jelaskan pengertian throw in dalam permainan sepak bola

jelaskan pengertian throw in dalam permainan sepak bola

Lemparan ke dalam (bahasa Inggris: Throw -in) adalah metode lemparan ke area permainan pada permainan sepak bola karena bola keluar dari garis lapangan sebelumnya.

Apa yang dimaksud dengan tendangan sudut dan throw in dalam permainan sepak bola?

Jawaban terverifikasi ahli. Lemparan bola ( throw in) adalah lemparan yang dilakukan oleh salah satu pemain dengan menggunakan dua tangan ketika bola sudah keluar lapangan. Kalau bola keluarnya di garis belakang gawang maka bisa saja tendangan sudut atau tendangan gawang.

Jelaskan apa yg dimaksud dengan penalty kick?

Tendangan penalti adalah metode menendang dalam pertandingan sepak bola, yang dilakukan dari titik penalti berjarak 11 meter menuju gawang. Tendangan penalti dilakukan selama permainan berlangsung. Hal ini diberikan ketika pelanggaran dengan hukuman tendangan bebas terjadi dalam area penalti.

You might be interested:
Tanya pembaca: Gemini Cocok Dengan Zodiak Apa?

Apa yang dimaksud Corner dan Throw In?

THROW IN dalam sepak bola terjadi karna permainan terhenti akibat bola kerluar dari garis pinggir lapangan, kalau keluar dari garis samping gawang berarti GOAL KICK or CORNER KICK. THROW IN diambil dari bahasa inggris kalau bahasa indonesianya berarti lemparan kedalam. Maka tim lawan bisa melakukan throw in.

Bagaimana proses terjadinya throw in?

Lemparan ke dalam akan dilakukan jika bola keluar melewati garis samping lapangan. Caranya cukup sederhana, yakni melempar kembali bola ke dalam lapangan. Lemparan dilakukan oleh pemain lawan dari yang menyentuh bola terakhir sebelum keluar garis. Semua itu dilakukan di titik di mana bola keluar.

Apa yang dimaksud dengan throw in jelaskan langkah langkah melakukan throw in yang benar?

Cara melakukan throw in dalam sepak bola, mau coba?

  1. Saat melakukan lemparan bola, kedua kaki harus menginjak tanah.
  2. Saat melakukan lemparan bola, kedua kaki harus berada di luar garis atau di atas garis.
  3. Saat melakukan lemparan bola, si pelempar harus menggunakan dua tangan dan harus dari belakang melalui atas kepala dan dilakukan dengan sekali lemparan.

Apa yang menyebabkan terjadinya tendangan sudut dalam permainan sepak bola jelaskan?

Terjadinya tendang sudut inipun disebabkan karena adanya kontak terakhir yang dilakukan tim lawan sehingga menyebabkan bola meninggalkan lapangan melalui garis gawang tim lawan. Tendangan sudut ini pun dilakukan di salah satu sisi terdekat saat bola meninggalkan garis gawang.

Baca Juga :   Tujuan Dari Hukum Ditunjukkan Nomor

Bagaimana cara melakukan tendangan sudut dalam permainan sepak bola?

Cara melakukan Tendangan Sudut

  1. Bola harus diletakkan pada pojok lapangan terdekat, di dalam busur garis sudut.
  2. Pemain lawan tidak boleh mendekat dan berada pada jarak yang tidak kurang 5 meter dari bola.
  3. Bola ditendang oleh salah satu pemain dari tim penyerang.

Apa yang dimaksud dengan tendangan pojok?

Tendangan sudut merupakan sebuah aturan dalam permainan sepak bola. Metode ini berasal dari Aturan Sheffield tahun 1867. Aturan tendangan sudut ini mulai diterapkan oleh federasi sepak bola di Inggris, yakni FA pada 17 Februari 1872.

Jelaskan apa yang dimaksud offside pada permainan sepak bola?

Seperti yang sudah lazim diketahui, off-side adalah posisi ketika seorang pemain berada lebih dekat dengan garis gawang lawan daripada bola dan pemain lawan terakhir kedua.

Apa yang dimaksud dengan handball dalam permainan sepak bola?

Bisnis.com, JAKARTA – Hand ball istilah dalam sepakbola saat seorang pemain menyentuh bola dengan menggunakan tangan. Kiper pun dibatasi hanya boleh memegang bola dalam kotak penalti. Apabila itu dilakukan, maka tim lawan akan mendapatkan tendangan bebas.

Apa yg dimaksud dengan free kick?

Bisnis.com, JAKARTA – Di sepakbila kita sering mendengar istilah free kcik. Secara harfiah, artinya tendangan bebas. Kalau pelanggaran itu terjadi di kotak penalti, maka tendangan bebas tersebut dinamakan tendangan pinalti.

Apa yang dimaksud dengan Corner?

Menurut Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia, arti kata corner adalah sudut. Arti lainnya dari corner adalah pojok.

Apa yang dimaksud offside dan Throw In?

jawaban: off-side adalah posisi ketika seorang pemain berada lebih dekat dengan garis gawang lawan daripada bola dan pemain lawan terakhir kedua. Apa yang dimaksud foul? Jawaban:Lemparan ke dalam ( throw in) adalah salah satu bagian dari permainan sepakbola yang sering kita lihat.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan corner kick dan Penalty Kick?

