Mengapa analisis SWOT diperlukan dalam usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang?

Mengapa analisis SWOT diperlukan dalam usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang?

Apabila kalian sudah menentukan produk kerajinan berdasarkan analisis peluang usaha, kalian dapat menentukan sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha tersebut. Dalam perencanaan proses produksi diperlukan pengelolaan yangbaik untuk mencapai tujuan perusahaan. Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas enam tipe sumber daya (6M), sebagai berikut.
a.Man(Manusia)


Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia adalah salah satu faktor produksi selain tanah, modal, dan keterampilan. Pandangan yang menyamakanmanusia dengan faktor-faktor produksi lainnya dianggap tidak tepat, baik dilihatdari konsepsi, filsafat, maupun moral. Manusia merupakan unsur manajemenyang penting dalam mencapai tujuan perusahaan.


b.Money(Uang)




Money atau uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan.Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatandapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu,uang merupakan unsur yang penting untuk mencapai tujuan perusahaan karenasegala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungandengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja,alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli, serta berapa hasil yang akan dicapai oleh perusahaan.




c.Material(Fisik)




Perusahaan umumnya tidak menghasilkan sendiri bahan mentah yang dibutuhkan, tetapi membeli dari pihak lain.Untuk itu manajer perusahaanberusaha untuk memperoleh bahan mentah dengan harga paling murah,menggunakan cara pengangkutan yang murah dan membuat proses pengolahanseefisien mungkin.




d.Machine(Teknologi)




Mesin memiliki peranan penting dalam proses produksi. Setelah revolusi industri, banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin.Perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan penggunaan mesinsemakin meningkat. Banyaknya mesin baru yang ditemukan oleh para ahlimemungkinkan peningkatan produksi sangat tinggi.




e.Method(Metode)




Metode sangat dibutuhkan agar mekanisme kerja berjalan efektif dan efisien.Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik yang menyangkut proses produksi maupun administrasi tidak terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang lama. e.Market (Pasar)
Jika barang yang diproduksi tidak laku, proses produksi barang akan berhenti. Oleh sebab itu, penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksimerupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai,kualitas barang harus sesuai dengan selera konsumen dan harga terjangkau olehdaya beli konsumen.









Baca Juga :   Dari tahun 1870-1900 di indonesia disebut zaman liberal sebab

Untuk menjadi wirausahawan profesional, kalian haurs memiliki perencanaan usaha yang matang  dan baik dengan memperhatikan aspek – aspek penting dalam perencanaan usaha produk kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang tersebut yang ulasannya adalah sebagai berikut.

Analisis Ide dan Peluang Usaha Kerajinan Bahan Limbah Bangun Ruang

Menganalisis peluang usaha memiliki tujuan untuk mencari dan melaksanakan kegiatan usaha yang menguntungkan dan tentunya dalam menjalankan usaha tersebut membutuhkan analisa untuk mengenali kelemahan yang dapat mengakibatkan kesulitan dalam berlangsungnya suatu usaha.

Analisis usaha ini juga dapat digunakan untuk mencari strategi alternatif dalam bidang penjualan, bauran produk, investasi, pengembangan staf, pengendalian usaha, pengandalian biaya, dan lainnya. Faktor-faktor yang menjadi dasar pertimbangan analisis usaha ini antara lain adalah sebagai berikut.

Apakah usaha yang telah ditetrapkan tersebut mendatangkan profit/ keuntungan atau tidak, jika setelah diperhitungkan ternyata tidak memberikan keuntungan yang memadai, maka sebaiknya pilihan tersebut dibatalkan.

Cara pembuatan produk kerajinan perlu di kuasai dan dikuasai dengan baik oleh para karyawan atau oleh para pengerajin.

Harus diteliti kemungkinan pemasaran dan prospek pemasaran di waktu yang akan datang.

Bahan baku merupakan faktor yang sangat penting yang turut menentukan harga pokok dan kelancaran proses produksi usaha kerajinan.

Pada faktor tenaga kerja ini yang perlu dipertimbangkan adalah tersedianya tenaga kerja yang murah dan kemungkinan untuk memenuhinya baik dari segi jumlah, keahlian maupun jasa.

Perlu dipertimbangkan kesesuaian untara modal yang ada dengan kebutuhan jenis usaha kerajinan yang dibutuhkan.

Tingkat risiko yang akan ditanggung juga perlu dipertimbangkan dengan besarnya keuntungan yang akan diperoleh.

