Dalam olahraga beladiri susi melakukan gerakan Tendangan di tempat gerakan susi termasuk dalam gerak

Dalam olahraga beladiri susi melakukan gerakan Tendangan di tempat gerakan susi termasuk dalam gerak

You’re Reading a Free Preview

Pages

8

to

13

are not shown in this preview.

You’re Reading a Free Preview

Pages

18

to

27

are not shown in this preview.

Ilustrasi anak belajar – KUNCI JAWABAN Soal Latihan Ulangan PAS/UAS PJOK Penjaskes Kelas 5 SD Semester Ganjil

TRIBUNNEWS.COM
– Berikut ini kunci jawaban soal latihan mata pelajaran PJOK Penjaskes Semester Ganjil tahun pelajaran 2020/2021.

Latihan asoal ini diharapkan dapat melatih kemampuan siswa agar lebih siap dalam menghadapi Ulangan PAS/UAS.

Latihan soal ini berisi soal pilihan ganda mata pelajaran PJOK Penjaskes Kelas 5 SD Semeseter Ganjil beserta kunci jawabannya.

Kunci jawaban ini hanyalah sebagai referensi bahan belajar bagi siswa, guru dan orang tua dalam membimbing peserta didik.

Soal PJOK Penjaskes Kelas 5 SD Semester Ganjil

Baca juga: Kunci Jawaban Soal Latihan PAS/UAS Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTS Semester Ganjil 2020

Baca juga: KUNCI JAWABAN Soal Latihan Ulangan PAS/UAS Matematika Kelas 11 Semester 1 2020

Baca juga: KUNCI JAWABAN Soal Latihan Ulangan PAS/UAS IPA Kelas 7 SMP/MTS Semester 1

PILIHAN GANDA

1. Dalam pencak silat berdiri tegak dan kaki rapat dengan kedua tangan mengepal berada di samping pinggang disebut ….

a. sikap salam

b. sikap syukur

c. sikap tegak


pada 03 Sep 2021, 08:40 WIB

Diperbarui
03 Sep 2021, 08:40 WIB


Ilustrasi tendangan pencak silat. (Image by AgusTriyanto from Pixabay)

Bola.com, Jakarta –
Dalam olahraga bela diri
pencak silat, pesilat bisa melakukan teknik pukulan atau teknik tendangan ketika ingin meluncurkan serangan kepada lawan.

Biasanya, dalampencak silat, pesilat lebih sering menggunakan teknik tendangan ketika bertarung dibandingkan dengan menggunakan teknik pukulan.

Baca Juga :   Kekurangan dan kelebihan peribahasa

Tendangan merupakan satu di antara teknik yang digunakan ketika berhadapan dengan lawan dengan situasi jarak yang jauh.

Teknik tendangan atau serangan kaki dalam pencak silat bisa dilakukan dengan menggunakan bagian tulang kering, telapak kaki, serta lutut.

Jadi, pesilat dituntut mampu memiliki keterampilan teknik tendangan yang baik untuk meluncurkan serang pada lawan dan meraih kemenangan.

Dalam seni bela diri tradisional Indonesia ini, jika pesilat berhasil melakukan teknik tendangan maka ia akan memperoleh dua poin.

Berbicara teknik tendangan, dalam bela diri pencak silat terdiri dari berbagai macam. Berikut ini macam-macam tendangan dalam
pencak silat
yang sah digunakan, dikutip dari laman Artikelpenjas, Jumat (3/9/2021).

1. Tendangan lurus, yaitu tendangan yang menggunakan ujung kaki dengan tungkai lurus. Tendangan ini mengarah ke depan pada sasaran dengan meluruskan tungkai sampai ujung kaki.

Bagian kaki yang kena saat menendang adalah pangkal bagian dalam jari-jari kaki. Posisi badan menghadap ke sasaran.

2. Tendangan tusuk hampir sama dengan tendangan lurus, yakni mengarah ke depan, namun perkenaannya adalah ujung jari-jari kaki dengan sasaran kemaluan atau ulu hati.

