Apa yang dimaksud dengan tindakan ekonomi dan contohnya

Apa yang dimaksud dengan tindakan ekonomi dan contohnya

Tindakan ekonomi merupakan sebuah tindakan yang dilakukan seseorang berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhannya, baik lahir maupun batin agar mencapai kesejahteraan dan kepuasan. Tindakan ekonomi disebut juga dengan tindakan atau prilaku kita yang dilandasi prinsip ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tindakan ekonomi merupakan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya dengan cara menentukan pilihan dan memanfaatkan peluang setepat-tepatnya. Dalam memenuhi kebutuhannya, sebagai pelaku ekonomi tentu membutuhkan langkah-langkah dan tindakan yang harus dilakukan.

Sebagai contoh jika Anda ingin membeli barang yang Anda inginkan, barang tersebut tersedia di dua toko. Dua toko tersebut menjual barang dengan merek dan kualitas yang sama, tetapi dengan harga yang berbeda. Jika kalian ingin membeli barang tersebut maka toko mana yang akan Anda pilih?

Tentu toko dengan harga yang lebih murah bukan? karena jika membeli barang dengan yang lebih murah maka sisa uang yang ada bisa kita belanjakan dengan barang lain. Ketika Anda melakukan hal tersebut, berarti Anda sudah melakukan tindakan ekonomi.

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi dan Cara Mengaplikasikannya dalam Bisnis

Rasional

Tindakan ekonomi rasional merupakan salah satu jenis tindakan yang setiap tindakan manusia  dilandasi atas dasar suatu pilihan yang paling baik dan yang paling menguntungkan. Dalam melakukan tindakan rasional ini kita perlu mempertimbangkan untung dan rugi dari usaha yang kita lakukan.

Hal ini dilakukan agar tujuan kita terarah serta agar mendapat keuntungan sehingga akan mengakibatkan hidup kita menjadi sejahtera.

Cara mengaplikasikannya dalam bisnis yaitu dengan menentukan jenis bahan baku produksi yang tepat agar semua hasil produksi baik dan dapat dijual dengan harga yang lumayan mahal. Selanjutnya mengurangi biaya produksi tetapi tanpa mengurangi kualitas produk.

Dalam hal ini kita bisa mengurangi hal-hal yang tidak dibutuhkan dalam produksi. Selain itu juga kita harus memilih dan memperkejakan tenaga kerja yang berpengalaman dan terampil. Kemudian kita menentukan sistem distribusi yang tepat dan juga melakukan strategi promosi yang tepat sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Irasional

Tindakan ekonomi irasional adalah salah satu jenis tindakan yang setiap tindakan dilakukan dengan perkiraan kita menguntungkan tetapi malah justru merugikan. Biasanya orang yang memiliki tindakan seperti ini tidak mempertimbangkan lagi faktor biaya, waktu dan tenaga.

Baca Juga :   Bakteri Yang Menghasilkan Metana Dengan Cara Mereduksi Karbondioksida Adalah

Pelakunya langsung melakukan action tanpa melakukan pertimbangan dan nantinya akan menimbulkan biaya besar yang dikeluarkan dan akan mengeluarkan banyak tenaga. Lalu hasilnya? hasilnya bisa sangat maksimal atau bahkan bisa menimbulkan kerugian.

Contoh aplikasi dari tindakan ekonomi irasional dalam bisnis yaitu menetapkan harga produk yang mahal tanpa melihat kualitas barang, biaya untuk produksi, dan daya beli serta kegunaan produk. Sehingga produk tersebut bisa saja mengalami kegaglan di pasaran dan akhirnya menimbulkan kerugian bagi perusahaan atau pemilik bisnis.

Tujuan Melakukan Tindakan Ekonomi

Saat Anda melakukan tindakan ekonomi tentunya memilki tujuan tertentu yang harus Anda capai. Berikut adalah tujuannya :

  • Agar dapat memilih atau menentukan benda atau jasa yang bisa di gunakan dalam memenuhi kebutuhan.
  • Untuk membedakan kualitas barang atau jasa yang akan kita beli atau kita digunakan.
  • Agar kita dapat memlih kebutuhan mana yang akan di prioritaskan dan mana yang tidak penting.
  • Agar dapat mempertimbangkan untung dan rugi terhadap pilihan yang telah dibuat.

Kesimpulan

Jika Anda sedang membangun sebuah bisnis, penting bagi Anda memilih tindakan ekoomi yang tepat, karena hal ini berhubungan dengan kelangsungan bisnis Anda.

Untuk membuat tindakan yang tepat, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk melakukan keputusan tindakan berdasarkan laporan keuangan dan histori kas yang telah terjadi.

Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai solusi pembukuan bisnis Anda. Accurate Online sendiri adalah software akuntansi yang telah dipakai olah 300 ribu pengguna dari berbagai skala bisnis, mulai dari UKM sampai perusahan manufaktur.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mecoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui
link ini.

Ingin mengetahui tips lainnya seputar manajemen? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini:


Reading Time:

3
minutes

Kamu sadari atau tidak, apa yang kamu lakukan sehari-hari tidak bisa lepas dari tindakan ekonomi. Apa itu tindakan ekonomi? Tindakan ekonomi adalah berbagai kegiatan yang kamu lakukan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Simak selengkapnya mengenai pengertian, tujuan, dan contoh tindakan ekonomi dalam artikel berikut ini!

