Animasi yang digunakan untuk memberikan efek pada objek adalah

Animasi yang digunakan untuk memberikan efek pada objek adalah

4.1.6 Memberi animasi objek

Langkah untuk memberi animasi pada objek adalah :

1. Aktif pada slide yang didalamnya terdapat objek

2. Pada tab Animations grup Animations klik tombol custom Animation,sehingga tampil jendela task pane dengan judul Custom Animations pada sisi kanan lembar kerja PowerPoint.

Berikut adalah penjelasan fungsi dan kegunaan masing-masing perintah didalam taks pane Custom Animation :

Add Effeect untuk memberi efek animasi pada objek. Remove untuk menghapus efek animasi pada objek yang sudah terpasang sebelumnya. Start untuk mengatur awal mulainya efek animasi pada saat dijalankan dalam tampilan slide show. Direction untuk mengatur arah gerak animasi pada objek. Speed untuk mengatur kecepatan gerak animasi objek. Re-order untuk mengatur urutan animasi objek yang akan dijalankan.

Play untuk menjalankan animasi objek pada slide. Slide show untuk menjalankan presentasi dalam tampilan satu layar penuh.

3. Pilih objek yang akan diberi animasi,kemudian klik add effect.

4. Pilih salah satu efek yang terdapat dalam kategori tersebut : Entrance, memiliki lima pilihan awal yaitu Blind,Box,Checkboard,Diamon,dan Fly In. Jika ingin menampilkan pilihan efek yang lain,klik pilihan More Effect,sehingga tampil kotak dialog Add Entrance Effect.

Aktifkan kotak periksa Preview Effect untuk melihat efek yang anda pilih pada slide secara langsung.

Emphasis untuk memberi efek animasi berdasarkan penekanan pada kata,kalimat maupun karakter. Klik pilihan More Effect untuk menampilkan seluruh efek yang dimiliki efek Emphasis.

Exit, kategori efek ini biasanya digunakan untuk memberikan efek animasi penutup pada akhir slide. Berikut adalah beberapa efek yang terdapat dalam kategori exit.

Motion Paths untuk memberi pergerakan animasi berdasarkan alur garis. Jika ingin menampilkan pilihan animasi yang lain,klik pilihan More Motion Paths.

4 .2 MENERAPKAN POLA HYPERLINK PADA PRESENTASI

Langkah 1

Untuk Slide pertama, pada bagian Title Klik dan tulis KOMPUTER, dan untuk subtitlenya tulis dan Klik

OLEH:NAMA PRAKTIKAN_NOMOR POKOK (nama dan nomor diisi sesuai diri sendiri)

DISUSUN

Langkah 2 Tekan Ctrl+M untuk menambah Slide atau Klik Insert New Slide atau mengklik kanan pada slide view, untuk sementara kosongkan subtitlenya karena akan dibuat Hyperlink, untuk kolom Title isi dengan tulisan Penggolongan Komputer

Langkah 3 Tambahkan slide lagi, kemudian untuk Slide Layout nya pilih Title, Text and Content. Pada Kolom Title isi kan Berdasarkan Data yang Diolah, dan subtitlenya, Komputer Analogi (Enter), Komputer Digital (Enter), Komputer Hybrid (Enter), Untuk gambar, ambillah gambar dengan format GIF, sepeti

Baca Juga :   Sebutkan tiga aspek k3lh yang harus diperhatikan dalam lingkungan sekolah ketika praktik

gambar disamping (disked), bisa saja dalam satu slide terdiri dari beberapa gambar.

