Apakah yang dimaksud ancaman militer sebutkan macam macamnya

Apakah yang dimaksud ancaman militer sebutkan macam macamnya

Ancaman Bagi Suatu Negera
perlu adanya strategi untuk menyelesikannya. Hal ini bertujuan untuk tetap mempertahankan negara yang sudah terbentuk.

Untuk bisa menyelesaikan berbagai ancama yang terjadi perlu juga adanya semboyan untuk mepersatukan jiwa dalam memiliki negara.

Seperti halnya pepatah mengatakan, “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”. Peribahasa tersebut berlaku juga untuk keutuhan suatu negara. Jika semua warganya berjiwa memiliki negara tentunya akan membantu dalam menyelesaikan berbagai ancaman yang datang.

Ancaman bisa terjadi baik dari dalam negri ataupun di luar negri. Untuk itu perlu adanya rasa persatuan dan juga kesatuan suatu negara. Hal tersebut berlaku juga di negara Repbulik Indonesia. Apalagi negara RI ini memliki banyak suku dan juga budaya.

Jangan sampai perbedaan yang ada ini justru menjadi ancaman bagi negara RI. Sesuai dengan semboyan dari NKRI “ Bhineka tunggal ika”. Walaupun berbeda-beda suku, ras, budaya tapi kita tetap satu yaitu bangsa Indonesia.

Baca juga : Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman Militer Negara Lain

Indonesia sebenarnya tidak hanya kaya akan budaya dan juga suku, tapi alam yang di miliki NKRI juga banyak. Karena kekeyaan alam dan juga kekayaan budaya ini menjadikan wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia.

Mereka penasaran dengan berbagai budaya yang ada dan juga alam yang ada. Kenapa? Karena tidak semua negera kaya akan budaya dan juga alam seperti halnya negara Indonesia.

Pengertian Ancaman Bagi Suatu Negara

Sebenarnya ancaman itu apa? Sebelum berlanjut ke jenis-jenis ancaman harus mengetahui apa itu
Pengertian Ancaman.
Salah satu usaha yang di lakukan untuk mengubah ataupun merombak suatu kebijakan yang sudah terkonsep dalam suatu negara itu bisa disebut sebagai ancaman. Ada yang berupa ancaman dalam negeri dan ada juga dari luar negeri.

Tujuan dari adnaya ancaman ini adalah untuk merubah negara yang awalnya damai menjadi berantakan dan hancur. Untuk itu di butuhkan adanya persatuan dan kesatuan dalam menyelesaikan berbagai ancaman yang terjadi.

Ancaman Bagi Suatu Negerabisa melalui tindak politis ataupu kriminal. Untuk itu berbagai masalah yang terjadi yang tidak sesusai dengan kebijakan negara mudah menjadi jalan untuk menghancurkan kesatuan negara.

Jenis-Jenis Ancaman Bagi Suatu Negara

Ancaman yang terjadi tidak hanya satu jenis, tapi ada bebrrepa jenis ancaman bagi negara. Adapun
Jenis-Jenis Ancaman
yaitu sebagai berikut:

1. Ancaman militer

Ancama suatu negara yang menjadikan senjata sebagai alat untuk menghancurkan keutuhan wilayah, kedaulatan negara dan keselamtan warga negara. Biasanya ancaman ini suda terorganisasi dengan konsep yang sempurna.

2. Ancaman non milter

Ancama ini tidak menggunakan senjata seperti halnya ancaman militer yang terlihat. Tapi ancamam non militer ini menggunakan sesuatu yang tidak dapat terlihat seperti halnya ideologi suatu negara. Tentunya hal tersebut tidak bisa dilihat secara langsung, tapi dapat dirasakan dampak dari ideologinya.

Baca juga : Cara Menghadapi Ancaman Non Militer (Ideologi, Politik, Sosbud)

Akan muncul berbagai pandangan yang sudah berbeda dengan ideologi pada mulanya. Ancaman non militer bisa berupa ancaman politik, sosial budaya dan juga ekonomi. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

1. Ancaman sosial budaya

Ancaman negara yang dapat memberikan dampak buruk pada generasi penerus bangsa. Budaya yang sudah ada di negera tersebut semakin lama berpindah dengan budaya baru. Hal ini tentunya akan menghilangkan ciri khas dari budaya sosial yang sudah di bentuk sejak nenek moyang.

