perbedaan branjangan java dan parva

perbedaan branjangan java dan parva

mirafra javanica parva atau yang sering disebut branjangan NTB pada saat muda (belum ganti bulu)

branjangan parva NTB setelah ganti bulu

Branjangan NTB atau mirafra javanica parva banyak hidup di pulau Nusa Tenggara Barat dan Sumbawa. Burung jenis ini dalam beberapa tahun belakangan banyak kita temui di pasar-pasar burung. Banyak pengepul burung yang sengaja mendatangkan burung ini dari NTB untuk dijual di pulau Jawa Dan Sumatera. Memang branjangan parva ini masih belum sepopuler saudaranya, mirafra javanica javanica.Orang lebih banyak mencari dan mau membeli branjangan lokal jawa dibandingkan dengan parva meskipun harga burung bakalan saja dapat mencapai 20x lipat harga branjangan parva. Masih banyak sentimen dan anggapan bahwa parva tidak mampu untuk menjadi burung unggulan dan klangenan. Padahal dalam gelaran lomba burung di Tegal beberapa bulan lalu mampu menghasilkan juara 1 dari branjangan jenis parva. Namun kenyataan tersebut tetap tidak mampu merubah paradigma masyarakat terhadap branjangan parva. Orang tetap mencoba mencari mirafra javanica javanica setiap ke pasar burung dan di grup- grup penghobi burung. Akibatnya tidak sedikit penjual burung yang mulai nakal dengan menjual branjangan parva namun diakui sebagai branjangan lokal. Modusnya banyak dan sangat lihai. Bagi pemula dan orang awam jika tidak berhati-hati bisa saja tertipu oleh penjual nakal tersebut.Sehingga kali ini branjangan.weebly.com akan banyak membahas mengenai perbedaan yang sangat jelas dari jenis branjangan parva dengan Mirafra Javanica Javanica. Tujuannya sebagai tambahan ilmu bagi kita semua agar tidak tertipu dengan penjual-penjual nakal.

Ciri khas Branjangan Parva:

1. Ukuran burung cenderung kecil antara 11-12 cm. Dengan kaki tidak terlalu panjang.2. Warna burung perpaduan hitam, putih, dan coklat. Pada batikan punggung warna putih dan hitam lebih mendominasi. Warna coklat hanya ada dibagian bulu sayap dan 1/5 bagian bulu punggung.3. Pada saat burung masih muda alias belum berganti bulu, batikan cenderung tidak rata dan lancip-lancip berwarna perpaduan hitam dan putih (lihat gambar 1).4. Pada saat burung sudah dewasa atau berganti bulu, batikan sayap berwarna coklat muda dengan motif bulat-bulat kecil beraturan. Batikan pada punggung berupa perpaduan warna putih dan hitam dengan motif tidak beraturan (lihat gambar 2).5. Tipe suara treeble dengan suara khas “cik cik tir.. cik cik tir..” ketika sudah dimaster dengan burung lain, suara asli tidak hilang.​6. Harganya murah. Burung bakalan dihargai mulai 35.000an dan yang sudah siap dibawa ke lapangan lomba sekitar 1.500.000an. Jika ada penjual yang ingin menjual branjangan dengan harga dibawah 1.500.000 dan itu diakui sebagai branjangan lokal jawa atau javanica maka kita patut curiga.Sebagai tambahan informasi, saat ini Mirafra Javanica Parva juga banyak ditemui di alam liar sekitar pulau Jawa. hal ini sebagai akibat dari menipisnya Mirafra Javanica Javanica di alam, sehingga banyak program konservasi dan pelepasan liar burung branjangan parva di sekitar pulau Jawa. hal ini banyak dilakukan oleh pemerintah dan lembaga serta yayasan yang peduli akan lingkungan hidup.​Dari beberapa ciri diatas sudah cukup bekal kita untuk memilih branjangan sesuai keinginan kita. Apakah mau memilih parva atau Mirafra Javanica Javanica. Dan satu hal lagi, jangan malu-malu untuk belajar dari para master branjangan yang telah lama memelihara dan merawat branjangan.Salam hobi Branjangan

Baca Juga :   Apa gambar pada sampul buku tersebut B. Tuliskan makna yang terkandung pada gambar tersebut

Burung Brajangan– Pastinya para pecinta burung akan akrab dan mengetahui dengan burung brajangan yang satu ini. Burung brajangan merupakan salah satu burung dengan kecerdasan yang baik dan mampu menirukan kicauan burung lain. Dengan keunikan serta karakteristiknya yang mampu menirukan ini membuat burung brajangan banyak dicari oleh pecinta burung. Biasanya burung branjangan bisa didapati pada habitat aslinya yang masih belum tersentuh dengan tangan manusia.

Burung branjangan berbeda dengan burung biasanya. Burung brajangan mampu berkicau sambil terbang pada tempatnya semula. Bahkan burung yang satu ini mempunyai kemampuan memanjat serta membumbung ke atas. Kemudian nantinya burung tersebut tak terlihat sampai ke atas lalu tahu-tahu sudah meluncurnya ke tanah. dD Indonesia sendiri banyak berbagai jenis burung branjangan mulai dari burung branjangan Jawa, NTB, Jawa Tengah, Bali, Borneo, dan sebagainya. Untuk Anda yang penasaran akan beberapa
jenis burung branjangan terbaik
tersebut. Yuk simak ulasan singkat pada artikel berikut ini.

