Berapa lama pohon jeruk berbuah dari biji

Berapa lama pohon jeruk berbuah dari biji

Lihat Foto

Ilustrasi tanaman jeruk nipis (Citrus aurantifolia).

JAKARTA, KOMPAS.com –
Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat. Selain dijadikan sebagai bahan utama dari berbagai minuman kesehatan, jeruk nipis juga dijadikan sebagai penyedap masakan.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (15/12/2021), jeruk nipis (Citrus aurantifolia) memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain ambeien, sakit gigi, batuk, batuk berdarah, demam, mencegah rambut rontok dan ketombe, jerawat, pegal linu, amandel, dan sebagainya.

Pentingnya jeruk nipis dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ini karena kandungan yang ada di dalamnya.

Baca juga: Panduan Menanam Tomat di Polybag

Ada beberapa cara menanam jeruk nipis yang dapat dilakukan, yaitu dengan menanam dari benih atau biji, stek, ataupun dengan teknik pencakokan.

Walaupun ada beberapa cara menanam, pada intinya cara menanam jeruk nipis adalah sama. Anda harus tahu jenis tanah yang cocok, pupuk, dan juga cara perawatannya agar hasil yang maskimal dapat di dapatkan.

Berikut cara menanam jeruk nipis yang dapat dilakukan agar berbuah cepat dan lebat.

Baca juga: Cara Menanam Alpukat Aligator di Pekarangan Rumah

1. Siapkan bibit tanaman

Jeruk nipis dapat dikembangbiakkan melalui dua cara, yaitu vegetatif dan generatif. Cara menanam jeruk nipis dengak teknik vegetatif biasanya dilakukan dengan cara stek atau okulasi (cangkok).

Namun,ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda menanam jeruk nipis dengan cara ini.

Pastikan pohon indukan yang ingin di stek atau di cangkok adalah pohon dengan buah jeruk nipis dengan hasil terbaik. Kemudian, pohon berada di tanah yang subur dan terhindar dari penyakit.

Baca Juga :   Campuran yang dapat dipisahkan dengan cara distilasi adalah

Selain itu, pohon juga harus berbuah rindang, memiliki akar yang kuat, dan pohon berdahan halus dengan diameter 3 cm.

Pohon jeruk biasanya diperbanyak dengan mencangkok. Jika kita ingin menanam pohon jeruk dari benih, kita harus mengerti bahwa pohon jeruk yang tumbuh dari benih mungkin tidak menghasilkan buah untuk 10-12 tahun pertama atau lebih. Mungkin tidak bisa menghasilkan buah seumur hidupnya. Apalagi pohon itu akan rentan terhadap berbagai penyakit. Ini adalah alasan mengapa petani jeruk komersial tidak pernah memilih metode ini. Mereka lebih memilih untuk menggunakan bibit cangkok. Dengan cara itu, mereka mendapat manfaat dari kombinasi pohon dewasa yang sehat dengan varietas yang sangat produktif. Dengan demikian, mereka dapat memanen produksi yang lumayan setelah 2-3 tahun.

Namun, jika kita ingin menanam dari benih, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memotong jeruk di tengah dan dengan hati-hati mengumpulkan benihnya (biji). Ini mungkin menjadi lebih sulit daripada kedengarannya, karena hampir semua varietas jeruk populer itu tanpa biji.

Setelah kita menemukan jeruk dengan biji, kita harus mengumpulkan dan mencuci bijinya dengan air dan sabun. Kemudian, kita dengan hati-hati mengupas bijinya. Kita dengan hati-hati merobek biji dengan kuku kita, untuk menghilangkan berbagai selaput yang melindungi bagian dalam biji dan pasti akan menunda perkecambahan. Musim terbaik untuk menabur benih adalah selama musim semi, ketika tanah cukup hangat (suhu lebih dari 60°F atau 15°C). Kita harus menabur banyak biji dari jeruk yang berbeda, karena hanya sebagian kecil dari mereka yang akhirnya akan berubah menjadi bibit muda. Penaburan dilakukan di dalam pot besar dengan garis-garis berjarak 3 inci (7,6cm) dan benih ditabur di garis dengan jarak 1 inci (2,5cm). Campuran tanah terdiri dari pasir dan campuran tanah untuk menumbuhkan benih. Kita tekan dengan pelan bibit ke dalam campuran tanah dan tutup dengan lapisan pasir sungai bersih hingga kedalaman 0,7-1 inci (1,8-2,5cm). Beberapa petani menutupi pot dengan kantong plastik gelap, untuk menciptakan kondisi rumah kaca. Pot harus diletakkan di tempat yang gelap dan hangat selama 10-12 hari. Tanah harus tetap lembab (tetapi tidak lembek) sampai bibit muncul.

Baca Juga :   Kenapa huruf di keyboard laptop tidak muncul?

Ketika bibit mencapai ketinggian 8-11 inci (20-28cm), kita dapat memindahkannya dalam pot individu yang lebih besar yang diisi dengan tanah, pupuk, dan sedikit pupuk kandang yang busuk. Secara umum, bibit muda akan memiliki akses ke banyak sinar matahari, tetapi lebih baik untuk mengalami musim dingin pertama mereka di lingkungan dalam ruangan yang dilindungi.

Anda dapat memperkaya artikel ini dengan meninggalkan komentar atau foto metode dan teknik “menanam pohon jeruk dari benih” anda.

Artikel ini juga tersedia dalam berbagai bahasa berikut:

English

Español

Français

Deutsch

Nederlands

हिन्दी

العربية

Türkçe

简体中文

Русский

Italiano

Português

Berapa lama pohon jeruk berbuah dari biji

Posted by: pskji.org

#