Baca Juga :   Nilai yang terkandung dalam sila pancasila brainly

Sosial dan budaya yang masuk di negara seharusnya bisa disaring lebih jeli lagi. Kenapa? Karena tidak semua sosial budaya itu buruk. Ada juga yang memiliki dampak positif. Perlu adanya pewasapadaan pada sosial budaya yang buruk.

2. Ancaman politik

Ancaman politik ini bisa muncul ketika ada negara lain ikut campur dalam rumah tangga negara. Politik demokrasi seperti hanya bangsa Indonesia ini yang sudah lama di bangun bisa hancur karena adanya ancaman politik. Awalnya demokrasi untuk kepentingan orang banyak dapat berubah menjadi kepentingan pribadi. Hal ini tentunya akan memecah negara kesatuan Republik Indonesia.

4. Ancaman ekonomi

Ancaman ekonomi ini sangat rentan sekali, karena berhubungan dengan kemakumuran suatu negara. Ancaman ekonoimi bisa terjadi di dalam negeri ataupun di luar negeri.

Contoh-Contoh Ancaman Bagi Suatu Negara

Setelah mengulas jenis-jenis dari ancaman suatu negara termasuk negara Republik Indonesia perlu juga adanya
Contoh-Contoh Ancaman.
Berikut ini beberapa contoh ancaman suatu negara sesuai dengan jenis-jenis ancaman yang terjadi di suatu negara.

Contoh ancaman militer

  1. Agresi
    Ancaman militer ini menggunakan alat untuk membahayakan kedaulatan dan juga keutuhan suatu negara. Alat tersebut berupa kekuatan bersenjata. Selain itu ancaman ini juga bisa membahayakan keselamatan seluruh warga negara tersebut.

    Adapun bentuk-bentuknya berupa blokade, bentuk ancaman yang di lakukan di daerah pantai atau pelabuhan yang dilakukan oleh angkatan negara lain. Selain itu bombardemen, ancaman militer yang menggunakan senjata negara lain untuk digunakan di negera sendiri. Invasi, bentuk ancaman militer dengan melakukan penyerangan pada negara sendiri.

  2. Adanya penggunaan pesawat ataupun kapal non komersil
  3. Spionase, ancaman yang berupa mata-mata yang ingin mendapatkan dokumen rahasia militer suatu negara.
  4. Sabotase, ancaman yang dapat merusak instalasi militer atu objek vital nasional suatu negara. Hal ini bisa membahayakan keselamatan seluruh warga negara tersebut.
  5. Terorisme, ancaman bersenjata yang di lakukan oleh jaringan teroris yang terselubung. Hal ini dilakukan dengan adanya kerjasama dari teroris dalam negeri dan teroris luar negeri.
  6. Pemberontakan yang melakukan senjata baik perang saudara ataupun perang antar daerah.

Contoh ancaman non militer

1. Ancaman sosial budaya

Contoh dari ancaman sosial budaya yaitu munculnya sifat hedonisme. Sifat yang mengunnggulkaan kenikmatan pribadi tanpa memperdulikan norma-norma yang sudah ada.

Contohnya saja pergaulan bebas, mabuk-mabuka, foya-foya, dan penggunaan narkoba. Adanya gaya hidup yang konsumtif, lebih menyukai produk luar negeri dari pada dalam negeri. Menurunnya nilai keagamaan dalam bermasyarakat.

Baca juga : Pengertian Tantangan Bagi Suatu Negara dan Macamnya

Semakin memudarnya semangat solidaritas, gotong royong, saling peduli yang sudah mendarah daging di negera Indoenisa. Hal tersebut dikarenakan dampak adanya sikap individualisme.

Lebih mementingkan diri sendiri dari pada kepentingan umum. Selain itu munculnya gaya hidup barat. Mulai dari model berpakaian, cara berbicara dan juga budaya pergaulan ala-ala barat.

2. Ancaman politik

Ancama politik di Indonesia yaitu korupsi. Ancaman dalam negeri yang dapat menjadikan negara semakin runtuh kemakmurannya. Adanya korupsi ini dapat menghambat kemajuan suatu negara.