Tendangan sudut ( Corner kick ) adalah metode tendangan pada salah satu sisi pojok lapangan dalam laga sepak bola. Kalau pelanggaran itu terjadi di kotak penalti, maka tendangan bebas tersebut dinamakan tendangan pinalti.

Baca Juga :   Kerjasama sangat diperlukan dalam kehidupan manusia sebutkan dan jelaskan beberapa bentuk kerjasama

Lemparan ke dalam
(bahasa Inggris:
Throw-in) adalah metode lemparan ke area permainan pada permainan sepak bola karena bola keluar dari garis lapangan sebelumnya. Metode ini dijelaskan dalam hukum ke-15 LOTG. Lemparan ke dalam tidak boleh dipergunakan sebagai tendangan kaki ataupun sundulan kepala melainkan lemparan bola dengan dua tangan menuju area permainan. Sebuah gol tidak boleh dilakukan melalui lemparan ini. Pelempar bola tidak boleh diganggu ketika melontarkan bola.[1]

Situasi lemparan kedalam


  1. ^

    “Football”
    (PDF). Diarsipkan dari versi asli
    (PDF)
    tanggal 2015-06-16. Diakses tanggal
    2015-09-24
    .


Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Lemparan_ke_dalam&oldid=19300930”

Lihat Foto

DORTMUND, JERMAN – 28 SEPTEMBER: Lukasz Piszczek dari Dortmund menyiapkan lemparan ke dalam selama pertandingan Bundesliga antara Borussia Dortmund dan SV Werder Bremen di Signal Iduna Park pada 28 September 2019 di Dortmund, Jerman.

KOMPAS.com
– Sepak bola memiliki aturan berupa lemparan ke dalam ketika bola keluar dari lapangan permainan ketika pertandingan berjalan.

Aturan bernama lemparan ke dalam (throw-in) berlaku bila bola keluar dari garis samping lapangan yang berjarak 90-120 m (meter).

Bola keluar melewati garis samping lapangan sepakbola, maka permainan dilanjutkan dengan lemparan ke dalam.

Bola yang keluar dari garis samping lapangan bila perlu diputuskan oleh hakim garis untuk menentukan hak sebuah tim untuk melakukan lemparan ke dalam.

Ketetapan dan rangkaian cara lemparan ke dalam termuat dalam peraturan sepak bola (Laws of The Game) dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Baca juga: Istilah-istilah Sepak Bola saat Duel Maupun Bertahan

Menurut buku besar peraturan sepak bola dari IFAB, bola yang keluar dari garis samping lapangan bila bola terakhir musuh atau kawan akan dilakukan lemparan ke dalam.

Lemparan ke dalam dilakukan dengan syarat sebagai berikut:

  1. Istilah throw-in dalam permainan sepak bola berarti lemparan ke dalam. hal ini dilakukan oleh pemain pihak penyerang, apabila bola keluar lapangan melalui garis samping baik melambung atau menggelinding, dan bola terakhir disentuh oleh pemain bertahan.
  2. Pemain yang melempar bola menghadap lapangan permainan.
  3. Kedua kaki dari pemain yang melakukan lemparan ke dalam berada di luar garis batas lapangan.
  4. Seorang pemain harus melakukan lemparan ke dalam memakai dua tangan dari belakang kepala.
  5. Titik diambilnya lemparan ke dalam merupakan tempat di mana bola bergulir keluar lapangan.
Baca Juga :   Dont look back the legend of orpheus tentang

Di luar syarat utama bagi seorang pemain ketika melakukan lemparan ke dalam, terdapat ketentuan lain sesuai aturan IFAB.

Ketentuan tersebut berkaitan dengan kondisi bola setelah masuk atau kembali ke dalam lapangan permainan, seperti:

  • Seorang pemain yang melakukan lemparan ke dalam tidak boleh menguasai bola sebelum menyentuh pemain lain.
  • Pemain boleh melakukan lemparan ke arah lawan secara sengaja, dengan tidak berniat kasar atau mencederai lawan, untuk bisa menguasai bola setelah menyentuh pemain musuh.
  • Bola tidak boleh menyentuh tanah sebelum melewati garis setelah dilempar, jika terjadi lemparan dapat diulang atau diberikan kepada tim lawan.
  • Pemain lawan harus berjarak minimal 2 (dua) meter dari titik lemparan ke dalam dilakukan
  • Bola dari lemparan ke dalam tidak bisa digunakan untuk mencetak gol secara langsung tanpa mengenai tubuh pemain mana pun.

Baca juga: Asal-usul Jumlah Pemain Sepak Bola 11 lawan 11

Sanksi pelanggaran dalam lemparan ke dalam

Apabila seorang pemain melakukan kesalahan dalam melakukan lemparan ke dalam, maka wasit bisa memberikan hukuman sebagai berikut:

  1. Tendangan bebas tidak langsung apabila pelempar ke dalam menyentuh bola dalam permainan sebelum mengenai pemain lain
  2. Peringatan keras kepada pemain lawan apabila menghalangi lemparan ke dalam atau berada dalam jarak kurang dari 2 meter.
  3. Lemparan dalam diberikan kepada pemain lawan jika ditemukan kesalahan saat melakukannya atau pelanggaran lain.

Hal lain yang berkaitan dengan lemparan ke dalam adalah tidak berlakunya aturan offside pada seorang pemain saat menerima bola hasil lemparan ke dalam.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

jelaskan pengertian throw in dalam permainan sepak bola

Posted by: pskji.org