3. Tendangan jejag disebut juga dorongan telapak kaki. Tendangan ini mengarah ke depan yang sifatnya mendorong ke sasaran dada dengan perkenaan telapak kaki penuh.

4. Tendangan T hampir sama dengan tendangan lurus, yakni menggunakan sebelah kaki dan tungkai. Lintasannya lurus ke depan dan perkenaannya pada tumit, telapak kaki, dan sisi luar telapak kaki. Tendangan ini biasanya digunakan untuk serangan samping dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

5. Tendangan celorong hampir sama dengan tendangan T, tetapi dilakukan sambil merebahkan badan. Sasarannya yaitu lutut dan kemaluan lawan.

Baca Juga :   Pembukaan Uud 1945 Mempunyai Dua Makna Yaitu

6. Tendangan kepret dilakukan ke arah depan dan samping dengan kenaan punggung kaki. Sasaran dari tendangan kepret, yaitu kemaluan lawan.

7. Tendangan belakang, dilakukan dengan menggunakan sebelah kaki dan tungkai. Lintasannya lurus ke belakang tubuh dan membelakangi lawan. Tendangan ini bisa dilakukan dengan atau tanpa melihat sasaran. Sasarannya yaitu seluruh bagian tubuh.

8. Tendangan kuda dilakukan dengan menggunakan dua kaki dalam posisi menutup atau membuka. Lintasannya lurus ke belakang dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

9. Tendangan taji dilakukan menggunakan sebelah kaki dan tungkai dengan kenaan tumit. Lintasannya ke arah belakang dengan sasaran kemaluan.

10. Tendangan sabit, dilakukan dalam lintasan setengah lingkaran. Perkenaannya, yaitu bagian punggung telapak kaki atau pangkal jari telapak kaki dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

11. Tendangan baling, dilakukan dengan cara melingkar ke arah luar dan posisi tubuh berputar. Perkenaannya, yaitu tumit luar dengan sasaran seluruh bagian tubuh.

12. Tendangan baling setengah mirip dengan tendangan baling, hanya posisi tubuh tidak berputar. Sasarannya yaitu seluruh bagian tubuh.

13. Hentak bawah merupakan serangan yang menggunakan telapak kaki menghadap keluar. Serangan kaki ini dilaksanakan dengan posisi badan direbahkan dan bertujuan untuk mematahkan persendian kaki.

14. Sapuan adalah serangan menyapu kaki dengan lintasan dari luar ke dalam dan bertujuan menjatuhkan lawan. Ada dua jenis sapuan, yaitu sapuan tegak dan sapuan rebah. Sapuan tegak mengarah ke mata kaki, sedangkan sapuan rebah mengarah ke betis bawah.

15. Sabetan merupakan serangan menjatuhkan lawan dengan kenaan tulang kering. Sasarannya adalah betis dengan lintasan dari luar ke dalam.

16. Besetan adalah serangan menjatuhkan lawan dengan cara menyasar betis. Lintasannya yaitu dari luar ke dalam dan arah sasaran betis bagian belakang.

Baca Juga :   Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan penyebab atau alasan terjadinya peristiwa dalam teks adalah apa?

17. Dengkulan adalah serangan yang menggunakan lutut atau dengkul sebagai alat penyerang. Dengkulan umumnya diarahkan ke dada atau pinggang belakang.

18. Guntingan adalah teknik menjatuhkan lawan yang dilaksanakan dengan menjepitkan kedua tungkai kaki pada sasasan leher, pinggang, atau tungkai lawan sehingga lawan jatuh. Berdasarkan arah geraknya, ada dua jenis guntingan, yaitu guntingan luar dan guntingan dalam.

Sumber: artikelpenjas.blogspot.com

Lanjutkan Membaca ↓

Dalam olahraga beladiri susi melakukan gerakan Tendangan di tempat gerakan susi termasuk dalam gerak

Posted by: pskji.org