Adanya konflik SARA yang di kaitkan dengan hubungan politik. Indoneisa yang memiliki ragam budaya dan politik ini bisa terpecah belah. Kestauan yang sudah di bangun sesuai dengan semboyan akan luntur dan musnah.

Baca Juga :   Zat warna alam yang berasal dari tumbuhan yang dapat menimbulkan warna kuning adalah bersal dari

Adaya penurunan paksa pemerintahan, hal ini bisa berdampak pada krisis ekonomi yang melanda, sistem pemerintahan yang acak-acakan dan terjadi kerusuhan di mana-mana.

Adanya pelanggaran HAM, ancamn ini dapat terjadi dalam negeri. HAM menjadi salah satu pandangan masyarakat dunia. HAM juga sangat penting dalam dunia politik di dalam ataupun di luar negeri. Untuk itu
Ancaman Bagi Suatu Negera
yang berupa HAM ini akan menjadikan dampak buruk di mata dunia.
Referensi Tambahan:

  1. https://guruppkn.com/contoh-ancaman-politik
  2. https://www.firde7.xyz/2017/01/pkn-ancaman-di-bidang-sosial-budaya.html
  3. https://guruppkn.com/contoh-ancaman-terhadap-nkri
  4. https://www.kitapunya.net/2015/08/bentuk-bentuk-ancaman-terhadap-negara.html

Originally posted 2018-07-07 13:10:33.

Dirjen Perdaglu Kemendag Terjerat Kasus Mafia Minyak Goreng, Dampaknya?


pada 06 Okt 2021, 15:15 WIB

Diperbarui
06 Okt 2021, 15:15 WIB


Perbesar

Prajurit TNI menaiki panser saat parade alutsista pada perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019). TNI menampilkan kekuatan dan alutsista yang dimiliki pada HUT ke-74 TNI. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta
Kamus Besar Bahasa Indonesia menerjemahkan pengertian ancaman secara umum adalah usaha yang dilaksanakan secara konsepsional melalui tindakan politik dan atau kejahatan.

Lebih lanjut, pengertian ancaman adalah segala yang diperkirakan dapat membahayakan tatanan serta kepentingan negara dan bangsa. Ancaman bisa dilakukan secara individu dan kelompok.

Pengertian ancaman menurut Threates adalah kondisi yang tidak menguntungkan pada individu dan kelompok tertentu lantaran dianggap sebagai pengganggu. Ancaman adalah menurut Undang-Undang nomor 3 taun 2002 terdiri dari dua macam, militer dan nonmiliter.

Apa itu pengertian ancaman militer dan nonmiliter? Berikut Liputan6.com ulas pengertian ancaman lebih dalam dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021).

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

Prajurit TNI menaiki sejumlah kendaraan tempur saat parade alutsista pada perayaan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019). TNI memamerkan berbagai jenis alutsista pada perayaan HUT ke-74. (Liputan6.com/JohanTallo)

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menerjemahkan pengertian ancaman militer adalah mengandalkan kekuatan senjata dan terorganisasi. Beberapa ancaman yang termasuk ancaman militer sebagai berikut, mengutip BOLA.com:

1. Agresi militer oleh negara lain

2. Pelanggaran wilayah oleh negara lain

3. Spionase

4. Sabotase

5. Aksi teror bersenjata

6. Gerakan separatis

7. Pemberontakan bersenjata

8. Perang saudara

9. Gerakan makar

Ancaman militer adalah bentuk ancaman yang dinilai mempunyai kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Bentuk dari pengertian ancaman militer adalah berupa ancaman militer agresi dan ancaman militer bukan agresi.

Ancaman militer agresi umumnya menggunakan kekuatan bersenjata oleh negara lain untuk melakukan pendudukan sehingga mengancam kedaulatan Negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa. Sementara ancaman militer bukan agresi berupa ancaman yang dapat menggunakan senjata atau tidak, dilakukan oleh pihak asing atau warga negara sendiri.

Umumnya ancaman militer bukan agresi adalah yang dinilai dapat mempengaruhi kemampuan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah Negara dan keselamatan segenap bangsa (seperti pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, ancaman terhadap obyek vital nasional, spionase, terorisme, ancaman di laut atau di udara, serta konflik komunal).