Jenis Burung Branjangan Terbaik

Di bawah ini kami akan mengulas informasi seputar
jenis burung branjangan terbaik
yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa informasi mengenai jenis serta harga burung brajangan sebagai berikut:

Burung Branjangan Jantan

Jenis burung branjangan yang pertama adalah
burung branjangan jantan. Burung jenis yang satu ini memiliki bulu yang lebih mengkilap daripada betinanya yang sedikit agak kusam. Dalam segi jambul pun memiliki ukuran yang lebih panjang serta lebar dibandingkan betina. Sementara dalam segi kicauan sendiri burung branjangan memiliki suara yang sangat merdu dengan gaya ngerol. Karakteristik bulunya sendiri memiliki perpaduan warna antara coklat hitam serta putih. Seperti halnya trotolan trotolan yang membuat bulu serta burung brajangan ini lebih cantik. Bagi Anda yang ingin memelihara burung berajangan ini tentunya lebih mudah dibandingkan dengan burung lainnya.

Baca Juga :   Dasar hukum perwujudannilai nilai Pancasila dalam bidang ekonomi adalah UUD nri tahun 1945 pasal

Burung Branjangan Gacor

Burung branjangan gacor
merupakan salah satu jenis burung branjangan yang paling banyak dicari oleh para pecinta kicau. Seperti halnya dengan namanya
burung branjangan gacor
memiliki kicauan yang sangat gacor. Dengan kriteria kicauan yang lebih mengerol dengan nadanya yang sedikit tegas. Untuk ciri-ciri fisiknya sendiri burung kacer memiliki jambul sangat tebal dibandingkan dengan lainnya. Dengan perpaduan warna antara hitam serta kuning kecoklatan membuat burung ini lebih menarik untuk dipelihara dan masuk ke dalam daftar perlombaan yang ada.

Burung Branjangan Jawa

Untuk jenis burung brajangan terdapat di pulau Jawa. Seperti halnya dari asalnya burung ini diberi nama
burung branjangan Jawa. Burung branjangan Jawa memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lain. Namun untuk suara kicauannya lebih keras dan cerdas yang mampu menirukan kicauan burung lain. Untuk segi jambul
burung branjangan Jawa
ini lebih pendek. Sehingga Anda akan sulit membedakan antara burung Jawa betina dan jantan.

Burung Branjangan NTB

Salah satu jenis burung brajangan berada di Pulau NTB. Seperti halnya daerah asal burung ini diberi nama
burung branjangan NTB
dengan suaranya yang khas. Yang sedikit mengenai serta memiliki suara yang tegas dan merdu. Burung branjangan NTB lebih memiliki perpaduan warna antara hijau serta kecoklatan. Dengan ukuran lebih kecil membuat burung branjangan ini nampak lebih imut.

Burung Branjangan Wates

Burung branjangan Wates
menjadi salah satu incaran para pecinta burung karena kecantikannya. Burung branjangan Wates memiliki jambul yang begitu lebat dengan bulu panjang. Mengingat saat ini jenis burung tersebut sulit untuk didapatkan. Membuatnya memiliki harga pasar yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis burung brajangan lain.

Baca Juga :   Jelaskan Yang Kamu Ketahui Tentang Karikatur

Burung Branjangan Lokal

Lain juga dengan jenis
burung branjangan lokal
yang memiliki kicauan sangat hebat. Jenis burung brajangan yang satu ini memiliki karakteristik perpaduan trotol yang menarik. Dengan belahan dada lebih tegas membuat suaranya menjadi lebih keras saat berkicau. Burung branjangan lokal bisa Anda temui di daerah pegunungan maupun alam yang masih belum tersentuh oleh manusia.

Burung Branjangan Betina

Burung branjangan betina
memiliki ciri ciri khusus yaitu ukuran jamur yang lebih pendek daripada yang jantan. Ciri-ciri burung branjangan betina terlihat lebih kecil dengan bulu yang berwarna lebih kusam. Jenis burung yang satu ini dipercaya lebih mudah merawatnya dibandingkan dengan burung lainnya.

Burung Branjangan Jawa Tengah

Burung branjangan Jawa Tengah
seperti halnya namanya ini berasal dari daerah Jawa Tengah. banyak para pecinta burung yang mencari jenis burung brajangan ini. Karena memiliki karakteristik yang berbeda dari perpaduan bulunya.
Burung branjangan Jawa Tengah
lebih dominan memiliki warna putih pada bagian lehernya serta dada. Untuk daerah lainnya tetap memiliki trotolan warna coklat.

Burung Branjangan Parva

Anda mungkin pernah melihat jenis
burung branjangan parva
yang satu ini. Burung branjangan parva dipercaya memiliki banyak sekali populasinya di alam. Anda bisa saja menemui burung yang satu ini daerah pegunungan maupun hutan di sekitar Anda. Para pecinta burung pun lebih memilih memelihara burung branjangan parva dibandingkan dengan yang lain karena karakteristik dari kicauan perpaduan bulunya yang menarik.

perbedaan branjangan java dan parva

Posted by: pskji.org