Bagaimana sikap permulaan dalam langkah kaki menyilang ke samping sambil tepuk tangan

Bagaimana sikap permulaan dalam langkah kaki menyilang ke samping sambil tepuk tangan

Lihat Foto

Ilustrasi senam

KOMPAS.com
– Gerak berirama atau senam irama merupakan kegiatan olahraga yang membutuhkan keselarasan antara gerakan dan irama lagu.

Menurut Moh. Nor El Ibrahim dalam bukunya Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012), senam berirama adalah aktivitas menggerakkan tubuh yang dilakukan dengan mengikuti irama musik.

Dalam pelaksanaannya, senam berirama bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok. Latihan gerak berirama yang teratur akan meningkatkan kesehatan kerja jantung, mengurangi stres, hingga mengoptimalkan fungsi otak.

Dalam modul Semangat Irama Kehidupan, Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket C Setara SMA/MA Kelas XI (2018) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satu gerakan mendasar senam berirama adalah gerak langkah kaki.

Aktivitas gerak berirama dilakukan dengan koordinasi antara langkah kaki dan ayunan lengan. Gerakan langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama di bawah ini adalah:

Baca juga: Ragam, Elemen Gerak, dan Sejarah Awal Senam Irama di Olimpiade

Looppas merupakan sebutan untuk langkah biasa dalam senam berirama. Berikut adalah langkah melakukan looppas.

  1. Sikap awal berdiri tegak dengan kedua tangan berada di pinggang.
  2. Pada hitungan 1, langkahkan kaki kiri ke depan. Tumit selalu diangkat dan tumpuan di atas ujung kaki. Pada saat yang bersamaan, pindahkan berat badan ke depan.
  3. Pada hitungan 2, langkahkan kaki kanan ke depan dengan tumit juga selalu diangkat dan tumpuan di atas ujung kaki.
  4. Pada langkah ini bisa digunakan irama 2/4, 3/4, 4/4 dan diulangi secara terus menerus.

Langkah Rapat (By Trek Pas)

Gerakan by trek pas merupakan langkah rapat dalam senam berirama. Tahapan melakukan langkah rapat adalah sebaai berikut.

  1. Sikap awal badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus ke arah depan.
  2. Pada hitungan 1, kaki kiri dilangkahkan ke depan. Pada saat yang bersamaan, pindahkan berat badan ke depan.
  3. Pada hitungan 2, kaki kanan dilangkahkan ke depan. Bagian telapak kaki kanan diletakkan dalam posisi rapat atau berdekatan dengan kaki kiri. Saat melangkahkan kaki, gerakan ini juga dibarengi dengan pemindahan berat badan.
  4. Ulangi gerakan ini terus menerus dan bisa dilakukan dengan irama 3/4 atau 4/4.

Baca juga: Jenis Latihan Kombinasi Senam Irama

Langkah Tiga (Wallpas)

Gerakan wallpas merupakan gerak langkah kaki tiga dalam senam irama. Langkah-langkah melakukan wallpas adalah sebagai berikut.

  1. Sikap awal tegak dan kedua tangan di pinggang.
  2. Pada hitungan 1, langkahkan kaki kiri ke depan dengan langkah biasa.
  3. Hitungan 2, langkahkan kaki kanan ke depan setengah langkah.
  4. Hitungan 3, langkahkan kaki kiri ke depan lagi setengah langkah.
  5. Untuk selanjutnya, ganti dengan kaki kanan dan lakukan secara terus menerus. Setiap langkah pandangan selalu ke depan.
  6. Pada langkah tiga watau wallpas, irama lagu yang digunakan adalah 3/4.
Baca Juga :   Organisasi apa sajakah yang bergerak dengan menggunakan strategi radikal?

Lihat Foto

Kemdikbud

Sebelah kiri dari atas: (1) Gerak langkah silang, (2) gerak langkah keseimbangan, (3) gerak langkah depan. Sebelah kanan dari atas: (4) gerak langkah rapat, dan (5) gerak langkah biasa.