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

112 Alutsista digelar di depan Istana Merdeka Jakarta dalam rangka HUT ke-76 TNI. (Foto: Puspen TNI)

Baca Juga :   Contoh teks eksposisi mengenai sampah yang dibuang ke sungai

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menerjemahkan pengertian ancaman nonmiliter sebagai ancaman yang menggunakan faktor-faktor nonmiliter. Beberapa ancaman yang termasuk ancaman militer sebagai berikut, mengutip BOLA.com:

1. Ideologi

2. Politik

3. Ekonomi

4. Sosial budaya

5. Teknologi

6. Informasi

7. Keselamatan umum

Persis seperti pengertian ancaman militer yang dinilai dapat membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara dan keselamatan segenap bangsa. Pengertian ancaman nonmiliter dapat berasal dari luar negeri atau dapat bersumber dari dalam negeri.

Sementara golongannya, ancaman nonmiliter digolongkan ke dalam ancaman yang berdemensi idiologi, politik, sosial budaya, keselamatan umum, teknologi, dan legislasi.

Scroll down
untuk melanjutkan membaca

Dari luar negeri:

1. Agresi

Misalnya saja Agresi Militer II oleh Belanda.

2. Pelanggaran wilayah oleh negara lain

Hal ini biasanya terjadi di wilayah perbatasan, sehingga banyak tentara Indonesia yang ditempatkan di wilayah perbatasan.

3. Spionase atau mata-mata

4. Sabotase

5. Aksi terror dari jaringan yang ada di wilayah Internasional

Teroris yang sering bertebaran di Indonesia adalah salah satu contohnya. Bom Bali II di bali adalah salah satu akibat yang ditimbulkan oleh aksi terror.

Dari dalam negeri:

1. Pemberontakan bersenjata

2. Konflik horizontal

3. Aksi teror

Aksi teror nggak cuma bisa dilakukan oleh orang luar negeri saja, orang Indonesia sendiri juga bisa melakukannya. Salah satu akibat yang dihasilkan oleh aksi terror ini adalah Bom Sarinah yang dilakukan oleh warga Indonesia sendiri

4. Aksi kekerasan yang berbau SARA

5. Gerakan separatis

Contoh dari aksi yang satu ini adalah usaha pelepasan Timor-timur dulu, waktu pemerintahan pak Habibi.

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

Sejumlah tentara berada di kendaraan taktis TNI yang dipamerkan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (4/10/2021). Ratusan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI dipamerkan sepanjang pinggir jalan sekeliling kawasan Monas dalam rangka peringatan HUT ke-76 TNI. ​(merdeka.com/Arie Basuki)

Segala bentuk ancaman baik militer maupun non-militer adalah bisa membahayakan kedaulatan sebuah negara. Berikut peristiwa-peristiwa ancaman yang pernah terjadi, mengutip BOLA.com:

1. Kasus yang besar di e-KTP menjadi penyebabnya korupsi terkuak di mana-mana.

2. Oktober tahun 2018 terjadi penangkapan atas pelanggaran ilegal fishing, yaitu dua kapal ikan dari negara Vietnam yang tertangkap di Lautan Natuna.

3. Sebanyak 22 kasus deportasi terhadap warga Negara Filipina berjumlah 32 orang dari pelabuhan Belitung di Bandara Soekarno Hatta.

4. Terjadi pemberontakan angkatan perang Ratu Adil di Kota Bandung pada Januari 1950.

5. Badan spionase asing melakukan serangan cyber terhadap sistem komputer Amerika Serikat pada 2008.

6. Pelanggaran wilayah yang dilakukan Malaysia terhadap Indonesia yang berlokasi di Ambalat, yaitu di laut Sulawesi pada 24 dan 25 Februari 2007. Selain itu juga pernah terjadi pada kasus antara Indonesia dan Timor Leste, yakni tentang Pulau Batik.

7. Terorisme yang berskala internasional yang memiliki jaringan antarnegara, seperti ISIS (Islamic State Of Iraq and Syria).

8. Hadirnya HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) yang dipercayai masyarakat serta pemerintah dapat mengancam keberadaan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa.

Lanjutkan Membaca ↓

Apakah yang dimaksud ancaman militer sebutkan macam macamnya

Posted by: pskji.org