Saat kita akan membuat bubur kertas yang harus kita tambahkan pada campuran air dan koran adalah

Saat kita akan membuat bubur kertas yang harus kita tambahkan pada campuran air dan koran adalah

Dirjen Perdaglu Kemendag Terjerat Kasus Mafia Minyak Goreng, Dampaknya?


Perbesar

Kerajinan tangan berbahan dasar koran bekas terlihat di bengkel Workshop kawasan Kemandoran 8 Jakarta Selatan, Senin (10/2/2020). Berbagai kerajinan tangan berbahan dasar koran bekas dijual Rp. 50.000 ribu hingga Rp. 150 ribu tergantung tingkat kesulitan dalam pengerjaan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta
Cara membuat patung dari bubur kertas ternyata cukup mudah, lho. Walaupun cara membuat patung dari bubur kertas ini mudah, tapi kamu bisa mendapatkan manfaat yang sangat banyak. Salah satu manfaat mempraktikkan cara membuat patung dari bubur kertas ini adalah kamu bisa meningkatkan kemampuan kretivitasmu. Dan ketika kreativitasmu semakin dipaksa untuk digunakan, maka secara tidak langsung kamu akan memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

Dengan meningkatnya kreativitas maka membuat seseorang mampu berpikir secara ‘out of the box’ atau sebuah cara berpikir yang tidak biasa. Hal tersebut sangat diperlukan ketika kamu masuk ke dunia kerja maupun ketika sudah memiliki tanggung jawab yang cukup besar di kemudian hari. Dengan cara berpikir yang ‘out of the box’ tersebut, kamu akan mampu lepas dari rintangan-rintangan yang mungkin cukup berat dihadapi.

Menurut sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id hal tersebut sangat wajar dan juga penting bagi perkembangan fisik maupun psikis mereka. Itulah mengapa orang tua janganlah selalu melarang tetapi sebaliknya, mendukung dan memberi arahan pada anak-anak dalam bermain, salah satunya dengan mempratikkan cara membuat patung dari bubur kertas.

Nah, jika kamu merasa perlu untuk mencari alternatif dalam pengembangan ketrampilan dan kemampuan berpikir anak, atau mungkin kamu sendiri yang tertantang untuk meningkatkan kretivitasmu, maka Liputan6.com di bawah ini telah merangkum cara membuat patung dari bubur kertas yang memang cukup menantang, Senin (13/7/2020).

Baca Juga :   Sebutkan 3 contoh proses Kimia yang merugikan bagi kehidupan manusia

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

Beraneka ragam kerajinan tangan dari kertas koran bekas yang tidak terpakai dirumah.

Bahan-bahan yang bisa digunakan dalam membuat patung dari bubur kertas bisa dengan mudah kamu temui di sekitarmu. Tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, cukup dengan menyiapkan bahan berikut ini:

– Kertas koran atau kertas biasa

– Tepung kanji

– Kawat kasa

– Tang

– Gunting

– Air

– Baskom

– Cat semprot

– Alas kardus atau triplek

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

Berbagai macam hasil kerajinan tangan dari koran bekas yang unik-unik.

1. Siapkan seluruh alat dan bahan.

2. Rendam kertas ke dalam air.

3. Selanjutnya, tunggu hingga kertas menjadi lunak.

4. Sembari menunggu kertas menjadi lunak, kamu bisa membuat kerangka dari kawat kasa yang dibentuk sesuai keinginanmu, seperti bentuk hewan, bangunan, atau bentuk lainnya. Penggunaan kawat kasa agar proses pengerjaan lebih mudah, sebab untuk memotong kawat kasa cukup dengan menggunakan gunting dan karakter kawat kasa lebih mudah dibentuk.

5. Kembali ke kertas yang telah direndam. Jika sudah benar-benar lunak, selanjutnya remas-remas kertas yang telah direndam tersebut hingga menjadi seperti bubur, dan umumnya semakin lama kertas direndam maka akan semakin lunak teksturnya.

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

Ilustraasi foto Liputan 6

1. Proses selanjutnya, kamu bisa mulai membuat lem dengan menggunakan tepung kanji sebagai bahan dasarnya.

2. Caranya cukup mudah, yaitu kamu bisa dengan merebus tepung kanji ke dalam air secukupnya. Sembari direbus, jangan lupa untuk mengaduk adonan tepung kanji terus menerus hingga seluruh adonannya laurt merata dan mulai memiliki tekstur layaknya lem. Proses pengadukan tersebut bertujuan agar hasil akhir lem dari tepung kanji tidak menggumpal.

Baca Juga :   Apakah kamu sudah membiasakan diri untuk hidup sederhana

3. Setelah lem kanji sudah jadi, selanjutnya campurkan lem kanji dan bubur kertas yang telah kamu buat tadi. Pastikan kedua bahan dicampur sampai merata. Sebab, jika terlalu banyak lem kanji akan membuat patung menjadi susah untuk kering. Dan apabila lem penggunaan lem kanji terlalu sedikit, maka akan membuat patung tersebut menjadi mudah retak.

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

Kertas Bekas Tugas Bisa Digunakan Kembali (Sumber Gambar: dagelan.co)

1. Pada tahap ini, kamu dapat mulai melumuri kerangka yang telah dibuat tadi dengan seluruh bahan campuran lem kanji dan bubur kertas tersebut. Dan pastikan semua kerangka yang kamu buat sudah tertutup rata.

2. Jika proses melumuri semua kerangka sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah proses pengeringan adonan bubur kertas dan lemb kanji. Namun jangan mengeringkannya dengan cara dijemur. Sebab, penjemuran tersebut akan menyebabkan patung ini menjadi retak.

3. Apabila seluruh patung sudah mengering, maka kamu bisa melanjutkan prosesnya ke bagian pewarnaan. Tapi, jangan lupa untuk memberi alas sebelum melakukan pengecetan dengan cat semprot.

Scroll down
untuk melanjutkan membaca


Perbesar

cat semprot

1. Untuk memulai proses pewarnaan, kamu bisa mewarnai patung dengan lapisan dasar yaitu warna hitam untuk warna yang lebih gelap, atau putih jika warna lapisan selanjutnya lebih cerah.

2. Selanjutnya, setelah cat semprot tersebut sudah mengering, kamu bisa mulai mengecatnya dengan warna lain sesuai selera.

3. Nah, setelah seluruh tahapan cara membuat patung dari bubur kertas di atas selesai, tunggu hingga cat mengering, dan patung dari bubur kertas milikmu siap dipajang di tempat yang sudah kamu siapkan.

Lanjutkan Membaca ↓

Saat kita akan membuat bubur kertas yang harus kita tambahkan pada campuran air dan koran adalah

Baca Juga :   Sensus dengan mendatangi penduduk untuk diwawancarai

Posted by: pskji.org