Salah satu usaha dalam menjaga keutuhan nkri adalah

Salah satu usaha dalam menjaga keutuhan nkri adalah

Banyak sekali upaya yang bisa dilakukan guna menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia. Namun, semua mengerucut pada 4 hal penting berikut yaitu kembali kepada Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika serta usaha pertahanan negara. Berikut adalah upaya menjaga keutuhan NKRI :

1. Mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia, dasar Negara Indonesia, serta falsafah hidup sejatinya benar-benar menjadi pedoman hidup yang harus dihayati dan diamalkan ke dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila maka keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat terjaga. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada zaman Orde Baru dikenal dengan 36 Butir Pancasila. Setelah masa reformasi bergulir, nilai-nilai ini mengalami perubahan menjadi 45 butir Pancasila.

2. Menggelorakan semangat Bhinneka Tunggal Ika sebagai persatuan bangsa

Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan Negara yang berarti berbeda-beda tetapi satu jua. Bhinneka Tunggal Ika merupakan ikatan kemajemukan yang Indonesia miliki. Salah satu cara merawat kemajemukan bangsa Indonesia adalah dengan belajar menerima ke Bhinnekaan itu sendiri sebagai sebuah kenyataan agar menjadi kekuatan.

3. Menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai konstitusi/UUD 1945.

Dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara hendaknya mengacu pada konstitusi. Dalam UUD 1945 telah diatur secara jelas mengenai hak dan kewajiban warga Negara. Kewajiban warga Negara hendaknya didahulukan dari pada menuntut hak. Dengan demikian akan tercipta tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara yang aman dan tertib.

4. Melaksanakan usaha pertahanan Negara

Segala ketentuan mengenai pertahanan Negara tercantum dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Sesuai dengan ketentuan dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yang dimaksud dengan pertahanan Negara adalah : “usaha untuk mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan keselamatan segenap bangsa dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara”.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah tugas kita bersama. Usaha-usaha dalam menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara?

  1. Membanding-bandingkan suku yang satu dengan yang lain
  2. Menumbuhkan sikap toleransi
  3. Bangga terhadap budaya negara lain
  4. Bangga terhadap diri sendiri
  5. Semua jawaban benar

Jawaban yang benar adalah: B. Menumbuhkan sikap toleransi.

Dilansir dari Ensiklopedia, menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia (nkri) adalah tugas kita bersama. usaha-usaha dalam menjaga keutuhan nkri dapat dilakukan dengan cara Menumbuhkan sikap toleransi.

Baca Juga :   Penggolongan hasil limbah organik yang berasal dari daerah pegunungan contohnya

Pembahasan dan Penjelasan

Menurut saya jawaban
A. Membanding-bandingkan suku yang satu dengan yang lain
adalah jawaban yang kurang tepat, karena sudah terlihat jelas antara pertanyaan dan jawaban tidak nyambung sama sekali.

Menurut saya jawaban
B. Menumbuhkan sikap toleransi
adalah jawaban yang paling benar, bisa dibuktikan dari buku bacaan dan informasi yang ada di google.

Baca Juga :   Obat radang tenggorokan anak 6 tahun

Menurut saya jawaban
C. Bangga terhadap budaya negara lain
adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut lebih tepat kalau dipakai untuk pertanyaan lain.

Menurut saya jawaban
D. Bangga terhadap diri sendiri
adalah jawaban salah, karena jawaban tersebut sudah melenceng dari apa yang ditanyakan.

Baca Juga :   Sebuah gelombang memiliki persamaan gelombang y=4 sin 20 phi t besar frekuensi gelombang adalah

Menurut saya jawaban
E. Semua jawaban benar
adalah jawaban salah, karena setelah saya coba cari di google, jawaban ini lebih cocok untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan serta pilihan diatas, saya bisa menyimpulkan bahwa jawaban yang paling benar adalah B. Menumbuhkan sikap toleransi.

Baca Juga :   Mengapa pariwisata menjadi salah satu faktor yang efektif dalam pengembangan retribusi internasional

Jika anda masih punya pertanyaan lain atau ingin menanyakan sesuatu bisa tulis di kolom kometar dibawah.

Pembelajaran 4 Subtema 3 Buku Tematik Tema 2 Kelas 6 SD.

TRIBUNNEWS.COM
– Berikut kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 SD halaman 123 125 126 127 128 129 Subtema 3 Pembelajaran 4 Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Judul yang diusung Buku Tematik Kelas 6 SD/MI Tema 2 yakni Persatuan dalam Perbedaan.

Subtema 3 dalam buku ini berjudul Bersatu Kita Teguh.

Artikel ini berisi kunci jawaban soal yang ada dalam pembelajaran 4 di halaman 122-129.

Baca: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 SD Halaman 117 118 120 121 Buku Tematik Persatuan dalam Perbedaan

Berikut kunci jawaban Tema 2 Kelas 6 SD/MI Subtema 3 pembelajaran 4 yang Tribunnews.com kutip dari Buku Guru SD/MI Kelas 6 SD Tema 2 dan beberapa sumber lainnya:

Kunci Jawaban Halaman 123

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?

Penduduk Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa tersebar di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera.

Rakyat yang bersatu dalam suasana yang aman turut mendukung pelaksanaan pembangunan. Jika pembangunan berjalan dengan baik, maka kesejahteraan rakyat akan meningkat.