Langkah 4 Tambahkan Slide kembali, Lakukan hal yang sama seperti diatas. Untuk Title: Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya untuk subtitlenya: Komputer Mikro (Enter), Komputer Kecil (Enter), Komputer Menengah (Enter), Komputer Besar (Enter), Komputer Super (Enter). Untuk variasi saat presentasi pilih Slide show dan pilih Animation Schemes, piih sesuai keinginan anda untuk slide tersebut

Langkah 5

Untuk Slide kelima, ubahlah Slide Layout nya menjadi Title, Content and Text. Untuk Title:Berdasarkan Penggunannya Untuk Subtitle: Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer) {Tekan Enter} Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)

Langkah 6 Untuk Slide Terakhir, buatlah layout seperti gambar disamping ini. Isi title dengan Berdasarkan Generasinya dan subtitle dengan Komputer Generasi Pertama (1946-1959) {Tekan Enter} Komputer Generasi Kedua (1959-1964) {Tekan Enter} Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) {Tekan Enter} Komputer Generasi Keempat (1979- sekarang). Klik Gambar untuk membuat animasi agar bisa mengecil. Pilih Slide Show dan Costum Animation, akan muncul pada TaskPane, pilih Add Effect  Emphasis  Grow/Shrink . Karena ingin mengecilkan gambar maka pada kolom Size pilih Tiny.

Langkah 7 Kembalilah ke Slide ke dua, dilanjutkan dengan mengklik kanan pada slide ketiga yang ada di slide view , piih Copy , klik kembali Subtitlenya. Klik Edit dilanjutkan dengan Paste as Hyperlink . Setelah judul Slide ada didalam subtitle maka secara otomatis slide tersebut akan muncul juka ditekan pada saat presentasi. Lakukan langkah tersebut untuk Slide keempat sampai Slide Keenam.

Presentasi telah selesai dikerjakan maka anda bisa melihat bahan yang akan anda presentasikan dengan menekan F5 pada Keyboard. Atau Slide Show , kemudian piih View Show . Dan anda bisa memindahkan kelembar selanjutnya dengan mengklik kiri mouse, menggunakan bantuan dengan klik kanan, atau memindahkan dengan tombol panah kanan atau Spacebar. Jika ingin kembali ke slide yang sebelumnya tekan Backspace atau tombol panah kiri.

Kita telah belajar membuat beberapa macam slide dengan di tambahkan gambar,objek,tabel,dan grafik.Ketika presentasi ini dijalankan,objek-objek ini langsung ditampilkan pada slide.Hal ini membuat presentasi terasa kaku,tidak hidup dan tidak menarik,kita dapat menambahkan efek animasi pada teks atau objek-objek di slide.Disini objek beranimasi sebelum ditampilkan pada slide ketika presentasi dijalankan.Arah dan kecepatan animasi dapat di atur sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :   Cara mengaktifkan fake gps tanpa mengaktifkan lokasi palsu

Menambah Efek Animasi Pada Objek

Objek-objek pada slide dapat diberi efek animasi supaya terlihat menarik.langkah untuk membuat animasi pada objek adalah sebagai berikut:

  • Tampilkan slide dimana objek yang akan diberi efek animasi berada
  • Klik menu Slide Show dan klik Custom Animation untuk menampilkan panel Custom Animation.
  • Pilih Objek yang akan diberi efek animasi pada slide
  • Pada Panel Custom Animation klik Add Effect untuk menampilkan Daftar folder kelompok animasi objek dan tunjuk folder dimana pilihan animasi yang akan digunakan untuk menampilkan daftar pilihan animasi seperti terlihat pada gambar dibawah.
  • Klik Pilihan animasi yang akan digunakan pada objek.Objek yang dipilih pada slide terlihat beranimasi sesuai dengan pilihan animasi tersebut.Pada bagian tengah panel Custom Animation terlihat kotak yang menampilkan daftar objek yang telah diberi efek animasi beserta nomor urut pemberian animasi pada objek di dalam slide.
  • Lakukan pemberian animasi pada objek-objek lain pada slide.

Memodifikasi Animasi Pada ObjekAnimasi yang telah diberikan pada objek dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan.

