lahan. Tidak sedikit daerah di Asia yang berubah menjadi daerah perkotaan. Maka dari itu, perubahan tersebut mendorong terjadinya interaksi antar-ruang dalam bentuk perpindahan penduduk dari desa ke kota.

Pada tahun 2015, sekitar 47 persen penduduk Asia tinggal di daerah perkotaan. Lantas, bagaimana pengaruh perubahan ruang terhadap kehidupan ekonomi di ASEAN?

Sebagai upaya membangun kehidupan ekonomi di ASEAN, negara-negara Asia Tenggara menerapkan ASEAN Free Trade Area (AFTA), demikian dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial.

Secara ekonomis, AFTA akan menjadikan kegiatan ekonomi lebih meluas. Terdapat banyak pilihan konsumsi dari segi kuantitas dan kualitas. Kerja sama berbagai negara di ASEAN ini mendorong terjadinya perubahan tatanan kerja sama antar-negara dalam bidang ekonomi.

Persaingan dalam kegiatan ekonomi menjadi lebih ketat dengan adanya kompetitor dari luar negeri. Kegiatan produksi suatu negara ASEAN bisa dengan mudah dilakukan dan dipasarkan ke negara lain dalam lingkup ASEAN.

Kerja sama ASEAN menjadikan jangkauan proses distribusi menjadi lebih jauh. Barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen sampai ke tangan masyarakat (konsumen) melalui distributor.

Baca Juga :   Berapa Kartu Yang Dibawa Oleh Wasit Dalam Pertandingan Sepak Bola

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi transportasi dapat memperpendek jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk mendistribusikan barang atau jasa sampai ke tangan konsumen.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa, lautan luas tidak lagi menjadi penghalang untuk mendistribusikan barang dan jasa. Kemudahan distribusi ini sangat menguntungkan pelaku kegiatan ekonomi dan memungkinkan mereka mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Pasalnya, kegiatan distribusi antar-negara dalam bentuk ekspor dan impor yang melibatkan dua negara atau lebih identik dengan pergerakan barang atau jasa antar-negara.

Dalam hal ini, kegiatan produksi dan distribusi bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen. Konsumen adalah pengguna barang atau jasa yang telah diproduksi oleh produsen dan didistribusikan oleh distributor.

  1. Indonesia dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh petani di Thailand dan Myanmar. Produk elektronik Singapura dapat lebih mudah diperoleh oleh masyarakat di negara ASEAN.
  2. Singapura adalah negara yang mengutamakan sektor perdagangan dan sangat bergantung pada ekspor dan impor. Dalam hal ini, banyak negara-negara lain yang ingin berinvestasi di Singapura karena iklim investasi yang sangat menarik dan suhu politik yang stabil.
  3. Produsen beras seperti Thailand dapat dengan mudah mengekspor produknya ke Singapura, Indonesia, dan negara anggota ASEAN lain tanpa dibebani pajak, begitupun sebaliknya.

Baca juga:

  • Bentuk Kerjasama ASEAN di Bidang Ekonomi, Politik hingga Pendidikan
  • Persamaan dan Perbedaan Profil Anggota ASEAN: Indonesia & Malaysia
  • Keunggulan Negara-negara ASEAN: Indonesia, Malaysia, Singapura

Baca juga artikel terkait ASEAN atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati

(tirto.id – ega/ale)


Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto
Kontributor: Ega Krisnawati

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Kehidupan ekonomi di ASEAN

Lihat Foto

Ilustrasi.

KOMPAS.com
– Pengaruh perkembangan ilmu dan teknologi terhadap perubahan ruang terhadap berbagai aspek kehidupan manusia adalah memudahkan dalam berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia.

Baca Juga :   Ciri ciri yang tepat pada gambar cerita adalah

Salah satu teknologi yang memiliki peranan besar dalam mengubah kehidupan manusia dalam berinteraksi adalah teknologi komunikasi.

Komunikasi adalah cara manusia saling berhubungan atau berinteraksi.Teknologi komunikasi dimanfaatkan untuk bertukar informasi.

Ilmu yang menghasilkan teknologi komunikasi mengurangi jarak dan waktu dalam berinteraksi antarpihak.

Cara berkomunikasi pertama kali diajarkan oleh ibu kepada anaknya. Bahasa yang diajarkan ibu kepada anak disebut bahasa ibu.

Bahasa ibu bisa berupa bahasa Indonesia, bahasa Melayu, bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

Baca juga: Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi Terhadap Perubahan Ruang

Ilmu pengetahuan berjasa mengubah perkembangan teknologi komunikasi menjadi semakin canggih.

Teknologi komunikasi memungkinkan informasi dapat menyebar luas dalam waktu singkat.

Perkembangan teknologi komunikasi sangat menguntungkan karena dapat mengurangi jarak dan waktu.

Berbeda dengan keadaan masa lalu, ketika komunikasi masih menggunakan surat, yang membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tujuan.

Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara ASEAN sebagai akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dapat dilihat. Berikut ini dampak dari perubahan tersebut bidang sosial adalah?

  1. Bertambahnya pendapatan negara dari pajak dan sewa
  2. bertambahnya jumlah penduduk dalam waktu singkat
  3. nilai barang lokal meningkat seiring permintaan mata uang asing
  4. perubahan sistem dan norma
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. bertambahnya jumlah penduduk dalam waktu singkat

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara asean sebagai akibat perkembangan teknologi transportasi dan komunikasi dapat dilihat. berikut ini dampak dari perubahan tersebut bidang sosial adalah bertambahnya jumlah penduduk dalam waktu singkat.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Proses Penandatanganan saat didirikannya ASEAN dinamakan?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Baca Juga :   Jelaskan apa yang dimaksud dengan perang Jawa


Organisasi-organisasi pergerakan yang didirikan jepang seperti gerakan tiga a, pusat tenaga rakyat, akhirnya dibubarkan semua oleh pemerintah jepang, …

hal ini disebabkan


kerajaan Islam yang terdaat di pulau Jawa adalah​


Dampak negatif dari teknologi pada gambar di samping adalah…. A. mudah berkomunikasi dalam jarak jauh B. mudah mendapat informasi di dunia C. menjad …

ikan terlena dan lupa waktu D. membantu saat darurat​


yang dapat dilakukan oleh seseorang dalam mempertahankan kemerdekaan kecuali​


Untuk melindungi produksi dalam negeri terhadap barang-barang impor, tindakan pemerintah…


Usaha mengembangkan kegiatan ekonomi denngan mendasarkan pada ide, gagasan-gagasan inovatif masyarakat disebut … a . industri kreatif b . ekonomi kr …

eatif c . produk kreatif d . tenaga kreatif


Tugas ips tabel 3.5 kegiatan ekspor-impor yang dilakukan masyarakat


Wirausahawan dapat mengajukan modal pinjaman pada lembaga keuangan untuk mengembangkan usahanya. salah satu manfaat menggunakan modal pinjaman adalah


Tolong dibantu yh kak​


tolong kak besok di kumpulkan ​

Perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara asean tentang pendapatan barang

Posted by: pskji.org