Lihat Foto

kemdikbud

Ilustrasi gerak berirama dengan gerakan ayunan lengan.

KOMPAS.com
– Aktivitas gerak berirama dilakukan dengan koordinasi antara langkah kaki dan ayunan lengan. Berikut cara melakukan gerakan ayunan lengan ke samping.

Gerak berirama atau senam irama merupakan gerakan yang mengutamakan keserasian gerak dan irama dalam melakukan senam.

Apakah yang dimaksud dengan aktivitas gerak berirama?

Dikutip dari Dr. Olahraga Mengenalkan Teknik Senam Dasar (2012), gerak berirama atau senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Baca juga: Gerak Berirama: Pengertian, Jenis dan Penjelasannya

Untuk menjalankan gerak berirama, hal yang harus dikuasai adalah gerakan-gerakannya. Salah satu gerakannya adalah gerak ayunan lengan.

Pada artikel ini akan membahas mengenai cara melakukan gerakan ayunan lengan ke samping.

Lantas bagaimana cara melakukan gerakan ayunan lengan ke samping?

Dilansir dari situs Bobo.Grid.id, berikut ini adalah cara melakukan gerakan ayunan lengan ke samping.

Baca juga: Gerak Pemanasan dan Pendinginan Senam Irama

Sikap awal saat melakukan gerakan ayunan lengan ke samping adalah berdiri tegak, lalu ayunkan kedua lengan ke samping kanan.

Kemudian ayunkan lengan kiri dari depan ke samping kiri. Gerakan ini diikuti kedua lutut mengeper.

Ayunkan lagi lengan kiri tadi ke depan.

Lakukan gerakan seperti hitungan satu dan dua, tapi menggunakan tangan kanan.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Jakarta

Senam irama
atau gerak berirama adalah jenis aktivitas senam yang gerakannya dilakukan dengan mengikuti irama musik.

Mengutip modul Kemdikbud Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan karya Soemaryoto dan Soni Nopembri, Gerak berirama atau gerak ritmik disebut juga senam ritmik yang merupakan gerakan tubuh yang memanfaatkan ritme musik untuk melakukanya, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Musik yang biasanya digunakan untuk mengiringi gerakan senam irama adalah musik yang memiliki irama 2/4, 3/4, atau 4/4. Unsur-unsur yang diperlukan dalam melakukan kegiatan senam irama diantaranya adalah kelentukan tubuh, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, gerak koordinasi, dan ketepatan.

Teknik-teknik gerak langkah berperan sangat penting dalam senam irama, kerana gerak langkah tersebut mendominasi seluruh gerakan dalam senam irama. Senam irama atau gerak berirama dapat dilakukan dengan meng­gunakan alat maupun tanpa menggunakan alat, asalkan keduanya harus dilakukan selaras dengan gerakan tangan maupun kaki dan ayunan lengan.


Tujuan adanya gerakan variasi dan kombinasi dalam gerak berirama adalah untuk melakukan beberapa ben­tuk prinsip dasar gerakan dengan berbagai cara, seperti: melakukan prinsip dasar langkah, dan ayunan lengan, yang dilakukan bisa secara perorangan, berpasangan, maupun berkelompok.

Dikutip dari modul Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII karya Drs. Muhajir, M.Pd., bentuk-­bentuk dan kombinasi gerak pola langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama, adalah sebagai berikut:

1. Gerakan pola langkah biasa atau disebut juga looppas

Cara melakukannya:a. Sikap awal berdiri dengan tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan dari mulai tumit, telapak, dan disusul dengan ujung jari.

Baca Juga :   Tabel perbandingan uu cipta kerja dengan uu ketenagakerjaan

c. Hitungan kedua, dilanjutkan dengan langkah kaki kiri, yang dilakukan sama seperti ketika melangkahkah kaki kanan.