  • Pada panel Custom Animation klik objek yang akan dimodifikasi animasinya untuk memilih.
  • klik tombol dorong kebawah pada kotak start untuk menampilkan daftar pilihan waktu jalannya animasi objek.
  • klik pilihan on click untuk menjalankan animasi ketika mouse diklik,klik pilihan With Preview untuk menjalankan animasi bersamaan dengan animasi objek sebelumnya,atau klik pilihan After Previous untuk menjalankan animasi setelah menjalankan animasi objek sebelumnya.
  • Klik tombol dorong kebawah pada kotak Direction untuk menampilkan daftar pilihan arah animasi objek .
  • Pilih Across untuk animasi bersilang atau klik Down untuk membuat animasi arah kebawah
  • klik tombol dorong kebawah pada kotak speed untuk menampilkan daftar pilihan kecepatan animasi.

Mengubah Urutan Jalannya Animasi ObjekUrutan jalannya animasi objek pada slide bergantung pada urutan pemberian animasi pada objek.Kita dapat mengubah urutan jalannya animasi objek sesuai kebutuhan.

  • pada kotak daftarobjek yang telahdiberi animasi panel custom Anmation klik objek yang akan diubah urutannya untuk memilih
  • Seret objek tersebut ke atas atau kebawah objek lain.
  • setelah posisi urutan yang diinginkan diperoleh,lepaskan penekanan tombol mouse.

Memberi Suara pada Animasi ObjekSupaya presentasi lebih hidup dan menarik lagi,kita dapat memberi suara pada animasi objek.

  • Pada daftar objek yang telah diberi animasi klik objek yang ingin diberi suara pada animasinya.
  • klik tombol dorong kebawah pada objek yang dipilih untuk menampilkan menu pilihan jalannya animasi objek dan perintah untuk mengatur animasi objek.
  • Klik perintah Effect Options untuk menampilkan kotak dialog pilihan animasi objek yang dipilih pada tab Effect.
  • Pada kotak Sound pilih suara yang kita gunakan pada animasi objek.
  • Kemudian klik OK untuk menutup kotak dialog pilihan animasi Objek
Baca Juga :   Apa saja unsur unsur yang mendukung diadakannya pagelaran seni?

Mengatur Animasi TeksSecara Defaul,animasi teks pada slide diatur sekaligus ditampilkan.selain sekaligus,kita dapat mengatur animasi teks kata demi kata atau huruf demi huruf.

  • pilih objek teks yang akan diatur animasinya pada daftar objek yang telah diberi animasi.
  • Tampilkan kotak dialog pilihan animasi objek yang dipilih kembali.
  • Klik tombol dorong kebawah pada kotak Animate Teks untuk menampilkan daftar pilihan animasi teks seperti terlihat pada gambar di bawah.
  • pilih All at once untuk menampilkan animasi teks sekaligus.Pilih By Word untuk menampilkan animasi teks kata demi kata,atau pilih by letter untuk menampilkan animasi teks huruf demi huruf.
  • Jika kita menggunnakan pilihan animasi teks kata demi kata atau huruf demi huruf,tentukan persentase penundaan kata atau huruf didalam animasi.semakin tinggi persentase penundaan semakin,semakin lambat animasi teks terlihat.
  • Setelah mengatur animasi teks, klik tombol OK untuk menutup kotak dialog pilihan animasi.

Menambahkan Animasi Pada Objek dan Slide Secara BersamaanKita telah menambahkan efek animasi pada objek dan mengaturnya sesuai dengan kebutuhan.Pemberian efek pada objek dengan cara ini sangat lambat.Untuk memudahkan pemberian efek animasi pada semua objek di dalam slide secara bersamaan,kita dapat menggunakan skema animasi.

  • Tampilkan slide dimana objek-objek yang akan diberi efek animasi berada.
  • Klik menu Slide Show dan klik Perintah Animation Schemes.(pada panel akan terlihat daftar pilihan skema animasi)
  • klik skema animasi yang ingin kita gunakan,maka skema animasi tersebut diaplikasikan ke objek-objek pada slide.Hal ini ditunjukan dengan terliahatnya jalannya animasi objek-objek pada slide yang ditampilkan
  • klik tombol Apply to All Slides untuk mengaplikasikan skema animasi pada semua slide di dalam presentasi.


Page 2

Animasi yang digunakan untuk memberikan efek pada objek adalah

Posted by: pskji.org