Sebaliknya, jika negara terpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan terhambat. Pembangunan yang terhambat akan mempengaruhi kesejahteraan.

Bagi Rakyat Indonesia, Pancasila merupakan pedoman yang mengatur seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat.  Hal itu pula yang mendorong terciptanya Cinta Tanah Air dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk itu, Pendidikan Pancasila sangat penting ditanamkan kepada seluruh Rakyat Indonesia agar  mampu bersikap dan berpedoman pada Pancasila. Sehingga bisa menjaga keutuhan NKRI, dimana ini menjadi kewajiban semua warga negara Indonesia. Artinya semua warga negara harus menjaga maupun melindungi NKRI dari berbagai macam hal yang mungkin bisa mengancam keutuhan NKRI.

Dalam upaya menjaga keutuhan NKRI, setidaknya ada tiga sikap yang perlu kita tanamkan sedini mungkin dan menjadi pegangan bagi setiap warga negara Indonesia. Adapun sikap-sikap tersebut antara lain:

Cinta Tanah Air

Sikap cinta tanah air artinya berbakti kepada negara dan bersedia berkorban membela negara. Cinta tanah air menjadi sikap penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial budaya, ekonomi, dan politik bangsa. Cinta tanah air dapat diwujudkan melalui berbagai cara, yaitu :

  • Menjaga keamanan wilayah negaranya dari ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam negeri.
  • Menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
  • Mengolah kekayaan alam dengan menjaga ekosistem guna meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat.
  • Rajin belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin untuk diabdikan kepada negara.

Membina Persatuan dan Kesatuan di Manapun Kita Berada

Semboyan Bhineka Tunggal Ika mencerminkan persatuan dan kesatuan bangsa negara Indonesia. Meskipun ditengah kemajemukan bangsa Indonesia, tetapi mampu membangun kesatuan bangsa yang kokoh. Maka membina persatuan dan kesatuan dimanapun kita berada baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat maupun bangsa dan negara sangat penting.

(Baca juga: Menumbuhkan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara)

Adapun beberapa tindakan yang menunjukan usaha membina persatuan dan kesatuan diantaranya:

  • Menjalin kerjasama antardaerah
  • Menjalin persahabatan antarsuku bangsa, misalnya dengan memberi bantuan tanpa membedakan suku bangsa atau asal daerah.
  • Mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain.
  • Memperluas pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Mengerti dan merasakan kesedihan dan penderitaan orang lain serta tidak mudah marah atau menyimpan dendam.
  • Menerima teman tanpa mempertimbangkan perbedaan suku, agama, ras, maupun golongan.

Sikap Rela Berkorban

Rela berkorban yaitu kesediaan dan keikhlasan memberikan sesuatu yang dimiliki untuk orang lain maupun bangsa dan negara walaupun akan menimbulkan penderitaan bagi diri sendiri.


hallo kak,ada yang bisa bantu ngga?nama sama, penjelasan nya​


Apakah dengan adanya proklamasi, perjuangan Indonesia cukup sampai disitu saja? jelaskann!Bantu jwb dong kak​


perhatikan gambar berikut * lambang sila ke 2*kegiatan sehari hari yang sesuai dengan makna lambang sila pancasila pada gambar adalah…. …

#pilih lah jawaban lebihh dri 1#1#menyisihkan sebagian uang jajan untuk membantu korban bencana alam2#merawat taman sekitar rumah yang dilakukan secara bersama sama3#memberi pujian kepada teman yang menjuarai lomba lukis HUT RI4#ikut serta dalam musyawarah warga untuk menentukan jadwal siskamling5#menjenguk teman yang sedang sakit mohon di jawab ​


menceritakan 4 tokoh pendiri negara dg perannya masing-masing dlm peristiwa proklamasi. BANTU JAWAB KAKAK​


Perhatikan data berikut! (1) nelayan, (2) pengrajin, (3) buruh, (4) penjual. Berdasarkan data tersebut yang termasuk keberagaman ekonomi di masyarakat …

adalah A. (1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C. (1), (3), dan (4) D. (2), (3), dan (4)​


sebutkan visi misi Jong Ambon serta tujuan didirikannya Jong Ambon !!!butuh cepat Plisss terimakasih bagi yang sudah menjawab ☺️☺️☺️​


Curah hujan yang tinggi beberapa waktu yang lalu menyebabkan banjir di berbagai tempat. Sehingga banyak rumah dan lingkungan yang terdampak banjir. Se …

telah banjir surut, warga bergotong royong untuk membersihkan lingkungan tersebut. Jelaskan dua manfaat dari gotong royong!​


Quiz.• Sebutkan 3 Contoh kewajiban di sekolah!• Sebutkan 3 contoh kewajiban di rumahJangan ngasal!​


Jodohkan pernyataan tersebut1.salah satu contoh yang termasuk negara kesatuan 2.Negara kesatuan dipimpin oleh..3.Salah satu ciri negara kesatuan 4.Con …

toh negara yang menganut sistem Negara federasi 5.ciri khas negara federasia.Presiden b.Menteric.Ada negara bagiand.perdana menteri e.Indonesia f.Amerika Serikatg.Tidak ada negara bagian tolong dijawab yang bener kk​


sebutkan tujuan negara kita yang termuat dalam pembukaan UUD 1945 Aliena 4​

Salah satu usaha dalam menjaga keutuhan nkri adalah

Posted by: pskji.org