2. Gerakan pola langkah rapat atau atau disebut bijtrekpass

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang.c. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan ke arah depan. d. Pada hitungan kedua, kaki kiri menyusul melangkah ke arah depan. e. Kaki kiri yang dilangkahkan ke arah depan, kemudian disejajarkan dengan kaki kanan.

f. Langkahkan kedua kaki secara bergantian.

3. Gerakan pola langkah depan atau galoppas

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak dan pastikan kedua tangan tepat berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kaki kanan harus dilangkahkan ke arah depan. d. Pada hitungan kedua, lanjutkan dengan langkah kaki kiri ke depan yang diakhiri dengan melangkah kaki kanan bersama-sama.

e. Kedua kaki kemudian melangkah secara bergantian untuk beberapa hitungan ke depan secara berulang (Hitungan biasanya tergantung dari instruksi pemimpin senam irama atau ketukan irama pada musik).

4. Gerakan pola silang

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan tepat berada di pinggang. b. Hitungan pertama, silangkan kaki kiri ke samping kaki kanan melalui depan. c. Hitungan kedua, langkahkan kaki kanan ke arah samping kiri.

d. Lanjutkan seterusnya, kemudian kebalikannya dengan irama 2/4. Gerakan dilakukan 4 x 8 hitungan.

5. Gerakan pola langkah samping atau disebut zijpas

Cara melakukannya: a. Pada gerakan pola langkah samping, sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang.b. Pada hitungan pertama, langkahkan kaki kanan ke arah samping kanan. c. Pada hitungan kedua, kemudian disusul dengan kaki kiri kemudian ke­ langkah ke samping kanan juga lalu dirapatkan dengan kaki kanan.d. Lanjutkan dengan gerakan mengarah ke kiri.

e. Lakukan berulang­-ulang dalam 4 x 8 hitungan.

6. Gerakan pola lompat ke depan

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, lompatankan kaki kanan, sambil mengayunkan kaki kiri. c. Pada hitungan kedua, ambil gerakan lompatan kaki kiri, sambil mengayunkan kaki kanan.

d. Lanjutkan gerakan tersebut secara berulang kali secara 4 x 8 hitungan.

7. Gerakan pola lompat dengan membuka dan menutup kaki

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak dengan posisi kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kedua kaki dibuka melebar ke arah samping. c. Pada hitungan kedua, tutuplah secara rapat kedua kaki secara bersa­maan.

d. Gerakan tersebut harus dilakukan secara berulang kali, dan terus­ menerus sesuai dengan hitungan yang diterapkan (4 x 8 hitungan atau lebih).

Nah, itu tadi penjelasan macam gerak langkah pada
senam irama.
Detikers, bisa langsung mempraktekkan gerakan-gerakan tadi dalam senam irama ya!

Simak Video “Apakah Kita Sudah Qana’ah?

(lus/lus)


Page 2

Jakarta

Senam irama
atau gerak berirama adalah jenis aktivitas senam yang gerakannya dilakukan dengan mengikuti irama musik.

Mengutip modul Kemdikbud Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan karya Soemaryoto dan Soni Nopembri, Gerak berirama atau gerak ritmik disebut juga senam ritmik yang merupakan gerakan tubuh yang memanfaatkan ritme musik untuk melakukanya, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.

Musik yang biasanya digunakan untuk mengiringi gerakan senam irama adalah musik yang memiliki irama 2/4, 3/4, atau 4/4. Unsur-unsur yang diperlukan dalam melakukan kegiatan senam irama diantaranya adalah kelentukan tubuh, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, gerak koordinasi, dan ketepatan.

Teknik-teknik gerak langkah berperan sangat penting dalam senam irama, kerana gerak langkah tersebut mendominasi seluruh gerakan dalam senam irama. Senam irama atau gerak berirama dapat dilakukan dengan meng­gunakan alat maupun tanpa menggunakan alat, asalkan keduanya harus dilakukan selaras dengan gerakan tangan maupun kaki dan ayunan lengan.