Baca Juga :   Tentukan keliling lingkaran jika diketahui diameternya sebagai berikut 14

Baca juga: 10 Prinsip Ekonomi dan Contohnya

Apa itu tindakan ekonomi? Sebelum bicara lebih dalam soal tindakan ekonomi, kamu perlu memahami terlebih dahulu mengenai apa itu ekonomi. Menurut definisi yang dijabarkan para ahli,
ekonomi adalah
cabang dari suatu ilmu pengetahuan untuk mempelajari produksi, distribusi, serta konsumsi ekonomi.

Dalam hal ini, tindakan ekonomi tidak bisa lepas dari proses produksi, distribusi dan konsumsi. Dilansir dari berbagai sumber,
tindakan ekonomi adalah
berbagai bentuk upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup. Bentuk upaya ini meliputi proses produksi, distribusi hingga konsumsi. Biasanya, tindakan ini diikuti pertimbangan matang sesuai skala prioritas guna mencapai kemakmuran dan kesejahteraan hidup masing-masing.

Berdasarkan definisi yang telah dijabarkan sebelumnya, muncul pertanyaan mengapa seseorang perlu melakukan tindakan ekonomi. Secara umum, tindakan ekonomi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Namun secara khusus, tujuan tindakan ekonomi adalah sebagai berikut.

  • Tindakan ekonomi dilakukan agar seseorang bisa menganalisis sekaligus membedakan antara tindakan yang menguntungkan dan merugikan.
  • Membuat skala prioritas ketika mengambil sebuah keputusan ekonomi.
  • Membedakan perlunya membeli barang ataupun jasa sesuai kebutuhan dan keinginan.

Terdapat berbagai macam tindakan ekonomi yang dilakukan manusia, namun secara umum terdapat 2 jenis tindakan ekonomi, yaitu tindakan rasional dan tindakan irasional. Berikut ulasan selengkapnya.

Bentuk tindakan ekonomi yang dilakukan berdasarkan pilihan yang paling menguntungkan bisa masuk ke dalam kategori rasional.

Seperti namanya,
tindakan ekonomi rasional adalah
tindakan yang dilakukan melalui proses berpikir dan pertimbangan logis.

Penerapan dari tindakan ekonomi rasional ini bisa meliputi berbagai hal, mulai dari pemberdayaan tenaga kerja terampil, penggunaan bahan baku, penentuan sistem distribusi paling tepat, hingga proses promosi produk.

Berikutnya adalah tindakan ekonomi jenis irasional. Tidak seperti tindakan rasional, jenis
tindakan ekonomi irasional adalah
tindakan yang tidak mempertimbangkan faktor waktu, biaya, maupun tenaga kerja yang sifatnya merugikan. Tindakan seperti ini akan memicu keadaan yang bertolak belakang dengan motif ekonomi seseorang dan dapat menimbulkan berbagai risiko finansial.

Baca juga: Apa itu Risiko Finansial dan Cara Manajemennya?

Berikut ini adalah beberapa contoh tindakan ekonomi yang paling dekat dengan keseharian masyarakat.

Keputusan rasional diambil berdasarkan pertimbangan waktu, tenaga, kualitas, review, dan pertimbangan rasional lainnya yang akan membawa keuntungan bagi si pembeli.

Baca Juga :   Two Hand Overhead Pass Adalah Istilah Dalam Permainan

Misalnya saja ketika kamu membeli barang di marketplace, sebuah produk handphone dijual dengan harga yang sama di toko B dan C, tetapi toko B memiliki ulasan yang lebih bagus baik dari segi kualitas, pengiriman dan pengemasan. Berdasarkan tindakan ekonomi rasional, kamu akan memilih untuk membeli produk toko B.

Baca juga: Apa itu Bitcoin?

Berkebalikan dengan tindakan ekonomi rasional, tindakan ekonomi irasional dilakukan tanpa pertimbangan yang logis dan justru bisa menimbulkan kerugian secara finansial.

Contohnya, kamu ingin membeli beras. Terdapat dua pilihan toko, yang mana beras di toko A dijual dengan harga Rp15.000 per kilogram. Namun jaraknya 6 KM dari rumah kamu. Sementara toko B yang ada di sebelah rumah kamu, menjual beras dengan harga Rp15.500 per kilogram.

Akan menjadi tindakan ekonomi irasional jika kamu membeli beras di toko A. Harganya kelihatan lebih murah, tetapi kamu harus mengeluarkan biaya transport yang jika dijumlahkan akan jadi lebih mahal dibanding dengan harga beras di toko B. Selain itu, waktu yang kamu butuhkan juga jadi lebih lama.

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu tindakan ekonomi, tujuan, dan contoh-contohnya. Cukup mudah, bukan?

Tindakan rasional dilakukan dengan tujuan memenuhi kebutuhan hidup kamu, salah satunya adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Investasi dan trading crypto bisa menjadi salah satu instrumen untuk mencari pendapatan tambahan jika dilakukan secara tepat.

Per 15 November 2021, harga bitcoin sebagai salah satu aset crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar telah mengalami peningkatan harga hingga 297% dalam jangka waktu satu tahun saja. Untuk kamu yang tertarik melakukan investasi dan trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli bitcoin dan berbagai aset crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Doris Hanappi. Economic Action, Fields and Uncertainty. Diakses tanggal: 10-11-2021

Law Insider. Economic Action Definition. Diakses tanggal: 10-11-2021

Mark Granovetter. Economic Action and Social Structure: The Problem of Embeddedness. Diakses tanggal: 10-11-2021

Apa yang dimaksud dengan tindakan ekonomi dan contohnya

Posted by: pskji.org