Perlu dipelajari situasi yang akan terjadi dan disesuaikan dengan kemampuan menghadapinya dalam hal modal maupun pemasaran.

Baca Juga :   Contoh soal sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat

Fasilitas yang dibutuhkan untuk operasi usaha kerajinan dan kemudahan penyediaannya menjadi pertimbangan. Kemudahan yang mungkin dapat diperoleh dari pemerintah seperti pajak, dan lainnya.

Pertimbangkan hal penting lainnya adalah produk pengelolaan yang paling sesuai dan bagaimana kemampuan penguasha untuk mengelolanya. Hal ini sering dikesampingkan, faktor lain yang juga perlu menjadi pertimbangan adalah peraturan pemerintah, perizinan, lingkungan, pertimbangan etis,d an sebagainya.

Jika seorang wirausahawan sudah menetapkan jenis usaha kerajinan sesuai dengan yang diinginkan dan sudah melalui berbagai macam pertimbangan, tugas selanjudnya adalah :


Jenis usaha kerajinan yang sesuai dengan hasrat dan minat.


Jenis usaha kerajinan yang benar-benar akan membawa suatu keuntungan.


Jenis usaha kerajinan yang mudah mengurusnya dan mengerjakannya.


Jenis usaha kerajinan yang mudah pemeliharaannya.


Jenis usaha kerajinan yang produknya disenangi dan dibutuhkan oleh konsumen.


Jenis usaha kerajinan yang bahan bakunya mudah didapatkan.


Jenis usaha kerajinan yang mendapat dukungan serta perlindungan pemerintah.

Menganalisis peluang usaha dimulai dengan perencanaan yang matang dan penuh dengan perhitungan tentang segala kemungkinan yang akan menggagalkan usaha. Kita tidak boleh asal – asalan atau tanpa berfikir dan menganalisis. Dengan adanya analisis SWOT, berarti kalian dapat mengetahui peta peluang usaha dan ancaan apa yang akan dihadapi di kemudian hari.

Dengan tersedianya informasi intern dan ekstern, maka perusahaan akan dapat mengetahui hal-hal berikut ini.


Dimana usaha itu memiliki peluang (opportunity) untuk maju dan berkembang hingga sukses.


Apa saja yang akan menajdi ancaman (threat) terhadap perusahaan.


Adakah kekuatan (weakness) yang membatasi atau dapat menghambat kemampuan dalam mencapai sasaran atau tujuan usaha.

Untuk lebih jelasnya dan untuk menemukan jawabanmu tentang analisis Ide dan Peluang Usaha Kerajinan Bahan Limbah Bangun Ruang tersebut diatas, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga :   Top 15 sandal jepit wanita motif bunga matahari terbaik 2022

Sumber: Prakarya-Kemdikbud_RI.


Tindakan yamg diberikan oleh produsen kepada konsumen nya dalam rangka menarik minat konsumen adalah…​


Diketahui untuk membuat sebuah produk harga pokok yang diperlukan sebesar Rp. 200.000 jika keuntungan yang diharapkan 15% Hitunglah besarnya harga jua …

l produk tersebut​


Bank biasa mengirim surat dengan sampul yang alamat dalam/objek suratnya berfungsi juga sebagai alamat luar. Sampul surat demikian dinamakan .… * a.Ba …

nkers b.Pocket envelope c.Aperture envelope d.Sampul persegi e.Window envelope ​


Ketika pembuatan alur proses dapat di gunakan 2 cara , jelaskan cara cara tersebut


Mengamati faktor-faktor yang memengaruhi mutu buah dansayuran.faktor yangbuah kondisi sayur kondisi kualitasmemengaruhivarietasiklimtanahpupukpestisid …

atingkatkematanganstatus air​


Tuliskan mitologi dan filosofis dari ikan mas koki​


Apakah media massa seperti facebook, instagram dan youtube merupakan teknologi perkantoran? Jika YA apa alasan anda dan jika TIDAK apa alasan anda?​


Apa kegiatan Susi Pudjiastuti setelah lengser dari Menteri Kelautan?


bantu buat surat lamaran pekerjaan seperti contoh tersebut ​


sumber energi barukan seperti air angin dan matahari merupakan sumber energi yang jumlahnya banyak dan tersedia terus-menerus apakah indonesia memungk …

inkan untuk menerapkan semua energi terbarukan tersebut berikan alasan dan faktor pendorong serta penghambatnya diterapkannya energi terbarukan tersebut

Mengapa analisis SWOT diperlukan dalam usaha kerajinan dari bahan limbah berbentuk bangun ruang?

Posted by: pskji.org