Baca Juga :   Berikut yang bukan merupakan prinsip manajemen menurut henry fayol adalah


Tujuan adanya gerakan variasi dan kombinasi dalam gerak berirama adalah untuk melakukan beberapa ben­tuk prinsip dasar gerakan dengan berbagai cara, seperti: melakukan prinsip dasar langkah, dan ayunan lengan, yang dilakukan bisa secara perorangan, berpasangan, maupun berkelompok.

Dikutip dari modul Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII karya Drs. Muhajir, M.Pd., bentuk-­bentuk dan kombinasi gerak pola langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama, adalah sebagai berikut:

1. Gerakan pola langkah biasa atau disebut juga looppas

Cara melakukannya:a. Sikap awal berdiri dengan tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan dari mulai tumit, telapak, dan disusul dengan ujung jari.

c. Hitungan kedua, dilanjutkan dengan langkah kaki kiri, yang dilakukan sama seperti ketika melangkahkah kaki kanan.

2. Gerakan pola langkah rapat atau atau disebut bijtrekpass

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang.c. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan ke arah depan. d. Pada hitungan kedua, kaki kiri menyusul melangkah ke arah depan. e. Kaki kiri yang dilangkahkan ke arah depan, kemudian disejajarkan dengan kaki kanan.

f. Langkahkan kedua kaki secara bergantian.

3. Gerakan pola langkah depan atau galoppas

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak dan pastikan kedua tangan tepat berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kaki kanan harus dilangkahkan ke arah depan. d. Pada hitungan kedua, lanjutkan dengan langkah kaki kiri ke depan yang diakhiri dengan melangkah kaki kanan bersama-sama.

e. Kedua kaki kemudian melangkah secara bergantian untuk beberapa hitungan ke depan secara berulang (Hitungan biasanya tergantung dari instruksi pemimpin senam irama atau ketukan irama pada musik).

4. Gerakan pola silang

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan tepat berada di pinggang. b. Hitungan pertama, silangkan kaki kiri ke samping kaki kanan melalui depan. c. Hitungan kedua, langkahkan kaki kanan ke arah samping kiri.

d. Lanjutkan seterusnya, kemudian kebalikannya dengan irama 2/4. Gerakan dilakukan 4 x 8 hitungan.

5. Gerakan pola langkah samping atau disebut zijpas

Cara melakukannya: a. Pada gerakan pola langkah samping, sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang.b. Pada hitungan pertama, langkahkan kaki kanan ke arah samping kanan. c. Pada hitungan kedua, kemudian disusul dengan kaki kiri kemudian ke­ langkah ke samping kanan juga lalu dirapatkan dengan kaki kanan.d. Lanjutkan dengan gerakan mengarah ke kiri.

e. Lakukan berulang­-ulang dalam 4 x 8 hitungan.

6. Gerakan pola lompat ke depan

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak, dengan kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, lompatankan kaki kanan, sambil mengayunkan kaki kiri. c. Pada hitungan kedua, ambil gerakan lompatan kaki kiri, sambil mengayunkan kaki kanan.

d. Lanjutkan gerakan tersebut secara berulang kali secara 4 x 8 hitungan.

7. Gerakan pola lompat dengan membuka dan menutup kaki

Cara melakukannya: a. Sikap awal berdiri tegak dengan posisi kedua tangan berada di pinggang. b. Pada hitungan pertama, kedua kaki dibuka melebar ke arah samping. c. Pada hitungan kedua, tutuplah secara rapat kedua kaki secara bersa­maan.

d. Gerakan tersebut harus dilakukan secara berulang kali, dan terus­ menerus sesuai dengan hitungan yang diterapkan (4 x 8 hitungan atau lebih).

Nah, itu tadi penjelasan macam gerak langkah pada
senam irama.
Detikers, bisa langsung mempraktekkan gerakan-gerakan tadi dalam senam irama ya!

Simak Video “Apakah Kita Sudah Qana’ah?

[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Bagaimana sikap permulaan dalam langkah kaki menyilang ke samping sambil tepuk tangan

Posted by: pskji.org